18 Macam Saus Italia

Italia memang terkenal akan kulinernya yang lezat dan unik. Sebagai negara pelopor pizza, hidangan lainnya termasuk risotto, roti dan pasta pun juga menjadi ciri khas negara Italia. Dengan ragam pasta yang dimilikinya, tentu saus pun memiliki peran penting dalam membuat sajian pasta menjadi lebih lezat dan menjadi lebih mendunia. Pasta dan beragam kulinernya yang lezat, tentunya tak terlepas dari saus yang lezat pula. Apa saja macam-macam saus Italia? Simak penjelasan berikut.

Pomarola

Pomarola adalah saus Tuscan tradisional. Saus Tuscan ini terbuat dari tomat, kemangi, bawang putih, minyak zaitun, dan garam. Dalam proses pembuatannya, tomat dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam panci berisi bawang putih dan daun kemangi. Kombinasi tersebut dimasak, dan tomat kemudian diolah melalui saringan atau penggilingan makanan.

Setelah kelebihan air menguap dari tomat, minyak zaitun dan garam ditambahkan ke dalam campuran, dan saus kemudian dimasak sebentar sampai matang sepenuhnya. Saus tomat sederhana ini biasanya disiapkan pada musim panas, kemudian disimpan dalam toples hingga musim dingin, saat pomarola digunakan dengan berbagai jenis pasta.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Alfredo

Saus Alfredo adalah saus krim klasik yang digunakan dalam berbagai macam hidangan pasta. Alfredo juga dikenal sebagai saus putih atau “pasta dalam blanco”, alfredo memadukan bahan-bahan sederhana dan mengubahnya menjadi kenikmatan yang kaya dan memanjakan untuk hidangan pasta, khususnya terkenal dipasangkan dengan fettuccine.

Saus alfredo dibuat dengan melelehkan mentega, krim kental, dan keju parmesan secara bersamaan. Tidak seperti saus pasta lainnya yang menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya, alfredo justru dibuat tanpa menggunakan sayuran, sebaliknya, alfredo menggunakan produk susu untuk mendapatkan rasa yang menggiurkan. Para koki juga banyak yang memilih untuk menambahkan bumbu sesuai selera, seperti garam, merica, bawang putih, peterseli, atau bumbu Italia.

Carbonara

Carbonara adalah salah satu hidangan Italia paling populer yang disajikan di seluruh dunia, dan tidak mengherankan jika banyak orang menyukai hidangan klasik ini, begitu pula di Indonesia. Carbonara adalah saus yang dibuat dengan bacon, telur, keju parmesan, garam, dan merica. Carbonara hampir selalu disajikan dengan spaghetti atau linguine, tetapi saus ini juga bisa digunakan pada pasta apa pun yang disukai, karena kelezatannya sudah tak diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, pasta dengan saus carbonara menjadi salah satu yang paling diincar.

Checca

Checca adalah saus mentah (atau bumbu) tradisional khas Italia yang berasal dari Roma. Saus ini biasanya dibuat dengan campuran berbagai bahan seperti tomat, zaitun hijau, peterseli, kemangi, biji adas, garam, dan merica. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu dan saus dibiarkan diam, ditutup, selama sekitar setengah jam. Saus checca bisa disajikan dengan pasta seperti cavatelli, strascinati, conchiglie, lumachelle, dan farfalle. Dalam membuat saus checcha, tomat harus keras, asam, dan di sisi yang lebih hijau atau tidak merah cerah atau matang. Saus ini sangat populer selama musim panas.

Bechamel

Saus bechamel adalah saus putih yang terbuat dari susu, tepung, dan mentega. Meskipun saus bechamel hanya memiliki tiga bahan, diperlukan keterampilan dan kesabaran untuk membuatnya dengan benar agar konsistensi sausnya sesuai, tidak terlalu kental maupun terlalu encer. Bechamel dapat dihidangkan dengan makanan yang kaya akan sumber protein seperti ayam dan makanan laut, memasangkannya dengan sayuran, atau menggunakannya untuk membuat casserole yang creamy. Ini juga cocok untuk pasta panggang seperti ziti atau lasagna.

Ragu alla Pugliese

Di Apulia, seperti di bagian lain Italia, semur dan saus paling sering dibuat dengan berbagai jenis daging seperti daging babi dan daging sapi muda, ayam, kelinci, domba, atau bahkan pilihan daging buruan. Secara tradisional, ragù alla Pugliese dibuat dengan ayam, daging sapi, pancetta, dan sosis babi, tetapi setelah direbus selama berjam-jam, saus ini akan terasa sama enaknya, bahkan mungkin lebih enak hanya dengan dibuat dari daging babi, daging sapi muda, atau domba saja.

Faktanya, jika dibuat dengan domba saja, itu disebut ragù del pastore (saus gembala), dan varian ini menggunakan lebih banyak paprika merah, yang memberikan rasa pedas yang enak pada hidangan. Kedua saus disajikan di atas pasta, biasanya orecchiette, dan sering dinikmati dengan taburan canestrato Pugliese atau keju pecorino.

Agrodolce

Agrodolce adalah saus tradisional Italia yang memiliki rasa manis dan asam yang berasal dari kombinasi cuka dan gula dengan tambahan anggur dan terkadang, bawang, jus buah, atau cokelat. Nama agrodolce merupakan akronim dari dua kata yaitu agro yang berarti asam dan dolce yang berarti manis.

Versi tradisionalnya adalah saus encer yang mirip dengan French gastrique, meski versi modernnya bisa bertekstur kental dan dengan rasa yang nikmat. Dipercayai bahwa agrodolce berasal dari Sisilia dengan pengaruh Arab yang kuat. Saus ini biasanya digunakan dalam banyak hidangan pasta atau sebagai taburan daging panggang.

Ragu Toscano

Ragu Toscano adalah saus daging Italia yang lezat dari Tuscany, terdiri dari daging giling, potongan sosis, tomat, anggur, minyak zaitun, dan sofrito yang terbuat dari bawang, wortel, dan seledri. Ada banyak variasi ragù tergantung pada daerah tempat pembuatannya. Ragù Toscano dapat digunakan dengan berbagai jenis pasta seperti lasagna. Berbeda dengan ragù tradisional dari Emilia-Romagna, ragù Toscano berwarna tidak terlalu merah dan agak lebih kering.

Pesto

Pesto adalah salah satu saus pasta langka yang tidak membutuhkan tomat atau daging, dan juga tidak perlu dimasak. Pesto disebut juga dengan pesto alla Genovese, yang berasal dari Genoa, yaitu ibu kota wilayah Liguria. Pesto berwarna hijau cerah tradisional terdiri dari kacang pinus, kemangi, keju keras Italia, dan bawang putih, semuanya digiling menjadi pasta kasar menggunakan minyak zaitun extra virgin. Akan tetapi, seperti kebanyakan saus pasta, pesto juga memiliki beberapa variasi, yaitu yang terbuat dari pistachio, kenari, buah-buahan, dan sayuran. Pasta yang populer untuk disajikan bersama dengan pesto adalah fusilli, rotini, dan farfalle.

Sugo Di Carne

Sugo di carne adalah saus daging tradisional Italia yang terbuat dari daging giling, daging babi, atau kombinasi keduanya, yang ditumis bersama sofrito, bawang bombay, wortel, dan seledri, sedikit anggur merah, dan tomat kalengan. Campuran ini secara tradisional dibumbui dengan garam dan merica, dan secara opsional dapat ditambah dengan pasta tomat dan jamur porcini. Sugo di carne biasanya dinikmati di atas hidangan pasta seperti penne, rigatoni, tagliatelle, fetuccine, atau pappardelle, yang sering ditaburi keju parmesan parut segar di atasnya. Saus daging tradisional ini juga sering digunakan untuk melengkapi pembuatan lasagna lezat.

Marinara

Marinara adalah saus merah yang terdiri dari minyak zaitun, bawang putih, tomat, dan rempah-rempah. Bawang terkadang ditambahkan ke dalam kombinasi bahan-bahan ini, dan marinara dapat diubah menjadi saus lain seperti arrabbiata atau puttanesca dengan penambahan bahan yang berbeda.

Karena kesederhanaannya, marinara berfungsi sebagai basis serbaguna untuk banyak hidangan Italia. Saus ini berasal dari Naples di Italia selatan, yang namanya diambil dari kata Italia untuk pelaut (marinai). Beberapa mengatakan hal tersebut bahan marinara tidak mudah rusak, dan sausnya bisa disiapkan dengan cepat, dalam waktu yang hampir bersamaan dibutuhkan pasta untuk dimasak, jadi keduanya membuat makanan beraroma dan murah untuk pelaut dalam perjalanan mereka.

Ragu alla Bolognese

Ragù alla tBolognese ditemukan pada akhir abad ke-18 oleh Alberto Alvisi, koki dari Paus Pius VII. Bahan dasar klasik ini dibuat dengan daging sapi, babi, atau kombinasi keduanya, serta tomat segar yang matang atau pure tomat, anggur putih merah atau sangat kering, pala, garam, dan merica. Penambahan umum juga dapat mencakup pancetta Italia dan susu atau krim. Secara tradisional, ragù alla Bolognese disajikan dengan pasta tagliatelle, dan merupakan bagian penting dari lasagna alla Bolognese. Ini juga bisa dipasangkan dengan pappardelle, fettuccine, atau farfalle buatan sendiri.

Arrabiata

Arrabiata adalah saus sederhana yang berasal dari Roma dan wilayah Lazio. Saus ini terkenal akan komponen utamanya, yaitu cabai, dan dibuat dengan bahan lainnya seperti tomat, keju pecorino, bawang putih, dan minyak. Arrabiata memiliki versi lainnya yaitu versi Amerika. Pada versi ini, arrabiata tidak menggunakan daging. Sementara arrabiata Romawi biasanya menggunakan pancetta dalam pembuatannya. Saus ini akan sempurna jika digunakan dalam pembuatan pasta penne.

Vodka Sauce

Vodka sauce atau saus vodka adalah salah satu saus paling populer yang banyak digunakan dalam resep Italia, dan alasannya adalah karena rasanya yang beraroma dan unik. Saus ini dibuat dengan kombinasi krim kental dan saus berbahan dasar tomat yang lezat, saus ini dapat digunakan dalam berbagai macam resep masakan Italia. Saus vodka mengandung vodka seperti alkohol, khususnya anggur, tetapi tidak membuat mabuk dalam waktu singkat. Saus populer ini juga mengandung bahan seperti saus Italia pada umumnya seperti tomat, keju parmesan, krim kental, dan rempah segar yaitu bawang merah dan bawang putih.

Saus Vodka berpadu sempurna dengan banyak piring pasta, tetapi paling sering digunakan dalam hidangan penne. Konon, mie berbentuk pita apa pun rasanya enak dengan saus vodka, seperti pappardelle atau tagliatelle. Sedangkan untuk pelengkap daging, saus vodka sangat serbaguna. Saus vodka rasanya enak dengan makanan laut seperti udang dan lobster, atau daging yang lebih gurih seperti ayam dan daging sapi muda.

Quattro Formaggi

Quattro formaggi adalah saus berbahan dasar keju yang biasanya disajikan dengan pasta. Selain disajikan dengan pasta, saus ini bisa digunakan sebagai garnish pada aneka masakan lainnya. Sesuai dengan namanya, ini berasal dari masakan Italia, meskipun budaya lain juga memiliki varian sausnya.

Ciri khas saus formaggi adalah keju, karena dalam bahasa Italia, formaggio bermakna “keju”. Saus ini bisa dibuat dengan satu atau banyak jenis keju, tergantung selera juru masak dan makanan apa yang tersedia. Dulu bentuk klasiknya adalah quattro formaggi, yang dibuat dengan empat keju. Saat campuran keju digunakan, tidak jarang keju keras dan lunak dicampur untuk berbagai tekstur dan rasa dalam saus jadi.

Sunday Sauce

Sunday sauce adalah saus yang berbahan dasar mirip dengan saus marinara tradisional yang meliputi bawang putih, tomat, minyak zaitun, basil, dan oregano. Saus ini dimasak dengan daging, biasanya daging sapi, domba, atau babi. Nama saus ini diambil dari proses memasaknya yang lama, dan konon seringkali dibuat pada siang hari di akhir pekan, tepatnya hari Minggu, dan dimakan untuk makan malam. Saus ini sangat cocok dengan hidangan daging seperti daging sapi, oxtail, beef chuck ribs, bakso, hingga sosis Italia.

Salsa Di Noci

Dari indonesia untuk dunia

Salsa di noci adalah saus Liguria beraroma yang dibuat dengan kenari, bawang putih, mentega, krim, minyak zaitun, dan keju seperti Parmigiano-Reggiano atau Grana Padano. Saus yang lembut dan pedas sering kali dibuat dengan basil pesto yang populer. Secara tradisional, saus disajikan dengan pansotti, yang diisi dengan ricotta dan bayam, tetapi juga bisa dipadukan dengan jenis pasta lainnya seperti fettuccine. Dianjurkan untuk memasangkan hidangan dengan anggur merah dan Liguria yang segar.

Gricia

Gricia adalah saus pasta khas yang tidak memerlukan tomat, minyak, atau telur. Saus ini hanya menggunakan tiga bahan, yakni Pecorino Romano, lada hitam, dan guanciale. Karena kesederhanaannya, penting untuk menggunakan guanciale dan bukan pancetta saat akan membuat saus gricia di rumah.

Selain itu, meskipun pecorino bisa digantikan dengan keju parmesan, sausnya tidak akan memiliki rasa asin yang tajam yang diperlukan untuk menyeimbangkan intensitas guanciale. Diberi julukan sebagai saus carbonara tanpa telur, gricia juga cocok untuk berbagai hidangan pasta.

Beragam saus yang dimiliki Italia terdiri dari bahan-bahan yang sederhana. Namun dari kesederhanaannya tersebut, ternyata mampu menjadikan berbagai kuliner Italia sangat populer, termasuk di Indonesia. Apakah anda ingin membuat saus Italia sendiri di rumah? Atau ingin membuat hidangan pasta tanpa membuat saus yang bikin ribet? Tenang, Cairo Food punya solusinya. Cobalah Italian Seasoning lezat ini yang akan memperkaya hidangan Anda dan tentunya tak terlepas dari gaya Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *