9 Manfaat Cordyceps Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bagi kalian yang tertarik mengenai pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami, mungkin kalian perlu melirik jamur unik yang satu ini. Apakah kalian tahu bahwa Cordyceps adalah salah satu jamur unik yang mengandung zat penguat kekebalan tubuh? Cordyceps dapat merangsang sistem kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam porsi yang dibutuhkan oleh tubuh loh, dimana sel darah putih berperan aktif dalam melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Kita simak yuk satu per satu manfaatnya bagi tubuh!

Mencegah Penuaan Dini Karena Radikal Bebas

Seperti yang kita tahu saat ini, beberapa variasi jamur sangat berperan aktif dalam hal perawatan kulit dan kecantikan, dan cordyceps adalah salah satu jamur yang menempati posisi teratas. Si jamur mungil ini ternyata dapat meningkatkan collagen di dalam tubuh kita dan memberikan kelembaban yang baik bagi kulit. Cordyceps juga memiliki zat antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas untuk melawan tanda-tanda penuaan dini bagi tubuh. Disamping itu, zat anti inflamasinya dapat mengurangi peradangan yang dapat juga merusak kulit. Tentunya ini adalah kabar baik bagi kaum wanita!

Berpotensi Melawan Sel Kanker dan Menurunkan Efek Samping Dari Kemoterapi

Hasil penelitian menyebutkan bahwa zat yang terkandung di dalam Cordyceps sangat berperan penting dalam memperlambat pertumbuhan tumor. Para peneliti meyakini Cordyceps dapat memberikan efek anti tumor dalam beberapa cara. Dalam penelitian yang dilakukan didalam tabung reaksi, Cordyceps telah terbukti menghambat pertumbuhan banyak jenis sel kanker manusia, termasuk kanker paru-paru, usus besar, kulit dan hati. Beberapa penelitian studi pada tikus juga menunjukkan bahwa Cordyceps memiliki efek anti tumor pada limfoma, melanoma, dan kanker paru-paru.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Cordyceps juga dapat menurunkan efek samping yang didapat oleh tubuh dari berbagai kemoterapi. Salah satu efek samping dari bentuk kemoterapi yang dilakukan para penderita kanker adalah leukopenia, dimana dalam kondisi ini saat jumlah sel darah putih menurun, menurunkan pertahanan tubuh dan meningkatkan resiko infeksi. Menariknya hasil ini menunjukkan Cordyceps dapat membantu mengurangi komplikasi yang terkait dengan beberapa pengobatan kanker. Tetapi perlu kalian pahami bahwa studi ilmiah ini masih dilakukan kepada tabung reaksi dan hewan ya, belum diterapkan kepada manusia, jadi para ahli kesehatan pun belum dapat menarik kesimpulan terkait manusia.

Meningkatkan Performa Atletik Tubuh

Para tahun 1993 saat musim Pertandingan Nasional Tiongkok, para tim atletik memecahkan 9 rekor dunia dan dunia dibuat terkejut. Bukan sedikit, tapi 9 rekor! Sungguh jumlah yang mengejutkan untuk dunia olah raga. Panitia penyelenggara mensinyalir mereka menggunakan beberapa obat terlarang peningkat stamina, dan akhirnya mereka menguji kandungan zat di dalam tubuh para atlet. Namun tidak ditemukan kandungan zat terlarang sampai akhirnya pelatih mengemukakan bahwa rahasia kesuksesan mereka adalah dengan mengkonsumsi Cordyceps yang sebelumnya dia berikan kepada tim atlet.

Penelitian terbaru telah mengkonfirmasi bahwa penggunaan Cordyceps juga meningkatkan tingkat ATP seluler, molekul yang dapat melepaskan energi ke dalam sel. Efek dari peningkatan ATP adalah dapat meningkatkan oksigen di dalam darah sehingga sangat baik untuk energi dan stamina kita.

Memulihkan Dan Meningkatkan Kinerja Ginjal

Dalam Taoisme dan Pengobatan Tradisional China, Cordyceps digunakan sebagai tonik ginjal. Penelitian ilmiah di vitro menunjukkan aktivitas antioksidan dan penghambatan proliferasi sel mesangial di dalam kandungan Cordyceps. Beberapa penelitian dalam literatur medis China pun telah melaporkan bahwa Cordyceps dapat memperbaiki fungsi ginjal pada pasien penyakit ginjal kronis dan penderita gagal ginjal. Orang-orang di negri Tiongkok meyakini ginjal adalah salah satu sistem organ yang paling penting karena dianggap sebagai tempat dimana energi dasar dari tubuh yang berfungsi memelihara dan mendukung semua sistem organ lainnya.

Meningkatkan kesehatan seksual

Cordyceps disebut juga sebagai “Viagra Himalaya” dimana ia sangat berperan aktif dalam hormon testosteron dengan cara meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan fungsi ereksi, mengatasi masalah disfungsi seksual pria, meningkatkan kesuburan pada wanita dan juga untuk stamina. Cordyceps pun diyakini sangat baik untuk para wanita yang mungkin tengah berada di usia menopause dengan meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh.

Berpotensi memulihkan penderita diabetes

Cordyceps memiliki rasa yang manis dan mengandung sejenis gula khusus yang dapat membantu mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit di mana tubuh tidak memproduksi atau merespon hormon insulin, yang biasanya membawa glukosa untuk menghasilkan energi. Disaat tubuh tidak memproduksi cukup insulin, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel, sehingga tetap berada dan menumpuk di dalam darah. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk memastikan kadar gula darahnya terkontrol dengan baik agar tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius salah satunya untuk luka terbuka yang sulit mengering bagi penderita diabetes. Cordyceps memiliki cara kerja yang menarik dan dapat menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran yang sehat dengan meniru aksi si hormon insulin.

Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kinerja Jantung

Dari indonesia untuk dunia

Jamur kecil ini diyakini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, dapat menjaga detak jantung berdetak normal, dan dapat mengalirkan banyak oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan adenosin dalam jamur ini juga dipercaya efektif untuk melindungi jantung dari kerusakan dan mendukung kinerja jantung untuk memompa darah. Adenosin adalah zat yang bekerja dengan cara membuat pembuluh darah lebih rileks dan melebar serta dapat menahan sirkuit yang bekerja tidak normal di jantung yang menjadi penyebab detak jantung berdetak tidak beraturan.

Meningkatkan Performa Paru-Paru

Sistem pernafasan kita berfungsi seperti sebuah ekosistem di dalam tubuh kita. Jika sistem pernafasan kita kurang baik, maka hal itu akan mempengaruhi transportasi dan distribusi air juga ke seluruh tubuh, menghambat perjalanan oksigen ke seluruh tubuh, dan akan berimbas kepada organ tubuh lainnya. Apa kalian tahu bahwa baru-baru ini, studi tentang Cordyceps telah mengkonfirmasi bahwa Cordyceps ini memiliki banyak efek menguntungkan pada gangguan paru termasuk asma, batuk, penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis dan fibrosis paru loh. Cordyceps memang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai tonik untuk menenangkan paru-paru juga, untuk pengobatan dari kelelahan dan dari penyakit pernapasan. Cordyceps pun saat ini disinyalir dapat membantu pemulihan pasien Covid-19.

Zat Anti-inflamasinya Dapat Menurunkan Peradangan

Cordyceps diteliti mengandung zat anti-inflamasi yang bisa membantu melawan peradangan dalam tubuh. Meskipun beberapa peradangan mungkin baik, namun terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung dan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika sel di dalam tubuh manusia dipertemukan dengan Cordyceps, jilka ada sebuah protein khusus yang meningkatkan peradangan di dalam tubuh, protein tersebut akan ditekan sehingga peradangan bisa dihindari.

Begitulah rangkuman manfaat dari si jamur unik yang kaya manfaat. Bagaimana, apa kalian tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *