Employee Handbook

Kami percaya hampir dalam konteks apapun manusia membutuhkan pedoman, aturan, anjuran, dan juga larangan. Seperti dalam konteks beragama ada kitab suci, dalam konteks kenegaraan ada undang undang, atau dalam sebuah pertandingan ada peraturan yang disepakati bersama.

Begitu juga dalam bekerja, kita semua membutuhkan sebuah pedoman yang kita ketahui bersama untuk disepakati sehingga tidak terjadi asumsi sepihak yang bisa merusak pekerjaan dan juga berorganisasi.

Catatan atau Handbook ini kami publikasikan secara terbuka untuk publik dan secara khusus untuk karyawan, manajemen, pemegang saham, dan semua pihak yang ada kaitannya dengan Cairo Food baik secara langsung maupun tidak langsung.

Wajib bagi Karyawan maupun peserta magang(internship) di Cairo Food untuk membaca dan mempelajari semua Catatan ini, serta untuk publik diperbolehkan memberikan komentar dan masukan terhadap pedoman ini untuk membuatnya lebih baik. Kami berharap kedepannya agar semakin banyak dari UKM maupun perusahaan untuk bisa memiliki pedomannya sendiri. Kami memperbolehkan pedoman ini untuk disalin dan dimodifikasi sesuai dengan nilai yang dianut oleh setiap organisasi masing-masing.

Selamat Datang

“Sungguh sia sia pekerjaan kita jika tidak menjadi ibadah dan sebab penggugur dosa.”

Ahmad Fathi Hadi – Generasi ke 2

Kami semua sepakat dan paham bahwa bekerja adalah hal yang sangat mulia.

“Sesungguhnya di antara dosa itu ada dosa yang tidak dapat dihapus oleh sholat, puasa, haji, dan umroh, tetapi dapat terhapus oleh lelahnya seseorang dalam mencari nafkah.”

“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil dan siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza Wa Jalla.” (H.R. Ahmad).

Sungguh bekerja adalah hal yang sangat mulia bahkan bisa menghapus dosa-dosa. Dalam setiap pekerjaan ada bagian-bagian yang sudah ditentukan, setiap bagian tersebut tidak bisa dianggap remeh ataupun dirasa diatas pekerjaan lainnya. Semua saling melengkapi dan saling bersinergi. Seperti hal nya Pria tidak bisa hidup tanpa Wanita, ada Bulan dan ada juga Bintang, ada Bumi dan ada Langit, ada Air dan juga ada Udara. Semua memiliki fungsi nya masing-masing.

Sampai sini kami sepakat bahwa pekerjaan adalah hal yang mulia dan bisa menjadi penggugur dosa. Bekerja adalah ibadah dan kami semua sepakat akan hal tersebut.

Perusahaan

Sejarah

Cairo Food dimulai oleh seorang Ibu sekaligus Guru yang berasal dari Mesir. Sang Ibu sangat termotivasi demi merubah nasib juga hidupnya serta masa depan anak satu-satunya. Kisah ini dimulai dari tahun 2013 dimana sang ibu hanya menjual Pickle atau Acar khas Mesir sebagai produk pertamanya dengan harga 5000 per kantong. Dibantu anaknya dalam hal pemasaran, akhirnya permintaan produk lain pun mulai datang baik dari hotel dan juga dari restoran.

Cairo Food akhirnya menambahkan dan mengembangkan produknya menjadi Samosa, Roti Pita, Nasi Biryani dan aneka masakan khas timur tengah, khusus nya Mesir. Pada 2018 Cairo Food mulai melakukan fokus pada bidang rempah dan bumbu yang ternyata adalah keputusan yang tepat. Rempah dan bumbu Cairo Food diterima baik oleh pasar, baik pelaku bisnis seperti hotel dan restoran, juga oleh konsumen umum seperti ibu rumah tangga yang ingin memberikan yang terbaik bagi keluarganya.

Hingga saat handbook ini ditulis yaitu pada akhir 2022, tercatat sudah hampir 400 jenis bumbu dan rempah yang diproduksi oleh Cairo Food. Kami menargetkan bisa menambahkan koleksi rempah dan bumbu kami hingga 1000 jenis pada akhir 2025. Tidak berhenti disana, perusahaan akan terus melihat kedepan dan memposisikan dirinya sebagai Visioner.

Hingga kini, Cairo Food mayoritas karyawannya adalah Perempuan. Kami sangat menghargai perjuangan seorang Ibu secara khusus dan wanita secara umum. Kami ingin menciptakan lingkungan kerja yang saling mendukung dan menjadi tempat impian bagi banyak orang. Tempat bekerja yang dibanggakan oleh seluruh karyawan. Tempat kerja yang bisa memberikan kesejahteraan diatas rata-rata

Visi

Menjadi kiblat rempah & bumbu dunia.

Saat kita berbicara mengenai Teknologi, khusus nya handphone dan laptop, maka kita akan teringat akan Apple. Saat kita membahas mengenai mobil, kita mungkin akan ingat dengan Tesla atau Toyota. Saat kita membahas Biskuit, kita akan ingat dengan Oreo.

Tapi apa yang kita ingat ketika kita berbicara mengenai Rempah dan Bumbu? Belum ada satu perusahaan rempah dan bumbu yang terkenal dan bisa menjadi sumber inspirasi, pedoman dan kiblat dimana seluruh dunia berlomba-lomba untuk meniru dan mempelajarinya. Itulah Visi yang ingin kita raih, kita ingin menjadi sumber inspirasi, pedoman dan kiblat di bidang rempah dan bumbu.

Misi

Terus mengembangkan bumbu dari seluruh penjuru dunia. Serta mengimplementasikan berbagai macam standar yang dapat meningkatkan kemampuan perusahaan.

Sebuah mimpi harus didukung dengan langkah dan strategi yang jelas. Tanpa adanya langkah yang jelas, mimpi hanyalah mimpi belaka. Kami sadar bahwa mimpi kami untuk menjadi kiblat rempah dan bumbu dunia hanya bisa terjadi jika Cairo Food memiliki koleksi rempah dan bumbu dari seluruh penjuru dunia. Hal ini akan didukung oleh tim Riset dan Pengembangan yang terus melengkapi koleksi bumbu di Cairo Food. Selain itu, perusahaan juga aktif melakukan penyuluhan dengan mitra petani lokal maupun import.

Selain melengkapi koleksi rempah dan bumbu, perusahaan juga harus terus mengejar dan melengkapi sertifikasi yang ada dan tersedia. Perusahaan juga harus menciptakan dan mengembangkan standar nya sendiri dalam semua aspek.

Nilai Yang Kami Junjung

  • Jujur adalah Mata uang yang tidak bisa dibeli.
  • Sukses bisa tercapai tanpa berbuat jahat.
  • Inovasi adalah cara kami melihat, berfikir, dan berjalan.
  • Tidak ada hal yang bisa disombongkan.
  • Selalu ingat perjuangan sang Ibu.

Kami percaya bahwa manusia sangatlah mulia, dan sudah seharusnya kita semua berusaha sekuat mungkin untuk mempertahankan kemuliaan tersebut. Jujur adalah satu cara untuk bisa mempertahankan kemuliaan kita sebagai manusia. Karena dengan berbohong, kita justru menjadikan diri kita terhina. Kita sadar bahwa banyak tipu daya yang terjadi di depan kita, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi. Ada orang-orang yang demi uang mereka rela berbohong dan melakukan tipu daya, sehingga yang dirugikan adalah manusia lain. Sebagai contoh perusahaan yang mencampurkan bahan-bahan yang tidak baik dan tidak seharusnya ada di dalam produk mereka. Dari sinilah lahir suatu nilai yang kami junjung, yaitu “Jujur adalah Mata uang yang tidak bisa dibeli”.

Janganlah kita pernah lupa dengan kisah kaum Nabi Syuaib AS yang berada di kota Madyan. Mereka adalah kaum yang kerap berlaku curang, menipu dalam jual-beli dan mengurangi takaran dan timbangan. Hal ini mereka lakukan agar mereka bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Pada akhirnya kaum Madyan dilanda gempa yang dahsyat, suara teriakan yang sangat kuat, api, hingga mereka hancur binasa. Hal ini menjadi pelajaran bagi kami bahwa Sukses bisa tercapai tanpa berbuat jahat.

Untuk mendukung Misi perusahaan yaitu Terus mengembangkan bumbu dari seluruh penjuru dunia. Serta mengimplementasikan berbagai macam standar yang dapat meningkatkan kemampuan perusahaan. Maka diperlukan inovasi yang dilakukan secara terus menerus. Hal ini tentu dilakukan sesuai kemampuan dan kondisi perusahaan, namun jika dari awal tidak diniatkan dan dituliskan, maka inovasi ini tidak akan terjadi.

Kami sadar bahwa segala pencapaian yang diterima adalah anugrah dan atas izin Allah SWT, sehingga jika mengingat hal ini, tentulah kita sadar bahwa tidak ada hal yang bisa disombongkan.

Cairo Food dimulai dari seorang Ibu yang berusaha merubah nasib nya serta nasib anak satu-satunya. Hingga saat ini mayoritas karyawan Cairo Food sebanyak 95% lebih adalah wanita. Banyak dari mereka adalah juga seorang Ibu yang berjuang untuk anak dan keluarganya. Sehingga hal ini juga menjadi nilai khusus yang kami junjung, yaitu untuk selalu ingat perjuangan sang Ibu.

Penomoran Dokumen

Terdapat dua jenis dokumen, yaitu dokumen internal dan dokumen external. Dokumen internal adalah dokumen yang bersifat khusus dipakai oleh internal perusahaan, seperti dokumen HACCP, Instruksi kerja, dan sebagainya.

Sedangkan dokumen external adalah dokumen yang dikeluarkan untuk pihak luar seperti pengumuman, kontrak kerja, dan sebagainya.

Gaji

Gajian akan dihitung pada akhir bulan(bukan tanggal 25) dan akan ditransfer antara tanggal 1 hingga 3. Jika pada akhir bulan bertepatan dengan hari libur, maka perhitungan gajian akan diundur pada hari kerja dimulai. Gajian akan ditransfer ke rekening yang sudah anda daftarkan ke pihak penggajian. Anda diminta menyerahkan surat pernyataan rekening yang ditanda tangani oleh anda. Kami tidak akan merubah nomor rekening dengan alasan apapun tanpa adanya surat pernyataan rekening dari anda.

Anda akan mendapatkan bonus 1 kali uang harian jika dalam satu bulan anda masuk penuh tanpa izin maupun cuti sama sekali dengan alasan apapun.

Asuransi dan Jaminan Sosial

Perusahaan akan mendaftarkan anda ke dalam program BPJS kesehatan. Kebijakan ini tidak berlaku untuk peserta magang dan freelance.

Manusia

Kami sangat mengutamakan Orang daripada Keahliannya. Kami sadar bahwa kami bukanlah tempat terbaik untuk bekerja di Dunia (setidaknya hingga saat ini) ini, begitu pula anda bukanlah orang terhebat dimuka bumi ini. Kita bisa bertemu dan bekerja adalah dikarenakan takdir dan jodoh. Waktu dan Ikatanlah yang mempersatukan kita semakin kuat. Keterampilan dan keahlian bisa dipelajari dan akan semakin hebat seiring berjalannya waktu. Mari kita berkembang bersama! Anda ada bekerja di Cairo Food, karena anda, bukan karena keahlian anda. 

Dengan disepakatinya hal tersebut, anda juga sadar ada waktu dan kesabaran yang sudah kami curahkan untuk mendukung anda berkarir. Jangan menyia-nyiakan kepercayaan tersebut.

Loyalitas

Perlu kami beritahu bahwa loyalitas haruslah selalu keatas. Seperti seorang istri yang harus loyal dan jujur kepada suaminya, seorang anak kepada ibu nya, seorang hamba kepada tuhannya. Hal ini pun sama kami harapkan terjadi di dalam Perusahaan. Loyalitas dan kejujuran anda harusnya utama kepada perusahaan dan atasan anda. Anda tentu saja tidak akan dianggap sebagai penghianat jika anda memberitahukan rahasia rekan kerja anda, seperti sifat dalam bekerja, kecurangan dan hal-hal lainnya yang terkait pekerjaan. Bayangkan betapa ruginya perusahaan jika terus mempercayai orang yang sebenarnya merugikan dan bermasalah. Karena kerugian ini juga akan berdampak kembali kepada anda dan orang lain. Sebagai contoh, ada karyawan lain yang berbuat curang, seperti mencuri atau dengan sengaja memperlambat pekerjaannya, sehingga merugikan perusahaan. Dengan anda menutupi hal tersebut tentu perusahaan akan merugi dan akhirnya anda serta rekan kerja lainnya juga ikut terdampak.

“Orang yang berdiam diri dari menyampaikan kebenaran adalah Setan Bisu”

Perlu kita pahami bahwa rekan kerjamu hanyalah sementara, ia bisa keluar, dipindahkan atau berbagai hal lainnya. Terkadang kedekatan kita dengan rekan kerja membuat kita membagikan rahasia kita dengannya atau dia melihat kekurangan dan aib kita. Apa yang terjadi jika suatu saat kita mendapatkan promosi jabatan? Lalu teman tersebut menjadi bawahan dalam pekerjaan dan dia mengetahui rahasia kita. Hal ini menjadi sulit bagi kita ketika memberikan perintah, ada perasaan takut, tidak enak, dan lain-lain. Jadi jagalah rahasiamu dengan rekan kerjamu. 

Kami ingatkan kembali bahwa loyalitas anda adalah kepada perusahaan, bukan rekan kerja.

“Dan katakanlah, ‘Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu’.” (QS At-Taubah: 105).

Manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik, lelah, lapar, dan juga ibadah bisa kamu cukupkan dalam waktu istirahat yang sudah diberikan.

Perekrutan

Cairo Food akan melakukan perekrutan karyawan jika salah satu kondisi dibawah terpenuhi:

  1. Kekurangan tenaga kerja dalam waktu yang lama
  2. Kekurangan tenaga ahli
  3. Rekomendasi pimpinan 
  4. Pertimbangan atau kondisi khusus

Selanjutnya perusahaan akan melakukan posting lowongan kerja secara online di website utama perusahaan, serta dibantu dengan posting pada situs lowongan kerja yang terkenal pada saat lowongan dibuka.

Rekomendasi situs untuk posting lowongan kerja tergantung dari posisi yang ingin diisi. Jika yang dibutuhkan adalah staf produksi dan customer service, maka lowongan bisa diposting di situs olx. Sedangkan sisa posisi lainnya bisa diposting di situs glints.

Lowongan harus mencantumkan sejelas mungkin untuk spesifikasi dan gaji. Serta harus mencantumkan link handbook ini untuk bisa dibaca oleh calon karyawan. Calon karyawan yang bisa menjawab pertanyaan terkait handbook ini maka akan mendapatkan nilai khusus sebagai bentuk keseriusannya.

Interview akan dilakukan oleh bagian HRD dan disaksikan (jika memungkinkan) oleh atasan bagian dimana posisi lowongan tersebut dibutuhkan.

Seleksi awal akan mengeliminasi kandidat sebagai berikut:

  1. Tidak sopan.
  2. CV tidak relevan.
  3. Lokasi terlalu jauh dari kantor.
  4. Tidak mencantumkan portofolio (untuk posisi tertentu seperti Design Grafis, Video Editor, Chef)

Selanjutnya HRD bisa melakukan pemilihan kandidat dengan mengacu pada intuisi, keilmuan, dan pengalamannya.

Bergabung

Karyawan yang bergabung diharuskan untuk:

  1. Menyerahkan data-data yang diminta, seperti KTP, KK, SKCK.
  2. Menandatangani kontrak kerja.
  3. Membaca dan menandatangani Handbook ini.
  4. Mengikuti proses onboarding.

Jam Kerja

Jam kerja umumnya sudah ditentukan di awal proses rekrutmen. Yang harus anda pastikan adalah awal jam yang sudah ditentukan adalah awal jam dimana anda sudah siap bekerja, bukan anda baru datang atau baru bersiap-siap. Kami merekomendasikan anda datang 15 menit lebih awal untuk persiapan dan memastikan jam awal anda kerja adalah awal yang produktif dan tidak sia-sia.

Begitu juga dengan pulang, setelah jam pulang selesai anda diperbolehkan untuk bersiap siap pulang. Jangan sebelum jam pulang selesai anda sudah pergi.

Resign

Hidup ini mudah, jangan dibuat sulit. Jika anda memutuskan untuk berhenti dengan alasan apapun, maka kami mengucapkan terima kasih dan kami doakan untuk kesuksesan anda dimanapun anda berada. Namun perlu diingat sebagaimana anda masuk dengan baik, maka keluarlah dengan baik. Berikan informasi rencana anda resign 1 bulan sebelumnya, jangan mendadak!.

Selesaikan semua pekerjaan dengan tuntas, bersikaplah baik, dan jangan mencari alasan yang dibuat-buat untuk tidak masuk. Jadilah orang yang memiliki kenangan baik dan dibicarakan kebaikannya (bukan masalah atau keburukannya).

Anda juga dilarang untuk tidak masuk dengan alasan wawancara kerja di tempat lain. Lakukan interview kerja anda di hari anda libur, atau setelah jam kerja, atau setelah anda benar-benar berhenti bekerja.

Perusahaan hanya akan memberikan surat rekomendasi khusus jika anda berprestasi selama bekerja dan tidak menimbulkan masalah. Sebaliknya, perusahaan hanya akan memberikan surat pernyataan kerja saja.

Pengembalian Milik Perusahaan

Anda diminta mengembalikan semua properti milik kantor, baik fisik maupun non fisik seperti file digital dan juga hal-hal yang belum diberitahukan kepada atasan anda.

Contoh:

  • Laptop.
  • Celemek.
  • Handphone.
  • Lokasi dimana anda menyimpan sebuah file.
  • Data pelanggan yang belum di follow up.
  • Metode atau trik khusus yang anda ketahui.

Pemberhentian Kerja

Pemberhentian kerja bisa terjadi dengan berbagai alasan, baik karena kesalahan yang dibuat oleh karyawan, maupun karena keputusan perusahaan.

Berikut adalah daftar alasan/sebab yang sudah pasti mengakibatkan pemberhentian kerja, yaitu :

  1. Melakukan pencurian / penggelapan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
  2. Melakukan penganiayaan terhadap atasan / perusahaan, keluarga atasan / perusahaan atau sesama rekan kerja maupun keluarga karyawan lainnya.
  3. Melakukan aksi provokasi / menghasut karyawan lain yang bertentangan dengan kesopanan / peraturan perusahaan yang menimbulkan kerugian perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Mengajak karyawan lain bekerja ditempat lain baik saat bekerja maupun setelah berhenti bekerja.
  5. Mabuk, memakai obat bius atau narkoba, berjudi, berkelahi, membawa benda tajam, melakukan perbuatan asusila di tempat kerja.
  6. Merusak dengan sengaja atau oleh karena kecerobohannya merusak / merugikan milik perusahaan, membiarkan dengan sengaja milik perusahaan dalam keadaan bahaya.
  7. Memberikan keterangan palsu (tidak benar).
  8. Menghina dengan kasar maupun halus, atau mengancam perusahaan, keluarga atasan, atasan, maupun teman kerjanya.
  9. Menghina dengan kasar maupun halus atau menyindir golongan, suku, ras, agama, maupun negara lain.
  10. Mencampuri / membocorkan rahasia perusahaan.
  11. Tidak masuk kerja (mangkir) tanpa persetujuan terlebih dahulu dari perusahaan selama 3 (tiga) hari kerja berturut-turut dan tidak dapat memberikan keterangan tertulis dengan bukti yang sah.
  12. Lalai menjalankan tugas, tanggung jawab dan meninggalkan lokasi kerja tanpa izin dari atasan.
  13. Terlibat melakukan tindak kejahatan di luar maupun di dalam lingkungan perusahaan.
  14. Karyawan tidak diperkenankan bekerja di perusahaan lain ataupun mempunyai usaha lain yang dapat mengganggu pelaksanaan tugasnya, tanpa izin perusahaan.

Semua Point diatas berlaku baik di dunia nyata maupun digital seperti; social media, telepon, chat, juga metaverse. Karyawan diminta dan diharapkan untuk berperilaku baik dimanapun berada, termasuk dalam berpendapat.

Cuti

Jika tidak penting dan mendesak maka jangan cuti. Lebih baik ambil jatah cuti untuk hari raya keagamaan saja atau tambahan jika terjadi sesuatu yang membutuhkan anda tidak masuk. Anda memiliki jatah cuti 1 hari setiap bulannya dimulai saat anda pertama kali bekerja. Cuti akan hangus jika tidak digunakan, dan akan digantikan dengan gaji jika tidak diambil. Jadi lebih baik jangan Cuti jika tidak penting.

Jatah cuti anda mulai bisa didapatkan jika anda sudah bekerja diatas satu tahun. Hal ini berarti peserta magang dan dan karyawan baru belum mendapatkan jatah cuti.

Cuti hamil diberikan sejumlah maksimal 3 bulan yang direkomendasikan diambil 1,5 bulan sebelum HPL(hari perkiraan lahir) dan 1,5 bulan setelah HPL. Anda diharuskan memberikan surat keterangan HPL resmi dari dokter atau bidan paling lama 5 bulan sebelum HPL tersebut.

Izin

Perlu diingat saat ini anda sedang bekerja dan bukan bermain. Jika alasan anda cuti karena hal ringan atau sepele, maka lebih baik anda mengurungkan kembali niat anda. Lupakan rencana izin anda jika tidak penting atau bisa diwakilkan.

Izin hanya diperbolehkan jika mendesak dan tidak bisa diwakilkan.

Izin beserta alasannya akan dicatat dan masuk dalam penilaian dan pertimbangan khusus atasan. Jika terbukti alasan izin berbeda dengan kenyataan, maka anda akan mendapatkan surat peringatan. Atasan berhak meminta bukti dari alasan izin anda.

Anda diizinkan meninggalkan pekerjaan dengan gaji penuh dalam hal-hal sebagai berikut:

  • Perkawinan pertama Karyawan sendiri : 3 hari
  • Istri Karyawan melahirkan anak : 2 hari
  • Suami/Istri/Anak Karyawan meninggal dunia : 3 hari
  • Orang tua/mertua karyawan meninggal dunia : 2 hari
  • Saudara kandung Karyawan meninggal dunia : 1 hari
  • Perkawinan anak Karyawan : 2 hari
  • Perkawinan saudara kandung Karyawan : 1 hari
  • Khitanan/baptisan anak Karyawan : 1 hari

Hal-hal tersebut di atas harus dibuktikan dengan surat-surat yang sah dari yang berwajib pada waktunya.

Sakit

Siapapun bisa sakit, hal ini adalah wajar. Aturannya cukup mudah, istirahatlah dan sembuhkanlah dirimu hingga kamu sanggup bekerja kembali. Tapi kamu diwajibkan memberikan informasi setiap harinya di pagi hari tanpa terkecuali tentang perkembangan kesehatanmu kepada atasanmu. Tidak ada alasan untuk tidak memberikan kabar. Sekali lagi hal ini diminta untuk dilakukan setiap harinya hingga kamu kembali bekerja. Tolong beritahu keluargamu bahwa ini adalah peraturan dari perusahaan. Maka jika kamu tidak sanggup memberikan kabar, keluarga terdekatmu bisa mewakilkan dan menyisihkan waktunya sebentar untuk memberikan kabar kepada perusahaan. Kenapa? karena sungguh kami peduli akan kesehatanmu.

Jika anda merasa/curiga atau bahkan mengetahui bahwa anda sedang mengidap suatu penyakit yang bisa menular, maka lebih baik anda istirahat secara total hingga anda sembuh dan tidak menularkan kepada rekan kerja yang lain.

Anda diminta untuk memberikan surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh dokter atau rumah sakit. Jika anda tidak berobat ke dokter(contoh demam ringan), maka anda harus mengirimkan surat pernyataan sakit dari diri sendiri yang formatnya bisa diminta ke HRD.

Kami merekomendasikan jika ada rekan kerja yang sakit lebih dari 3 hari untuk segera dijenguk dan dilakukan kolektif oleh atasan dalam hirarki(beli buah misalnya).

Hari Libur

Anda berhak menerima hari libur yang sudah ditentukan oleh pemerintah seperti tanggal merah dan libur keagamaan.

Klaim Biaya

Jika anda melakukan dinas diluar kantor yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya-biaya seperti transportasi, penginapan, makan, dan entertain pihak client/mitra, maka anda diminta untuk mendiskusikan rencana anda terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Secara singkat lakukan penghematan dan meminimalisir biaya-biaya yang tidak perlu.

Ibadah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bekerja adalah ibadah. Kami di Cairo Food percaya bahwa manusia sangat membutuhkan Tuhan. Apapun agama dan kepercayaan anda, Kita sepakat bahwa anda berhak menerima waktu istirahat sebanyak 1 jam sehari yang umumnya digunakan dari jam 12:00 hingga 13:00. Manfaatkan waktu tersebut untuk makan, istirahat, dan juga beribadah.

Sebagai contoh untuk umat islam yang menjalankan sholat dzuhur dan ashar dalam jam kerja. Anda memiliki waktu istirahat total selama 1 jam. Anda diberikan waktu tambahan 15 menit khusus bagi anda yang akan melaksanakan sholat Ashar.

Khusus pria yang akan melaksanakan sholat jum’at, waktu istirahat anda adalah 1 jam 30 menit yang dimulai tepat pukul 11:30 hingga 13:00 khusus hari jum’at saja.

Kami memiliki kecenderungan untuk menyukai karyawan yang rajin dalam ibadah namun tidak berlebihan dan radikal. Contoh seperti jika anda berdoa lebih dari satu jam, padahal waktu istirahat anda adalah satu jam. Doa nya tentu bagus, lama dalam berdoa juga bagus, tapi kalau sampai melebihi waktu anda istirahat apalagi sampai tidak makan lalu lemas tentu ini juga tidak baik.

Kepemimpinan

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari Muslim).

Menjadi pemimpin tidaklah mudah, akan selalu ada yang tidak setuju, bahkan membenci anda. Ambillah keputusan secara bijak dan jelaskan kenapa kamu mengambil keputusan tersebut. Belajarkan dari pemimpin anda dan hargailah keputusannya. Dengan demikian, akan tercipta sebuah kondisi yang kondusif.

Pemimpin harus selalu berinisiatif dan berani mengambil resiko, khususnya jika ada situasi dan kondisi dimana hal tersebut belum dijelaskan secara jelas dalam SOP maupun protokol.

Review & Audit

Kinerja dan performance anda akan diaudit dan review secara berkala dan dilakukan oleh 3 pihak (jika ada atau salah satunya), yaitu atasan, rekan kerja, dan bawahan anda. Hasil Review & Audit akan diberitahukan kepada anda secara transparan dengan tujuan untuk memotivasi anda dan sebagai acuan bagi perusahaan.

Peserta magang akan mendapatkan review & audit setiap bulannya secara langsung dari pembimbing magang yang ditunjuk pertama kali secara lisan/langsung.

Pelecehan

Kami menerapkan aturan anti pelecehan secara mutlak. Pelecehan yang terjadi dapat berakibat pemutusan kerja dan berlanjut ke pihak kepolisian. Hal ini berlaku bagi seluruh karyawan (remote maupun offline) dan juga peserta magang atau paruh waktu. Pelecehan bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung, atau seperti melalui media lain yaitu telepon, chat, email, fax, komputer, aplikasi komputer, dan lain-lain.

Tipe-tipe pelecehan yaitu:

  • Pelecehan Seksual
  • Diskriminasi
  • Penindasan / Kekerasan di Tempat Kerja
  • Pembalasan Dendam

Jenis-Jenis Pelecehan

Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual mencakup berbagai perilaku. Contoh pelanggaran termasuk, namun tidak terbatas pada, tindakan berikut:

  1. Serangan fisik atau upaya untuk melakukan serangan yang bersifat seksual. Seperti  mencubit, merangkul, mengelus, mencium, memeluk, menggesek, menempel, atau menyodok anggota tubuh karyawan lainnya.
  2. Rayuan, ajakan, atau komentar seksual lainnya yang tidak diinginkan, seperti gerak tubuh, ucapan, lelucon, atau komentar berorientasi seksual.
  3. Perlakuan istimewa atau janji perlakuan istimewa kepada karyawan lainnya untuk melakukan perilaku atau tindakan seksual tertentu, termasuk meminta atau mencoba meminta karyawan lain untuk terlibat dalam aktivitas seksual untuk mendapatkan kompensasi atau hadiah.
  4. Membuat pajangan, komunikasi, atau publikasi yang menyertakan konten yang bersifat menyinggung secara seksual.
  5. Mengirim atau menampilkan objek atau pesan seksual baik secara eksplisit maupun implisit.
  6. Mengirim atau menampilkan objek atau pesan seksual secara sembunyi maupun secara jelas.

Pelecehan seksual adalah melanggar hukum dan dianggap sebagai bentuk kesalahan karyawan. Sanksi akan diberlakukan terhadap individu yang terlibat dalam pelecehan seksual dan terhadap pihak manapun yang dengan sengaja membiarkan perilaku tersebut berlanjut atau terjadi. Pembalasan apa pun terhadap seseorang yang mengadukan pelecehan seksual atau yang bersaksi atau membantu dalam proses hukum apa pun adalah melanggar hukum.

Pelecehan seksual yang paling ekstrem adalah penyerangan seksual secara paksa seperti pemerkosaan. Ini adalah kejahatan serius dan perusahaan kami akan mendukung karyawan yang ingin mengajukan tuntutan terhadap pelanggar.

Diskriminasi

Kami tidak mentolerir diskriminasi terhadap siapa pun, termasuk karyawan, kurir, atasan, pelanggan, rekan/mitra bisnis, pemilik saham dan lainnya. Segala bentuk diskriminasi terhadap seseorang sangat dilarang, termasuk atas dasar ras, warna kulit, agama, etnis, asal kebangsaan, jenis kelamin, usia, disabilitas, status perkawinan, jabatan, penyakit, pekerjaan, status sosial, atau status lainnya yang dilindungi oleh undang-undang atau peraturan.

Segera laporkan dugaan diskriminasi dan jangan pernah melakukan pembalasan terhadap siapa pun yang menyampaikan keyakinan dengan itikad baik bahwa telah terjadi diskriminasi yang melanggar hukum.

Penindasan / Kekerasan di Tempat Kerja

Cairo Food tidak mentolerir tindakan kekerasan atau ancaman kekerasan. Perusahaan tidak akan mentolerir perkelahian, perundungan, pemaksaan, atau penggunaan kata-kata kasar atau ancaman yang ditujukan kepada, tentang, atau terhadap rekan kerja, pemimpin, manajer, eksekutif, kandidat, klien/pelanggan, vendor, kontributor, atau orang lain mana pun. Tidak ada karyawan yang boleh melakukan atau mengancam untuk melakukan tindakan kekerasan atau mendiskusikan tindakan pelanggaran tersebut, bahkan dengan cara bercanda.

Pembalasan Dendam

Pembalasan dalam bentuk apapun karena mengajukan klaim pelecehan tidak akan ditoleransi.

Yang harus dilakukan

Jika anda menerima perlakuan atau tindak pelecehan, maka kami menganjurkan untuk menyelesaikannya secara damai dengan pelaku demi nama baik semua pihak. Terkadang hal-hal tersebut bisa terjadi karena khilaf. Hal ini hanyalah rekomendasi jika hal yang anda terima termasuk hal ringan dan bisa diselesaikan dengan teguran kepada pelaku. Namun anda boleh dan bisa langsung melaporkan kepada atasan anda jika menurut anda pelanggaran yang anda terima cukup berat. Jika anda merasa hal tersebut sangat berat dan fatal, anda diperbolehkan melaporkan ke pihak yang berwajib (polisi) dengan memberikan informasi dan pendampingan dari atasan anda.

Secara singkat ada 3 hirarki yang bisa anda pilih yaitu:

  1. Menyelesaikan langsung dengan pelaku.
  2. Melaporkan dan meminta bantuan kepada atasan.
  3. Melaporkan kepada pihak penegak hukum.

Tindak lanjut

Semua karyawan, manajer, dan pihak manapun akan dikenakan tindakan disipliner, hingga dan termasuk pemutusan hubungan kerja, untuk setiap tindakan pelecehan yang mereka lakukan. Meskipun tindakan disipliner akan spesifik untuk setiap kasus, umumnya dapat diklasifikasikan menjadi 4 tingkatan:

Level 1

Pertama kali terjadi atau dilakukan dan termasuk hal minor/ringan. Dan setelah kejadian ini, pihak korban masih mau memaafkan dan masih mau bekerja secara normal dengan pelaku. Hal ini juga termasuk tindakan diluar kontrol seperti gangguan kejiwaan, pengaruh obat, hilang kesadaran, mabuk, dipaksa, terhipnotis.

  1. Potongan gaji.
  2. Surat peringatan.
  3. Permintaan maaf formal di atas materai terhadap pihak yang dirugikan.
Level 2

Perilaku yang berulang kali terjadi (lebih dari 1 kali).

  • Potongan gaji
  • Melakukan sesi konseling dengan pemuka agama atau psikiater.
  • Permintaan maaf formal terhadap pihak yang dirugikan.
  • Surat Peringatan.
  • Potensi transfer ke tim lain.
  • Potensi penghentian bekerja permanen.
Level 3

Pelanggaran besar, atau perilaku yang tidak pantas berulang kali setelah teguran tertulis akan mendapatkan pemutusan hubungan kerja dan dilaporkan ke pihak penegak hukum.

Level 4

Kasus-kasus serius, termasuk tindak pidana apa pun.

  • Pemutusan hubungan kerja.
  • Dilaporkan ke Polisi/Pihak berwenang.

Anda diperbolehkan mengajukan cuti atas persetujuan atasan setelah anda mengalami tindak perlakukan pelecehan/kekerasan.

PENGECUALIAN : Saat terjadi perkelahian antar karyawan dan terpaksa dilakukan proses peleraian secara paksa, maka ketentuan pelecehan tidak berlaku atau batal.

Setelah Berhenti

Setelah resign, anda tidak boleh berkompetisi atau membuka usaha atau bekerja di perusahaan yang memiliki bidang yang sama yaitu :

  • Makanan timur tengah atau arab atau India
  • Rempah atau Bumbu

Aturan ini berlaku hingga 1 Tahun setelah anda resign atau berhenti magang.

Perilaku diluar tempat kerja

Jaga nama baik anda, dan nama baik perusahaan. Jangan menghina siapapun (apapun),  dalam kondisi apapun baik langsung maupun tidak langsung, juga secara online. Jika terjadi hal yang menimbulkan kontroversi maupun perbedaan pendapat atau multi tafsir, maka anda akan dikenakan Surat peringatan. Pikirkan kembali sebelum berkomentar, pikirkan kembali sebelum posting apapun di social media atau online.

Anda diperbolehkan melakukan apapun diluar jam kantor, tapi pastikan anda kembali bekerja dengan kondisi segar esok harinya. Contoh seperti kelelahan karena bermain handphone semalaman.

Kerahasiaan

Secara garis besar ada dua hal yang berbeda, yaitu Kerahasiaan serta Kompetisi. Kerahasiaan akan anda simpan selamanya, sedangkan kompetisi hanya dibatasi selama maksimal 1 Tahun setelah anda berhenti bekerja.

Karyawan diwajibkan untuk menandatangani surat pernyataan khusus yang terpisah dari Handbook ini untuk tidak menyebarkan, membocorkan, menceritakan, serta tidak berkompetisi. Anda diminta untuk merahasiakan semua informasi apapun dari mulai yang anda lihat, dengar, terima, bahkan termasuk yang anda rasakan.

Apapun hasil yang anda lakukan selama bekerja di Cairo Food adalah milik Cairo Food, seperti metode, proses, formula, dokumen, komposisi, sistem, teknik, cara, penemuan, mesin, program komputer, penelitian, asumsi, dan lain-lain.

Apapun yang anda lihat dan ketahui seperti daftar klien, pembeli, pelanggan, harga, supplier, distributor, serta pihak-pihak yang berinteraksi dengan perusahaan adalah rahasia yang tidak boleh dibocorkan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Informasi, data, kebijakan yang anda ketahui harus anda rahasiakan.

Segala hal yang anda lihat dan anda ketahui selama anda bekerja di Cairo Food tidak boleh anda sebarkan bahkan setelah anda resign. Seperti supplier, pelanggan, formula dan rahasia perusahaan lainnya.

Anda tidak diperbolehkan untuk berkompetisi baik secara langsung maupun tidak langsung pada perusahaan yang sejenis, yaitu dalam bidang dan produk akhir berupa Rempah, Bumbu, Bahan Penyedap, serta Restoran atau Makanan Khas Timur Tengah dan India.

Larangan berkompetisi CT dibatasi paling lama 1 Tahun setelah anda berhenti bekerja. Anda tidak boleh bekerja baik sebagai pegawai maupun sebagai agen atau sebagai konsultan atau sebagai advisor kepada orang, atau dalam perusahaan lain (dalam bentuk apapun), baik secara langsung maupun tidak langsung yang berkompetisi dengan bidang usaha Cairo Food, yaitu dalam bidang dan produk akhir berupa Rempah, Bumbu, Bahan Penyedap, serta Restoran atau Makanan Khas Timur Tengah dan India selama 1 (satu) tahun dihitung dari hari terakhir Anda bekerja di Cairo Food.

Bercanda

Anda bebas bercanda apapun selama hal tersebut tidak menyakiti siapapun yang mendengarnya. Dengan alasan apapun topik Agama dilarang untuk dijadikan bahan bercanda. 

Bercandalah yang sewajarnya tanpa menghina atau menjatuhkan pihak lainnya. Anda bebas bercanda selama diluar jam kerja.

Keperluan Pribadi

Anda diminta menyiapkan dan membawa keperluan pribadi anda, seperti:

  • Obat-obatan.
  • Pembalut.
  • Pakaian Ganti.
  • Air Minum.
  • Dan segala keperluan lainnya yang dirasa penting.

Komunikasi

Rekan kerja anda juga merupakan manusia yang ingin dihargai sama seperti anda. Selalu berusaha untuk menyimak dengan baik dan mencoba memahami sebelum memberikan respon atau komentar. Tenanglah dalam situasi apapun. Jangan pernah menggunakan singkatan, singkatan dilarang penggunaannya karena bisa memberikan asumsi yang salah.

Selalu katakan “paham” jika anda menerima perintah.

Contoh : Ok pak paham <atau> siap pak paham <atau> baik pak paham

Jika anda tidak mengerti maka silahkan bertanya dengan contoh seperti berikut

“Maaf pak, saya kurang paham di bagian ini…”

Selalu katakan Assalamualaikum dalam awal komunikasi, seperti chat, telepon, email, hingga masuk ke dalam suatu ruangan.

Perusahaan mewajibkan semua karyawan menggunakan bahasa Indonesia agar bisa dimengerti oleh semua karyawan lainnya dan juga menghindari kesalahfahaman atau salah penafsiran. Penggunaan bahasa daerah atau asing dilarang untuk digunakan kecuali telah disepakati untuk digunakan pada suatu waktu tertentu atau jika terdapat tamu yang memang tidak bisa menggunakan bahasa indonesia.

Perbedaan Pendapat

Angka 6 jika dilihat dari atas akan terlihat sebagai angka 9. Perbedaan pendapat itu terjadi karena sudut pandang, tempat, posisi, usia, pengalaman, dan berbagai faktor lainnya.

Diskusi dan dialog adalah hal yang sangat penting dan harus diutamakan, jangan pernah melakukan asumsi sendiri. Jika terdapat beberapa pendapat, maka akan dipilih yang paling banyak manfaatnya dan paling sedikit kerugiannya.

Selesaikan perselisihan terlebih dahulu secara dewasa sebelum meminta campur tangan perusahaan. Berbaik sangkalah terhadap rekan kerjamu.

Perlu diingat manusia itu memiliki harga diri dan reputasi, jangan rusak reputasi rekan kerjamu, jangan rusak reputasi kantormu, apalagi merusak reputasi dirimu sendiri.

Di Cairo Food kami percaya siapapun boleh berbicara apapun selama hal yang disampaikan adalah benar dan demi kemajuan serta hal tersebut disampaikan dengan rasa hormat.

Pakaian

Anda diminta menggunakan pakaian yang sopan, tidak ketat dan nyaman. Pakaian yang tidak membuat risih atau mengganggu konsentrasi rekan kerja anda. Untuk hari Sabtu, anda diminta menggunakan atasan batik. Hal ini berlaku bagi karyawan yang bekerja secara remote maupun yang bekerja secara langsung.

Tidak ada Cinta Lokasi

Demi efektivitas kerja, tidak boleh ada hubungan percintaan sesama karyawan. Jika terjadi maka salah satunya harus mengundurkan diri sesegera mungkin. Karyawan tetap diperbolehkan memiliki hubungan percintaan terhadap peserta magang hanya jika peserta magang telah menyelesaikan masa waktu magangnya. 

Anti Drama

Kami sepakat untuk menghindari drama dalam bentuk apapun. Buatlah hidupmu mudah dan ringan dengan menghindari Drama. Katakan apa yang kamu rasakan dan hilangkan budaya tidak enakan. Ingat kamu boleh berkata apapun selama disampaikan dengan rasa penuh hormat dan sopan serta bertujuan positif.

Hutang

Sudah seharusnya kita sebagai manusia saling membantu, hal ini adalah wajar. Namun harap bisa dimengerti bahwa sebagai manusia kita memiliki keterbatasan dan demi kebaikan kita bersama maka kami melarang adanya transaksi pinjam meminjam, baik ke sesama rekan kerja maupun ke perusahaan atau atasan.

Aturan ini mungkin terdengar sedikit berlebihan dan seperti tidak manusiawi, namun berikut penjelasannya kenapa kami melarangnya:

  1. Akan timbul kekhawatiran bagi pihak yang meminjamkan apakah pihak yang meminjam mampu mengembalikan atau tidak.
  2. Akan ada perasaan tidak enak dan malu bagi yang meminjam.
  3. Dikhawatirkan pinjam uang akan menjadi kebiasaan.
  4. Untuk menghindari drama dan hal hal yang tidak diinginkan terjadi adalah dengan mencegahnya terjadi.
  5. Bisa merusak hubungan sosial dan pertemanan.
  6. Peminjam uang bisa tersinggung saat ditagih.
  7. Setiap orang memiliki situasinya sendiri yang tidak bisa dijelaskan secara detail.

Kita sudah sering mendengar drama drama yang muncul setelah kita meminjamkan uang ke teman bukan? Dengan tidak memberikan pinjaman uang maka niscaya kita bisa terhindar dari drama dan hal hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

Dan dengan adanya aturan ini anda menjadi punya alasan kuat untuk menolak memberikan pinjaman kepada rekan anda.

Kasbon

Sebelum anda berencana untuk melakukan kasbon ke perusahaan, maka pastikan kembali apakah alasan anda kasbon termasuk kedalam hal yang mendesak. Jika tidak penting dan tidak mendesak maka lebih baik urungkan niat anda untuk kasbon. Jadi intinya kasbon diperbolehkan. Berikut peraturan kasbon di Cairo Food:

  • Kasbon hanya boleh diberikan jika sudah melewati tanggal 15 pada setiap bulan.
  • Maksimal kasbon hanya boleh diberikan ⅓ dari total gaji bulan sebelumnya.
  • Kasbon hanya boleh diberikan 1 kali setiap bulannya dan maksimal 6 kali dalam setahun.
  • Kasbon otomatis dipotong secara penuh pada saat gajian.
  • Kasbon diajukan ke bagian keuangan dan bukan ke atasan.
  • Kasbon hanya boleh diberikan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun.

Pemanfaatan Fasilitas Kantor

Karyawan dilarang menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadinya seperti Wifi, Printer, kertas, Pulpel, Minyak, Gas, dan apapun yang di luar kepentingan pekerjaan.

Peduli

Kepedulian bisa diaplikasikan dalam banyak hal, seperti Jika anda memesan makanan baik secara online maupun offline, maka tawarkanlah kepada rekan kerja, atasan, atau bawahan yang kira-kira satu ruangan atau satu lingkup dengan anda. Jangan sampai ia melihat anda menikmati makanan tanpa anda tawarkan. Menawarkan untuk membeli bersama berbeda dengan mentraktir. Contoh, “Saya mau beli seblak nih di depan, mau nitip gak?”

Peduli juga bisa diaplikasikan ketika rekan kerjamu kelelahan, tidak masuk, dan kondisi lainnya. Tanyakan kepadanya dan berikan do’a sesuai kondisinya. Tentu anda akan sedih jika sakit tapi tidak ada yang bertanya.

Berbagi

Sudah fitrah bagi manusia ketika menerima hadiah dari orang lain maka hal tersebut akan membuatnya senang. 

Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Hendaklah kalian saling memberi hadiah, Niscaya kalian akan saling mencintai“

Namun memberikan hadiah kepada seluruh rekan kerja tentunya akan sangat memberatkan jika dilakukan rutin. Selain itu, memberikan hadiah kepada rekan kerja maupun atasan bisa merusak efektivitas dalam bekerja karena bisa mempengaruhi dalam pengambilan keputusan dan cara kita berinteraksi. Oleh karena itu, diperbolehkan memberi hadiah hanya jika dilakukan secara masal atau bersamaan.

Contoh, ada rekan kerja yang berulang tahun, maka pemberian hadiah dari satu orang secara khusus adalah dilarang, tapi diperbolehkan apabila rekan kerja lainnya memberikan hadiah secara kolektif seperti kue ulang tahun dan atau kado/hadiah yang dikumpulkan secara patungan. Kolektif boleh dilakukan dengan jumlah minimal 4 orang, kurang dari 4 seperti 3 adalah dilarang.

Atau contoh lain ada rekan kerja yang baru menikah, maka diperbolehkan memberikan hadiah secara kolektif tanpa menyebutkan persentase sumbangsihnya.

Atau boleh juga satu orang memberikan hadiah kepada mayoritas atau banyak rekan kerja seperti pada saat pulang kampung atau setelah liburan atau momen apapun.

Secara kesimpulan, hadiah hanya boleh diberikan satu ke banyak, atau banyak ke satu.

Penting bagi yang akan memberikan hadiah agar memberikannya dengan sopan dan niat yang baik. Penting juga bagi penerima hadiah apapun bentuknya, agar menerima dengan sopan, baik, dan berterima kasih. Ucapkan terima kasih dengan sungguh-sungguh.

Perubahan

Kita harus paham bahwa ada menang kalah salah sebuah permainan yang disepakati aturannya. Sebagai contoh sepak bola, tenis, dan lain-lain. Semua memiliki aturan siapa yang kalah dan siapa yang menang. Sedangkan dalam bisnis, aturannya hanya ada satu, ada selama mungkin.

Dalam hidup manusia haruslah bisa beradaptasi terhadap perubahan, khususnya akhir-akhir ini dimana banyak sekali terjadi perubahan. Begitu pula perusahaan, kami akan memilih cara terbaik untuk bisa bertahan dan tetap berkembang dalam perubahan apapun.

Catatan ini mungkin akan berubah sesuai waktu dan kondisi. Namun setiap terjadi perubahan, anda akan diberikan pemberitahuan.

No Music

Perusahaan melarang karyawan untuk memutar musik dengan pengeras suara. Anda diperbolehkan memutar musik dengan headset jika posisi pekerjaan anda memang tidak membutuhkan interaksi yang sering seperti designer, programmer, pencatat keuangan. Jika posisi pekerjaan anda termasuk dalam produksi atau yang membutuhkan interaksi sering, maka kami melarang anda memutar musik bahkan dengan headset karena akan mengurangi kecepatan dan kesigapan dalam interaksi seperti admin, pelaksana harian, produksi, customer service, dan packing.

No Mobile Phone

Pastikan selama jam kerja anda tidak memegang dan bermain handphone. Ubah menjadi silent agar anda produktif.

Membandingkan Gaji

Membandingkan gaji dengan rekan kerja anda adalah hal yang tidak terpuji karena akan menimbulkan kecemburuan dan rasa iri. Kami melarang karyawan melakukan hal tersebut, jika terjadi pemaksaan dari rekan kerja anda, maka anda bisa melaporkannya kepada atasan anda.

Pekerjaan

Kami percaya bahwa CCTV serta atasan hanya diperlukan untuk memantau orang-orang yang malas, tidak jujur, dan tidak bertanggung jawab dalam pekerjaannya.

Jika suatu pekerjaan sudah jelas dan karyawan pun memahami tanggung jawabnya, maka seharusnya pekerjaan bisa berjalan dengan baik, koordinator, supervisor, penjamin mutu atau atasan hanya ada untuk memastikan hasil dan proses sudah sesuai dengan apa yang ditentukan dan disepakati. Atasan juga ada untuk mendengarkan pendapat, saran, dan masukan.

Usta

Cairo Food mengusung titel “Usta”(Usta tanpa huruf d) yang diambil dari bahasa Turki. Usta adalah Master atau orang yang sudah mahir dan dipercaya oleh perusahaan. Usta ini adalah orang yang berperan penting sebagai penanggung jawab semua lini produksi, dari A hingga Z, dari bahan baku datang hingga produk akhir keluar. Usta hanya boleh ada 1 dalam satu shift kerja dan dipilih langsung oleh pemimpin perusahaan.

First, Second and Third in Command

Untuk setiap posisi apapun harus memiliki pengganti sebanyak 2 orang, artinya ada 3 orang yang bisa saling bergantian kapanpun. Hal ini bisa sangat berguna jika posisi tersebut kosong dengan alasan apapun. Orang kedua dan ketiga harus ditentukan oleh penanggung jawab utama.

Orang kedua dan ketiga haruslah siap kapanpun saat diminta untuk menggantikan posisi Orang pertama. Tanggung jawab ini adalah sepenuhnya dibebankan kepada orang pertama untuk memastikan kompetensi dan kesiapan orang kedua dan ketiga bisa diandalkan.

Satu orang hanya boleh menerima satu level tanggung jawab, namun boleh menerima level tanggung jawab yang berbeda pada posisi yang lain. Contoh karyawan yang bernama “ricka” bisa menjadi Penanggung jawab utama pada produksi selai, dan hanya menjadi second in command pada produksi bumbu, serta menjadi third in command pada tanggung jawab gudang bahan baku. Karena ricka sudah menjadi second in command pada produksi bumbu, maka ricka tidak boleh menjadi second in command pada tugas lainnya. Hal ini dikarenakan ricka sudah menerima 3 tanggung jawab.

Cairo Food akan menyediakan daftar posisi serta nama yang bertanggung jawab sebagai first, second, and third in command.

SOP

Semua pekerjaan haruslah terdapat SOP sebagai panduan. Jika belum ada, maka harus dibuatkan dan disepakati SOP untuk pekerjaan tersebut. Karyawan dan magang harus mempelajari dan mengikuti SOP yang sudah ditentukan. Improvisasi haruslah melalui diskusi dan persetujuan atasan jika tidak mendesak.

SOP haruslah terdiri dari:

  1. Tujuan
  2. Hasil yang diharapkan
  3. Ruang lingkup
  4. Prasyarat
  5. Alasan kenapa SOP ini penting
  6. Lokasi pengerjaan
  7. Siapa yang terlibat
  8. Referensi
  9. Definisi
  10. Prosedur
  11. Dokumen terkait

Protokol

Protokol adalah serangkaian skenario yang mungkin dan bisa terjadi dan harus dihafalkan oleh semua pihak terkait. Protokol terdiri dari kode, makna, pihak, jumlah, dan tindakan yang harus lakukan serta waktu dan prosedurnya. Protokol akan dibagikan untuk semua karyawan sesuai dengan tugas dan kemungkinan yang akan terjadi. Sebuah protokol boleh diumumkan oleh siapapun yang mengetahui pertama kali dan diiringi dengan pelaporan kepada pimpinan atau penjamin mutu. Seluruh instrumen dan pihak terkait harus bertindak berdasarkan kesepakatan pada protokol tersebut.

PROTOKOL haruslah terdiri dari:

  1. KODE
  2. Makna
  3. Skenario
  4. Siapa yang menangani
  5. Prosedur Penanganan
  6. Hasil yang diinginkan
  7. Jika penanganan gagal
  8. Validasi

Seluruh protokol yang terpicu dan terjadi haruslah dicatat dari mulai saat terpicu, penanganan, hingga validasi selesai.

Magang

Mulai Februari 2023, Cairo Food hanya menerima magang/pkl dengan masa kerja minimal 3 bulan dan maksimal 8 bulan. Terdapat dua program magang di Cairo Food. Yaitu jalur lowongan terpublish dan jalur lamaran mandiri. Untuk jalur lowongan terpublish adalah posisi yang dibutuhkan secara cepat oleh kami dan umumnya diposting di situs lowongan kerja dengan kata kunci “Paid Internship” dan kami “juga melakukan seleksi serta interview untuk memilih kandidat magang yang sesuai dengan kebutuhan kami. Untuk jalur lowongan terpublish, gaji yang diberikan adalah sesuai kesepakatan awal dengan bagian HRD, yaitu umumnya berkisar dari satu hingga dua juta rupiah, tergantung kesepakatan awal yang dipublish.

Untuk jalur lamaran mandiri, umumnya peserta magang menghubungi Cairo Food secara langsung baik dari pihak sekolah/kampus/dosen/pembimbing maupun dari calon peserta secara langsung. Calon peserta harus mengirimkan surat lamaran magang, dan jika diterima peserta magang jalur lamaran mandiri berhak menerima uang saku sebesar Rp 20.000 per hari (masuk/kerja) yang akan diberikan pada akhir bulan.

Program magang selalu terbuka sepanjang tahun dengan formula 1 banding 1. Artinya jumlah peserta magang tidak boleh lebih dari karyawan tetap untuk setiap posisinya. Contoh jika terdapat 1 orang Penjamin mutu, maka posisi tersebut untuk magang juga terbuka hanya untuk 1 peserta magang saja hingga masa waktunya habis barulah bisa terbuka kembali.

Sebelum anda mulai magang, anda diminta membaca seluruh isi handbook ini dan meluruskan kembali niat anda magang di Cairo Food karena kami hanya menerima orang yang serius dalam bekerja dan belajar.

Berikut syarat, alur penerimaan, dan aturan magang di Cairo Food:

  • Peserta haruslah sudah lulus SMP atau sederajat.
  • Bagi calon peserta yang sedang dalam masa pembelajaran harus menyertakan surat keterangan magang dari sekolah atau kampus.
  • Calon peserta harus mengajukan rencana magang nya ke pihak HRD Cairo Food.
  • Perusahaan akan membalas dengan pernyataan diterima atau tidaknya calon peserta magang.
  • Peserta magang harus melampirkan KTP, dan SKCK pada saat melamar.
  • Peserta harus memakai celana hitam dan kemeja putih berkerah saat proses magang.
  • Peserta bisa dikeluarkan kapanpun oleh perusahaan jika dinilai memiliki sikap atau performance kerja yang tidak bagus.

Peserta yang selesai masa magangnya akan mendapatkan sertifikat tanda selesai magang.

Beberapa point dan hal dalam handbook ini ada yang berlaku untuk peserta magang, dan ada yang tidak. Harap melihat kembali semua point dan ketentuan.

Pastikan magang anda menyenangkan dan berkesan selama di Cairo Food. Secara singkat anda akan mendapatkan pengalaman, ilmu serta portofolio tambahan. Dan sebagai timbal baliknya anda akan berkontribusi dalam hal waktu, tenaga, pikiran, dan biaya.

Peserta magang yang memiliki kinerja dan kontribusi sangat bagus harus didahulukan dibanding kandidat lain jika memutuskan untuk melamar sebagai karyawan tetap di perusahaan.

Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan bisa dilakukan berdasarkan input yang diterima. Input tersebut bisa berupa informasi jika ada, dan juga berdasarkan intuisi atau rekomendasi. Sebisa mungkin semua pengambilan keputusan haruslah didukung oleh Informasi yang jelas. Informasi ini haruslah berdasarkan data yang benar.

Anda diharuskan menyampaikan informasi untuk menunjang keputusan pimpinan anda. Anda hanya boleh menyertakan data sebagai lampiran saja dan informasi sebagai bahan diskusi dan pertimbangan.

Anda harus mengerti bahwa data berbeda dengan informasi. Sebagai contoh jika ternyata kemasan plastik ukuran 100g tinggal tersisa 800 pcs lagi. Maka hal ini adalah data dan bukan informasi.

Ketika anda menyampaikan kepada pimpinan bahwa biasanya dalam 1 bulan penggunaan kemasan plastik yang 100g menghabiskan 1500 pcs sedangkan sekarang tinggal tersisa 800 pcs lagi, maka hal tersebut adalah informasi. Sehingga berdasarkan informasi tersebut bisa diberikan rekomendasi tindakan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan, yaitu pada contoh ini adalah dengan membeli kemasan 100g sebanyak 2000 pcs.

Dari contoh diatas terlihat sudah bagus bukan? Tapi kami meminta anda untuk mengikuti contoh berikut, “Pak/Bu kita harus membeli kemasan plastik ukuran 100g sebanyak 2000 pcs”. Sampaikan rekomendasi pengambilan keputusan saja dan berikan alasan hanya jika anda ditanya, Contoh jawaban ketika anda ditanya kenapa, “karena stok minimal kita adalah 1000 pcs, sedangkan sekarang sisa 800 pcs, jadi agar aman stoknya kita harus pesan 2000 pcs karena bulan depan dikhawatirkan ada peningkatan pesanan”

Hal ini kami jadikan sebagai preferensi komunikasi dalam pengambilan keputusan sebagai bentuk efisiensi waktu dan komunikasi serta melatih anda menjadi pemimpin yang bisa mengambil keputusan sendiri.

Pemimpin haruslah selalu bertanya alasan dari semua rekomendasi yang diberikan serta melakukan pengecekan informasi dan data. Hal ini bertujuan untuk memastikan tingkat kebenaran sehingga jika dicapai tingkat keakuratan rekomendasi sebanyak 98% dalam 1 tahun, maka orang tersebut bisa diberikan rekomendasi kepercayaan lebih seperti tidak perlu lagi ditanyakan alasan dan validasi, atau juga sebagai point kenaikan jabatan.

Perlu diketahui bahwa Informasi dibutuhkan hanya untuk pengambilan keputusan, sedangkan ide atau usulan bisa disampaikan kapanpun tanpa dibutuhkan data atau informasi. Contoh anda memiliki ide untuk kemasan maupun produk baru, maka sampaikanlah tanpa perlu menyiapkan informasi maupun data.

Kesalahan atau Kelalaian

Tidak ada manusia yang sempurna, bahkan mesin pun tidak bisa diandalkan 100%. Harapan kami adalah agar kesalahan yang sudah terjadi tidak terulang dua kali, baik dari pihak yang sama maupun pihak yang berbeda. Lalu apa yang terjadi jika terjadi kesalahan atau kelalaian?

Identifikasi Kesalahan

  1. Manajer atau atasan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan melaporkan setiap kesalahan yang dilakukan oleh karyawan.
  2. Kesalahan harus didokumentasikan secara lengkap, mencakup waktu, tempat, deskripsi, dan saksi-saksi yang relevan.

Penilaian Kesalahan

  1. Manajer atau atasan akan mengevaluasi tingkat kesalahan yang dilakukan oleh karyawan.
  2. Penilaian berdasarkan dampak dan konsekuensi kesalahan, serta sejarah kinerja karyawan terkait.

Tindakan yang Dapat Dilakukan

Level 1 (Ringan)
  1. Manajer atau atasan langsung akan mengadakan pertemuan pribadi dengan karyawan untuk membahas kesalahan yang dilakukan.
  2. Karyawan akan diberikan klarifikasi terkait harapan perusahaan dan pengingat mengenai pentingnya menghindari kesalahan serupa di masa depan.
  3. Manajer atau atasan langsung akan memantau dan memberikan pemantauan yang lebih ketat terhadap karyawan tersebut.
Level 2 (Sedang):
  1. Manajer atau atasan langsung akan mengadakan pertemuan formal dengan karyawan untuk membahas kesalahan dan mencari akar permasalahan yang mungkin menyebabkannya.
  2. Bersama dengan karyawan, akan dibuat rencana perbaikan yang jelas dan realistis.
  3. Tenggat waktu yang ditetapkan untuk mencapai perbaikan yang diharapkan.
  4. Evaluasi berkala akan dilakukan untuk memantau perkembangan perbaikan yang dilakukan.
Level 3 (Berat):
  1. Manajer atau atasan langsung akan mengadakan pertemuan formal dengan karyawan dan saksi-saksi yang relevan untuk membahas kesalahan secara menyeluruh.
  2. Kesalahan dan diskusi yang terjadi akan didokumentasikan secara lengkap.
  3. Karyawan akan diberikan peringatan tertulis yang menyatakan konsekuensi lebih lanjut jika kesalahan tersebut terulang.
  4. Tindakan pemulihan atau perbaikan yang spesifik dan ukurannya akan ditetapkan.
  5. Tenggat waktu yang ketat dan jadwal pemantauan akan diberlakukan.
  6. Evaluasi kinerja karyawan secara berkala akan dilakukan untuk memastikan efektivitas perbaikan.

Pengarsipan dan Pemantauan

  • Dokumentasi terkait kesalahan dan tindakan yang diambil akan disimpan dengan aman dan rahasia.
  • Pemantauan terhadap karyawan akan dilakukan untuk memastikan perbaikan terjadi dan kesalahan tidak terulang.
  • Jika kesalahan terulang atau tidak ada perbaikan yang signifikan, manajemen akan mempertimbangkan langkah-langkah disipliner sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Komunikasi dan Dukungan

  • Komunikasi yang jelas dan terbuka akan dilakukan dengan karyawan terkait kesalahan yang terjadi dan tindakan yang diambil.
  • Manajemen akan memberikan dukungan, bimbingan, dan pelatihan yang diperlukan untuk membantu karyawan memperbaiki kinerja dan menghindari kesalahan di masa depan.

Ganti Rugi

Segala macam bentuk kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan maupun kelalaian tetap harus dipertanggung jawabkan oleh karyawan secara pribadi.

Min/Max

Semua inventory, bahan baku, kemasan, produk jadi, hingga karyawan, haruslah ditetapkan nilai minimal dan maksimalnya. Yang mana hal ini akan disimpan dalam catatan khusus pihak management. Contoh kemasan plastik ukuran 100 gram memiliki nilai minimal 1500 pcs dan nilai maksimal 3000 pcs.

Nilai minimal dan maksimal ini ditentukan untuk mempermudah pihak management dalam mengambil keputusan pembelian dan perekrutan, khusus nya pihak purchasing, qc, dan hrd.

Penentuan nilai min dan max ditentukan berdasarkan data seperti penjualan, waktu pengiriman, kapasitas penyimpanan, waktu selesai, dan nilai-nilai lainnya yang dirasa penting. Contoh penggunaan kemasan plastik ukuran 100 gram bisa habis dalam sebulan itu adalah 1500 pcs. Namun sayangnya dari awal pemesanan ke pihak supplier hingga pengantaran memakan waktu sekitar 2 minggu. Dan juga terkadang ada order dadakan yang biasa saja datang sebanyak 1000 pcs. Berdasarkan data tersebut barulah nilai min dan max bisa ditentukan.

Rekomendasi nilai Min adalah untuk stok selama 1 Bulan, dan nilai Max adalah untuk Stok 2 Bulan.

Penentuan angka Min/Max didapat setelah melihat data penjualan dari semua chanel penjualan, yaitu sistem POS dan Marketplace. Di dalam Sistem POS tercatat semua penjualan offline, online, maupun langsung. Sedangkan Marketplace cukup diambil dari yang terbesar saja yaitu Tokopedia dan Shopee. Jika dirasa sulit untuk melihat data dari marketplace, maka bisa hanya melihat dari POS dengan menambahkan kenaikan sesuai dengan persentase sumbangsih pemasukan dari marketplace terhadap laba perusahaan.

Nilai min/max harus di evaluasi setiap 6 bulan sekali(Januari dan Juli) oleh pihak management. Atau jika ada kondisi khusus seperti adanya kerjasama baru yang besar, maka nilai min max harus dievaluasi kembali.

Kantor

CCTV

Per 26 Juni 2023, kami memasang CCTV di area kantor dan otomatis akan terus merekam selama 24 jam tanpa henti(selama sistem berfungsi) dalam bentuk video dan audio. Diharapkan karyawan maupun tamu untuk tetap bersikap dan berprilaku yang baik demi mencegah rasa malu pada saat rekaman diputar ulang. Hal hal yang bisa dihindari adalah apapun yang bisa membuat malu dan menurunkan wibawa seperti terlalu lama membersihkan lubang hidung, menggaruk alat kelamin, dll. Harap lakukan hal hal tersebut di tempat tertutup seperti toilet karena CCTV tidak terpasang di toilet.

Juga jangan lupa bahwa semua percakapan akan terekam dalam sistem CCTV yang sudah terpasang.

Produk

Seluruh karyawan dan magang diminta mempelajari dan mengetahui produk yang dibuat oleh perusahaan semaksimal mungkin.

SKU

Semua produk harus memiliki SKU (stock keeping unit) yang ditentukan di awal sebelum produk mulai diproduksi. SKU adalah kode penomoran yang melekat untuk suatu produk yang hanya diberikan satu kali saja dan tidak boleh berubah jika sudah diberikan. Penomoran SKU juga tidak boleh duplikat dengan produk lainnya. SKU berguna untuk mempermudah dalam manajemen inventori.

 

Changelog
24/01/2023 + [Pelecehan] PENGECUALIAN : Saat terjadi perkelahian antar karyawan dan terpaksa dilakukan proses peleraian secara paksa, maka ketentuan pelecehan tidak berlaku atau batal.
22/02/2023 + [Magang] : Terdapat dua program magang di Cairo Food. Yaitu jalur lowongan terpublish dan jalur lamaran mandiri.
09/06/2023 + [Min/Max] : Penambahan rekomendasi perubahan nilai min/max yaitu pada Januari dan Juli.
26/06/2023 + [Kesalahan & Kelalaian] : Penambahan bab kesalahan dan kelalaian.
26/06/2023 + [CCTV] : Penambahan bab CCTV.

3 thoughts on “Employee Handbook

  1. Anisa Dwi Mentari says:

    Aturan kerja yang ada sangat jelas dan mudah dipahami, pedoman dalam melaksanakan kerja juga disampaikan dengan jelas. Dengan begitu karyawan sudah mengetahui aturan” serta batasan” untuk hal yang boleh dilakukan dan hal yang harus dihindari

  2. Syifa Usya Syaban says:

    Employee handbook mudah untuk dipahami dan aturan kerja disampaikan dengan sangat jelas.

  3. Agit says:

    Pedoman yang disampaikan cukup jelas, maka karyawan mudah untuk memahi konsep perusahaan dan budaya yang sangat menghargai satu sama lain. Dengan begitu tau mana batasan-batasan yang harus dilakukan dan dihindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *