12 Makanan Khas Arab Saudi

Pasti anda sering mendengar nama Nasi Kebuli dan Nasi Biryani, padahal Nasi kebuli tidak ada di Arab Saudi dan Nasi Biryani berasal dari India. Walaupun banyak makanan Arab Saudi yang secara sejarah tidak asli 100 persen berasal dari Saudi, misalnya seperti Yaman dan India, namun sudah menjadi terkenal bahkan menjadi makanan nasional Arab Saudi. Pada artikel ini kami hanya akan membahas makanan saja, kue dan minuman tidak termasuk dalam daftar ini. Inilah 12 makanan khas Arab Saudi terpopuler.

Nasi Kabsa كبسة

Nasi Kabsa Ayam
Nasi Kabsa Ayam

Nasi Kabsa bisa dibilang adalah makanan nomor satu di Saudi Arabia, walaupun secara sejarah berasal dari Yaman tapi sudah menjadi makanan nasional di Arab Saudi. Nasi Kabsa biasanya menggunakan Daging Kambing atau Ayam. Yang membedakan Nasi Kabsa dengan nasi arab lain pada umumnya adalah penggunaan tomat yang sangat banyak, sehingga membuat warnanya menjadi merah. Tentu saja rempah kabsa berbeda dari jenis nasi arab lainnya.

Nasi Mandi مندي

Nasi Mandi Ayam
Nasi Mandi Ayam

Nasi Mandi adalah nasi yang terbuat dari beras basmati dengan rempah rempah yang cukup lembut tapi memiliki aroma khas. Dibanding Nasi lainnya, Nasi Mandi berwarna paling terang dan memiliki rasa paling lembut.

Nasi Bukhari رز بخاري

Nasi Bukhari
Nasi Bukhari Ayam

Nasi Bukhari berasa dari kota Bukhara dimana Imam Bukhari hidup. Nasi Bukhari menggunakan Wortel Parut sehingga menjadikan warna nya seperti warna wortel.

Shakshouka شكشوكة

Saksuka atau Shaksuka adalah Makanan khusus sarapan yang terbuat dari telur ayam dengan tomat dan rempat. Shaksuka ini biasa dimakan dengan roti pita seperti layaknya omelet telur.

Mutabbaq مطبّق

Anda akan kaget dengan Fakta ini, Mutabbaq dalam bahasa Arab memiliki arti dilipat atau lipatan. Berasal dari Yaman, lalu menyebar ke India dengan nama Murtabak lalu ke Asia Tenggara kemudian menjadi terkenal dengan nama Martabak. Walaupun berasal dari Yaman, Mutabbaq adalah makanan populer di Arab Saudi. Di Indonesia sendiri yang dimaksud Mutabbaq adalah Martabak Telur, bukan Martabak Manis. Seharusnya di Indonesia Martabak dikenal dengan nama Martabak Arab atau Martabak Yaman, atau bahkan Martabak India, bukan Martabak Mesir. Fakta baru bagi anda bukan ?

Harees هريس

harees
harees

Harees atau Jareesh adalah seperti Bubur, dan berbeda dengan Harisa yaitu sejenis sambal. Harees dibuat dari Gandum dan Ayam yang dihaluskan sehingga menjadi bubur.

Haneeth حنيذ

Haneeth mirip seperti Nasi Mandi namun biasanya dimasak dengan daging Kambing yang berumur masih muda serta dimasak didalam galian tanah lalu ditutup rapat. Tehnik ini terkenal sekali di Yaman.

Samosa سمبوسة

Samosa Sapi
Samosa Sapi

Siapa yang tidak kenal Samosa ? Samosa adalah sejenis snack berbentuk segi tiga yang berasal dari Mesir tapi sangat populer di Arab Saudi. Samosa bisa berisi apa saja, dari mulai dari Sapi, Kambing, Ayam, Keju, maupun sayur. Umumnya samosa dimakan sebagai makanan pembuka pada saat berbuka puasa sebelum orang orang melaksanakan ibadah solat maghrib.

Jalamah جلامة

Jalamah adalah sejenis masakan olahan daging kambing yang berasal dari daerah Asir di Saudi. Jalamah biasanya disajikan ketika Idul Adha dengan memotong daging dan lemak menjadi potongan kecil, lalu memasaknya sedikit rempah seperti kapulaga, lada dan kayu manis.

Saleeg سليق

Saleeg adalah sejenis Bubur yang dimasak dengan kaldu(Ayam atau kambing) dan susu. Berasal dari wilayah Hejaz di Saudi dan sangat populer di kota Taif. Nasi yang digunakan pada umumnya menggunakan beras pulen yang berasal dari Mesir.

Tharid ثريد

Tharid
Tharid

Tharid adalah makanan yang menjadi kesukaan Rasulullah Muhammad SAW. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Tharid adalah lebih baik dari makanan lainnya. Diambil dari Sahih Al-Bukhari No 3411

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، عَنْ مُرَّةَ الْهَمْدَانِيِّ، عَنْ أَبِي مُوسَى ـ رضى الله عنه ـ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ كَمَلَ مِنَ الرِّجَالِ كَثِيرٌ، وَلَمْ يَكْمُلْ مِنَ النِّسَاءِ إِلاَّ آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ، وَمَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ، وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ ‏”‏‏.

Rasulullah (ﷺ) berkata, “Banyak dari Pria yang mencapai level kematangan, tapi tidak semua Wanita mencapai level ini kecuali Asia, Istri Fir’aun, Maria, anak dari Imran. Dan tidak diragukan lagi, keunggulan Aisyah dibandingkan wanita lain sama seperti keunggulan Tharid dibandingkan makanan lainnya.”

Tharid adalah sejenis sayur berkuah dengan daging ayam atau kambing yang disajikan diatas potongan roti yang kering. Pada umumnya Tharid berbahan dasar kuah daging(Kambing/Ayam), Wortel, Tomat, Batang Seledri, Bawang Bombay, Ketang, dan Zukini.

Mantu منتو

Manthoo Arab
Manthoo Arab

Manti/Manty atau Mantu Secara sejarah, berasal dari Suku Uighur dan terkenal di Cina sebagai Mantou atau mirip Dimsum. Makanan ini ternyata juga terkenal di Arab Saudi. Sebagaimana dumpling pada umumnya mantu dimasak dengan cara dikukus.

 

Ingin mencicipi salah satu makanan diatas ? Beli Bumbunya atau pesan langsung makanan Jadi dari Cairo Food, Hubungi kami segera.

Summary
12 Makanan Khas Arab Saudi
Article Name
12 Makanan Khas Arab Saudi
Description
Ini dia 12 Makanan Khas Arab Saudi yang sangat populer. Ternyata banyak makanan Arab Saudi yang sebenarnya berasal dari negara lain seperti Yaman dan India
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment