Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan

Daging Domba

 

Domba merupakan hewan yang masih satu kerabat dengan kambing. Sama seperti kambing, daging domba juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan. Namun, saat ini daging kambing lebih banyak dikonsumsi karena alasan harga dan juga minimnya peternak yang menernak domba.

Di Indonesia sendiri, konsumsi daging domba masih kalah populer dibandingkan konsumsi daging kambing. Itu disebabkan karena faktor harga alias faktor ekonomis dan juga usaha peternakan domba yang jumlahnya lebih sedikit daripada kambing. Namun demikian, daging domba juga tetap menjadi favorit di beberapa rumah makan dan restoran. Biasanya daging domba diolah menjadi :

  1. Kebab
  2. Barbeque, alias daging domba panggang atau bakar
  3. Sebagai campuran pada nasi kebuli dan jenis masakan timur tengah lainnya
  4. Sate dan gulai

Berikut ini adalah manfaat daging domba bagi kesehatan :

Sumber Energi

Salah satu khasiat daging domba yang banyak diincar adalah sebagai sumber energi. Setiap 100 gram daging domba mengandung sekitar 206 kkal. Jumlah kalori ini cukup untuk mencukupi 20% kebutuhan energi harian. Oleh karenanya, mengkonsumsi daging hewan ini dapat membantu memberikan kekuatan tubuh serta menghindarkan dari kepayahan.

Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dikontrol oleh enzim yang diproduksi hati. Kekurangan protein membuat kinerja enzim tersebut menurun sehingga berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat toksik. Padahal, jika sistem kekebalan tubuh melemah, tubuh akan sangat rentan terserang penyakit.

Membentuk dan menambah massa otot

Manfaat lain dari protein yang terkandung dalam daging domba adalah untuk membentuk dan menambah massa otot. Hal ini dikarenakan protein memiliki andil dalam pembentukan jaringan baru serta meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Oleh karenanya, daging domba juga sangat baik bagi Anda yang memiliki aktivitas berat.

Meningkatkan stamina

Daging domba termasuk dalam daging merah yang kaya akan protein. Bahkan, kandungan di dalamnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan protein pada udang windu. Setiap 100 gram dagingnya mengandung sekitar 17.1 gram protein. Protein dalam kadar ini lebih dari cukup untuk meningkatkan stamina dan memberikan kekuatan pada tubuh.

Menjaga kesehatan dan menguatkan tulang

Manfaat daging domba lainnya adalah untuk menjaga kesehatan dan menguatkan tulang. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalsium di dalamnya yang cukup tinggi. Setidaknya, setiap 100 gram daging domba mengandung sekitar 10 mili gram kalsium. Tak hanya kalsiumnya saja yang mampu menjaga kesehatan tulang, kandungan fosfor dalam daging hewan ini juga terbilang tinggi. Setiap 100 gram berat daging mengandung sekitar 1,91 mili gram fosfor. Jumlah ini lebih dari cukup untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Mencegah terjadinya anemia

Kandungan kobalamin atau vitamin B12 dalam daging domba dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi olahan domba dipercaya mampu mencegah dan menghilangkan gejala yang menyertai anemia seperti lemah, lesu, letih, pucat dan juga pusing.

Menangkal radikal bebas

Kandungan selenium pada daging domba mampu memberikan manfaat antioksidan dalam tubuh. Adapun manfaatnya yang paling besar adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga menghindarkan sel dan DNA dari kerusakan.

Menjaga kesehatan syaraf

Selain mengandung vitamin B1, daging domba juga mengandung vitamin penting lain seperti halnya vitamin B2. Kandungan vitamin B2 inilah yang memiliki berbagai khasiat penting bagi tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk menjaga ketahanan dan kesehatan syaraf. Kinerja vitamin B2 ini juga didukung oleh kinerja vitamin B12 atau yang biasa disebut sebagai kobalamin.

Membantu proses oksidasi

Siapa yang bilang jika daging merah tidak mengandung vitamin? Buktinya, daging domba memiliki kandungan vitamin B1 meskipun dalam porsi kecil dalam 100 gram dagingnya mengandung sekitar 0,15 mg. Jumlah yang tergolong kecil ini mampu membantu proses oksidasi dan menambah ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Mampu meningkatkan kolestrol baik

Mungkin Anda sudah sering mendengar jika daging domba memiliki kolesterol tinggi. Tapi, Anda perlu tahu bahwa kolesterol yang ada pada hewan ini merupakan jenis kolesterol baik HDL. Kolesterol baik inilah yang kemudian mampu meiawan keberadaan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Daging domba merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan kolin dan selenium dapat menangkal serangan kanker dalam organ tubuh kita. Selain itu, daging domba juga termasuk daging yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dimana kandungan asam ini dapat mencegah peradangan yang menyebabkan kanker dan tumor ganas.

Daging Domba

 

Dari segi khasiat dan manfaat daging domba tidak jauh berbeda dengan manfaat daging kambing. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang tidak jauh berbeda antara daging kambing maupun daging domba. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari konsumsi daging domba apabila dilihat dari kandungan gizinya :

Kandungan Energi Tinggi

Salah satu manfaat daging domba ialah daging domba dapat memberikan asupan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Ini dapat dilihat dari kandungan energi yang dimiliki oleh 100 gr daging domba berjumlah 206 kkal, dari kebutuhan energy total sekitar 2000an kkal setiap harinya.

Asupan energi ini dapat membantu :

  • Memberikan kekuatan bagi tubuh untuk beraktivitas.
  • Menjaga daya tahan tubuh.
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya kelelahan ketika sedang beraktivitas.

Protein yang tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila jenis daging merah, seperti manfaat daging sapi, babi, kuda dan juga domba memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Terbukti, dari 100 gr manfaat daging domba terkandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 17.1 gr protein. Bagi yang sedang ingin membentuk otot, maka protein ini sangat baik bagi anda. berikut ini beberapa manfaat protein bagi tubuh :

– Membentuk dan menambah massa otot

– Mengikat lemak

– Memperlancar pencernaan

– Memberikan energy dan kekuatan bagi tubuh

Kalsium yang tinggi

Keunggulan lain dari manfaat daging domba ini adalah kandungan kalsiumnya, yang juga tergolong tinggi dan sangat berguna bagi tubuh. Manfaat kalsium yang terkandung pada daging domba ini membantu proses tubuh dalam :

– Menjaga kesehatan tulang

– Menguatkan tulang

– Mencegah terjadinya gangguan dan kelainan pada tulang.

– Kandungan kalsiumnya sendiri mencapai angka 10 mg per 100 gr daging domba nya.

Fosfor

Manfaat daging domba juga memiliki kandungan fosfor yang sangat tinggi. Sama seperti kalsium, kandungan fosfor yang ada di dalam daging domba akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam hal menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. 100 gr daging domba mengandung 1.91 mg fosfor yang baik untuk tubuh anda.

Vitamin B1

Siapa bilang kalau tidak ada kandungan vitamin pada jenis daging merah? Buktinya, daging domba mengandung manfaat vitamin B, khususnya vitamin B1. 100 gr daging domba yang diteliti, ternyata mengandung vitamin B1 sebanyak 0.15 mg. Jumlah ini mungkin tergolong sedikit, namun demikian vitamin B1 yang terdapat pada daging domba bermanfaat untuk :

– Membantu proses oksidasi

– Membantu menambah energi

– Menjaga ketahanan dan daya tahan tubuh

– Mencegah terjadinya kulit bersisik dan kulit kering.

Selenium

Manfaat daging domba dan semua jenis daging merah lainnya memiliki kandungan selenium di dalamnya. Selenium yang ada pada daging domba ini dapat berfungsi menghasilkan manfaat antioksidan tubuh. Berikut in iadalah beberapa manfaat dari antioksidan :

– Menangkal radikal bebas

– Mengurangi resiko tubuh terserang penyakit tertentu

– Menyehatkan kulit dan organ tubuh

Kandungan vitamin B2

Daging domba dan daging kambing memiliik kandungan vitamin B2 atau yang biasa dikenal dengan istilah riboflavin. Kandungan vitamin B2 ini memeiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh, antara lain :

– Menjaga ketahanan dan kesehatan syaraf

– Menjaga kesehatan mata, dan segalanya yang berhubungan dengan indera penglihatan

– Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh

– Mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah

Vitamin B12

Manfaat daging domba juga memiliki kandungan vitamin B12 yang baik dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin B12 atau yang biasa disebut dengan kobalamin ini akan membantu tubuh dalam :

– Menjaga kesehatan syaraf

– Membantu proses pembentukan sel darah merah

– Mencegah anemia

– Meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh

Ternyata begitu banyak khasiat daging domba untuk kesehatan tubuh. Itulah manfaat manfaat daging domba bagi kesehatan lho. Tapi, Anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah besar karena apapun yang dikonsumsi terlalu banyak pasti tak akan baik. Akibat yang mungkin timbul jika mengkonsumsi domba adalah tekanan darah tinggi karena daging hewan ini dapat meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya, konsumsi daging domba maksimal satu minggu sekali dengan porsi maksimal 100 gram.

Summary
Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan
Article Name
Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan
Description
Artikel ini menjelaskan Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan. Bahwa daging domba ini mempunyai banyak manfaatnya dan kandungan gizi-gizinya
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment