12 Kolaborasi Makanan Aneh Yang Pernah Ada Di Indonesia

Bagi anda pecinta kuliner pasti menyukai beragam makanan baru yang tampaknya lezat. Pada dasarnya kuliner memang selalu berkembang dengan beragam variasi, rasa dan kombinasi, termasuk kuliner di Indonesia. Tampaknya masyarakat Indonesia tidak kehabisan akal untuk menciptakan variasi atau menu baru, mulai dari makanan yang terlihat menggugah selera hingga makanan dengan kombinasi yang aneh. Kombinasi makanan diciptakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberikan rasa baru pada lidah yang bagi beberapa orang justru terasa sangat lezat. Yuk simak daftar kombinasi makanan aneh yang ada di Indonesia.

Nasi Ayam Tolak Angin

Inovasi nyeleneh dari kombinasi makanan aneh yang pertama adalah nasi ayam yang disajikan dengan saus tolak angin. Menu ini diluncurkan oleh sebuah restoran di Jakarta pada April 2020. Usai menu ini dirilis dan dipromosikan di sosial media, netizen Indonesia banyak yang meragukan rasa menu ini karena terlalu aneh untuk dicoba.

Bayangkan saja, rasa gurih dari ayam goreng krispi dipadukan dengan jamu tolak angin. Pasti rasanya sulit dijelaskan. Menu ini diinisiasi oleh pemilik restoran yang ingin menciptakan menu sehat dan enak serta membuat orang-orang penasaran. Makanan sehat dengan tolak angin dianggap sebagai satu langkah unik untuk mencegah Covid-19. Seporsi nasi ayam tolak angin ini bisa anda dapatkan dengan harga 32.000 yang dapat dibeli melalui aplikasi ojek online.

Nasi Terang Bulan

Kombinasi makanan aneh selanjutnya adalah nasi putih dicampur dengan terang bulan atau martabak manis. Makanan aneh ini tidak menjadi menu restoran manapun, namun diviralkan oleh salah satu pengguna sosial media di Indonesia. Mungkin sulit membayangkan bagaimana rasa nasi putih yang hangat, lalu dicampur dengan cemilan berat yang memiliki rasa manis yaitu terang bulan.

Tak hanya itu, nasi yang sudah mengandung karbohidrat pasti sangat mengenyangkan terutama jika ditambah dengan martabak manis isian keju sebagai lauknya. Bukannya enak, makan nasi dengan martabak mungkin akan membuat perut anda begah sekaligus eneg.

Nasi Goreng Durian

Nasi goreng tentu saja telah menjadi makanan yang mudah ditemui di Indonesia. Banyak masyarakat di Indonesia yang menyukai nasi goreng yang ditawarkan dengan beragam topping dan proses pembuatan. Nasi goreng biasanya dilengkapi dengan telur, seafood, suwiran ayam, bakso, sosis, hingga pelengkap seperti timun, tomat, bawang goreng, dan acar. Nasi goreng biasanya disajikan untuk sarapan. Namun sebagian besar penjual nasi goreng kaki lima justru baru berjualan ketika mendekati malam sehingga makanan ini sebenarnya bisa dimakan kapanpun.

Berbicara tentang nasi goreng, siapa yang menyangka bahwa nasi goreng bisa dianggap tidak normal karena penggunaan topping yang unik. Kombinasi rasa tak biasa datang dari nasi goreng yang gurih lalu dipadukan dengan durian. Meskipun durian kerap menjadi buah primadona untuk masyarakat Indonesia, namun siapa yang membayangkan durian justru dipadukan dengan hidangan nasi.

Ketika anda menyendok sesuap nasi goreng maka daging durian akan ikut serta ditambah rasa dari sambalnya. Durian utuh sekitar 3-4 biji melengkapi rasa nasi goreng yang gurih ini. Nasi goreng durian biasanya menggunakan durian matang yang disebelahnya diberikan sambal pedas. Untuk anda yang menyukai durian mungkin menu ini bisa jadi referensi baru, untuk memperluas cita rasa dari kuliner unik ini.

Nasi Goreng Nutri Sari

Makanan selanjutnya yang dimunculkan oleh seorang warganet Indonesia adalah nasi goreng yang dicampur dengan nutri sari rasa jeruk. Minuman nutri sari rasa jeruk memiliki cita rasa manis dengan rasa asam yang ringan. Biasanya bubuk nutri sari disajikan setelah dilarutkan dalam air. Namun siapa sangka bahwa nasi goreng bisa ditaburi dengan bubuk nutri sari yang seharusnya jadi minuman.

Kombinasi makanan ini juga menggunakan topping berupa telur ceplok. Kreasi makanan nasi goreng nutri sari awalnya viral dalam sebuah video, yang menuai beragam komentar yang masih tidak bisa membayangkan rasa makanan ini.

Mie Instan Goreng Campur Boba

Di tahun 2019 awal, boba memang menjadi bahan minuman yang viral dimana-mana. Boba yang biasa dijadikan topping pada minuman rasa, akhirnya mendapat giliran untuk dijadikan sebagai kombinasi makanan aneh. Mie instan yang dikreasikan dengan campuran boba menawarkan rasa yang tidak pernah dibayangkan.

Anehnya kombinasi makanan aneh ini tampaknya disukai oleh warga Indonesia. Terbukti dengan banyaknya resep online dari mie goreng boba yang menunjukkan antusias masyarakat lokal untuk mencoba sajian manis, pedas, gurih, dan berminyak ini. Biasanya mie goreng campur boba juga ditambahkan dengan saus keju boba dari mayonaise dengan air lemon yang sudah diaduk.

Mie Kuah Campur Kolak

Modifikasi mie instan selanjutnya adalah versi mie instan kuah. Makanan ini menawarkan rasa manis dari kolak dan rasa asin soto dari mie kuah. Kolak biasanya disajikan dengan potongan singkong dan pisang yang dimasak menggunakan gula jawa dan santan. Sementara mie instan kuah biasanya dipadukan dengan topping seperti telor, sosis, bakso dan daging. Namun siapa sangka kedua makanan lezat ini bisa dikombinasikan sebagai satu makanan unik. Untuk rasanya sudah jelas sangat beragam, mulai dari gurih, pedas, asin, hingga manis.

Es Krim Indomie Goreng

Bagi anda pecinta indomie goreng wajib mencoba es krim indomie goreng. Es krim indomie goreng adalah menu baru dari es krim artisan yang berbasis online yaitu, Holi Ice Cream. Ini merupakan menu es krim yang menggunakan rasa indomie goreng asli, bahkan dengan tambahan bawang goreng yang menambah kegurihan es krim. Resmi dirilis tahun 2020 dengan harga 45 ribu rupiah, es krim indomie goreng menuai pro kontra dari masyarakat Indonesia.

Beberapa orang yang pernah mencobanya cenderung menikmati rasa unik dari kolaborasi makanan aneh ini. Namun sebagian warganet juga berkomentar bahwa menu es krim ini lebih seram daripada cerita horror, karena terlalu sulit membayangkan kelezatan mie instan dalam bentuk es krim. Nah, jika anda ingin menikmati es krim dengan tampilan menarik dan rasa yang unik, bisa mengunjungi instagram @holi.icecream untuk memesannya secara langsung.

Es Krim Bumbu Pecel

Pecel adalah salah satu makanan yang Indonesia “banget”. Dengan tumpahan bumbu kacang terhadap sayur-sayuran pecel telah membuat es krim ini memiliki cita rasa yang sangat langka. Dalam suatu video dari channel youtuber Edho Zell tampak sedang mereview salah satu hotel bintang lima di Surabaya yang ternyata memiliki variasi rasa unik dari es krim.

Saat mencium aromanya maka es krim akan beraroma bumbu pecel yang sangat kuat. Es krim pecel berwarna coklat muda dengan gerusan cabai dan kacang pada permukaannya. Edho Zell menjelaskan soal es krim pecel pada suapan pertama, warna dan rasanya mirip seperti es krim caramel. Namun kemunculan cabai dan bumbu kacang pada suapan selanjutnya akan memberikan sensasi rasa makan yang aneh. Es krim sambal pecel dinilai memiliki rasa yang luar biasa dan sulit diterima oleh lidah masyarakat Indonesia pada umumnya.

Es Krim Nasi Uduk

Nasi uduk memang biasa identik dengan nasi yang dimasak dengan taburan santan lau ditambahkan telur, daging, ikan teri, maupun lauk lain yang memberikan rasa kenyang yang puas. Sebaliknya es krim pasti memiliki rasa yang menyegarkan seperti es krim buah-buahan, es krim kopi, es krim coklat, es krim vanila, dan lain sebagainya.

Lalu muncullah sebuah kombinasi aneh dari es krim unik yang dipadukan dengan rasa nasi uduk. Di Indonesia, es krim yang bercita rasa nasi uduk ditambahkan komposisi dari bahan dan rempah yang sama persis dengan nasi uduk. Uniknya lagi serpihan es krim ini juga dilengkapi dengan ikan teri medan goreng, kacang goreng dangan nasi putih hangat. Inovasi ini berupaya untuk mendobrak masakan tradisional dan menciptakan nasi uduk sebagai kuliner yang mengikuti perkembangan zaman.

Kopi Susu Campur Kecap Manis

Kemunculan varian baru dari kopi susu yang cukup heboh di tahun 2020, ternyata membahas mengenai kopi susu yang dicampur kecap manis. Kombinasi kopi dengan kecap manis adalah menu baru yang disediakan oleh sebuah kafe bernama Ali Coffee Roatery. Kafe yang berkonsep industrial dengan rooftop ini berlokasi di Kalideres, Jakarta Barat.

Varian kopi dan kecap dirilis tanggal 26 Februari 2020 yang berkolaborasi dengan salah satu produsen kecap di Indonesia yaitu kecap Bango. Salah satu owner dari coffeeshop ini menjelaskan bahwa rasa dari kopi campur kecap manis, harusnya bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Dalil pendapat ini didasarkan oleh asal muasal kecap yang berasal dari gula aren dan kacang kedelai.

Kolaborasi dari menu ini memang sangat unik karena memberikan rasa kopi dengan sensasi rasa kecap yang asin manis. Jika anda ingin mencobanya, maka bisa membeli satu gelas kopi kecap yang dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah. Mekipun sulit untuk dipercaya, namun ternyata banyak masyarakat di Jakarta yang menyukai kolaborasi aneh ini.

Bakso Pecel

Pada dasarnya ini adalah dua makanan yang dibuat jadi satu menu baru. Bakso ayam yang biasa disajikan dengan kuah berkaldu ringan yang hangat, lalu dikombinasikan dengan pecel yang menggunakan bumbu kacang akan menjadi kombinasi makanan aneh yang ada di Indonesia. Ini merupakan menu yang ada di sebuah warung bakso bernama Bakso Pecel Ony.

Warung ini berada di Pacet, Mojokerto dengan perawakan tempat yang sederhana dan pemandangan alam sejuk serta semilir angin dari pegunungan. Meskipun kombinasi makanan ini cukup aneh, namun banyak masyarakat yang ketagihan dengan rasanya yang ramai. Bakso gurih dengan kuah yang asin dan bumbu pecel dengan rasa kacang dijamin akan menggoyang lidah anda.

Bakso Durian

Setelah di Mojokerto terdapat bakso pecel, kini di daerah Jawa Timur lain tepatnya di Jombang ada bakso durian. Perpaduan makanan aneh ini bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau yakni belasan ribu rupiah. Dari tampilan luar, bentuk bakso durian sama dengan bakso pada umumnya meski dengan ukuran yang lebih besar.

Lalu siapa yang menyangka jika bakso dibelah akan menemukan daging durian yang siap meleleh pada kuah bakso. Rasa durian yang kuat dicampur dengan bakso sapi, tentu akan menjadi kombinasi makanan aneh namun layak dicoba untuk anda yang gemar menikmati makanan-makanan unik Indonesia.

Ternyata banyak sekali makanan yang dihasilkan dari kombinasi makanan aneh di Indonesia. Dua bahan yang dipadukan memang kurang lazim dan sulit dibayangkan, namun membuktikan kreativitas masyarakat Indonesia. Meskipun terdengar sedikit menggelikan, namun sebagian besar kombinasi dari dua bahan yang aneh malah populer dan diminati oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *