11 Bahan Pengganti Sumac

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari tanaman liar yang banyak ditemukan di daerah Mediterania, termasuk Iran, Italia, dan Turki. Penggunaan sumac sebagai bumbu pada masakan Timur Tengah sangatlah penting, tetapi sayangnya, sumac kurang populer di luar Timur Tengah.

Sumac berwarna burgundi dengan rasa getir lemon-jeruk nipis yang dapat digunakan secara luas. Sumac banyak digunakan pada hidangan tradisional Timur Tengah seperti salad fattoush dan musakhan. Lebih dari itu, sumac merupakan yang dapat menambah cita rasa pada ikan, daging, ayam, dan semua jenis salad, serta memberi warna merah pada beberapa hidangan.

Sebagian orang menggambarkan sumac sebagai “asam kering” tetapi bekerja layaknya garam, karena dapat mengeluarkan rasa alami pada masakan tertentu. Itu sebabnya sumac sangatlah cocok untuk olesan kering, terutama pada ayam atau ikan yang dipanggang.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Sumac menghadirkan keasaman yang luar biasa pada hidangan anda bahkan tanpa tambahan cairan ekstra apapun. Sumac tidak pahit seperti kulit lemon, juga tidak terasa sepat seperti cuka. Sumac memiliki rasa seperti buah dan bunga namun tidak manis. Memiliki rasa yang tajam, berasap, bersahaja dan sedikit rasa asam seperti rasa jeruk, membuat sumac adalah pilihan tepat untuk menambah keasaman pada masakan anda.

Jika anda tidak memiliki sumac di dapur, anda dapat menggantikannya dengan beberapa bahan lain yang akan disebutkan di bawah ini. Akan tetapi, masing-masing bahan di bawah ini memiliki profil rasa yang unik, maka dari itu pastikan untuk mengeksplorasi sampai anda menemukan bahan yang tepat untuk hidangan anda.

Kulit Lemon (Lemon Zest)

Kulit lemon adalah bagian luar kulit yang dipotong atau diparut dari buahnya. Kulit lemon merupakan pengganti sumac yang bagus karena memiliki rasa asam dan tajam, serta sebagai penambah aroma yang serupa dengan sumac. Kulit lemon juga banyak digunakan untuk dressing, marinasi, dan saus, serta dapat memberikan kecerahan pada masakan apapun.

Untuk menggunakannya, cukup tambahkan kulit lemon pada hidangan apapun yang membutuhkan sumac. Namun perlu diingat bahwa kulit lemon memiliki rasa yang lebih kuat daripada sumac, sehingga lebih baik jika menggunakan kulit lemon yang lebih sedikit untuk mendapatkan rasa yang serupa dengan sumac.

Tips Penggunaan

  • Untuk menambahkan sedikit rasa pada masakan, anda bisa menggunakan jus lemon segar sebagai pengganti air untuk memasak nasi atau biji-bijian lainnya.
  • Panggang kulit lemon di wajan kering sebelum menambahkan ke hidangan anda untuk mendapatkan rasa yang lebih kuat
  • Sebagai pengganti sumac, lemon juga merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh, sehingga dapat membantu anda dalam meningkatkan imunitas tubuh

Bumbu Lada Lemon (Lemon Pepper)

Bumbu lada lemon atau lemon pepper terdiri dari kulit lemon dan lada hitam. Saat anda kehabisan atau tidak memiliki sumac di rumah, maka anda akan dengan mudah menemukan kedua bahan ini karena telah tersedia dimana-mana. Kedua bahan tersebut saling melengkapi dengan sempurna dan menjadi pengganti yang sangat baik untuk rasa asam dari sumac. Rasa lada lemon tajam dan asam, tetapi juga sedikit asin dan pedas.

Bumbu lada lemon banyak digunakan dan sangat populer untuk memberikan rasa asam pada hidangan Timur Tengah, sehingga rasa dari makanan yang telah dibumbui lada lemon akan tetap autentik. Selain itu, bumbu ini juga cocok untuk berbagai makanan laut atau unggas, terutama hidangan yang dipanggang.

Tips Penggunaan

  • Bumbu lada lemon tidak sekuat sumac, maka tambahkan lada lemon dalam jumlah yang lebih banyak yaitu sekitar satu setengah sendok makan lada lemon agar rasa yang dihasilkan lebih pekat
  • Lada lemon dapat digunakan pada masakan gurih dan manis. Oleh sebab itu, cobalah pada makanan yang dipanggang atau taburkan di atas sayuran atau daging panggang

Jus Lemon

Jus lemon merupakan salah satu alternatif lainnya untuk menggantikan sumac, karena memiliki zat asam yang serupa dan dapat menyempurnakan hidangan anda. Membuat jus lemon memerlukan sedikit usaha, hal ini disebabkan karena jus lemon memiliki rasa yang lebih tajam daripada, sehingga perlu berhati-hati dalam menggunakannya agar rasa dari hidangan anda tidak berubah, yaitu dengan cara menambahkan dalam jumlah kecil sedikit demi sedikit hingga anda mendapatkan rasa yang diinginkan. Namun, anda bisa menambahkan sedikit gula untuk menyeimbangkan rasa asam yang diinginkan.

Kegunaan sumac pada masakan selain memberikan rasa asam pada suatu hidangan, sumac juga bisa menjadi pewarna alami pada masakan. Sayangnya, jus lemon tidak dapat melakukan itu. Sehingga, untuk beberapa masakan seperti salad bit, anda mungkin akan membutuhkan sejumput paprika atau bumbu merah lainnya untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Tips Penggunaan

  • Untuk menggunakan jus lemon sebagai pengganti sumac, cukup tambahkan jus lemon dalam jumlah yang sama seperti Anda menambahkan sumac ke dalam resep.
  • Gula bisa ditambahkan dalam jumlah kecil agar menyeimbangkan rasa asam.
  • Saat mengganti sumac dengan jus lemon, perlu diingat bahwa jus lemon tidak akan memberikan warna yang sama dengan sumac, jus lemon hanya menggantikan rasanya.
  • Jika Anda menggunakan jus lemon dalam hidangan yang seharusnya berwarna merah, seperti salad bit, Anda mungkin bisa menambahkan sejumput paprika atau bumbu merah lainnya untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Za’atar

Za’atar adalah campuran bumbu asal Timur Tengah yang terdiri dari oregano kering, thyme, sumac, garam, marjoram, oregano, dan biji wijen panggang. Za’atar memiliki esensi yang tajam dan hangat secara keseluruhan. Bumbu ini digunakan sebagai taburan di atas roti, saus, yogurt, sup, nasi, pasta, kentang, sayuran, dan daging.

Anda dapat menggunakan za’atar pada resep apapun sebagai alternatif pengganti sumac karena di dalam bumbu ini sudah terdapat sumac. Sumac dalam za’atar merupakan rasa yang terkuat dibanding campuran bumbu lainnya. Za’atar akan memberikan sedikit rasa jeruk dari sumac, rasa yang halus dari thyme, dan sentuhan rasa manis dari biji wijen.

Za’atar sebagai pengganti sumac dapat digunakan dalam jumlah yang sama dengan sumac, namun jika anda merasa hasilnya kurang sesuai, maka bisa tambahkan lagi bumbu campuran Timur Tengah ini. Keunggulan za’atar lainnya sebagai pengganti sumac adalah bumbu ini lebih banyak tersedia dan rasa yang dihasilkan lebih lembut, sehingga bumbu ini mungkin tampak lebih menarik bagi sebagian orang.

Tips Penggunaan

  • Tambahkan ke minyak zaitun untuk membuat saus roti.
  • Taburkan di atas sayuran panggang.
  • Aduk menjadi yogurt atau hummus.
  • Gunakan sebagai bumbu marinasi pada ayam atau domba sebelum dimasak.

Asam Jawa

Selanjutnya, anda bisa menggunakan asam jawa untuk pengganti sumac. Asam jawa banyak digunakan pada sebagian besar masakan Thailand terutama dalam pembuatan minuman. Perpaduan unik antara rasa getir, asam, dan manis, membuat asam jawa menjadi alternatif yang sesuai untuk sumac. Asam jawa juga diketahui lebih murah dan lebih mudah ditemukan daripada sumac.

Tips Penggunaan

  • Untuk menggunakannya, anda hanya perlu menambahkan sejumput asam jawa untuk menggantikan sumac yang anda butuhkan. Namun, jika sejumput asam masih dirasa kurang, maka anda bisa menambahkan sedikit lagi dengan hati-hati.
  • Asam jawa memiliki rasa yang lebih kuat daripada sumac, sehingga jika menambahkan asam jawa dalam porsi yang sama seperti sumac, akan mengacaukan rasa pada masakan.
  • Saat akan menggunakan asam jawa, perlu diperhatikan pula bahwa asam jawa dapat memberikan warna cokelat pada hidangan. Apabila anda tidak menginginkan warna cokelat tersebut, sebaiknya rendam asam jawa dalam jus lemon sebelum digunakan pada resep.

Cuka

Alternatif lain untuk menggantikan sumac adalah cuka. Cuka cukup mudah didapatkan karena bahan ini banyak tersedia di dapur siapapun. Cuka memiliki rasa getir yang serupa dengan sumac, serta dapat digunakan untuk menambah rasa manis pada masakan, meskipun cuka tidak menambahkan kehalusan yang sama yang ditawarkan sumac. Cuka adalah bahan serbaguna yang dapat membantu Anda membuat hidangan rasa sumac bahkan saat sumac tidak tersedia.

Tips Penggunaan

  • Untuk mendapatkan rasa getir dari cuka alih-alih sumac, penting untuk menggunakannya dalam jumlah kecil. Hal ini disebabkan karena rasa cuka lebih kuat daripada sumac, sehingga perlu takaran yang sesuai dalam menggunakan cuka, agar tidak merusak rasa pada suatu masakan.
  • Cuka dapat digunakan dengan berbagai cara dalam memasak. Ini dapat digunakan sebagai bumbu marinasi, atau ditambahkan ke saus atau salad.
  • Cuka juga bisa ditaburkan di atas sayuran panggang atau daging panggang untuk membuat hidangan semakin lezat.

Sorrel

Sorrel adalah tanaman hijau kecil yang memiliki rasa asam dan tajam seperti lemon dan banyak digunakan dalam hidangan manis dan gurih, seperti kari, semur, dan sup, serta bisa juga ditambahkan pada salad buah atau smoothie untuk menciptakan rasa asam. Meskipun sorrel tidak memberikan warna merah pada masakan, namun rasa asam dan tajam pada sorrel dapat dijadikan pilihan lain untuk menggantikan sumac.

Tips Penggunaan

  • Saat menggunakan sorrel sebagai pengganti sumac, gunakan sorrel tergantung seberapa asam hidangan yang Anda inginkan.
  • Coba tambahkan ke salad buah atau smoothie untuk rasa asam, atau gunakan untuk mencerahkan sup atau hidangan ikan.
  • Ini juga enak dicincang dan ditaburkan di atas sayuran panggang atau biji-bijian yang dimasak.

Paprika Asap

Paprika asap dapat menjadi pilihan lain untuk menggantikan sumac. Paprika asap terbuat dari paprika merah kering yang dihaluskan dan menghasilkan warna merah tua dan berasap, rasa manis yang nikmat pada masakan. Meskipun paprika asap tidak memberikan intensitas lemon yang sama dengan sumac, tetapi paprika ini dapat memberikan warna merah yang indah dalam sebuah hidangan.

Tips Penggunaan

  • Paprika asap tidak dapat menggantikan rasa asam dari sumac, ia hanya memberikan rona merah pada hidangan.
  • Apabila anda membutuhkan taburan sumac di atas yogurt dan hidangan penutup lainnya, serta ingin menambahkan warna merah pada masakan, sejumput paprika asap dapat anda gunakan sebagai ganti yang sangat baik.

Ketumbar Tanah

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Ketumbar tanah atau ground coriander dapat anda pilih untuk menggantikan sumac. Ketumbar bubuk terbuat dari biji tanaman ketumbar yang digiling dengan rasa lemon yang mirip dengan sumac. Ketumbar bubuk juga banyak digunakan sebagai alternatif di banyak masakan di seluruh dunia. Rasa lemon pada ketumbar lebih bersahaja, namun tidak begitu kuat jika dibandingkan dengan sumac. Namun, ketumbar dapat memberikan aroma segar yang mirip dengan sumac. Itu sebabnya ketumbar tanah dapat dijadikan sebagai pengganti sumac.

Tips Penggunaan

  • Tekstur ketumbar giling sedikit lebih halus daripada sumac giling, jadi Anda harus menggunakan lebih banyak.
  • Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, mulailah dengan jumlah yang sama seperti sumac, lalu sesuaikan dengan jumlah tambahan hingga mencapai rasa yang sesuai.

Bubuk Amchoor

Bubuk amchoor adalah bumbu bubuk yang terbuat dari mangga hijau kering dan mentah, dengan rasa asam, jeruk serta banyak digunakan sebagai bahan asam di berbagai masakan India. Karena terbuat dari mangga, bubuk amchoor akan menambahkan rasa mangga yang khas untuk masakan.

Tips Penggunaan

  • Anda perlu menambahkan bubuk amchoor tepat sebelum menyajikan makanan, karena kekuatan bumbu akan berkurang seiring berjalannya waktu.
  • Selain itu, karena bubuknya memiliki rasa buah yang cukup kuat, maka penggunaannya harus lebih sedikit daripada sumac.
  • Mulailah dengan menambahkan amchoor dengan setengah jumlah sumac yang dibutuhkan, lalu anda bisa menyesuaikan untuk mendapatkan rasa yang tepat pada hidangan.

Rose Hip

Anda bisa menggunakan rose hip sebagai pengganti sumac lainnya. Rose hip adalah bagian bunga mawar tepat di bawah kelopak yang berisi bibit tanaman mawar yang merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Rose hip dapat digunakan karena memiliki profil rasa yang hampir serupa dengan sumac.

Tips Penggunaan

  • Untuk menggunakan rose hip sebagai pengganti sumac, anda dapat menghaluskan rose hip menjadi bubuk dan tambahkan ke dalam masakan Anda.
  • Rose hip dapat ditambahkan pada teh atau sirup untuk mendapatkan rasa yang unik.
  • Selain digunakan sebagai alternatif pengganti sumac, vitamin C pada rose hip dapat menjadi tambahan nutrisi pada hidangan Anda.

Bahan-bahan di atas dapat menjadi pilihan bagus untuk menggantikan sumac saat Anda tak memiliki bahan tersebut di rumah. Namun, jika anda membutuhkan pengganti sumac hanya untuk memberikan warna pada masakan, maka yang menjadi pilihan tepat bagi anda ialah paprika asap. Oleh sebab itu, pilihlah pengganti yang paling sesuai dengan bijak untuk menciptakan hidangan terbaik anda. Baca artikel selengkapnya terkait tips penggunaan sumac dalam masakan dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *