Ini Dia 12 Makanan Makin Enak kalau Pakai Pete

Petai atau yang banyak disebut sebagai pete merupakan tanaman yang termasuk jenis polong-polongan yang memiliki aroma khas. Aroma “khas” yang dimaksud adalah pete mengeluarkan aroma yang kurang sedap bagi sebagian orang yang dapat membuat napas menjadi bau. Aroma khas tersebut menjadi alasan utama mengapa tak sedikit orang menolak untuk mengonsumsi pete. Meski dengan aroma yang cukup khas, bukan berarti pete menjadi bahan makanan yang tidak nikmat.

Pada dasarnya, pete bisa diolah menjadi makanan dengan cita rasa lezat. Anda bisa mengolahnya dengan cara digoreng, ditambahkan sebagai bahan dari sambal, atau dicampurkan dengan berbagai jenis masakan. Meski banyak yang enggan mengomsumsi pete, sebenarnya pete akan menjadikan suatu hidangan menjadi lebih harum dan sedap, terutama pada hidangan pedas. Penasaran makanan apa saja yang akan menjadi lebih lezat jika menggunakan pete? Baca selengkapnya di bawah ini.

Nasi Goreng

Dalam dunia kuliner di Indonesia, nasi goreng merupakan hidangan yang banyak ditemukan di Indonesia. Nasi goreng menjadi bagian dari makanan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Karena nasi goreng memiliki cita rasa gurih, popularitasnya pun meningkat, tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini dapat dibuktikan ketika nasi goreng memiliki reputasi sebagai salah satu makanan terlezat di seluruh dunia versi CNN, dan nasi goreng menduduki peringkat kedua setelah rendang.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Nasi goreng merupakan sajian berupa nasi putih yang diaduk dalam minyak goreng atau mentega, lalu ditambahkan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, dan bumbu lainnya termasuk kecap yang membuat warna kecoklatan pada nasi goreng. Tak berhenti sampai di situ, nasi goreng biasanya disajikan dengan berbagai topping, umumnya berupa telur, ayam, serta pelengkap seperti acar dan kerupuk.

Di Indonesia sendiri, nasi goreng biasanya dijadikan menu sarapan atau menu makan malam. Anda bisa membuat nasi goreng sebagai menu sarapan, namun jika ingin menyantapnya pada malam hari, banyak penjual – baik itu di restoran, tempat makan, ataupun pedagang keliling dengan gerobak yang menjual santapan ini.

Nasi goreng memiliki variasi yang beragam yang bisa Anda temukan di berbagai tempat. Mulai dari nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng daging, nasi goreng mawut (perpaduan nasi dan mie), nasi goreng jawa, nasi goreng kencur, nasi goreng kecombrang, dan tak lupa dengan nasi goreng pete. Nasi goreng dengan pete akan menjadi sajian gurih dan nikmat yang bisa Anda santap kapan pun.

Bumbu yang digunakan biasanya berupa bumbu basah atau bumbu segar yang dihaluskan, atau bisa juga menggunakan bumbu bubuk yang telah dikemas sedemikian rupa sebagai bumbu yang praktis untuk melezatkan sajian nasi goreng Anda. Cairo Food telah menyediakan bumbu nasi goreng praktis yang di antaranya adalah bumbu nasi goreng kampung, bumbu nasi goreng rempah, dan bumbu nasi goreng kambing.

Baby Cumi Sambal Pete

Makanan selanjutnya yang bisa ditambahkan pete agar semakin nikmat adalah baby cumi. Seperti namanya, ini merupakan bayi cumi atau cumi-cumi asin berukuran kecil sekitar dua sampai tiga sentimeter. Baby cumi merupakan pilihan yang bisa Anda jadikan sebuah olahan dengan menambahkan pete, dan rasanya tentu akan sangat nikmat dan lezat.

Baby cumi yang dibuat dengan sambal serta pete akan menjadi hidangan yang nikmat, karena seperti yang kita ketahui bahwa pete akan bertambah lezat jika dicampurkan ke dalam sambal. Baby cumi sambal pete bisa dibuat dengan menggunakan bumbu berupa cabai rawit merah, cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula. Tak hanya itu saja, ini juga merupakan hidangan istimewa karena dapat bertahan hingga satu minggu jika disimpan dalam kulkas.

Sambal Pete

Pete merupakan bahan yang cocok untuk ditambahkan ke dalam sambal, salah satunya adalah sambal pete. Ini adalah jenis sambal yang dibuat dengan pete, sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Harga dari sambal pete diketahui lebih mahal daripada sambal lainnya. Meski demikian, sambal pete menjadi olahan pete yang menjadi favorit banyak orang.

Daerah Bantur Malang adalah daerah di mana sambal pete ini berasal. Warga setempat membuat sambal pete karena Bantur Malang merupakan salah satu daerah penghasil pete terbanyak, bahkan Surabaya banyak mendapatkan pete yang dibudidayakan dari daerah tersebut. Karena Bantur Malang menghasilkan pete dalam jumlah besar, maka tak sedikit rumah makan yang menyediakan sambal pete sebagai menu andalan mereka. Ini menjadi makanan lezat yang nikmat disantap dengan nasi putih hangat, terutama bagi pencinta kuliner pedas.

Telur Dadar

Siapa yang sangka jika telur dadar yang merupakan salah satu santapan yang banyak dijadikan menu sarapan ini juga akan bertambah lezat jika terdapat pete di dalamnya? Telur dadar adalah sajian dengan bahan dasar telur yang dibuat dengan cara mengocok telur yang kemudian digoreng menggunakan minyak goreng atau mentega panas di atas wajan.

Telur dadar biasanya dibumbui dengan sedikit garam atau lada untuk menambah kelezatan, dan bisa juga ditambahkan irisan daun bawang untuk pelengkap. Ini merupakan hidangan yang mirip dengan omelet, yang hanya berbeda dari tekstur di mana omelet bertekstur lembut dan empuk dibandingkan telur dadar.

Hidangan gurih dengan proses pembuatan yang mudah ini dapat divariasikan dengan pete, yang ditambahkan pada saat mengocok telur. Hidangan gurih memang selalu menjadi menu yang sangat cocok untuk pete, maka tak heran jika rasanya pun akan semakin lezat. Tertarik untuk membuatnya?

Sambal Bajak

Sambal sudah merupakan santapan yang wajib tersedia untuk berbagai di Indonesia, bahkan hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya sendiri, seperti sambal bajak yang merupakan sambal khas Jawa Timur. Sambal bajak sangat sesuai dengan orang yang tidak terlalu menyukai rasa pedas namun tetap ingin menyantap sambal, karena sambal khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang cenderung manis dan pedas. sambal bajak memiliki rasa yang cenderung manis pedas.

Sambal bajak terbuat dari cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat merah, dan terasi yang diulek halus. Seluruh bahannya ditumis dan ditambahkan perasa seperti garam, gula merah, serta air asam jawa. Untuk menambah cita rasa dan aroma, sambal ini kerap ditambahkan kulit jeruk purut.

Sambal khas Jawa Timur ini bisa ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang terdapat pada warung makan, khususnya di warteg atau warung Tegal. Ini merupakan jenis sambal dengan rasa yang mirip dengan sambal terasi, namun sambal bajak menawarkan cita rasa yang lebih kaya. Salah satu variasi resep olahan sambal bajak adalah menggunakan pete sebagai salah satu bahan utamanya. Pete memiliki rasa yang kuat, sehingga pastinya akan sempurna untuk menambah kelezatan dari sambal bajak dengan cita rasa manis pedas.

Terong Pete Balado

Terong juga merupakan masakan yang akan bertambah nikmat jika ditambahkan pete, salah satu olahannya adalah terong balado. Di rumah makan Padang, terong balado bisa dengan mudah Anda temukan karena ini merupakan salah satu pelengkap lauk yang lezat. Beberapa jenis terong seperti terong hijau dan terong ungu umum dimasak sebagai sayur.

Untuk membuat sajian ini terasa semakin nikmat, Anda harus mencoba menambahkannya dengan pete. Terong pete balado terbuat dari sayuran terong ungu yang diberi cabai sebagai bumbunya dan memiliki cita rasa yang unik karena adanya kombinasi dari pete yang mempunyai rasa yang sangat khas. Meski dibuat dengan bumbu yang sederhana, rasa yang ditawarkan akan membuat ketagihan. Sajikan bersama nasi putih hangat, dijamin nafsu makan Anda akan bertambah.

Sambal Goreng Udang

Sambal goreng udang atau disebut juga dengan balado udang dalam bahasa Minangkabau adalah salah satu varian sambal lainnya yang bisa ditemukan di masakan Indonesia. Ini merupakan makanan yang terbuat dari udang, baik udang kupas maupun tidak, yang ditumis dengan sedikit minyak goreng, dan disajikan panas.

Sambal udang tak luput dari penggunaan bumbu, yang di antaranya meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, terasi, kunyit, lengkuas dan cabai, semua dicampur dan digiling dengan garam dan air. Untuk membuatnya semakin beraroma, balado udang ini juga ditambah serai, daun salam, daun jeruk, kemudian ditumis dalam minyak goreng hingga campuran bumbu mengeluarkan aromanya. Balado udang ini juga bisa menggunakan bahan lainnya termasuk buncis, kentang dengan bentuk dadu, tahu, telur puyuh, serta pete. Ini juga merupakan sajian yang nikmat untuk disantap dengan nasi putih hangat.

Sambal Goreng Kentang

Makanan selanjutnya adalah makanan khas Indonesia, yaitu sambal goreng kentang. Sederhananya, ini adalah hidangan sambal yang digoreng bersama dengan kentang. Sambal kentang terdiri dari bumbu seperti sambal ulek, lengkuas, daun salam, gula, garam, kecap, santan, daun jeruk, serai dan lainnya.

Selain kentang, makanan ini biasanya digoreng dengan tempe, buncis, terong, ampela, hati, labu siam, ikan, udang, krecek, terong, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya variasi bahan yang bisa digunakan, sehingga nama sambal goreng ini pun mengacu pada bahan yang digunakan. Sambal goreng kentang umum disajikan bersama makanan lain seperti nasi hangat, nasi kuning, nasi uduk, atau nasi kebuli.

Sambal ulek adalah jenis sambal yang digunakan dalam sambal goreng kentang. Sambal ini dibuat dengan mengulek beberapa bahan dengan menggunakan cobek, dan bahan-bahannya terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, merica, garam serta tambahan penyedap rasa.

Pada beberapa jenis perayaan, sambal goreng kentang menjadi suguhan yang wajib tersedia, maka dari itu, pada perayaan seperti upacara adat dan tradisi masyarakat indonesia, Anda akan menemukan sajian ini. Sambal goreng kentang tentunya menawarkan cita rasa pedas dari cabai yang digunakan, dan Anda akan menemukan kelezatan lainnya yaitu cita rasa gurih yang berasal dari santan dan garam. Untuk sajian yang tak kalah lezat, tambahkan pete pada sambal goreng kentang.

Tumis Ikan Asin

Ikan asin merupakan daging ikan yang diberikan banyak garam yang bertujuan agar daging ikan bisa lebih tahan lama. Ikan biasanya dapat membusuk dalam waktu singkat, namun dengan adanya ikan asin ini, maka Anda dapat menyimpannya hingga berbulan-bulan untuk diolah ke dalam berbagai resep. Ikan asin seringkali diolah dengan cara ditumis, dan ditambahkan dengan cabai. Tumis ikan asin menjadi sajian lezat, terutama jika menggunakan pete yang melengkapi rasa dari perpaduan rasa asin dan pedas tersebut.

Ikan Bakar Dabu-dabu

Dalam bahasa Manado, Sulawesi Utara, dabu-dabu memiliki arti yaitu sambal. Di Manado, terdapat banyak jenis dabu-dabu, dan jenis yang paling popular adalah dabu-dabu lilang, atau jika diartikan adalah sambal yang dipotong-potong. Selain dabu-dabu lilang, jenis dabu-dabu lainnya yakni dabu-dabu roa, dabu-dabu bakasang, dan dabu-dabu kuning. Bawang merah, garam, batang daun bawang, cabai rawit merah, cabai keriting, tomat, dan perasan jeruk nipis atau minyak kelapa, tomat adalah bahan dasar dari pembuatan sambal dabu-dabu.

Sambal khas Manado ini dapat dijadikan pelengkap makanan yang digoreng. Cara penyajian dabu-dabu tak seperti sambal pada umumnya yang sering dijadikan cocolan, melainkan dicampurkan secara langsung di atas sajian menu seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Dengan cara penyajian tersebut, dabu-dabu sangat nikmat menjadi sambal untuk ikan bakar, terutama yang menggunakan pete.

Cah Kangkung

Cah kangkung adalah suatu hidangan berupa kangkung yang ditumis dengan menggunakan bumbu khas. Kangkung yang ditumis ini memiliki cita rasa gurih, yang biasanya dimasak dengan menggunakan sedikit cabai sebagai penambah rasa hidangan ini. Untuk mendapatkan rasa yang semakin nikmat, Anda bisa menggunakan pete sebagai bagian dari kelezatan cah kangkung.

Cah kangkung biasanya menggunakan bumbu-bumbu oriental, seperti bawang putih, kecap ikan, kecap asin, jahe, dan saus tiram. Masakan ini juga bisa dimasak dengan menggunakan minyak wijen. Kelezatan serta aroma masakan yang kuat tak terlepas dari bumbu oriental yang digunakan, hingga menjadikan hidangan ini terasa asin gurih, dan tidak begitu pedas.

Pepes Ikan Asin Peda

Pepes mengacu pada teknik memasak yang sangat umum dipraktikkan di Indonesia dan sangat mudah ditemukan di hampir semua daerah Indonesia. Tergantung daerah masing-masing, pepes pun memiliki nama yang beragam. Di Tatar Sunda, pepes jamak disebut pais. Di Jawa dan di Palembang, pepes biasa disebut brengkes.

Di Bali, warga setempat menyebutnya tum yang mungkin adalah adaptasi dari kata stoom dalam bahasa Belanda, yang berarti “mengukus”. Palai merupakan sebutan yang familiar di daerah Minang. Sedangkan pale merupakan sebutan yang mayoritas digunakan oleh orang Tapanuli. Masayarakat Minahasa menyebut pepes dengan istilah woku daun.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Pada dasarnya, pepes mengacu pada sebuah makanan yang dibungkus dalam daun pisang, untuk kemudian dikukus sampai matang. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat pepes biasanya berupa rempah aromatik yang di antaranya adalah daun kunyit, kemangi, daun jeruk nipis, daun pandan, dan sereh. Rempah-rempah aromatik tersebut membuat pepes berbau sangat harum yang mengundang selera.

Lauk yang digunakan pada pepes adalah ikan, baik itu utuh ataupun yang telah dipotong-potong, atau terkadang menggunakan daging ikan yang dicincang halus. Sementara di beberapa daerah tertentu, mereka menggunakan daging ayam atau daging sapi. Namun, masyarakat Indonesia terus berkreasi terhadap lauk untuk pepes, sehingga saat ini terdapat banyak pepes seperti pepes tahu, pepes telur asin, pepes teri, dan pepes ikan asin.

Pepes ikan asin merupakan sajian yang tak boleh dilewatkan, karena rasa asin dari ikan asin peda berpadu dengan bahan dan rempah aromatik yang digunakan. Tak hanya sampai di situ, pepes ikan asin peda menjadi santapan dengan cita rasa yang luar biasa jika dipadukan dengan pete. Rasa yang kaya tersebut menyatu sempurna ketika disantap.

Ternyata meskipun pete memiliki aroma “khas” yang membuat banyak orang enggan mencicipinya, tetapi ketika mengetahui banyaknya jenis makanan yang akan bertambah lezat jika menggunakan pete menjadi bukti bahwa pete juga memiliki cita rasa lezat. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi pete, karena kenikmatannya tak dapat tergantikan. Simak artikel yang tak kalah menarik tentang makanan yang wajib ada daun kemangi yang bisa dibaca melalui tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *