16 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Kamu Coba

16 Makanan Khas Malaysia
16 Makanan Khas Malaysia

Malaysia tidak hanya dikenal sebagai negara yang memiliki bangunan mewah seperti Menara Kembar Petronas, namun budaya dan kuliner Malaysia juga menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Malaysia terdiri dari beragam etnis, seperti Melayu, Tionghoa dan India yang menjadi dasar kebudayaan dan mempengaruhi kuliner disana. Selain itu, etnis Melayu terutama memiliki kemiripan dengan suku di bagian Sumatera dan Kalimantan Indonesia membuat makanan khas Malaysia terkadang memiliki kesamaan dengan makanan di Indonesia.

Nasi Lemak

16 Makanan Khas Malaysia Nasi Lemak
Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan makanan yang berasal dari suku Melayu dan lazim ditemukan di Malaysia. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan nasi di dalam santan yang dipadukan dengan daun pandan. Biasanya nasi lemak disajikan dengan sambal, ikan teri, rendang, telur balado, mentimun, perkedel, dan kerupuk. Nasi lemak sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan. Nasi ini secara visual mirip dengan nasi uduk, namun nasi uduk secara tradisional identik dengan lauk jengkol dan tambahan semur tahu. Sehingga, berbeda dengan nasi lemak yang menjadi hidangan nasional negara Malaysia.

Nasi lemak memberikan rasa nasi yang gurih dan beraroma pandan. Hal ini sesuai dengan istilah lemak dalam bahasa Melayu yang merujuk kepada rasa dan tekstur yang gurih dari hasil santan kelapa. Di Indonesia sendiri nasi lemak pertama kali muncul di Sumatera. Namun saat ini nasi lemak sudah banyak disajikan di rumah makan maupun warung pinggir jalan. Hidangan ini juga dapat ditemukan di Singapura dan Brunei yang dikenalkan oleh para imigran dari Malaysia.

Ayam Percik

Ayam percik merupakan masakan dari daerah Kelantan, Malaysia. Makanan ini terkenal karena banyak menggunakan bumbu dan rempah-rempah. Rempahnya meresap di dalam daging ayam yang dimasak dengan cara dipanggang. Saat dipanggang ayam ini diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik. Setelah ayam matang dan selesai dipanggang, daging ayam kembali dibalur dengan saus dan bumbu rempah-rempah, sehingga menghasilkan daging ayam dengan bumbu yang tetap terjaga dari luar dan dalam.

Ayam percik saat ini dibedakan berdasarkan tempat perkembangannya. Yang pertama ayam percik Kelantan yang merupakan jenis ayam percik yang paling terkenal dengan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah. Rasa ayam percik ini kaya akan rempah, gurih, hingga berlemak. Sementara jenis ayam percik lainnya yaitu ayam percik Trengganu. Ayam percik ini dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

Apam Balik

Apam balik merupakan sebutan untuk nama kue yang terbuat dari tepung beras. Apam balik dimasak dengan cara dipanggang dan dikukus. Makanan khas Malaysia ini memiliki bentuk seperti martabak manis, tetapi dengan teksturnya lebih tebal. Saat ini apam balik dijual di pinggir jalan maupun di pasar malam sebagai jajanan khas Malaysia. Dibandingkan martabak manis,  apam balik memiliki bentuk yang lebih tipis dengan sensasi kriuk di pinggiran kue ini.

Seperti martabak manis di Indonesia yang memiliki beragam topping atau isian, apam balik Malaysia juga memiliki beraneka rasa dan isian. Secara tradisional apam balik umumnya berisi remukan tanah kacang. Sementara saat ini apam balik mengikuti tren pasar sehingga menghasilkan apam balik dengan isian susu kental manis, coklat, jagung manis, dan gula merah serut. Apam balik telah menjadi menu cemilan sore untuk bersantai bagi masyarakat Malaysia sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang.

Cekodok

Cekodok
Cekodok

Cekodok adalah cemilan khas Malaysia yang terbuat dari pisang masak. Makanan ini sekilas mirip dengan kue cucur. Bahan yang digunakan dalam membuat cekodok cukup sederhana hanya butuh pisang dan tepung terigu. Cekodok berbentuk bulat dan biasanya berukuran kecil. Namun variasi cekodok mulai datang dengan bahan dasar udang, jagung, ikan asin, dan bawang. Cekodok sangat mudah dibuat dan harganya murah, sehingga banyak masyarakat Malaysia yang menyukainya. Saat ini resep berbagai variasi cekodok sudah melimpah di internet yang bisa anda coba di rumah.

Ayam Pongteh

Ayam pongteh adalah kuliner yang mudah ditemukan di Malaysia. Ayam ini tidak disajikan secara tunggal, melainkan didampingi dengan potongan kentang, jamur shitake, dan kuah. Ayam pongteh sekilas mempunyai tampilan yang mirip dengan semur ayam. Namun kuahnya lebih cair dan berwarna coklat kemerahan dilengkapi aroma seledri yang menambah selera makan. Bedanya lagi dengan semur, menggunakan kuah tauco sebagai bahan pelengkapnya.

Ayam pongteh merupakan makanan dari hasil campuran budaya Melayu dan Tionghoa. Awalnya  bahkan makanan ini berasal dari dataran Tiongkok sehingga pertama kali disajikan sebagai hidangan non halal. Namun ketika sampai di Malaysia hidangan ini diganti dengan daging ayam dan tercipta makanan yang disebut ayam pongteh. Ayam pongteh yang dijual di Malaysia terdiri dari dua jenis, pertama yang menggunakan kecap manis dan gula yang berasal dari Melaka. Sementara yang kedua, ayam pongteh yang berwarna agak putih dan tidak menggunakan kecap berasal dari Penang.

Gulai Kawah

Gulai kawah merupakan hidangan gulai yang terkenal di Malaysia. Hidangan ini menggunakan daging kambing khususnya daging yang sudah tidak bertulang dan dipotong kecil-kecil. Gulai kawah juga ditambahkan dengan nanas parut, bumbu dan rempah-rempah khas misalnya buah pekak. Semua bahan ini dicampur dengan santan dan perasan jeruk nipis. Biasanya gulai kawah dibanderol dengan harga 30.000 hingga 40.000 yang disajikan dengan roti canai atau nasi hangat.

Bubur Century

Bubur Century
Bubur Century

Bubur century mirip seperti bubur ayam di Indonesia. Secara tampilan bubur ini juga menggunakan topping yang sama dengan bubur ayam seperti telur, bawang goreng, seledri, dan ayam suwir. Perbedaan antara bubur century dan bubur ayam Indonesia ialah bubur century menggunakan telur bebek rebus, yang telah direndam selama berbulan-bulan sehingga warnanya menjadi hitam, dan rasanya juga jelas menjadi berbeda dengan telur rebus biasa. Telur ini kadang disebut sebagai telur bintan yang diklaim lebih banyak manfaat untuk kesehatan.

Umai

Umai
Umai

Umai merupakan makanan khas Malaysia yang berasal dari Sarawak. Ini merupakan  makanan unik Malaysia yang berbeda dengan makanan lainnya. Mengapa? Karena makanan ini berasal dari ikan mentah yang masih segar. Mirip seperti sushi yang ada di Jepang, di Malaysia umai juga disajikan dengan nasi. Namun tidak semua jenis ikan diolah menjadi umai. Biasanya masyarakat asli di sana menggunakan ikan terubuk, ikan bawal putih, ikan parang, ikan bawal hitam serta terkadang menggunakan udang.

Dikarenakan umai menggunakan ikan maupun udang mentah, maka membutuhkan proses yang lama untuk menghilangkan bau amis. Salah satu cara yang digunakan untuk menghilangkan bau amis ini menggunakan rendaman jus limau kasturi selama berjam-jam. Setelah itu, ikan langsung dibumbui dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan bumbu penyedap. Umai bisa disajikan dengan sambal tambahan yang menggunakan jahe sebagai pelengkap.

Char Kway Teow

16 Makanan Khas Malaysia Char Kway Teow
Char Kway Teow

Indonesia dan Malaysia yang berbagi kebudayaan yang sama membuat hidangan khas dari dua negara ini sangat mirip. Malaysia memiliki makanan sejenis kwetiaw yang disebut char kway teow. Ini merupakan makanan berupa kwetiaw goreng ala Malaysia dengan bahan pelengkap yang beragam. Beberapa topping yang digunakan untuk membuat char kway teow adalah telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, tauge, bakso ikan dan kepiting. Topping pada char kway teow lebih bervariasi dibandingkan kwetiaw di Indonesia. Namun karena mengandung banyak lemak dan berminyak, char kway teow tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering.

Asam Laksa Penang

Hidangan asli dari Malaysia ini menggunakan bahan dasar ikan yang sudah dihaluskan sehingga menjadi kuah, dengan dikonsumsi bersama mie laksa. Rasanya segar, pedas, asam, manis dan gurihnya ikan menjadi satu dalam satu mangkuk porsi. Makanan ini harus disajikan dalam keadaan panas atau hangat untuk memaksimalkan kelezatannya. Biasanya kuah ikan yang digunakan adalah ikan selayang dan ikan kembung.

Asam laksa penang disajikan dengan mie putih yang terbuat dari tepung beras menyerupai kwetiaw. Dengan aneka racikan rempah-rempah dan kaldu dari ikan, asam laksa ini banyak disukai oleh wisatawan dari berbagai negara khususnya pecinta makanan pedas. Oleh sebab itu asam laksa penang dikenal sebagai kuliner legendaris yang wajib dicoba jika berkunjung ke Malaysia khususnya di daerah Penang.

Nasi Kerabu

Nasi Kerabu ialah nasi yang memiliki warna kebiruan yang berasal dari kelopak kembang telang. Kata “kerabu” artinya campuran daun-daun mentah atau disebut ulam. Oleh sebab itu nasi kerabu terkadang disebut nasi ulam yang dimakan dengan ikan kering, atau ayam goreng, kerupuk, acar, dan telur asin. Nasi Kerabu memiliki aroma rempah-rempah yang kuat seperti kecombrang, daun kesum, daun kadup, dan kunyit. Nasi Kerabu populer di bagian pantai Timur Malaysia seperti Kelantan dan Terengganu. Namun saat itu juga banyak dijual di Thailand Selatan yang dikenal dengan nama Khao Yam.

Nasi Kandar

Nasi kandar Malaysia sudah terkenal sejak abad ke-19. Di Indonesia nasi kandar bisa dibilang mirip dengan nasi rames. Nasi rames adalah nasi putih yang menggunakan berbagai aneka lauk. Akan tetapi nasi kandar Malaysia menggunakan rempah-rempah yang digunakan untuk pembuatan kari dan menyatu dalam nasi putih. Makanan ini pertama kali dibawa oleh imigran muslim India ke Malaysia.

Kata “kandar” didalam artian ini memiliki makna “bahu” yang berarti penjual nasi kandar memikul jualannya dengan dua wadah di bahu dan punggung. Ini mirip seperti jajanan keliling yang ada di Indonesia. Akan tetapi seiring berjalannya waktu nasi kandar mulai menjadi makanan yang disajikan dalam restoran. Saat ini ratusan restoran sudah menjual nasi kandar di Malaysia. Harga satu porsi nasi kandar rata-rata seharga 35.000 rupiah.

Nasi Daun Pisang

Nasi daun pisang mirip dengan nasi kucing yang menggunakan daun pisang untuk membungkus nasi. Nasi daun pisang berasal dari India Selatan yang dibawa masuk ke Malaysia melalui pedagang India. Nasi daun pisang merupakan kombinasi rasa masakan Melayu dan masakan India. Isian nasi daun pisang adalah lauk, sayur, acar, rendang yang disiram dengan kuah kari India. Penyajian nasi daun pisang dilakukan dengan cara membentangkan daun pisang yang sudah dibersihkan kemudian makanan ditata sesuai urutan yang akan dihidangkan. Pemberian bumbu kari pada sentuhan terakhir dalam proses penyajian nasi daun pisang, adalah momen yang mencirikan masakan khas India.

Bak Kut Teh

16 Makanan Khas Malaysia Bak Kut Teh
Bak Kut Teh

Bak Kut Teh adalah makanan suku Tionghoa yang menetap di Malaysia. Mengingat negara Malaysia juga dihuni oleh beragam etnis dan budaya, maka makanan Bak Kut Teh sebagai makanan campuran patut dijadikan makanan khas Malaysia. Makanan ini diartikan secara harfiah sebagai teh tulang daging. Ini merupakan hidangan berupa sup yang disajikan dengan tulang hewan biasanya tulang iga babi. Kemudian ditambahkan dengan racikan bumbu dan rempah-rempah untuk kuahnya yang menghasilkan warna seperti teh. Akan tetapi saat ini Bak Kut Teh juga ada yang menyajikan jenis kuah bening.

Di Malaysia, Bak Kut Teh sering disajikan dengan char kway teow. Biasanya rasanya gurih karena dicampur dengan kecap asin, cabai rawait dan bawang putih cincang. Makanan ini populer di daerah Lembang Klang, Kuala Lumpur, Malaysia. Bak Kut Teh diyakini sebagai makanan sehat oleh masyarakat disana karena mampu mengurangi kadar lemak yang terkandung dalam daging babi tersebut.

Mee Siam

Mee Siam
Mee Siam

Mee siam merupakan masakan khas suku Melayu di Malaysia yang terbuat dari bihun dengan kuah santan yang kental. Mee siam diadaptasi dari makanan Thailand yang mirip dengan Mie Kathi. Perlu diketahui mee siam disajikan sebagai hidangan umum di Malaysia yang dikombinasikan dengan ayam goreng, telur, sambal, dan kue ikan bakar yang disebut otak. Rasa mee siam dapat dikatakan sedikit pedas, manis, dan asam dengan bawang putih segar dan bunga pisang yang menambah aroma dari makanan asal negeri Jiran ini.

Keropok Lekor

Keropok Lekor
Keropok Lekor

Keropok lekor adalah jenis cemilan berupa kerupuk yang merupakan makanan tradisional di Malaysia. Keropok lekor terbuat dari tepung ikan yang dicampur dengan tepung sagu. Adonan ini kemudian ditambahkan penyedap rasa seperti garam dan gula. Kata “lekor” berasal dari bahasa Melayu yang artinya gulung. Maknanya pada makanan ini yaitu kerupuk dibuat dengan cara menggiling ikan dan sayuran kemudian dicetak seperti pasta. Selanjutnya dicampurkan dengan tepung sagu sebelum digoreng. Ada dua bentuk keropok lekor antara lain bentuk sosis yang kenyal dan bentuk irisan yang renyah. Jenis cemilan ini dinikmati bersama dengan saus cabai.

Perpaduan rasa dari masyarakat Melayu, Tionghoa dan India benar-benar menjadikan makanan khas Malaysia sebagai objek wisata yang patut dicoba. Oleh sebab itu pastikan memaksimalkan liburan dan kunjungan anda ke Malaysia dengan menikmati beragam makanan khas di sana yang akan memanjakan selera anda.

Infographic 16 Makanan Khas Malaysia
Infographic 16 Makanan Khas Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *