Kelebihan Teknik Masak Sous Vide Dibanding Yang Lain

Sous vide (dibaca suviid) adalah nama teknik memasak yang memanfaatkan pengaturan suhu air dalam wadah tertentu. Ini adalah teknik memasak modern yang berasal dari Prancis dan paling umum digunakan untuk memasak steak. Lalu apa sebenarnya yang membuat sous vide ini disukai para chef dunia?

Mengenal Sous Vide

Sous vide jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris artinya under vacuum. Ini adalah cara memasak makanan dengan memasukkan bahan makanan ke dalam kantong vakum yang tertutup. Selanjutnya, kantung ini direndam di air yang suhunya diatur sesuai kebutuhan. Cara memasak ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk mengontrol suhu dengan tepat. Meskipun teknik ini dianggap modern dan diterapkan di banyak restoran besar, namun sebenarnya sous vide sudah dikembangkan di pertengahan tahun 1970-an oleh koki Prancis.

Dahulu teknik ini hanya diterapkan oleh kelompok kelas atas. Metode sous vide ini sangat mudah dilakukan dan diklaim bisa memasak segala makanan mulai dari steak hingga buah. Ini juga bisa dilakukan oleh siapapun termasuk staf restoran biasa. Dengan peralatan yang tepat dan pengetahuan terkait suhu, maka anda sudah bisa memasak berbagai hidangan lezat dengan teknik sous vide.

Rata-rata suhu yang digunakan dalam teknik memasak sous vide yaitu 60 derajat Celcius. Dengan suhu ini makanan dimasak (diletakkan di wadah kedap udara dan direndam di dalam air) selama sekitar 1 hingga 72 jam. Suhu air yang digunakan harus stabil. Tujuannya untuk membuat makanan matang merata dan sempurna.

Sebenarnya setelah proses sous vide ini, bahan makanan sudah matang, namun biasanya perlu finishing untuk menyempurnakan tampilan makanan sebelum disajikan. Makanan bisa digoreng atau dibakar lagi dalam waktu yang singkat untuk membuat bagian luarnya berwarna coklat dan mengalami reaksi maillard. Ini akan membuat rasa makanan semakin lezat.

Alat Yang Diperlukan Dalam Sous Vide

Tidak seperti dahulu yang mengenal bahwa sous vide hanya dilakukan di restoran berbintang, kini teknik memasak yang cukup unik ini dapat dilakukan oleh konsumen di rumah masing-masing. Dengan adanya alat-alat sous vide, maka anda juga akan dapat menikmati makanan dengan kematangan dan kelezatan yang sempurna.

Meskipun peralatan sous vide telah ada selama beberapa dekade di dapur rumah tangga, namun alat ini selalu berukuran besar, mahal, dan fiturnya kompleks. Alhasil peralatan ini hanya dijual di toko retail khusus kelas atas. Namun, sejak tahun 2013 pengetahuan konsumen terkait teknik memasak sous vide meningkat tajam, terutama setelah brand Anova merilis perangkat sous vide bagi konsumen dengan harga terjangkau dan mudah digunakan. Inilah yang menjadi pelopor kemunculan peralatan sous vide lainnya. Biasanya peralatan sous vide yang paling umum ada dua jenis.

Pertama, Sirkulator Perendaman Sous Vide, ini adalah alat masak mandiri yang memanaskan air dan mengedarkan panas di sekitar panci untuk mempertahankan suhu yang tepat secara merata. Mesin sous vide ini memiliki harga yang terjangkau, mudah digunakan, dan tidak memerlukan peralatan tambahan untuk menggunakannya. Namun, alat ini cukup besar dan mengambil banyak ruang penyimpanan.

Kedua, terdapat Sous Vide Water Oven, ini adalah alat sous vide yang lengkap dan ukurannya mirip seperti microwave. Namun harganya sangat mahal, biasanya dijual mulai dari 500 Dollar AS. Sous Vide Water Oven tidak memanaskan air dengan sirkulator imersi sehingga perlu mengatur suhu yang tepat dan mengawasi proses memasak sesekali untuk memastikan makanan matang merata.

Kelebihan Teknik Memasak Sous Vide

Sekilas mendengar teknik memasak sous vide bagi orang awam cukup rumit. Namun sebenarnya inovasi ini membawa banyak kemudahan dalam dunia kuliner dengan berbagai kelebihannya. Berikut 9 kelebihan teknik memasak sous vide dibandingkan cara memasak lainnya.

Hidangan Yang Lebih Enak

Alasan teknik sous vide menghasilkan makanan yang lebih lezat adalah daging yang dihasilkan lebih lumer dan empuk, merata, dibandingkan teknik memasak lain. Ini termasuk proses memasak slow cooking yang bahkan tanpa tambahan bumbu seperti garam atau lada, rasa daging sudah terasa gurih dan nikmat. Teknik ini terkenal dengan kemampuannya untuk mempertahankan sari pati makanan yang dimasak. Sehingga membuat makanan kaya rasa dan super juicy.

Dengan teknik memasak sous vide, anda bisa mendapatkan kesempurnaan hidangan yang sulit didapatkan ketika memasak dengan cara tradisional. Misalnya untuk memasak salmon menggunakan teknik sous vide akan menghasilkan tekstur ikan yang lembut dan berwarna merah muda transparan, namun matang sempurna. Sementara salmon yang dimasak menggunakan wajan cenderung memiliki tepi daging yang terlalu matang karena suhu permukaan wajan lebih tinggi dari susu yang dibutuhkan. Alhasil ketika daging salmon mengering, maka akan mengeluarkan albumin putih yang menunjukkan masakan matang tidak merata.

Praktis

Sejak penemuan teknik memasak sous vide, memang ditujukan utuk prosedur memasak yang lebih mudah. Bagi anda yang cenderung malas memasak, teknik ini patut untuk dicoba. Teknik sous vide pada dasarnya membuat anda hanya perlu mencampur semua bahan sekaligus ke dalam kantung kedap udara sebelum mencelupkannya ke dalam wadah berisi air.

Anda tidak perlu mengecek masakan terus menerus seperti menggoreng ayam atau mengaduk rendang, karena sebagian besar alat sous vide sudah memiliki timer tersendiri. Bahkan beberapa alat sous vide premium bisa memproses makanan dan ditinggal hingga 72 jam tanpa khawatir hasilnya akan gosong. Selain alatnya yang praktis, resep masakan dengan sous vide juga kini sudah banyak tersedia secara online sehingga akan mengasah kemampuan anda untuk memasak menu-menu baru.

Fleksibel

Meskipun sous vide paling umum dimanfaatkan untuk memasak daging atau steak, namun sebenarnya alat masak sous vide bisa digunakan untuk jenis hidangan lain. Teknik ini bisa mengolah bermacam-macam daging mulai dari sapi, ayam, ikan, telur hingga sayur dan buah-buahan. Bahkan dengan teknik ini secara ajaib anda bisa memanggang kue layaknya microwave dengan menggunakan stoples kaca.

Relatif Cepat

Untuk jenis hidangan tertentu, teknik memasak sous vide hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga siap disajikan. Dengan mengatur suhu yang tepat, anda juga bisa sekaligus mengatur timernya. Untuk memasak ikan hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit maka ikan sudah matang sempurna dan bisa disajikan langsung di atas meja.

Lebih Sehat

Teknik memasak sous vide tidak menggunakan minyak yang banyak bahkan sama sekali tanpa minyak. Selain itu, dikarenakan proses memasak ini menggunakan plastik kedap udara yang didesain khusus, maka vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahan makanan tidak mudah menguap. Tentu saja ini berbeda ketika anda merebus, menumis, atau mengukus makanan dengan teknik memasak konvensional. Dengan demikian, tanpa kandungan minyak yang tinggi dan nutrisi yang masih utuh, tak heran jika teknik sous vide sangat disukai oleh penggemar makanan sehat.

Lebih Hemat

Jika berkaca dari sejarah penemuan sous vide, maka tentu saja teknik memasak ini dianggap memerlukan banyak uang. Namun, sejak tahun 2013 kemunculan alat simpel untuk memasak menggunakan teknik sous vide dengan harga yang terjangkau membuat teknik ini lebih ekonomis. Pasalnya anda dapat menghemat uang banyak dengan memasak sendiri di rumah dan menikmati makanan sekelas restoran kelas atas. Makanan akan terasa mewah kapanpun tanpa harus menguras isi dompet anda.

Memasak Makanan Dengan Rasa Yang Stabil

Anda mungkin pernah mengalami saat di mana memasak kedua kalinya, tidak menghasilkan rasa yang sama saat pertama kali memasak menu yang sama. Dengan teknik sous vide, anda bisa memasak makanan dengan hasil yang stabil secara berulang-ulang. Hal ini dikarenakan teknik sous vide menekankan pengaturan suhu yang tepat dan timer yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja ini hanya akan terjadi jika anda memasukkan bumbu yang sama dengan takaran yang sama pula.

Memasak Makanan Lezat Dalam Kuantitas Besar

Mungkin dengan teknik memasak konvensional, menyajikan hidangan untuk porsi satu keluarga akan menghasilkan makanan yang lezat. Namun hal ini bisa saja berbeda jika makanan yang dimasak ditujukan untuk orang yang sangat banyak. Memasak dalam kuantitas yang besar atau porsi yang banyak lebih sulit dipraktekkan dengan metode memasak konvensional.

Biasanya masalah ini seputar rasanya yang hambar, masakan yang kurang merata, maupun kurangnya bumbu yang meresap. Kabar baiknya, dengan teknik memasak sous vide anda bisa menghasilkan masakan dengan rasa yang sama dalam jumlah banyak sekalipun. Tak perlu khawatir, kematangan yang dihasilkan akan merata dan bumbunya akan meresap secara menyeluruh.

Umur Simpan Yang Lebih Lama

Makanan yang melalui proses sous vide ternyata bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama tanpa kehilangan kualitasnya. Makanan ini bisa didinginkan dalam kulkas ataupun dibekukan jika ingin dikonsumsi di kemudian hari. Misalnya daging yang telah dimasak menggunakan metode sous vide selama 6 jam dengan suhu 60 derajat Celcius, maka mampu bertahan selama seminggu di dalam kulkas dengan rasa dan nutrisi yang masih sama persis.

Dengan menggunakan teknik memasak sous vide, maka membuat makanan menjadi lebih mudah dan cepat serta memiliki kematangan yang tepat. Bahkan banyak orang yang setuju bahwa menggunakan peralatan sous vide akan membuat daging biasa akan bercita rasa premium.

Promo Diskon Cairo Food

Akan tetapi, teknik sous vide ini masih kurang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia karena membutuhkan pengetahuan tentang mengatur suhu serta bagaimana memodifikasi resep untuk diaplikasikan dalam peralatan sous vide. Oleh sebabnya teknik memasak ini mungkin lebih umum digunakan di restoran maupun di maskapai penerbangan kelas atas yang membutuhkan efisiensi waktu memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *