15 Manfaat Cumin Untuk Kesehatan

Cumin merupakan salah satu jenis rempah yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia. Sehingga manfaat cumin pun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa didapatkan dari cumin ini. Di dalam artikel ini akan dijelaskan 15 manfaat dari cumin untuk kesehatan, sehingga siapapun dapat memanfaatkan cumin secara maksimal.

Cumin adalah rempah yang terbuat dari biji kering tanaman yang dikenal sebagai Cuminum cyminum, yang merupakan anggota dari keluarga peterseli. Cumin adalah salah satu rempah-rempah yang paling populer dan umumnya digunakan dalam masakan Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika Utara, dan India, di antara banyak lainnya. Ini tersedia baik sebagai biji utuh maupun dalam bentuk bubuk.

Rahasia masakan india autentik

Biji cumin dipanen dengan tangan, dengan ukuran biji yang kecil, berbentuk mirip padi, dan menyerupai biji jintan. Varietas cumin yang paling umum adalah warna kuning kecoklatan, meskipun kadang-kadang anda juga dapat menemukan dengan varian warna lain. Anda akan menemukan biji utuh dalam resep makanan India (juga disebut jeera) dan cumin bubuk sebagai bahan dalam masakan Meksiko dan Timur Tengah, serta makanan umum seperti sambal, saus barbekyu, kacang panggang, sup, dan bumbu (misalnya garam masala, bubuk kari, campuran achiote, adobos, berbere, dan bahaarat).

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, cumin bisa menjadi bahan alami yang banyak digemari karena besar manfaatnya untuk kesehatan. Sebut saya manfaat rempah cumin bisa untuk memperbaiki sistem pencernaan, mengobati peradangan, meningkatkan jumlah ASI bahkan dikatakan mampu membunuh sel kanker. Berikut penjelasan selengkapnya tentang 15 manfaat cumin untuk kesehatan.

gambar cumin

Menurunkan Berat Badan

Ingin cepat langsing dan sehat? Rempah cumin bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk membantu anda menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, cumin mengandung cukup banyak serat yakni 10,6 gram atau sekitar 26% dari total kebutuhan serat setiap harinya. Kandungan tersebut bisa kita manfaatkan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Sehingga lemak dan kotoran yang ada di dalam tubuh pun tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Beberapa studi menyebutkan bahwa cumin memiliki nutrisi yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Cumin dipercaya bisa mengobati terganggunya sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare hingga muntaber. Mengkonsumsi cumin secara rutin juga dipercaya bisa mencegah risiko infeksi pada usus besar karena kesalahan pola makan. Minyak cumin juga digunakan untuk membantu orang batuk berdahak, memperbaiki kontrol buang air kecil, membunuh bakteri dalam tubuh, dan meringankan sembelit.

Menstabilkan Tekanan Darah

Biji cumin juga merupakan sumber mineral yang sangat baik seperti zat besi, tembaga, kalsium, potassium, mangan, selenium, seng dan magnesium. Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Seng membantu dalam kerja beberapa enzim yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan, pembentukan sperma, dan pencernaan di tubuh kita, sementara Kalium membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Untuk itu penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini dari sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi cumin. Cumin dikenal mengandung fito kimia yang dapat membentuk anti oksidan. Anti oksidan sangat penting untuk melawan radikal – radikal bebas penyebab penyakit kanker. Cumin mengandung beberapa minyak esensial dan beberapa antioksidan flavonoid seperti lutein, karoten, kripto-xanthin dan xenhin-xanthin. Ini menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh kita, melindungi kita dari penyakit kanker, penuaan dan penyakit neurologis degeneratif seperti Parkinson.

Antiseptik

Rebusan cumin secara tradisional digunakan untuk mencuci memar, luka bakar dan luka bakar untuk mencegah infeksi. Ini juga digunakan sebagai tapal.

Memperbanyak Produksi ASI (Air Susu Ibu)

Dalam beberapa budaya, teh cumin diambil oleh ibu menyusui untuk memperbaiki aliran susu saat menyusui bayinya.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Kesehatan Mata

Sistem pengobatan tradisional India menyarankan penggunaan biji cumin yang diambil dua kali sehari untuk memperbaiki penglihatan mata.

Mencegah Sesak Nafas

Kegunaan lainnya biji cumin ternyata punya dampak yang baik untuk membuat pernapasan Anda jauh lebih sehat. Biji putih yang satu ini akan mencegah sesak nafas dan mencegah terjadinya penyakit pernapasan seperti bronchitis. Penderita asma pun juga sebaiknya mengonsumsi biji ini.

Merilekskan Otot-Otot

Cumin memiliki kandungan magnesium dan potasium. Kedua komponen tersebut sangat bermanfaat untuk melemaskan dan merilekskan otot – otot tubuh ysng tegang seperti saat setelah berolahraga atau setelah bekerja seharian.

Mengobati Dan Mencegah Ambeien

Ambeien pada dasarnya diakibatkan oleh sembelit akibat kurangnya konsumsi serat sehingga menimbulkan luka pada anus. Sehingga luka tersebut dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan ambeien tersebut. Tingginya kandungan serat di dalam cumin dapat melancarkan pencernaan, qmencegah ambeien yang sekaligus membantu mencegah terjadinya ambeien. Sedangkan anti mikroba serta anti fungal di dalam cumin akan membantu menyembuhkan infeksi atau ambeien.

Menyehatkan Kulit

Cumin mengandung vitamin E yang cukup tinggi yakni sebanyak 3,3 mg yang dapat memenuhi sekitar 22 % kebutuhan Vitamin E setiap harinya. Ini juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Vitamin e sangat dibutuhkan tubuh dan membuat kulit sehat dan bercahaya. Nah, jika anda ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, coba konsumsi si cumin ini secara teratur.

Menghilangkan Ketombe

Dari indonesia untuk dunia

Banyak produk perawatan rambut yang saat ini banyak beredar di pasaran. Namun terkadang banyak juga produk perawatan yang hanya menghilangkan ketombe untuk sementara waktu. Cumin mengandung minyak esensial yang bisa berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan mencegah ketombe kembali lagi.

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin e di dalam cumin dapat berfungsi sebagai anti aging di dalam tubuh sehingga membantu mencegah penuaan dini dan gejalanya. Vitamin e juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah masuknya radikal – radikal bebas dan mencegah masuknya toksin yang dapat menjadi penyebab timbulnya keriput, noda hitam dan kendurnya kulit. Kandungan tersebut yang dikombinasi dengan adanya anti bakteri yang juga terdapat di dalam cumin menjadikan cumin sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat cantik yang bertahan lama.

Menurunkan Gula Darah

Rempah cumin dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.  Hal ini dimulai dengan menurunkan tekanan darah sistolik. Adapun kontrol glikemik, telah terbukti dapat mengurangi kadar glukosa puasa dan hemogloblin terglikasi.

Menghilangkan Bau Mulut

Asupan minyak biji cumin bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan penyakit gusi.

Itulah 15 manfaat yang dimiliki rempah cumin untuk kesehatan. Ciri cumin ini adalah tumbuhannya yang berbentuk Terna (tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu) serta mempunyai batang ramping bercabang. Kebanyakan pemanfaatan dari cumin ini digunakan sebagai bahan dasar makanan seperti kari, biryani, mandhi, dll. Jangan sampai salah penyebutan dengan jintan atau caraway ya, karena meskipun mirip namun aroma dan rasa keduanya sangat berbeda.

masak 2 kg daging tongseng

Leave a Reply

Your email address will not be published.