8 Rekomendasi Serial Turki Yang Seru Dan Menghibur

Belakangan ini serial Turki seringkali menjadi alternatif tontonan untuk masyarakat dunia. Selain jalan ceritanya yang terkadang tidak terduga, saat ini banyak sekali serial yang tidak hanya menghibur, namun memberikan gambaran mengenai identitas orang-orang Turki yang sebenarnya.

Dengan berbagai cerita yang semakin variatif, saat ini serial Turki tidak hanya terfokus pada kehidupan modern dan genre romansa. Cukup banyak serial dengan latar waktu yang lampau dan tidak terlalu fokus pada genre romansa. Bahkan ada beberapa yang durasinya lebih dari dua jam. Dari sekian banyak serial, berikut 8 rekomendasi serial Turki yang tidak berfokus pada fokus pada kisah romansa.

Uyanış Büyük Selçuklu

Serial ini adalah tipe serial yang akan memiliki cukup banyak episode. Selain statusnya yang masih tergolong baru di Turki, serial ini juga berfokus pada kejadian-kejadian yang terjadi pada masa pemerintahan Sultan Melikşah, suksesor Sultan Alparslan yang berhasil menaklukan Malazgirt dan membuka pintu untuk Kekaisaran Seljuk di wilayah Anatolia.

Tidak hanya memiliki biaya produksi yang besar, serial yang ditayangkan setiap hari senin ini juga memperoleh popularitas yang besar untuk serial yang baru merilis 21 episode, baik itu di Turki ataupun dunia.

Serial ini juga merekrut cukup banyak aktor Turki yang sudah sangat terkenal, seperti halnya Gürkan Uygun, yang populer dengan peran Baş Memati dan Halil Halid Bey sebelum bergabung dengan serial ini.

Uyanış Büyük Selçuklu dimulai dengan naiknya Sultan Melikşah sepeninggal Sultan Alparslan. Di hari yang sama, Sultan juga harus kehilangan istrinya, seorang wanita dari suku Turki Kıpçak yang meninggal saat melahirkan.

Karena hubungan antara Seljuk dan Kıpçak sedang tegang, Sultan terpaksa menyerahkan anaknya pada Nizamülmülk dengan harapan agar anak dan negaranya bisa terselamatkan.

Sementara itu Sultan dan orang-orang kepercayaannya, terutama Sencer, berjuang keras untuk mempertahankan eksistensi Seljuk ditengah badai yang datang silih berganti dari musuh-musuh negara.

Yunus Emre: Aşkın Yolculuğu

Di antara serial yang berfokus pada perjuangan untuk melawan musuh, Yunus Emre bagaikan oasis di gurun pasir. Serial yang rilis pada tahun 2015 ini terfokus untuk menggambarkan perjalanan seseorang yang cukup ambisius menjadi sosok puitis yang alim.

Dalam sejarah Turki, Yunus Emre dikenal sebagai sosok pengembara puitis yang menjunjung tinggi faktor cinta pada kedamaian. Berbagai nasihatnya terdengar indah namun menusuk ke dalam jiwa.

Serial ini sendiri berfokus pada perjalanan sosok Yunus muda. Setelah lulus dari sekolah hukum, Yunus memutuskan untuk pergi ke Nallıhan, sebuah distrik kecil di Ankara dan menjadi hakim di sana.

Namun setelah pertemuannya dengan Taptuk Emre, yang awalnya selalu diperlakukan sedikit kasar oleh Yunus, kehidupannya mulai berubah secara perlahan. Bagaimanapun juga, Yunus cukup pandai untuk memahami maksud dari tingkah dan perkataan Taptuk Emre yang penuh dengan isyarat.

Diriliş Ertuğrul

Bersama dengan Payitaht Abdül Hamid Han, serial ini berhasil memperoleh kesuksesan yang luar biasa di seluruh dunia. Terdiri dari lima musim dan 150 episode, serial ini tidak akan membuat penonton bosan saat menontonnya.

Karena tidak hanya menyajikan adegan pertarungan yang hebat dan natural, namun Diriliş Ertuğrul kaya akan kehangatan persahabatan dan sedikit komedi yang selalu terselip dalam banyak adegan.

Serial ini berfokus pada kisah hidup Ertuğrul Gazi, ayah dari Sultan dan pendiri Dinasti Ottoman, Osman Gazi. Ertuğrul juga dikenal sebagai Keoala Suku Kayı yang tegas, cerdas, cerdik, dan penuh dengan ampunan.

Fokus utama dari Ertuğrul tempo hari adalah mencari wilayah yang paling cocok untuk mendirikan sebuah negara yang melindungi orang-orang yang tertindas. Hal ini telah diidamkan Ertuğrul sejak masih sangat muda.

Serial ini dimulai dengan adegan saat Ertuğrul dan ketiga prajuritnya, yang sudah dianggapnya sebagai saudara sendiri, berburu di hutan yang dalam. Tapi saat dirinya sudah menemukan seekor rusa dengan mata yang indah, rusa itu menuntunnya pada tiga orang yang kabur dari kejaran pasukan Templar. Satu dari ketiga orang ini kelak akan dipersunting oleh Ertuğrul.

Berbagai masalah langsung menghampiri suku Kayı setelah Ertuğrul membawa ketiga orang tersebut ke perkemahan. Keteguhan yang ditunjukan oleh Ertuğrul berhasil membuktikan kualitas dirinya dan ketiga prajuritnya. Karena semua masalah tersebut berhasil ditangani dengan usaha keras yang dilakukan oleh Ertuğrul dan para prajuritnya.

Kuruluş Osman

Serial ini adalah sekuel dari Diriliş Ertuğrul. Berbeda dengan prekuelnya, serial ini ditetapkan akan memiliki enam musim. Sampai saat ini Kuruluş Osman masihlah menempuh musim keduanya, lengkap dengan jalan cerita yang penuh dengan berbagai masalah yang mendera Suku Kayı.

Kuruluş Osman juga dapat digolongkan sebagai serial yang cukup penuh dengan aktor populer dan handal. Para penggemar tokoh Bali Bey di serial Abad Kejayaan akan sangat dimanjakan dalam serial ini.

Karena karakter Osman Gazi sendiri diperankan oleh Burak Özçivit, yang dikenal oleh orang Indonesia karena perannya sebagai Bali Bey. Burak sendiri mengalami banyak peningkatan pada serial ini.

Selain Burak Özçivit, penonton akan disuguhkan dengan kemampuan akting dan olah ekspresi tingkat tinggi dari salah satu aktor legendaris Turki, Cüneyt Arkın. Serial ini menghadirkan beberapa karakter dari prekuelnya, antara lain sosok Abdurrahman Gazi, salah satu prajurit paling setia sejak masa kejayaan Ertuğrul. Dalam sejarah, Abdurrahman Gazi dikaruniai umur yang panjang hingga masa pemerintahan anaknya Osman, yaitu Orhan Gazi.

Selain berfokus pada perjuangan untuk meneguhkan keberadaan Suku Kayı dan merubah sistem yang bersifat lokal menjadi negara, serial ini, serta prekuelnya, juga mengajarkan banyak hal lain yang kerap kali dilupakan di masa modern.

Tidak hanya tentang keteguhan hati, namun juga tentang kesetiaan, pantang menyerah, dan pengampunan. Karena dalam serial ini, akan muncul sosok pemuda yang merupakan kolonel pasukan Mongol.

Sosok ini ternyata adalah adik dari salah satu prajurit Osman yang paling setia. Kedua bersaudara tersebut terpisah sejak kecil karena Mongol datang secara tiba-tiba dan menghancurkan perkemahan tempat mereka lahir, dan menculik sang adik untuk menjadikannya pasukan Mongol melalui ritual Mankurtisasi.

Payitaht Abdül Hamid Han

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai berdirinya Dinasti Ottoman, serial ini akan menceritakan bagaimana sosok Sultan Abdul Hamid II yang berjuang mati-matian untuk membangkitkan kembali situasi Ottoman yang terlilit hutang warisan pamannya, Sultan Abdul Aziz Han.

Hingga pada akhirnya, dalam masa pemerintahannya, Dinasti Ottoman hanya menyisakan sepertiga hutang internasional. Meski nantinya hutang Dinasti Ottoman akan kembali membengkak setelah beliau diasingkan ke Yunani.

Sedikit berbeda dengan serial-serial lain, pemilihan aktor untuk pemeran dalam serial ini terhitung lebih selektif. Bahkan pemeran dari Hasan Tahsin Paşa, yang dalam sejarah adalah orang yang sangat dipercayai oleh Sultan, diketahui adalah seseorang yang menyimpan rasa kagum pada Sultan Abdul Hamid II secara khusus. Hal ini secara tidak sadar telah mengembangkan kemampuan aktingnya dengan sangat pesat.

Dalam sejarah, Sultan Abdul Hamid II adalah sosok jenius politik yang sangat bijak. Masih ada beberapa perdebatan tentang kabar jika beliau adalah seorang Auliya. Namun hal yang paling menarik dalam serial ini, cicit dari Sultan Abdul Hamid II, Orhan Osmanoğlu, turut serta dalam tim kreatif untuk memastikan agar serial ini tidak melenceng terlalu jauh dari sejarah.

Selain berhasil membesarkan nama beberapa aktor dan aktris pemula Turki, serial ini juga bertabur banyak aktor dan aktris Turki terkenal dengan kemampuan akting yang luar biasa. Sebut saja Cem Uçan, Gürkan Uygun, Kevork Malikyan, Hakan Boyav, serta Selen Öztürk.

Mehmetçik Küt’ül Amare

Serial yang dikerjakan oleh Mehmet Bozdağ ini memberikan kita gambaran mengenai tingkat nasionalisme orang-orang Turki. Di tengah situasi negara, serta bergabungnya Dinasti Ottoman di Perang Dunia Pertama, Mehmet memutuskan untuk bergabung dengan Batalion Osmancık.

Para pemuda hanya berharap agar tanah kelahirannya bisa bertahan di tengah kekacauan perang dunia. Batalion Osmancık ini adalah batalion elit yang terdiri dari tentara-tentara dengan kemampuan yang mumpuni.

Serial ini menggambarkan nasionalisme dan kecintaan orang-orang Turki pada tanah kelahirannya dengan baik. Meski dihadang berbagai rintangan, namun apa yang dipikirkan tetaplah kebaikan negara, tanpa peduli jika kebaikan negara itu harus dibayar dengan nyawa mereka sendiri.

Serial ini juga harus melalui berbagai persiapan untuk menghasilkan sebuah serial yang realistis. Para aktor dan aktris, terutama yang mengambil bagian dalam adegan peperangan, juga diwajibkan melalui pelatihan militer terlebih dahulu.

Sevda Kuşun Kanadında

Serial satu ini mungkin memiliki alur yang cukup rumit untuk dicerna bagi banyak orang, terutama penonton dari luar Turki. Namun setelah berbagai survei, ternyata alur cerita ini menggambarkan suasana Istanbul pada tahun 1970-an dengan sangat baik. Dalam perjalanannya, serial ini menjadi sangat tidak terduga, bahkan untuk seorang penonton setia serial Turki sekalipun.

Bersama dengan segala kejutannya, serial ini tetaplah menarik untuk disaksikan, terutama untuk orang-orang yang penasaran dengan situasi di Turki pada saat itu, dan bagaimana kalangan keluarga yang agamis bertahan hidup di tengah segala tekanan yang ada tempo hari.

Serial ini dimulai dengan sebuah lantunan adzan di menara masjid, berlanjut dengan memori pahit dari salah satu tokoh utama yang sedang berada di sekitar masjid. Ingatan itu menggambarkan bagaimana reaksi kakeknya yang sudah sangat muak dengan adzan yang dilantunkan memakai bahasa Turki.

Karena emosinya itu, sebuah keributan kecil terjadi antara kakek dari tokoh utama dan pihak militer yang sedang berpatroli. Ayah dari tokoh utama sempat melerai perkelahian antara pihak militer dan ayahnya itu.

Namun kemunculan petinggi militer di sana berhasil menyelesaikan masalah dengan sebuah lontaran timah panas yang mengarah ke ayah dari tokoh utama, dan membuat tokoh utama hidup dalam lingkaran dendam. Karena setelah kematian ayahnya itu, kakeknya menyusul karena tidak sanggup menahan kesedihannya yang sangat besar.

Saat latar waktu kembali ke masa kini, yaitu setelah tokoh utama dewasa, tokoh utama masih harus menghadapi sebuah kesulitan yang sangat mengganjal. Karena dirinya merupakan lulusan SMA Imam Hatip, dan lulusan SMA Imam Hatip tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, kecuali jika alumni itu memilih Jurusan Ilahiyat, yaitu jurusan yang berfokus pada agama Islam.

Hingga saat ini juga SMP dan SMA Imam Hatip lebih fokus pada pendalaman agama Islam, meski baru-baru ini SMA Imam Hatip telah mengembangkan sistem baru untuk lebih mempersiapkan lulusannya di jenjang yang lebih tinggi.

Sementara apa yang diinginkan tokoh utama adalah Jurusan Hukum, yang membuatnya harus melakukan berbagai cara dan memasang sikap acuh agar bisa kuliah di Jurusan Hukum. Dalam serial ini juga dijelaskan upaya lulusan Imam Hatip jika mereka menginginkan jurusan selain Ilahiyat.

Selain kesulitan yang dihadapi oleh lulusan Imam Hatip, serial ini juga menggambarkan berbagai kesulitan lain untuk orang-orang yang ingin menjalankan agama Islam secara total, seperti halnya larangan untuk berhijab, dan berbagai candaan yang bernuansa gelap bagi kalangan konservatif.

Tidak hanya mengenai kesulitan kalangan konservatif untuk melangsungkan hidup, serial yang memiliki dua musim ini juga menggambarkan berbagai situasi yang benar-benar dihadapi Turki saat itu, seperti halnya saat adanya penyerangan ke wilayah Siprus, serta berbagai gejolak nasional lainnya yang mewarnai perjalanan Turki tempo hari.

İsimsizler

Serial ini memberikan sedikit gambaran tentang situasi Turki sebelum malam berdarah tanggal 15 Juli 2016, lengkap dengan gambaran tentang hubungan orang-orang Turki dan orang-orang Kurdi, yang sebenarnya tidak terlalu buruk.

Tidak hanya menghadirkan berbagai konflik berdarah di wilayah perbatasan timur Turki, serial ini turut menghadirkan alur cerita yang cukup dilematis dan emosional, lengkap dengan sedikit lelucon, nasionalisme, dan kisah romansa yang pada awalnya terkesan memaksa.

Serial ini bercerita tentang sosok Fatih Keskin, seorang diplomat yang pada awalnya akan dikirim ke luar negeri. Namun setelah mendengar berita jika seorang pemimpin distrik yang ada di perbatasan Turki terbunuh karena bom, Fatih langsung membatalkan perjalanannya ke luar negeri dan menghubungi atasannya agar dirinya bisa menggantikan pemimpin distrik tersebut.

Dari semua serial di atas, industri hiburan Turki, terutama bidang akting semakin berkembang setiap harinya. Meskipun tidak berfokus pada nuansa romansa, namun kedelapan serial ini memiliki metode masing-masing untuk menyisipkan suasana romansa yang penuh kenyamanan. Tidak hanya nuansa romansa, untuk menyegarkan suasana, setiap serial memiliki caranya sendiri untuk menghadirkan secuil komedi yang cerah.

Sebenarnya masih banyak sekali serial berkualitas tinggi yang akan hadir di layar kaca. Namun proses produksi terpaksa ditunda karena beberapa hal, terutama keberadaan Pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *