15 Makanan Yang Bisa Membangkitkan Libido

Libido adalah istilah untuk menyebut dorongan seksual. Setiap orang memiliki tingkat libido yang berbeda-beda dan umumnya semakin menua akan semakin berkurang. Secara khusus ini berlaku untuk pria yang berumur di atas 50 tahun dan mengalami penurunan libido 1% per tahunnya. Hal ini sekaligus menurunkan vitalitas pria dan meningkatkan disfungsi seksual.

Sementara, bagi para wanita masalah seksual terkait penurunan libido (hipoaktif) rata-rata terjadi 9% hingga 43% dari total wanita dewasa. Nah, kabar baiknya libido dapat dibangkitkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Simak daftar lengkapnya!

Cokelat Hitam

Cokelat hitam disebut sebagai makanan peningkat libido yang disampaikan oleh Dokter Boyke. Dokter Boyke adalah dokter seksologis Indonesia yang membahas tentang kesehatan dan perkembangan seksualitas. Dokter Boyke memaparkan bahwa cokelat hitam mengandung serotonin dan phenylethylamine yang membuat seseorang terangsang secara seksual dan meningkatkan mood.

Ia juga menyebutkan bahwa hal inilah yang mendasari acara valentine yang dilambangkan dengan cokelat. Cokelat hitam yang mengandung zat aktif di dalamnya akan membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Aliran darah yang lancar juga akan mengalir di sekitar organ reproduksi. Inilah yang membuat seseorang akan lebih aktif secara seksual. Konsumsi sebatang cokelat secara rutin untuk mendapatkan manfaat ini.

Tiram

Khasiat tiram sebagai afrodisiak sudah tidak diragukan lagi. Hal ini dikarenakan tiram mengandung zinc yang tinggi. Mineral ini akan meningkatkan aliran darah ke organ intim. Secara khusus asupan zinc yang cukup sangat penting untuk menunjang kesuburan pria karena membantu meningkatkan dan menyeimbangkan kadar testosteron.

Dalam sebuah studi pada tahun 2018, kekurangan zinc akan menyebabkan kadar testosteron yang menurun. Untungnya, tiram adalah sumber makanan yang mengandung zinc paling tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya. Bayangkan saja 1 porsi tiram sudah menyajikan ratusan persen dibandingkan kebutuhan zinc harian orang dewasa.

Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi zinc sebanyak 11 mg sampai 14 mg per hari. Sementara tiram bisa mengandung lebih dari 60 mg untuk satu porsinya. Dengan demikian, zinc bisa menjadi pembangkit libido yang sangat baik.

Salmon

Salmon dikenal dengan kandungan asam omega-3 yang tinggi. Selain menyehatkan jantung, ternyata omega-3 bisa membantu menjaga sistem peredaran darah untuk meningkatkan fungsi seksual. Ikan berdaging merah muda ini akan mencegah penumpukan plak di arteri sehingga melancarkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh, termasuk pada alat vital.

Selain itu, salmon juga adalah makanan yang kaya sumber protein, vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan zinc. Untuk membantu meningkatkan libido sekaligus menjaga kesehatan jantung, ikan salmon disarankan untuk dikonsumsi setidaknya 2 porsi per minggu sesuai anjuran Food and Drug Administration (FDA).

Apel

Selain banyak dikenal sebagai buah yang baik untuk diet, ternyata apel juga bisa dijadikan cemilan harian untuk menaikkan libido. Apel mengandung senyawa yang disebut dengan quercetin. Antioksidan ini sejenis flavonoid yang menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Dalam hal seksual, quercetin bekerja dengan cara mempromosikan sirkulasi darah yang lebih baik, mengobati disfungsi ereksi, mengelola gejala prostatitis dan menurunkan tekanan darah.

Sering kali tekanan darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah ke organ intim dan memicu disfungsi seksual. Sementara secara khusus bagi wanita dengan tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan kurang tertariknya untuk melakukan hubungan intim atau penurunan libido. Hal ini disebabkan aliran darah menjadi lebih rendah dan sedikit ke organ intim yang akan mempengaruhi bagaimana tubuh merespon aktivitas seksual. Konsumsi apel secara tepat akan membuat kehidupan seks yang lebih sehat.

Buah Bit

Buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin sehingga banyak digunakan sebagai tambahan makanan untuk kesehatan. Buah bit juga mengandung nitrat yang tinggi yakni senyawa yang terbukti mampu meningkatkan kualitas kehidupan seksual. Nitrat akan meregangkan pembuluh darah yang disebut sebagai proses vasodilatasi. Proses ini menurunkan ketegangan pada kontraksi otot.

Hal ini akan meningkatkan aliran darah yang memacu stamina dan daya tarik seksual. Nitrat juga biasa dikonsumsi oleh para atlet untuk meningkatkan energi. Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa jus bit akan membantu mengelola tekanan darah. Alhasil tidak hanya menaikkan libido, buah bit dapat diandalkan sebagai buah harian untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Daging

Mengonsumsi daging tertentu yang mengandung asam amino tinggi akan meningkatkan fungsi seksual seseorang. Selain itu, daging yang mengandung protein tinggi seperti daging ayam dan daging sapi juga mengandung beberapa senyawa yang akan membantu memperlancar aliran darah. Senyawa ini termasuk karnitin, l-arginin, dan zinc.

Lebih lanjut, karnitin, l-arginin, dan zinc akan merangsang respon seksual baik pada pria maupun wanita. Ini yang membuat suplemen arginin banyak dikonsumsi untuk mengobati disfungsi ereksi. Akan tetapi, ingat bahwa daging khususnya daging merah, termasuk makanan yang buruk bagi jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu konsumsi daging secukupnya saja.

Kacang-kacangan Dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memang dikenal sebagai cemilan sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin, terutama bagi orang sedang diet sehat. Secara khusus kacang mete dan kacang almond paling disarankan untuk memenuhi kebutuhan zinc harian. Sementara jenis kacang dan biji-bijian yang lain, mengandung l-arginin yang dapat melancarkan aliran darah.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya zinc dan l-arginin adalah senyawa yang dibutuhkan untuk menaikkan libido seseorang. Beberapa jenis kacang dan biji-bijian yang direkomendasikan untuk dijadikan cemilan dalam memperbaiki fungsi seksual termasuk kacang kenari, biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

Bayam

Tak hanya dikenal sebagai sayuran yang kaya akan zat besi, ternyata konsumsi bayam juga dikaitkan dengan gairah seksual yang lebih baik. Mengonsumsi bayam akan meningkatkan aliran darah bagian organ intim. Tak hanya itu, bayam juga mengandung magnesium dan nitrat yang dapat mengurangi peradangaan pada pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah yang sehat.

Peningkatan aliran darah akan meningkatkan gairah seks sekaligus membuat hubungan intim lebih menyenangkan. Oleh sebab itu, konsumsi bayam secara rutin akan membuat wanita lebih mudah mengalami orgasme dan akan membuat pria lebih berstamina.

Oatmeal

Oatmeal mengandung l-arginin yang biasa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Jadikan oatmeal sebagai sarapan harian yang dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Oatmeal juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Memiliki kolesterol tinggi dikaitkan dengan penyumbatan arteri yang mengganggu aliran darah.

Penyumbatan tersebut pada akhirnya membawa masalah pada aliran darah di bawah panggul. Arteri yang mengelilingi area vital lebih sempit dibandingkan pembuluh darah koroner, sehingga lebih rentan mengalami penyumbatan dan pembekuan. Singkatnya, bisa dikatakan bahwa semakin baik kadar kolesterol seorang, maka semakin baik hasrat seksualnya.

Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang kaya akan senyawa katekin. Katekin telah terbukti dapat menghilangkan lemak perut, mempercepat kapasitas hati untuk mengubah lemak menjadi energi, hingga meningkatkan aliran darah ke bagian bawah tubuh. Inilah yang membuat katekin pada teh hijau dapat menaikkan libido pada orang dewasa.

Lebih lanjut, katekin juga mampu membunuh radikal bebas yang merusak pembuluh darah sehingga mendorong arteri mengangkut darah sehat yang lebih lancar. Katekin bahkan mampu melepaskan oksidan nitrat yang pada akhirnya akan meningkatkan pembuluh darah pada organ vital.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B6, dan omega-3 yang seluruhnya dapat meningkatkan mood dalam melakukan hubungan intim. Alpukat juga mengandung potasium yang baik untuk memperkuat gairah seksual pada pria. Dengan kandungan ini pula jantung menjadi lebih sehat, sekaligus aliran darah ke organ seksual menjadi lebih lancar.

Selanjutnya, alpukat juga akan membuat performa pria lebih baik saat melakukan hubungan intim serta meningkatkan kualitas sperma. Sementara bagi wanita, alpukat baik untuk meningkatkan perasaan positif ketika bercinta, meningkatkan kesuburan, dan mengurangi gejala PMS yang mengganggu.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang kaya akan vitamin A untuk membantu meningkatkan dan mengatur hormon seksual wanita. Selain itu, ubi jalar mengandung potasium yang tinggi untuk melawan penyumbatan pembuluh darah yang akan menurunkan resiko disfungsi ereksi.

Buah yang tumbuh di dataran tinggi ini disebut-sebut juga baik untuk meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin di dalam ubi jalar akan membuat kualitas sperma dan sel telur lebih matang. Tak hanya itu, ubi jalar bisa dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang tepat karena tergolong makanan yang rendah lemak dan rendah gula sehingga cenderung aman bagi kesehatan.

Stroberi

Buah stroberi yang cukup mudah ditemukan ternyata menawarkan manfaat bagi kesehatan seksual juga. Buah ini kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekuatan pria saat berhubungan intim. Hal ini akan berkolerasi positif dengan gairah seks yang lebih baik. Wanita juga bisa mengonsumsi stroberi secara rutin untuk melancarkan pembuluh darah pada organ seksual dikarenakan adanya sifat antioksidan dari buah ini. Tak heran jika buah merah ini terkenal dengan kandungan afrodisiaknya untuk gairah bercinta.

Delima

Buah delima yang dikonsumsi sebagai jus disarankan untuk pria atau wanita yang ingin meningkatkan gairah seksual yang lebih baik. Ini bekerja dengan cara meningkatkan lonjakan hormon seksual. Hormon testosteron yang meningkat akan mendorong adrenalin sehingga selain meningkatkan libido juga akan memberikan efek positif bagi suasana hati.

Jus delima mengandung kadar antioksidan yang tinggi untuk melawan penyakit jantung karena kemampuannya melancarkan sirkulasi darah. Dengan demikian, perihal kadar testosteron, aliran darah yang lebih lancar, serta suasana hati yang lebih baik dapat menjadi kombinasi yang luar biasa untuk meningkatkan kehidupan seks yang lebih sehat.

Maca

Akar maca adalah tumbuhan asli Peru yang termasuk umbi-umbian dan sekilas mirip bengkoang. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal dan diolah menjadi bubuk untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Lebih dari 2000 tahun, tanaman ini diyakini dapat memberikan kesehatan mental yang lebih baik, kejernihan pikiran sekaligus meningkatkan dorongan seksual.

Karena manfaatnya ini, maca sudah banyak ditemukan berupa suplemen peningkat libido dan kesuburan. Hebatnya lagi, maca memiliki efek positif pada disfungsi seksual dan mengatasi impotensi. Bagi wanita, maca mampu memperbaiki ketidakseimbangan hormonal sehingga mampu mengatasi gejala PMS dan menopause.

Promo Diskon Cairo Food

Dengan mengonsumsi 15 makanan di atas, maka cukup efektif untuk meningkatkan gairah seksual anda dan pasangan. Seluruh jenis pangan tersebut juga mengandung nutrisi yang melimpah sehingga dapat berperan untuk menjaga kesehatan secara komprehensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *