7 Menu Makanan Sunda yang Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Makanan Sunda Paling Terkenal
Makanan Sunda Paling Terkenal

Anda pasti sudah tak asing dengan tari jaipongan, bukan? Nah, tarian tersebut berasal dari sunda. Selain budayanya yang terkenal di masyarakat, sunda juga memiliki berbagai menu makanan yang paling terkenal yang harus anda coba. Yuk cari tahu apa saja menu makanan sunda yang paling terkenal.

Sunda memiliki beragam budaya yang telah dikenal luas di masyarakat, seperti angklung, wayang golek, hingga berbagai jenis tarian, seperti tari topeng, hingga tari jaipongan. Di berbagai daerah pastinya tak pernah luput dari berbagai kuliner khas, sunda memiliki makanan khas yang harus anda cicipi. Melalui artikel ini, penulis akan menjelaskan tentang 7 menu makanan khas sunda yang tak boleh anda lewatkan.

Nasi Liwet Sunda

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa sunda memiliki makanan khas yaitu nasi liwet sunda yang paling terkenal di masyarakat. Nasi liwet khas sunda ada hampir di semua restoran khas sunda, terutama di Jawa Barat. Nasi liwet khas sunda memakai bawang merah, bawang putih, daun salam, cabe, lengkuas, sereh, santan, dan juga ikan asin sebagai penambah cita rasa nasi ini. Selain ikan asin, jenis nasi ini biasanya menyajikan nasi dengan berbagai jenis ikan-ikanan. Misalnya ikan peda merah, atau ikan kembung yang sudah dipindang, tak lupa dengan lalapan serta sambal.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Yang membuat nasi liwet ini terkenal dan harus anda cicipi adalah nasi ini berbeda dengan nasi liwet solo, dimana rasa gurih yang ada pada nasi liwet solo berasal dari santan yang digunakan. Sedangkan nasi liwet sunda memiliki rasa gurih yang berasal dari racikan bumbu campuran yang dipakai, membuat cita rasa dari nasi liwet ini sangat khas.

Nasi Tutug Oncom

Gambar Nasi Tutug Oncom Khas Sunda
Gambar Nasi Tutug Oncom Khas Sunda

Hidangan khas sunda berikutnya yang harus dicoba adalah nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom sudah ada sejak tahun 1940-an dan menjadi hidangan saat sarapan. Nasi ini dibuat dari nasi putih hangat yang dicampur dengan oncom yang telah dibakar atau digoreng terlebih dahulu, lalu kemudian diaduk dan ditumbuk serta ditambahkan sedikit garam. Nasi tutug oncom biasa dihidangkan dengan beberapa jenis lauk pauk, yaitu tempe, tahu, ayam goreng, sambal, serta lalapan. Makanan ini akan terasa sangat nikmat jika dinikmati saat hangat.

Sate Maranggi

Sunda memiliki jenis sate yang menjadi favorit banyak orang, yaitu sate maranggi. Sate maranggi adalah salah satu makanan khas sunda, yang biasa ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat. Sate ini memiliki bumbu yang kuat, khas, serta citarasa pedas. Lontong atau nasi timbel serta sambal tomat dapat menjadi pendamping dari hidangan yang satu ini.

Proses pembuatan sate khas sunda ini adalah dengan memarinasi potongan daging sapi dengan campuran kecap dan berbagai rempah pilihan sebagai bumbu. Sate maranggi khas sunda ini menjadi yang paling dicari banyak orang. Bahkan tak jarang ada yang jauh-jauh ke Purwakarta hanya untuk mencicipi sate lezat ini.

Karedok

Makanan khas sunda yang tak boleh anda lewatkan adalah karedok. Sajian lezat ini mampu menggugah selera anda saat menyantap karedok. Karedok terbuat dari campuran berbagai jenis sayuran mentah seperti terong, taoge, mentimun, kacang panjang, kol, serta daun kemangi. Untuk saus yang digunakan karedok ialah bumbu kacang.

Perpaduan antara sayuran dan bumbu kacang menjadikan hidangan yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Karedok menjadi salah satu pelengkap dalam menu makanan sehari-hari. Ada tiga jenis karedok yang bisa kita temui, yaitu karedok leunca, karedok terong, dan karedok kacang Panjang.

Karedok leunca berbahan dasar buah leunca yang berwarna hijau, lalu dicampurkan dengan bermacam-macam bumbu seperti bawang putih, terasi, kencur, gula, garam, serta daun kemangi. Karedok terong menggunakan buah terong sebagai bahan utama dari karedok ini. Terong yang dipakai adalah yang berwarna hijau keputih-putihan, lalu dicampur dengan bumbu seperti kencur, asam, oncom, terasi, garam, dan gula merah.

Karedok terong juga bisa ditambahkan daun kemangi, toge, mentimun, atau kubis. Sementara karedok kacang panjang merupakan perpaduan dari mentimun, serta kol yang diiris. Bahan tersebut dicampurkan dengan bumbu yang sama dengan karedok terong, lalu dihaluskan di ulekan, dan ditambahkan dengan cabai.

Lotek

Lotek Sayuran Khas Sunda
Lotek Sayuran Khas Sunda

Lotek merupakan salah satu makanan khas sunda yang dapat ditemukan di wilayah Jawa Barat. Lotek juga bisa dikenal sebagai salad tradisional khas sunda. Nama lotek berasal dari Bahasa Inggris “Low Tech” yang berarti teknologi sederhana. Namun untuk menyederhanakan pelafalan tersebut, orang sunda menyebutnya dengan kata “Lotek”.

Tampilan dari lotek ini hampir serupa dengan gado-gado. Lotek dibuat dengan sayur-sayuran lalu disirami dengan bumbu kacang, yang kemudian dihidangkan dengan lontong atau nasi hangat. “Salad tradisional” ini juga dilengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng. Dalam lotek juga terdapat terasi, bawang putih, dan gula merah.

Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas sunda yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Rupa dari makanan ini sekilas tampak seperti gulai. Namun sebenarnya yang membedakan empal gentong dan gulai adalah bumbu yang digunakan dan juga proses memasaknya. Empal gentong terdiri dari daging sapi, babat, dan usus. Empal gentong biasa dimakan dengan nasi, ketupat, atau lontong, dan dapat ditambahkan irisan daun bawang atau daun kucai, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Hidangan ini akan sangat nikmat jika menggunakan kaldu sapi sebagai kuah bukan air.

Mie Kocok

Mi Kocok Khas Bandung
Mi Kocok Khas Bandung
Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Mie kocok sudah ada sejak tahun 1950-an dan masih menjadi favorit bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak ataupun orang dewasa. Mie lezat ini merupakan sajian makanan khas Bandung, Jawa Barat, yang membuat anda ketagihan dengan mie ini. Nama mie kocok ini sendiri berasal dari cara memasaknya, yaitu mi dan tauge dicelupkan dan dikocok di dalam wadah logam bergagang berisi air panas hingga sedikit layu.

Mie yang dipakai untuk mie kocok ini menggunakan bahan dasar mie telor. Sajian mie lezat ini ditambahkan potongan kikil, bakso, daging, tauge, bawang goreng atau daun bawang, dan sawi. Bumbu yang dipakai sebagai kuah dari mie kocok ini seperti garam, bawang putih, merica, dan kemiri. Itulah yang menjadikan citarasa dari mie khas sunda ini cocok dimakan untuk semua kalangan, dan tidak boleh anda lewatkan.

Berbagai jenis kuliner khas sunda ini memiliki cerita sendiri di baliknya, mulai dari penamaan makanan khas yang diambil dari proses memasaknya, ataupun peralatan yang dipakai untuk menyajikan hidangan khas sunda. Hidangan khas sunda juga banyak menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan tentunya cara membuatnya pun tidaklah rumit.

Sebenarnya, masih sangat banyak makanan khas sunda lainnya yang dapat anda cicipi, akan tetapi artikel ini merekomendasikan anda untuk mencicipi 7 makanan khas sunda paling terkenal yang sangat lezat. Dari ketujuh makanan khas ini, adakah yang belum pernah anda cicipi?

 

Infografis Makanan Sunda Paling Terkenal
Infografis Makanan Sunda Paling Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *