20 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Daging Kambing

Daging kambing termasuk jenis daging merah yang paling sering di konsumsi oleh banyak orang. Di samping memiliki rasa yang khas dan lezat, tahukah anda bahwa daging kambing juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Pada artikel ini kami akan menjelaskan 20 manfaat daging kambing bagi kesehatan.

Banyak mitos yang beredar bahwa konsumsi daging kambing tidak baik bagi kesehatan karena termasuk daging merah. Padahal faktanya bahwa daging kambing adalah daging rendah lemak yang sangat sehat untuk di konsumsi. Jumlah kandungan lemak jenuh daging kambing lebih kecil dari jumlah total lemak tak jenuh yang dikandungnya. Karena kandungannya yang rendah lemak, rendah kolesterol, dan rendah kalori menjadikannya sebagai daging pilihan yang sangat baik bagi mereka yang akan kesehatannya. Bahkan, kandungan lemak dalam daging kambing 50% lebih rendah daripada daging sapi. Dan daging kambing juga memiliki kandungan lemak jenuhnya 40% lebih rendah daripada daging ayam. Hal itu membuat daging kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Selain bermanfaat bagi jantung, daging kambing juga membantu menguntungkan kadar kolesterol baik dalam darah yang dapat membantu mengurangi dan meringankan masalah peradangan.

Menurut situs pengawas makanan Amerika, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi sebesar 75 mg. Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor danselenium .

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, menegaskan bahwa lemak tak jenuh dapat berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol baik, menstabilkan detak jantung dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Dengan demikian, nutrisi pada daging kambing adalah lebih unggul dari semua daging lainnya termasuk kalkun atau daging ayam. Jadi selain ikan, daging kambing adalah daging terbaik untuk dikonsumsi. Namun tetap ingat, makan cukup adalah kuncinya.

Tidak semua daging merah berbahaya bagi kesehatan. Asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu sangat tidak baik. Daging kambing adalah sumber yang baik akan CLA. Daging kambing juga memiliki kandungan zat besi lebih tinggi daripada daging lainnya. Selain memberikan sumber yang sangat baik dari protein dan zat besi, daging kambing juga memiliki tingkat yang lebih tinggi kalium dan kadar rendah natrium.

Daging kambing memuat semua nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tinggi. Daging kambing mengandung vitamin B kompleks (B1,B2,B3,B9,B12), vitamin E, vitamin K, protein, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, kolesterol, lemak alami, kalsium, zat besi, natrium, kalium, dan fosfor.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daging kambing, yaitu  :

Sumber Energi

Manfaat pertama dari daging kambing yang tidak dapat kita pungkiri adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari hari.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Mengonsumsi daging kambing dapat membantu meningkatkan kekuatan memori pada anak-anak dengan membantu dalam perkembangan otak yang tepat.

Mencegah Anemia

hal ini disebabkan karena daging kambing mengandung zat besi yang besar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

kandungan zat besinya yang tinggi, mencapai 100 gram  memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, yang  bermanfaat meningkatkan system imun tubuh.

Sumber Antioksidan

kandungan seleniumnya yang besar, 38 kg atau 54% kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan tulang

Menurunkan risiko pembengkakan di pembuluh darah

Konsumsi daging kambing bisa menurunkan risiko yang dicurigai mengalami  pembengkakan di pembuluh darah, dan menstabilkan detak jantung. Sangat disarankan sesekali untuk penderita penyakit jantung coroner memakan daging kambing, tapi jangan sampai mencoba bagian lemaknya

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan CLA yang ada pada daging kambing, yang merupakan asam lemak mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghindari peradangan.

Membakar lemak di tubuh

Kandungan vitamin B yang ada pada daging kambing juga dapat membantu membakar lemak di tubuh.

Untuk melakukan diet

Proteinnya juga tinggi dan lebih rendah lemak jenuh dibanding daging sapi. Dan tentu bagus untuk siapa saja yang sedang melakukan diet.

Membantu sirkulasi darah

Ibu Hamil juga bisa memakan daging kambing karena bisa memberi asupan hemoglobin dan membantu sirkulasi darah.

Mencegah cacat lahir

Terkadang banyak ibu hamil yang takut makan daging kambing karena banyak efek sampingnya tetapi sebenarnya daging kambing malah mencegah cacat lahir dikarenakan dimasak dengan tingkat kematangan yang baik .

Menjaga kesehatan mata

Salah satu yang menjadi sumber gigi daging kambing untuk kesehatan mata adalah kandungan Riboflavin yang dikenal dengan vitamin B2.

Mencegah penyakit ginjal

Kalium dan sodium rendah yang ada di daging kambing juga berguna untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah stroke serta penyakit ginjal.

Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung dalam daging kambing juga baik untuk tulang.

Menjaga kesehatan kulit

Karena daging kambing mengandung vitamin B12 yang akan membantu menjaga kesehatan kulit kita. Mulai dari kita menjaga kekencangan kulit, mengatasi panu, dan menghilangkan bulu

Menangkal stres

Karena daging kambing mengandung vitamin B12, yang seperti kita ketahui bahwa vitamin B12 juga untuk membantu menjaga kesehatan kulit, tetapi vitamin B12 bisa memberikan reaksi menenangkan pikiran dan menyehatkan sel-sel syaraf. Inilah yang membuat orang merasa lebih baik dan lebih segar. Dan juga membuat psikologis seseorang menjadi lebih baik.

Mengurangi berat badan

Jangan salah, konsumsi daging kambing tak membuat anda gemuk lho. Justru daging kambing bisa mengurangi berat badan. Khasiat daging kambing ini berkat adanya protein tinggi beserta lemak yang rendah dikarenakan membantu mengendalikan berat badan, mencegah obesitas, dan kegemukan.

Menjaga kesehatan jantung

Apakah kamu sering mendengar orang berkata daging kambing dapat meningkatkan kolesterol? Itu sebenarnya adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya setiap 100 gram daging kambing hanya mengandung 1 gram kolesterol.

Daging kambing tidak akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, malahan daging merah ini membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah arteroklerosis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

Pembentukan Otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, daging kambing sangat cocok untuk Anda konsumsi. Hal ini dikarenakan daging ini mengandung protein yang cukup tinggi. Seperti yang Anda ketahui bahwa protein sangat berperan penting untuk pembentukan otot tubuh.

Mengurangi Nyeri Saat Haid pada Wanita

Pada dasarnya nyeri yang terjadi pada wanita saat masa haid merupakan hal yang wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang. Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, Anda dapat mengonsumsi daging kambing secara rutin. Sehingga kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

Daging Kambing Asli/Sehat

Menurut Food and Safety Inspection Service (FSIS) daging kambing yang diperiksa di klasifikasikan sebagai daging merah yang mirip dengan domba. Jika pernah membeli domba sebelumnya, standar yang sama juga berlaku untuk kambing. FSIS menyatakan bahwa daging kambing harus berwarna pink merah, tegas, daging halus dengan lemak putih terdistribusi.

Pengolahan Daging Kambing

Ketika mengolah daging kambing, lakukan juga tindakan yang sama seperti yang dilakukan dengan daging mentah lainnya. FSIS merekomendasikan tiga cara yang berbeda untuk mencairkan daging: di dalam lemari es, dalam air dingin dan dalam microwave. Jika pencairan daging kambing dalam air dingin atau dalam microwave, masaklah segera setelah selesai pencairan.

Memasak daging kambing  ada suhu bertekanan sampai dengan 160 derajat Fahrenheit. Untuk daging kambing panggang atau steak, setidaknya memasak daging sampai dengan 145 derajat Fahrenheit. Akan terdapat timbunan lemak pada daging, tetapi bagian ini dapat dipotong untuk menyingkirkannya.

Efek Samping dan Kontraindikasi

Jika anda mengalami penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit diabetes ada baiknya anda membatasi konsumsi daging kambing sesuai dengan porsinya. Jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan karena sangat tinggi kandungan kolesterolnya, daging kambing juga berbahaya untuk anda yang memiliki penyakit hipertensi.

Tips Konsumsi Daging Kambing

Sesuaikan dengan kondisi kebugaran tubuh anda, sebaiknya anda membatasi konsumsi kambing maksimal 1 minggu 1 kali. Satu kali makan jangan terlalu banyak usahakan tidak lebih dari 100 gram, kecuali anda yakin kondisi tubuh anda memang cukup fit dan belum terindikasi penyakit berbahaya.

Summary
20 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan
Article Name
20 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan
Description
Artikel ini menjelaskan 20 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan. Bahwa daging kambing ini mempunyai banyak manfaatnya
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment