8 Bumbu yang Dapat Hilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Ini juga merupakan masalah yang sulit diatas dan dapat terjadi tanpa memandang usia. Flek hitam dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang seringkali tidak diketahui penyebabnya, misalnya karena kekurangan vitamin, dermatitis, serta alergi matahari. Selain itu, flek hitam juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan terkait hati dan bahkan diabetes.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi flek hitam, seperti krim pemutih, laser, atau yang lainnya. Sayangnya, metode tersebut tidak selalu terjamin hasilnya, dan biayanya seringkali tinggi. Metode modern tersebut juga berpotensi menimbulkan efek jangka panjang terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut, akan lebih baik untuk menggunakan bahan alami. Berikut adalah bumbu yang dapat hilangkan flek hitam yang bisa Anda coba.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur universal yang digunakan pada banyak hidangan di seluruh dunia sekaligus digunakan sebagai pengobatan alami yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Ini juga banyak diteliti karena dikenal memiliki senyawa yang disebut allicin sebagai bahan aktif yang sangat bermanfaat. Senyawa tersebut juga merupakan senyawa yang memberikan rasa dan aroma yang khas pada bawang putih.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Karena telah banyak dilakukan penelitian terhadap bawang putih, bumbu dapur ini ternyata juga mampu untuk hilangkan flek hitam. Hal ini dikarenakan salah satu genus Allium ini memiliki kuat antimikroba dan antiseptik yang kuat. Selain itu, bawang putih juga mampu membantu mengangkat sel kulit mati, dan hasilnya akan membuat kulit menjadi lebih lembut, serta dapat menghilangkan lapisan atas jaringan bekas luka dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Dalam hal ini, bawang putih dapat digunakan dengan cara yang mudah, yaitu dengan mencuci wajah hingga bersih, lalu pastikan wajah sudah benar-benar kering. Kemudian, gunakan satu siung bawang putih dan parut. Campurkan parutan bawang putih dengan sedikit air, lalu oleskan ke wajah sambal dipijat dengan lembut. Diamkan sejenak agar bawang putih dapat bekerja secara efektif, lalu bilas dengan air bersih.

Bawang Bombay

Bumbu yang dapat hilangkan flek hitam selanjutnya adalah yang berasal dari genus Allium, yang sama seperti bawang putih. Ini merupakan genus bawang yang mirip dengan bawang merah, dengan ciri khas bentuk bulat yang lebih besar daripada bawang merah, dan memiliki daging tebal. Bawang bombay banyak yang digunakan sebagai bagian dari tumisan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang bombay juga memiliki manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk hilangkan flek hitam. Bumbu ini mengandung quercetin yang merupakan antioksidan yang memiliki manfaat yang luas. Bawang bombay secara alami mampu menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan noda pada wajah termasuk untuk menghilangkan flek hitam. Manfaat terkait lainnya dari bawang bombay ialah memperbaiki jaringan sel yang rusak, serta mengatasi peradangan akibat jerawat batu.

Untuk menghilangkan flek hitam dengan bawang bombay, caranya hampir serupa dengan menggunakan bawang putih. Pertama, bawang bombay harus diparut hingga benar-benar halus. Namun, karena bawang bombay memiliki aroma yang tajam, bawang bombay harus diletakkan terlebih dahulu di dalam lemari es selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, oleskan secara topikal pada area yang terdapat flek hitam, dan diamkan sejenak selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk mengaplikasikannya secara rutin.

Bawang Merah

Masih dari genus Allium, bawang merah juga tak kalah berkhasiat dalam menghilangkan flek hitam. Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu digunakan sebagai bumbu sama halnya dengan bawang putih. Bawang merah ini dapat langsung dikenali dengan bentuknya yang kecil dan berwarna merah. Selain itu, bawang merah dikenal memiliki aroma yang juga tajam seperti genus Allium lainnya.

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah juga memiliki khasiat terkait kesehatan misalnya untuk mennghilangkan flek hitam. Ini dikarenakan bawang putih mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan dan mineral, serta kaya akan flavonoid, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Dalam manfaatnya untuk kesehatan kulit, bawang putih juga membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari.

Bawang merah dapat digunakan dengan mudah untuk mengatasi flek hitam, yaitu masih dengan cara yang serupa dengan bawang putih dan bawang bombay. Bawang merah diparut dan dicampurkan dengan satu sendok madu, ini akan membuat masker alami untuk hilangkan flek hitam. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit agar kandungannya terserap sempurna ke dalam wajah. Untuk membilasnya, Anda bisa menggunakan air hangat ataupun air kelapa. Agar mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Kunyit

Kunyit adalah bumbu untuk hilangkan flek hitam lainnya. Bumbu dapur ini dapat langsung dikenali dengan warna kuningnya yang khas, yang berasal dari senyawa aktif yang disebut curcumin. Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu masakan sekaligus menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan sejak zaman dahulu.

Kunyit telah menjadi bahan alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Bumbu masakan ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, yang mampu mengatasi serta membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan jerawat yang dapat meninggalkan bekas di wajah. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berpotensi dalam mengatasi bekas jerawat yang menahun.

Bumbu masakan ini mengandung curcumin yang merupakan bahan aktif yang memiliki segudang manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit. Curcumin memiliki sifat antikanker dan anti-inflamasi yang ampuh mengatasi banyak hal. Curcumin mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kunyit menjadi agen pengelupas yang baik.

Tak hanya itu saja, dalam hal kecantikan, kunyit mampu mengatasi kulit berminyak dengan cara mengurangi produksi sebum atau minyak alami pada wajah. Kunyit juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang berpotensi dalam menyamarkan kerutan akibat penuaan dini, serta efektif dalam mencerahkan kulit termasuk lingkaran hitam di bawah mata pada kulit yang mengalami pigmentasi. Hal ini tentunya kunyit berpotensi dalam mengatasi flek hitam. Lebih dari itu, karena memiliki khasiat yang luas dalam hal kecantikan, kunyit secara efektif dapat melindungi kulit akibat radikal bebas.

Untuk menggunakan kunyit, bumbu dapur ini harus dibersihkan terlebih dahulu, lalu diparut hingga menjadi halus. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit minyak halus. Oleskan ke area yang terdapat flek hitam, bagian berjerawat, atau terdapat bekas jerawat. Diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit, dan bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan secara rutin.

Garam

Garam adalah bahan serbaguna yang dibutuhkan untuk setiap rumah tangga. Garam bekerja secara efektif sebagai penyedap rasa, sebagai pengawet makanan, dan masih banyak lagi. Ini juga memberikan manfaat kesehatan dan untuk kecantikan, misalnya dengan membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Pasalnya, garam mengandung antibakteri, mineral, dan merupakan pembersih alami yang dapat digunakan untuk kecantikan. Kandungan tersebut dapat menyamarkan bekas jerawat, flek hitam, serta dapat meremajakan kulit.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan 1 sendok garam dan kombinasikan dengan 2 sendok makan pisang yang telah dihaluskan. Gunakan sedikit minyak zaitun yang akan membuat campuran tersebut menjadi lebih cair. Sementara penggunaan pisang adalah untuk mengimbangi tekstur garam yang kasar. Campuran garam, pisang, dan minyak zaitun dapat menjadi scrub alami untuk kulit. Gunakan scrub tersebut sambal dipijat dengan lembut. Diamkan selama 3 menit, kemudian bilas dengan air bersih

Kayu Manis

Bumbu untuk hilangkan flek hitam lainnya ialah kayu manis. Bumbu dapur yang banyak digunakan dalam hidangan manis ini berpotensi dalam mengatasi flek hitam karena adanya zat antibakteri. Zat tersebut juga mampu mengatasi kulit berjerawat, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam sekaligus menyamarkan kerutan di wajah.

Anda bisa menggunakan kayu manis bubuk untuk memperoleh khasiat kecantikan yang beragam. Namun, perlu diperhatikan bahwa mungkin kayu manis tidak cocok diaplikasikan pada wajah, terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Terlepas dari hal tersebut, kayu manis efektif untuk kecantikan, bahkan minyak kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dari lip gloss yang membuat bibir tampak penuh.

Gula Pasir

Gula pasir merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup sering digunakan dalam masakan. Biasanya, gula pasir dimanfaatkan sebagai penyedap rasa sama halnya dengan garam. Lebih dari itu, gula juga efektif dalam hal kecantikan, dan bahkan telah banyak produk kecantikan yang menggunakan gula pasir sebagai salah satu bahan campurannya karena manfaat gula pasir yang telah diketahui secara luas.

Gula pasir efektif dalam banyak hal, termasuk menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah dan mengangkat sel kulit mati yang terjebak pada pori-pori kulit. Karena gula pasir memiliki tekstur yang kasar, bahan ini seringkali dijadikan scrub yang efektif dalam menghilangkan noda sekaligus membuat kulit menjadi lebih lembut.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Pengaplikasian gula pada wajah tergolong cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan gula pasir dengan minyak zaitun dengan rasio 1 banding 2. Campurkan bahan tersebut hingga rata dan membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah sambal dipijat lembut dengan alur membulat, tepatnya dengan mulai arah dalam dan keluar wajah. Diamkan selama 10 menit hingga meresap, dan bilas dengan air bersih

Tomat

Bumbu yang dapat hilangkan flek hitam yang terakhir adalah tomat. Ini merupakan tanaman yang secara botani diklasifikasikan sebagai buah, dan dimakan seperti sayuran. Tomat termasuk bumbu yang menjadi bahan baku pembuatan saus tomat, menjadi bagian dari salad dan makanan pembuka, diiris tipis untuk sandwich, serta sering ditambahkan pada banyak hidangan termasuk sayuran, sup, semur, pasta, dan daging.

Dikenal karena mengandung vitamin A dan C yang tinggi, tomat berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Ini juga dapat menghilangkan flek hitam dan bekas jerawa dengan cara mengangkat sel kulit mati. Tomat bisa digunakan dengan cara mengiris tipis satu atau buah tipis. Kemudian, tempelkan irisan tomat pada area yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat. Tunggu hingga meresap ke kulit selama 20 hingga 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

Bahan alami di atas yang digunakan untuk menghilangkan flek hitam umumnya membutuhkan waktu, hasil yang didapatkan tidak bisa instan. Terlepas dari banyaknya bumbu yang dapat hilangkan flek hitam, alangkah lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada medis, karena Anda mungkin alergi terhadap beberapa bahan tersebut. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami melalui tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *