6 Obat Gusi Bengkak Alami

obat gusi bengkak alami

Masalah gusi yang bengkak adalah masalah kesehatan mulut yang umum terjadi pada sebagian orang. Pada kondisi ini biasanya ditandai dengan gusi yang membesar dan menonjol. Pada sebagian kasus, bengkak pada gusi bisa cukup besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan dan tak jarang menimbulkan nanah.

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi. Umumnya, keluhan gusi bengkak bisa disertai gejala lain, seperti bau napas tidak sedap, rasa tidak enak di dalam mulut atau nyeri. Gejala tersebut merupakan gejala dari berkembangnya suatu kondisi yang bernama periodontitis. Jika tidak kunjung diobati, hal ini bisa saja memicu beberapa masalah lain pada kesehatan mulut, dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

obat gusi bengkak alami

Namun beberapa orang terkadang menghindari penggunaan obat-obatan kimia demi menjaga kesehatan tubuh lainnya, sehingga mencari alternatif lain untuk menyembuhkan gusi yang bengkak dengan bahan- bahan alami. Seperti berikut ini :

Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara alami untuk mengobati gusi bengkak yang paling ampuh dan bisa kamu coba di rumah. Kandungan yang terdapat dalam larutan garam tersebut dapat membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan bengkak pada gusi. Ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Gunakanlah air garam untuk berkumur selama beberapa detik, setidaknya dua kali sehari, atau sampai kamu merasa nyeri akibat gusi bengkak mulai mereda. Cara membuat air garam untuk berkumur ini juga sangat mudah, kamu cukup menggunakan air hangat, lalu larutkan 1 sendok teh garam ke dalamnya. Kemudian, kumur-kumur air tersebut secara merata selama beberapa detik, lalu buang airnya.

Es Batu

Selain air garam, es batu juga termasuk obat alami gusi bengkak yang mudah didapatkan dan terbilang ampuh. Karena suhu dingin pada es batu dapat membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa sehingga nyeri perlahan mereda dan pembengkakan pada gusi berkurang.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa bongkah es batu lalu bungkus dengan kain lap, handuk kecil atau serbet bersih. Tempatkanlah bungkusan es batu tersebut di bagian pipi yang terasa nyeri.

Air Hangat

Selain kompres es batu, kompres menggunakan air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, yakni kamu hanya cukup membasahi kain waslap atau handuk bersih dengan air hangat. Lalu peras airnya, dan tempelkan kain atau handuk tersebut di bagian pipi yang terasa nyeri.

Kunyit

Kunyit yang umumnya digunakan dalam berbagai jenis bumbu masakan atau menjadi pewarna alami dalam makanan ternyata dapat dijadikan sebagai obat alami mengatasi gusi bengkak. Karena kandungan kurkumin pada kunyit diyakini dapat melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangannya.

Bahkan, dalam suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa obat herbal gusi bengkak dari kunyit dapat berpotensi mencegah pembentukan plak pada gigi dan mengurangi risiko gingivitis (radang gusi). Sehingga kunyit dapat dijadikan obat alami pada gusi yang bengkak.

Cara menggunakan cukup dengan memarut setengah ruas kunyit dan campurkan dengan air, lalu oleskan pada area gusi yang bengkak. Untuk lebih praktis kamu bisa gunakan kunyit dalam bentuk bubuk dan campurkan dengan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan krim kental dari kunyit tersebut pada area gusi yang membengkak. Selain itu krim kunyit tersebut juga dapat kamu gunakan saat menggosok gigi. Diamkan selama 10 menit, lalu berkumurlah dengan air untuk membersihkannya.

Minyak Esensial

obat gusi bengkak minyak esensial

Obat herbal gusi bengkak lainnya adalah minyak esensial. Hasil penelitian yang dimuat dalam European Journal of Dentistry mengungkapkan minyak peppermint dan tea tree oil diyakini dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme di area mulut, termasuk gusi.

Caranya, campurkan 3 tetes minyak peppermint atau tea tree oil dengan beberapa tetes air hangat. Lalu, gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi pembengkakan pada gusi. Lakukan langkah ini dua kali sehari sampai nyeri pada gusi bengkak mereda.

Lidah Buaya

obat gusi bengkak alami lidah buaya

Yang terakhir kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi gusi yang bengkak. Karena hasil studi Journal of Clinical and Experimental Dentistry, menyatakan bahwa lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine, yakni obat untuk gusi bengkak yang ampuh redakan nyeri akibat gingivitis (radang gusi).

kamu cukup menggunakan dua sendok makan lidah buaya sebagai obat kumur gusi bengkak. Dan lakukan cara alami ini dua kali sehari sampai bengkak pada gusi mereda.

Jadi itulah beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi gusi bengkak. Jika kamu memiliki masalah kesehatan mulut tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk meredakan nyeri yang terasa. Namun jika bengkak tak kunjung mengempis dan hilang, kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter gigi agar mendapatkan penaganan yang tepat.

obat gusi bengkak alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *