7 Makanan India yang Terkenal di Dunia

Biryani

India dikenal dengan masakannya yang kaya akan berbagai bumbu dan rempah-rempah.  Masakan dari negara ini terkenal karena rasanya yang pedas dan memiliki kuah dengan rasa yang sangat kuat.  Jangan salah, beberapa kuliner dari India bahkan juga termasuk sebagai salah satu makanan paling lezat yang pernah ada di dunia ini. India dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner. Makanan khas India juga sudah diterima global. Jadi bukan hal yang sulit menemukan makanan India di dunia. Berikut adalah 7 makanan india yang terkenal di dunia:

Biryani

Biryani
Biryani

Untuk kuliner india yang pertama ini adalah biryani yang mana masakan ini di buat dari nasi khusus yang biasa di sebut dengan basmati. Perbedaan antara nasi biasa dengan nasi basmati ini adalah terletak pada besar dan panjang nasinya, untuk nasi basmati mempunyai tekstur yang lebih besar dan panjang dari pada nasi biasa.

Untuk nasi dari Biryani ini di masak menggunakan paduan rempah-rempah seperti misalkan saja kunyit, lada, merica dan juga kuah khusus untuk biryani. Biasanya masakan india yang satu ini  dipadukan antara nasi basmati dengan daging, seperti misalkan saja daging kambing, ayam atau bisa juga di ganti dengan menu vegetarian.

Banyak sebutan untuk salah satu makanan khas India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Walaupun punya banyak nama nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang enggak boleh lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

Samosa

Samosa
Samosa

Samosa ini sejenis pastel kalau di Indonesia. Akan tetapi yang membedakan antara Samosa dan pastel adalah jika samosa itu mempunyai bentuk seperti segitiga beda dengan pastel yang mempunyai bentuk menyerupai setengah lingkaran. Juga isi samosa yang lebih beragam, antara lain daging sapi, kambing, ayam, keju, maupun sayuran. Tekstur luarnya renyah dan empuk daging didalam juga ada aroma khas rempah-rempah atau kari. Mayoritas orang Indonesia menyukai samosa karena rasanya yang cocok dengan lidah Indonesia.

Ayam Tandoori

Tandori Chicken
Tandori Chicken

Juga dikenal sebagai Tandoori Murgh, ayam Tandoori adalah satu lagi makanan India terkenal yang telah diakui kelezatannya di seluruh dunia. Hidangan ini pada dasarnya adalah kombinasi antara bumbu masala dengan ayam, yogurt, dan hanya beberapa rempah-rempah. Ayam Tandoori adalah salah satu hidangan India yang paling mudah untuk dimasak, sehingga makanan ini menjadi sangat populer di kalangan ibu rumah tangga.

Biasanya, Ayam Tandoori disajikan dalam potongan besar.  Beberapa daerah di India Utara menyantap ayam ini bersama dengan roti na’an, sedangkan di daerah selatan ayam ini disajikan dengan nasi.

Roti Na’an

Roti Naan
Roti Naan

Naan adalah roti tradisional India yang dibuat dengan ragi, biasanya disajikan dalam setiap makan malam sebagai pengganti nasi. Naan dimasak di dalam oven tanah liat atau Tandoor, namun juga dapat dengan mudah dibuat dalam oven modern. Roti ini biasanya disajikan bersama dengan dengan ayam Tandoori, Palak Paneer, ataupun dimakan tanpa tambahan apapun. Sungguh makanan khas india yang sangat tradisional, akan tetapi meski termasuk makanan jadul jangan pandang sebelah mata untuk rasa dari makanan khas india yang satu ini.

Ada berbagai variasi dari roti Naan, salah satunya adalah yang disebut dengan “butter Naan”.  Dalam butter Naan, roti ini dimasak dengan mentega dalam jumlah banyak, sehingga memberikan cita rasa yang lebih gurih dan crispy.

Butter Chicken / Ayam Mentega

Butter Chicken
Butter Chicken

Makanan india yang satu ini nampaknya menjadi makanan lezat yang terkenal di seluruh dunia dengan nama Murg Makhani. Berbahan bumbu bawang putih, jinten, merica, ketumbar, kunyit, kayu manis dan pastinya mentega, makanan ini menghasilkan bumbu khas Butter Chicken.

Butter chicken juga salah satu makanan khas India favorit yang bisa kamu temukan dimana-mana. Masakan khas India ini bukan ayam mentega seperti yang ada di sajian khas Cina. Makanan yang satu ini lebih mirip dengan kare ala Jepang yang penuh dengan rempah. Menu yang satu ini pasti selalu bisa kamu temukan di restoran yang menjual makanan India.

Seluruh bumbu di padukan dengan daging yang sudah tanpa tulang dan kemudian di masak hingga matang dan hingga daging terasa sudah lunak. Untuk masalah rasa pedas atau tidaknya tergantung selera. Tentu dengan tidak adanya tulang dalam masakan india yang satu ini dan tekstur daging yang ada di makanan khas india ini sangat lunak anak membuat kita para penikmatnya merasakan sensasi makan yang mudah.

Tikka Masala

ChickenTikkaMasala
ChickenTikkaMasala

Untuk makanan di India yang populer berikutnya adalah makanan yang bernama Tikka Masala yang sebenarnya makanan ini sangat mirip dengan Rendang akan tetapi yang berbeda di sini adalah bumbu rempah-rempahnya. Rempah vegan yang merupakan rempah khas India di pakai untuk memasak makanan Tikka Masala ini yang tentu rasanya sangat enak.

Tentu saja dengan adanya rempah vegan ini akan membuat Tikka Masala ini memiliki rasa yang khas dengan India. Makanan Tikka Masala di buat dengan bahan dasar yakni daging ayam yang di bumbui dengan bumbu yang sangat lezat. Jika di lihat dari daging ayam yang di padukan dengan rempah bernama vegan tadi, tentu kita sudah bisa membayangkan bukan bagaimana kelezatan dari makanan khas india yang satu ini. Tikka masala atau kari ayam ini juga sangat terkenal bahkan beberapa chef internasional membuat resepnya. Kari ayam ini dimasak berwarna yoghurt, cream, dan tomat jadi warnanya lebih orange. Tikka masala juga punya rasa kari yang sangat kuat.

Gulab Jamun

Gulab Jamun
Gulab Jamun

Makanan khas india yang berikutnya menjadi bahasan kita adalah makanan yang populer dengan nama Gulab Jamun. Makanan ini terkenal juga di kawasan Pakistan, Bangladesh dan Nepal sebagai makanan penutup. Makanan ini termasuk makanan bercita rasa manis yang sangat enak. India sangat terkenal dengan berbagai makanan manis atau pencuci mulut. Salah satunya adalah gulab jamun yang punya rasa sangat manis. Gulab jamun ini terbuat dari adonan yang terbuat dari susu dan dibentuk bulat. Untuk mebambah rasa manis gulab jamun direndam dalam sirup gula yang sangat manis.

Bentuknya yang seperti bola dan berukuran kecil membuat Gulab Jamun ini mudah untuk di kenali. Bahan dasar dari Gulab Jamun ini adalah susu bubuk, mentega yang cair, susu cair dan bisquick. Kemudian adonan Gulab Jamun ini di bentuk bulat dan setelah itu di goreng sampai matang.

Langkah selanjutnya setelah di goreng hingga matang adalah merendam Gulab Jamun tadi dengan sirup air mawar dengan durasi seharian, hal ini di lakukan agar sirup air mawar tadi dapat meresap dengan sempurna ke dalam Gulab Jamun dan setelah itu Gulab Jamun siap untuk di santap.

Itulah 7 makanan india yang terpopuler di beberapa negara. Biasanya disetiap restoran india pasti ada 7 menu makanan di atas.

Summary
7 Makanan India yang Terkenal di Dunia
Article Name
7 Makanan India yang Terkenal di Dunia
Description
India dikenal dengan masakannya yang kaya akan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan dari negara ini terkenal karena rasanya yang pedas dan memiliki kuah dengan rasa yang sangat kuat. Jangan salah, beberapa kuliner dari India bahkan juga termasuk sebagai salah satu makanan paling lezat yang pernah ada di dunia ini. India dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment