Masa Kadaluwarsa Dari Beras Basmati

Beras Basmati adalah butiran beras putih ekstra panjang dan ramping yang dibudidayakan di dataran subur di India dan Pakistan. Beras ini dikenal karena aroma luar biasa yang dikeluarkan selama memasak. Beras Basmati termasuk jenis long grain rice sekaligus aged rice atau beras yang mengalami penuaan sehingga rasa, aroma dan teskturnya menjadi berbeda dengan beras putih biasa. Biasanya Beras Basmati digunakan untuk makanan Timur Tengah dan India seperti biryani, pilaf, kari, dan  hidangan daging lainnya.

Beras Basmati kebanyakan harus diimpor dari India dan Pakistan, meskipun ada beberapa negara lain yang juga mulai memproduksinya. Namun tetap saja beras Basmati tergolong beras premium yang tidak ditanam di semua negara. Oleh sebab itu beras Basmati harus awet, karena melalui pengiriman yang cukup jauh hingga ke berbagai negara di dunia. Lantas, kapan sebenarnya masa kadaluwarsa dari beras Basmati? Benarkah beras Basmati bisa disimpan hingga bertahun-tahun?

Bisa Bertahan Hingga 30 Tahun

Rahasia rawon autentik

Suhu terbaik untuk menyimpan biji-bijian, termasuk beras, adalah 4°C atau lebih rendah. Sementara beras yang disimpan pada suhu 21° C konstan dengan penyerap oksigen akan awet hingga 10 tahun. Bahkan di tempat penyimpanan yang lebih dingin, beras yang disegel dalam wadah bebas oksigen dapat disimpan hingga 30 tahun. Beras yang dipoles dan beras setengah matang yang disimpan dari 1 hingga 30 tahun menemukan bahwa kedua jenis beras tersebut akan mempertahankan nutrisi dan rasanya selama periode penyimpanan.

Masa penyimpanan beras hanya terjadi jika beras disegel dan disimpan dengan benar. Sementara jika sudah dibuka, maka beras hanya bisa digunakan sekitar satu hingga dua tahun.  Akan tetapi jika beras disimpan di kemasan tertentu ada beras yang memiliki masa simpan tak terbatas. Beras putih, wild rice, melati, dan basmati termasuk jenis beras yang bisa bertahan selamanya. Artinya beras basmati tidak memiliki masa kadaluwarsa, asalkan beras bebas dari segara kontaminan. Namun, jika anda ingin mengurangi kontaminasi, beras juga dapat disimpan di lemari es atau freezer agar masa simpan yang lebih lama.

Ingat juga supaya beras ini tetap segar dan siap digunakan, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Sementara jika segelnya sudah dibuka maka cukup tempatkan beras basmati jenis apapun di dalam wadah kedap udara, tertutup rapat atau menggunakan kemasan aslinya, kemudian tetap usahakan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering.

Bagaimana Ciri Beras Basmati Yang Kadaluwarsa?

Meskipun sebagian besar beras memiliki umur yang tidak terbatas alias tidak memiliki masa kadaluwarsa yang pasti, namun terkadang beras basmati masih dapat rusak. Beras bulir panjang seperti beras basmati cukup sulit untuk diketahui cirinya apabila telah rusak, karena kebanyakan tampilan fisik dan aromanya tidak banyak berupa. Namun beras basmati mungkin bisa menjadi sarang kutu beras, namun hama ini tidak terlalu umum dan dapat dengan mudah dilihat secara kasat mata.

Sementara beras basmati versi brown rice jauh lebih mudah dikenali daripada beras lainnya saat menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Beras rusak jika menunjukkan 2 hal yaitu pertama, beras menjadi berminyak saat dipegang, karena kandungan minyak yang lebih tinggi, serta kedua beras mengeluarkan bau yang sangat menyengat, karena peningkatan jumlah asam lemak.

Apakah Beras Basmati Kadaluwarsa Bisa Digunakan?

Dengan mempertimbangkan karakteristik beras basmati yang sudah kadaluwarsa maka bisa dikatakan bahwa cukup aman untuk memasak beras basmati meskipun sudah melewati masa kadaluwarsanya. Tidak perlu khawatir beras anda sudah rusak, karena kemungkinan besar nasi masih akan sama lezatnya dengan terakhir kali dimasak, selama tidak menunjukkan perubahan tekstur dan aroma yang kontras.

Lebih lanjut, beras basmati yang dimasak bahkan sebenarnya bisa bertahan sekitar 4 hari di lemari es atau delapan bulan di dalam freezer. Sementara jika nasi yang sudah rusak dapat dilihat dari bau yang tidak sedap, tekstur lengket, atau beras menjadi berjamur.

Kristalisasi alami pati dalam nasi dapat menyebabkan rasa beras mungkin sedikit “aneh” selama bertahun-tahun, tetapi sebenarnya tetap aman untuk dimakan. Tentu saja proses alami ini berbeda dengan rasa dan aroma yang ditawarkan jika beras basmati sudah rusak.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Penggunaan Kemasan Mylar Untuk Beras Basmati

Ada beberapa jenis wadah yang biasa digunakan untuk mengemas beras basmati. Mulai dari wadah plastik Polyethylene  Terephthalate (PETE), toples kaca, kaleng, dan kemasan enamel food grade. Ada juga jenis kemasan mylar yang dinilai berfungsi paling baik untuk penyimpanan jangka panjang. Fokus utama penyimpanan jangka panjang dan tanpa batas adalah beras long grain seperti beras basmati dan beras melati. Sedangkan brown rice umumnya hanya bertahan sekitar 5 tahun jika menggunakan kemasan mylar.

Plastik mylar terbuat dari beberapa lapisan plastik food grade yang dilaminasi dan aluminium. Makanan tidak akan bereaksi dengan aluminium karena dipisahkan oleh lapisan plastik food grade. Tas mylar memberikan cahaya yang baik, kelembaban, perlindungan terhadap serangga dan penghalang oksigen yang baik untuk melindungi makanan di dalam tas. Pastikan juga pouch yang anda gunakan adalah mylar berkualitas tinggi dan didesain untuk menyimpan produk makanan.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Kemasan mylar tersedia dalam berbagai ukuran. Beberapa sangat kecil yang hanya bisa untuk membungkus paket benih kebun, sementara yang lainnya sangat besar hingga bisa membungkus 5 galon air. Tentu saja ini bisa digunakan untuk membungkus beras basmati dalam jumlah yang sangat banyak. Kantong mylar dapat dicuci dan digunakan kembali setelah memotong segel aslinya.

Cara menggunakan kemasan mylar cukup  dengan menyegel plastik agar kedap udara. Biarkan beras terbebas dari oksigen. Kemasan mylar adalah yang paling baik dalam menyimpan beras basmati hingga 30 tahun. Beras ini kemudian bisa disimpan di lemari es untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap, serangga, debu atau kontaminan lainnya.

Label Kemasan Dan Regulasi

Nah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beras basmati tidak memiliki masa kadaluwarsa selama disimpan dengan baik. Akan tetapi setiap produk beras basmati memiliki label tanggal expired yang jelas di kemasannya. Hal ini merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi terkait regulasi perdagangan.

Kewajiban Pencantuman Label Kemasan Beras diatur oleh Kementerian Perdagangan melalui Permendag yang diundangan pada 25 Mei 2018 dan mulai berlaku setelah tiga bulan diundangkan atau 25 Agustus 2018. Regulasi tersebut ditujukan bagi seluruh pengusaha beras yang menjual berasnya menggunakan kemasan, baik pengusaha kecil maupun grosir besar. Pencantuman label pada kemasan beras tersebut ditujukan untuk semua jenis beras termasuk beras premium, medium, dan khusus.

Pelabelan kemasan beras yang dimaksud yaitu memuat keterangan mengenai merek, jenis beras, keterangan campuran apabila dicampur dengan varietas beras lain, berat bersih, tanggal pengemasan, tanggal kadaluwarsa dan nama serta alamat pengemas beras atau importir beras. Tak hanya itu, beras yang dikemas dari bahan plastik wajib mencantumkan logo tara pangan dan kode daur ulang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

masak 7 porsi nasi goreng rempah

Leave a Reply

Your email address will not be published.