15 Es Krim Unik Dari Berbagai Penjuru Dunia

Es krim dikenal sebagai makanan beku dengan rasa yang manis dan segar sehingga sangat cocok dikonsumsi pada siang hari yang terik. Es krim umumnya dibuat dari produk susu yang diolah bersama perasa, baik itu perasa buatan maupun yang alami. Campuran ini kemudian diaduk dan didinginkan hingga mengkristal menjadi es krim. Namun, seiring perkembangan zaman, es krim terus dimodifikasi untuk melahirkan rasa baru, variasi baru dari bentuk dan tekstur, cara pengolahan dan bahan-bahan dasar yang unik hingga terkesan aneh, yang sesuai dengan karakteristik dan selera di berbagai negara di dunia. Berikut daftar 15 es krim unik dari berbagai penjuru dunia.

Es Krim Rasa Mawar, Jepang

Haagen-Dazs merupakan produsen es krim asal Amerika Serikat yang memiliki banyak gerai di seluruh dunia, termasuk di Jepang. Pada hari ulang tahun Haagen-Dazs Jepang yang ke-30, salah satu gerainya mengeluarkan varian es krim baru yaitu es krim rasa mawar. Bunga mawar yang biasa dimanfatkan aromanya sebagai wewangian justru dijadikan rasa pada es krim. Es krim rasa mawar memiliki cita rasa yang unik dan beraroma mawar kuat. Bahkan beberapa konsumen memberikan komentar bahwa aroma bunga mawar pada es krim yang sangat kuat rasanya seperti sedang memakan parfum. Hal ini disempurnakan dengan warna dan bentuknya yang mirip seperti mawar merah asli.

Es Krim Sriracha dan Coklat, Amerika Serikat

Sriracha merupakan sambal atau saus pedas yang berasal dari campuran pasta cabai, cuka suling, bawang putih, gula dan penyedap rasa. Bayangkan saus sriracha menjadi rasa es krim yang kemudian dipadukan dengan kesegaran coklat. Bagi beberapa orang rasanya mungkin terasa aneh karena membayangkan saus cabai ditaburi coklat, akan tetapi es krim ini justru banyak disukai oleh para vegetarian karena lebih rendah lemak dan kalori. Bahkan saat ini di internet banyak beredar resep rumahan untuk membuat es krim sriracha dan coklat yang unik.

Es Krim dan Kimchi, Korea Selatan

Membayangkan kimchi, makanan khas korea berupa kubis yang difermentasi dengan cita rasa pedas dan asam yang kemudian dikombinasikan dengan berbagai rasa es krim pasti sangat aneh. David Choi, pencipta varian rasa es krim ini berniat menciptakan rasa yang tidak pernah ada. Es krim kimchi disajikan dalam piring, dengan isian kimchi, kerupuk biji wijen dan mint segar, kemudian ditaburi madu dan rasa es krim. Beberapa varian lain dari es krim ini juga tidak kalah unik, yaitu kimchi yang dipadukan dengan es krim, kemudian dimakan dengan nasi. Es krim unik ini ternyata banyak sekali penggemarnya.

Es Krim Dondurma, Turki

Es krim dondurma bagi sebagian besar masyarakat di dunia pasti tidak asing, karena es krim ini sangat populer di sosial media. Es krim dondurma merupakan es krim dengan tekstur yang lebih kenyal dan elastis dibandingkan dengan es krim lainnya. Es krim ini terbuat dari susu kambing, gula, salep tepung, dan getah pohon mastic. Kombinasi bahan ini membuat es krim dondurma dapat dibolak-balik tanpa takut terjatuh. Hal tersebut juga didukung oleh cara penyajian yang unik dari penjualnya yaitu melakukan aksi pertunjukan spektakuler dan terkesan jahil sebelum memberikan es krim kepada pelanggan. Aksi menghibur ini menjadikan es krim dondurma menjadi cemilan wajib apabila berkunjung ke Turki. Uniknya lagi, es krim ini tebal dan cukup keras sehingga untuk mengkonsumsinya harus dikunyah, bukan seperti memakan es krim pada umumnya.

Gelato Rendang, Indonesia

Es krim gelato buatan produsen lokal, Ademuy Gelato mengeluarkan produk baru yaitu es krim rasa rendang. Es krim dengan kearifan lokal ini pertama kali disajikan pada gerai Ademuy Gelato di Kabupaten Sleman. Es krim ini menjadi salah satu menu favorit pembeli. Es krim gelato rendang tidak hanya diberi perasa rendang, melainkan menggunakan bumbu rendang dan bahkan terdapat potongan daging sapi di dalamnya.

I-Tim Pad, Thailand

I-Tim Pad merupakan cemilan es krim dari Thailand yang berupa es krim gulung. Es krim ini dibuat dalam loyang datar, kemudian dikikis sehingga teksturnya tipis sehingga bisa digulung. Gulungan es krim ini kemudian disatukan dalam semangkuk es krim yang dicampur dengan buah-buahan atau kacang-kacangan. Sebagai pelengkap es krim ini juga diberi sirup atau susu kental di atasnya. Rasanya manis dan terasa lumer ketika dimakan. Sejauh ini I-Tim Pad sudah ada di Indonesia dan cukup populer, akan tetapi hanya dapat ditemui di pusat perbelanjaan.

Spaghettini, Jerman

Es krim unik selanjutnya berasal dari Jerman. Namanya es krim spaghettini yaitu es krim yang berbentuk mie atau spaghetti. Es krim ini biasanya disajikan di restoran-restoran mewah sebagai hidangan penutup. Hidangan ini memiliki rasa yang cukup ramai, karena mie-nya memiliki rasa vanilla, sementara sausnya berasal dari saus stroberi. Sedangkan toppingnya yang menggantikan keju di dalam spaghetti, menggunakan serpihan parutan kelapa.

Es Krim Kulfi, India

Es krim kulfi merupakan es potong khas India yang banyak disukai masyarakat dunia terutama di kawasan Asia Selatan dan Timur Tengah. Es krim ini dibuat dengan bahan-bahan alami dengan rasa buah asli. Beberapa varian rasa yang ada antara lain mawar, mangga, kapulaga, kunyit, dan kacang tanah. Cara penyajian es krim ini juga unik karena menggunakan selembar daun kemudian ditaburi rempah-rempah atau terkadang beberapa orang juga mencampurnya dengan bihun. Tidak seperti prosedur membuat es krim pada umumnya, es krim kulfi tidak dikocok, sehingga menghasilkan cemilan beku padat yang kesannya mirip puding. Karena kepadatannya, es krim kulfi juga membutuhkan waktu lebih lama untuk meleleh daripada es krim biasa.

Clotted Cream, Inggris

Bukan rasanya, es krim yang satu ini justru mencakup proses pembuatan tertentu yang membuatnya unik. Clotted cream merupakan es krim yang dibuat dengan memanaskan susu sapi full cream dengan menggunakan bantuan uap air. Setelahnya es krim ini dibiarkan mendingin secara perlahan. Setelah es krim dingin maka kandungan krim naik ke permukaan dan membentuk bekuan es krim yang lembut. Bekuan ini disebut clout, dengan warna kuning keemasan. Penyajiannya biasanya dibarengi dengan stroberi maupun selai stroberi. Untuk urusan rasa es krim ini sangat lezat dan banyak disukai oleh masyarakat di seluruh Eropa. Apabila anda ingin mencoba membuatnya, dapat melirik berbagai resep yang dibagikan secara online dan gratis.

Mantecado, Kuba

Es krim mantecado merupakan es krim yang dicampur dengan susu, krim dan kuning telur. Sebagai pelengkap es krim ini juga dipadukan dengan kayu manis dan buah pala. Untuk topingnya bervariasi, sesuai selera misalnya dapat menggunakan keju, selai, coklat, dan lain-lain. Bahannya yang unik juga diklaim memberikan manfaat untuk kesehatan, terutama untuk menyehatkan jantung.

Es Krim Mochi, Jepang

Rasanya tidak lengkap apabila es krim mochi yang berasal dari Jepang tidak masuk dalam daftar es krim unik di dunia. Keunikan es krim ini bukan dari varian rasanya melainkan dari bahan dasar dan teksturnya yang kenyal. Mochi dibentuk menjadi bola-bola ketan yang secara tradisional diisi dengan bahan kacang-kacangan seperti kacang merah, krim kacang, kacang hijau. Saat ini mochi sudah populer di seluruh dunia termasuk di negara-negara Asia Tenggara, Amerika Utara, Eropa dan Afrika. Pabrikan es krim modern juga menciptakan mochi dengan berbagai isian yang lebih variatif seperti vanilla, cokelat, anggur, matcha bahkan durian.

Es Krim Foie Grass, Prancis

Es krim foie grass tidak dapat dipungkiri cukup unik dan mungkin bagi sebagian orang Indonesia terdengar aneh. Es krim ini terbuat dari foie grass yaitu hati angsa. Pembuatan produk es krim ini dimulai dengan hati angsa yang sudah dipanggang dicampurkan dengan wine, gula, kuning telur, mentega dan krim kental. Setelah semua bahan diolah maka dibekukan untuk menjadi es krim. Di Prancis, es krim ini biasanya dikonsumsi sebagai hidangan penutup yang disajikan dengan mangkuk bersamaan dengan kacang polong panggang serta serutan cokelat pahit. Sebenarnya es krim foie grass juga dapat dipadukan dengan berbahan bahan-bahan gurih seperti kaldu sapi dan rempah-rempah.

Es Krim Lobster, Amerika Serikat

Es krim lobster mungkin menjadi es krim unik yang sudah cukup lama bertahan. Es krim ini dibuat oleh Ben dan Bill’s Chocolate Emporium yakni perusahaan makanan manis di Maine, Amerika Serikat sejak tahun 1988. Es krim lobster merupakan perpaduan antara vanilla dengan daging lobster asli yang dipotong-potong kecil. Sebagian orang mungkin tidak merasa cocok dengan rasa es krim lobster, namun realitnya menu es krim lobster ini telah menjadi titik awal kepopuleran perusahaan es krim tersebut.

Es Krim Lada Hitam, Swiss

Es krim lada hitam pertama kali dibuat di Zurich, Swiss tahun 2010. Es krim ini dicampurkan dengan buah grapefruit yang memberikan sensasi pedas dan asam menyegarkan. Pendirinya adalah tiga bersaudara Amrein yang memang mempelajari keahlian pembuatan es krim, sehingga dalam membuat es krim mereka mengandalkan pengetahuan akan gelato Italia asli dengan beberapa rasa yang unik. Setelah suksesnya padanan es krim lada hitam, perusahaan yang sama menciptakan kreasi baru yang juga unik, seperti es krim stroberi dengan cuka, nanas dengan basil, serta raspberi dengan jahe.

Akutaq, Kutub Utara

Orang Eskimo yaitu istilah untuk menyebut orang-orang yang tinggal di daerah Kutub Utara juga ternyata punya es krim unik. Meskipun cuaca disana hampir sepanjang musim dingin, namun tidak mengurungkan niat penduduknya untuk menciptakan es krim sejak puluhan tahun lalu. Es krim ini disebut akutaq yang berasal dari lemak hewan kutub, baik itu rusa, paus, anjing laut yang kemudian diaduk dengan salju, buah beri dan beberapa orang secara opsional menambahkan daging ikan giling. Es krim akutaq menjadi es krim favorit masyarakat di sana, meskipun dapat dibilang bahan dan proses pembuatannya cukup aneh atau tak lazim. Saat ini es krim akutaq dikonsumsi oleh masyarakat Alaska sebagai hidangan penutup saat perayaan hari besar.

Kreasi dan inovasi es krim di dunia kontemporer ternyata sangat beragam, mulai dari rasa, bentuk, bahan dasar hingga cara penyajian. Beberapa terdengar unik namun masih dianggap masuk akal, sementara sebagian lainnya cukup aneh dan tak lazim. Bagaimana, tertarik untuk mencoba beragam es krim unik dari berbagai penjuru dunia di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *