15 Acara Masak Yang Bisa Kamu Tonton Di Netflix

Pandemi Covid-19 telah mendorong seluruh masyarakat dunia untuk memaksimalkan penggunaan gadget. Tak heran bila selama pandemi statistik penggunaan jaringan internet dan saluran TV digital meningkat tajam. Hal ini terjadi karena masyarakat modern mulai menikmati waktu di rumah dengan menonton berbagai acara dan program TV.

Menonton memang menjadi kegiatan hiburan yang sangat tepat untuk menikmati kegiatan di rumah. Sebagian ada yang menyukai film, sementara sebagian lain mungkin menyukai program-program unik, seperti acara memasak. Misalnya, di Indonesia mungkin acara masak yang paling diminati adalah MasterChef Indonesia.

Nah, jika anda mencari acara memasak yang serupa maka anda bisa mencoba menontonnya di Netflix. Pasalnya Netflix kini telah menyajikan beragam acara memasak baik berupa kompetisi maupun tema memasak yang tak kalah unik. Simak 15 daftar acara masak berikut, yang wajib anda tonton jika anda tertarik dengan program bertemakan memasak dan kuliner di Netflix.

Hell’s Kitchen

Hell’s Kitchen adalah acara kompetisi memasak yang awalnya ditayangkan perdana di Fox pada 30 Mei 2005. Acara ini dipandu oleh seorang chef selebriti Gordon Ramsay yang menjadi ikon dari program itu sendiri. Gordon Ramsay dikenal sebagai pribadi yang tegas dan kontroversial dalam membawakan acara tersebut. Sehingga setiap kali ditayangkan, acara ini benar-benar menguras emosi penonton maupun kontestan.

Tak sampai di situ saja, kehebohan yang terjadi di dapur Hell’s Kitchen seringkali membuat pemirsa penasaran apakah acara ini benar-benar nyata atau hanya sekedar settingan. Faktanya, para pemenang dari sebuah season pernah mengungkapkan bahwa Hell’s Kitchen adalah kompetisi realitas, yang artinya acara berjalan tanpa script dan bahkan kontestan tidak tahu-menahu harus memasak menu apa keesokan harinya.

Intinya kontestan memasak tanpa persiapan apapun. Tentu saja hadiah dan pekerjaan yang diberikan kepada pemenang juga nyata dan benar adanya. Banyak pemenang yang akhirnya berhasil mengubah hidupnya setelah memenangkan kompetisi ini. Inilah yang membuat Hell’s Kitchen semakin menarik!

Kontestan Hell’s Kitchen berlomba demi memperebutkan posisi sebagai kepala kopi atau chef eksekutif yang akan bekerja di salah satu restoran Gordon Ramsay. Setiap musimnya akan ada dua tim koki bersaing untuk meraih medali kemenangan.

Format eliminasi cukup progresif yakni yang awalnya terdapat 20 kontestan menjadi 12 yang maju ke tahap final, lalu dipilih menjadi satu pemenang terbaik. Proses ini menjalankan sistem gugur setiap episodenya.

Sejauh ini Hell’s Kitchen telah memiliki 20 season yang bisa anda tonton melalui Netflix. Season ke-20 baru berakhir pada September 2021 yang mengangkat tema Young Guns mengambil latar belakang di Las Vegas, Nevada. Lokasi syuting tidak hanya menyediakan fasilitas dapur yang mewah dan dapat dilihat oleh pemirsa, namun ada juga asrama yang menjadi tempat tinggal para kontestan, lho.

Sugar Rush

Sugar Rush memulai debutnya di Netflix pada tahun 2018. Sugar Rush digambarkan sebagai sebuah acara berupa kompetesi memasak yang mengandalkan kecepatan (rush) sehingga menantang para koki yang dalam hal ini berfokus pada para pembuat roti. Koki spesialis pembuat roti diharuskan membuat cemilan yang terlihat indah dan rasanya harus luar biasa, terlepas dari batas waktu yang sangat singkat.

Dalam setiap musim terdapat 4 tim yang terdiri dari 2 orang partner saling bersaing dalam memperebutkan hadiah utama sebesar 10.000 USD. Sejauh ini Sugar Rush sudah memiliki 3 season, yang terakhir dinamai Extra Sweet.

Dalam setiap season terdiri dari 3 babak. Babak pertama adalah kompetisi membuat cupcakes, kedua kompetisi menciptakan permen dan babak ketiga adalah kompetisi membuat kue yang super megah dan lezat. Pemenang dipilih berdasarkan desain hidangan yang paling menarik serta rasa yang juga harus seimbang.

Uniknya tim yang maju ke babak final akan lebih mudah jika memiliki waktu tersisa sebanyak mungkin karena akumulasi waktu pada babak sebelumnya akan berkontribusi besar untuk proses memasak kue terakhir.

Pada babak terakhir juga akan ada kesempatan untuk memilih antara waktu tambahan 15 menit atau memilih hadiah langsung 1.500 USD. Acara ini didukung oleh juri profesional yakni chef spesialis pastry di antaranya Candace Nelson, Adriano Zumbo dan satu juri tamu di setiap episode.

Crazy Delicious

Crazy Delicious adalah kompetisi realitas memasak yang berasal dari Inggris Raya. Acara masak ini masih tergolong baru yakni pertama kali tayang pada 21 Januari 2020 sehingga baru terdiri dari 1 season dengan 12 episode. Crazy Delicious bertujuan untuk menciptakan petunjukkan masakan dengan konsep yang lebih lucu, lebih gila, sekaligus lebih manis dengan 5 juri yang menonjol.

Crazy Delicious mengambil konsep kombinasi antara acara The Great British Baking Show and Alice in Wonderland di mana para chef memasak di sebuah taman yang di desain seperti dunia dongeng.

Namun hadiah yang diterima dianggap kurang fantastis meskipun cukup unik. Di Crazy Delicious pemenang tidak mendapatkan uang layaknya acara kompetisi memasak lain, namun justru mendapat piala berupa apel emas besar. Memang, kompetisi memasak yang ditayangkan di televisi Inggris sering kali tidak memberikan hadiah langsung, sebut saja The Great British Baking Show dan MasterChef UK yang tidak memberikan hadiah langsung apapun bagi para pemenang.

Sebaliknya pemenang mendapatkan peningkatan karir secara signifikan setelah tampil di acara tersebut sehingga popularitas inilah yang menjadi hadiah itu sendiri. Begitu pula yang terjadi di Crazy Delicious, reputasi dianggap sebagai hadiah yang akan menunjang karir chef ke depannya.

Crazy Delicious menawarkan konsep acara yang inovatif dan menghibur yang tidak melulu bersaing secara progresif. Para kontestan menyiapkan hidangan yang menggugah selera dalam suasana negeri dongeng dan para juri dianggap sebagai dewa makanan.

Tidak seperti kompetisi lain yang berlangsung selama beberapa episode, Crazy Delicious membatasinya pada 1 episode. Artinya dalam 1 episode terdapat 3 peserta yang berhadapan dan mengikuti kompetisi hingga menjadi 1 pemenang. Setiap pemenang dari setiap episode akan mendapatkan golden apple.

The Final Table

The Final Table adalah acara kompetisi memasak yang tayang di Netflix sejak tahun 2018. The Final Table mengundang 12 pasangan kontestan yang terdiri dari dua profesional chef yang akan berkompetisi di setiap episodenya.

Setiap episode melibatkan satu hidangan nasional yang dibuat semirip mungkin dengan hidangan asalnya. Juri yang menilai terdiri dari seorang food critic, satu orang bintang tamu, dan dua orang yang memahami kuliner nasional dari negara-negara tertentu.

Dalam season 1 terdapat 9 jenis hidangan nasional yang dimasak yakni taco (Meksiko), paella (Spanyol), English breakfast (UK), feijoada (Brazil), Butter chicken (India), thanksgiving dinner (AS), pasta (Italia), kaiseki (Jepang), dan hare a la royale (Prancis). Jika anda pecinta masakan ini, maka anda wajib mengikuti setiap episodenya yang akan membuat anda kagum dengan kemewahan hidangan tradisional yang disajikan.

Bake Squad

Bake Squad baru saja tayang Agustus 2018 dan sudah menggaet banyak penggemar. Season pertama terdiri dari 8 episode yang sangat seru untuk disaksikan. Acara ini dipandu oleh Christina Tosi, dan menampilkan 4 orang chef dengan spesialisasi masing-masing yang bersaing untuk membuat makanan penutup untuk klien yang berbeda di setiap episode.

Para chef terdiri dari chef khusus pastry, cokelat, kue kering maupun kue khusus residen. Klien yang dimaksud dalam acara ini bukanlah klien biasa. Mereka adalah orang penting yang memiliki acara yang sangat besar mulai dari pernikahan, hingga acara amal untuk penderita kanker.

Oleh sebab itu, para kontestan belajar sebanyak mungkin tentang klien mereka sebelum memulai pembuatan kue. Harapannya kue yang disajikan akan sesuai dengan keinginan dan konsep acara yang diinginkan klien. Tidak ada ketegangan dalam menonton acara ini, karena acara benar-benar dikemas dengan cara yang asyik!

Best Leftover Ever!

Best Leftover Ever adalah reality show masak dari Netflix yang menantang kontestan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mengesankan dari makanan pokok dan sisa makanan yang dibawa pulang. Makanan yang dihasilkan benar-benar menggunggah selera dan membuat siapapun ingin mencicipinya.

Kontestan bersaing untuk mendapatkan uang 10.000 USD yang diberikan kepada pemenang setiap minggu. Ini adalah acara yang cocok bagi anda yang membutuhkan inspirasi untuk melakukan sesuatu yang kreatif dari sisa masakan di dapur anda.  Acara ini tidak hanya unik dan seru, namun memberikan pesan moral bahwa penting untuk tidak menganggap remeh makanan yang tersedia bagi kita.

Saat ini makanan cenderung sangat mudah didapatkan, namun hal ini berkorelasi pula dengan semakin banyaknya limbah makanan yang terbuang. Nah, daripada membuang-buang makanan, acara ini mengajak anda untuk berpikir lebih kreatif dan memaksimalkan semua bahan-bahan sisa yang ada.

Baking Impossible

Anda sebaiknya menonton Baking Impossible jika anda menyukai hal-hal gila yang bisa dilakukan untuk mengkreasikan makanan. Para kontestan bersaing secara berpasangan yang setiap partner dipilihkan oleh juri. Kemudian mereka akan berkompetisi untuk hadiah utama sebesar 100.000 USD.

Dalam setiap pasangan, satu kontestan berspesialisasi dalam memanggang, dan yang lainnya berspesialisasi dalam teknik. Sebelum pertunjukan, tidak ada pasangan kontestan yang pernah bertemu sebelumnya atau saling mengenal.

Setiap episode memungkinkan kontestan untuk bekerja selama 8 jam, setelah itu kreasi mereka diuji stres dan dievaluasi oleh juri. Di akhir setiap episode, satu pasangan dipilih. Tim pemenang dari episode tersebut mendapat keuntungan di episode berikutnya, seperti bisa melihat dulu uji stres sebelum tim lain, atau bisa mencoba uji stres lebih dari satu kali.

Uji test adalah hal luar biasa yang hanya dapat anda saksikan di Baking Impossible. Anda akan melihat tantangan seperti membuat robot yang dapat dimakan berisi makanan penutup, berupa jeli.

Selain itu, anda akan menyaksikan bagaimana para kontestan saling bekerja sama untuk membuat perahu layar sepanjang 2 kaki yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, dan harus berbahan dasar kue. Perahu kue tersebut akan diuji stres, bisa berupa menavigasi jalur air dalam 45 detik. Seru, kan?

The Chef Show

The Chef Show rilis pertama kali pada Juni 2019 dengan sutradara, penulis, dan aktor yang memerankan adalah Jon Favreau dan koki Roy Choi. Kedua pembawa acara ini mengikat diri sebagai sesama pecinta makanan yang tengah melakukan perjalanan kuliner. The Chef Show menampilkan perjalanan kuliner yang terinspirasi dari film Chef tahun 2014.

Dalam acara memasak ini Jon Favreau dan Roy Choi mengeksplorasi makanan di dalam maupun di luar dapur dengan mengundang teman chef berbakat maupun teman selebriti untuk memasak. Filosofi dari acara ini adalah Cooking Is A Journey and Making A Meal Is About More Than Just Food. Dengan konsep acara ini, The Chef Show menyuguhkan acara yang seru, penuh eksperimen dengan resep dan teknik baru dalam memasak sekaligus memadukan berbagai menu.

Nadiya’s Time To Eat

Nadiya’s Time To Eat adalah acara memasak yang di pandu oleh Nadiya Hussain. Ini adalah serial memasak yang bisa ditonton oleh semua umur dan cocok menjadi acara kesukaan keluarga. Dalam acara memasak ini, Nadiya Hussain menghadirkan cara cepat menggunakan bahan-bahan utama untuk menyajikan hidangan favorit bagi keluarga modern yang sangat sibuk.

Nadiya’s Time To Eat rilis pertama kali tahun 2020 dan saat ini sudah memiliki 7 episode. Dalam setiap episode terdapat 2-3 resep makanan yang disajikan yang diklaim dapat dimasak dalam waktu kurang dari 30 menit. Selain menghibur, menonton Nadiya’s Time To Eat juga akan melatih skill memasak anda, terutama dalam membuat dessert.

Flavorful Origins

Flavorful Origins adalah acara kuliner televisi Tiongkok yang juga ditayangkan di Netflix untuk mengeksplorasi rahasia kuliner Tiongkok. Acara yang dipandu oleh Chen Young dan Hao Chen ini setidaknya telah memiliki 50 episode yang pertama kali dirilis tahun 2019. Musim terbaru dari Flavorful Origins yaitu musim keempat tayang perdana pada 20 Juni 2021 di Netflix, yang masih populer hingga saat ini.

Flavorful Origins mengungkapkan teknik memasak tradisional Tiongkok dengan bahan-bahan yang digunakan asli dari Asia tepatnya dari wilayah Chao Shan, Yunnan, Gansu, dan Guiyang. Tidak hanya proses memasak yang masih tradisional, penonton akan diajak mengumpulkan bahan-bahan secara tradisional mulai dari menyembelih hewan, memasak dalam jumlah besar, hingga memanen langsung berbagai tanaman.

Jika anda menikmati acara memasak yang dilakukan sembari menyusuri tradisi Tiongkok dan menguak kisah para pencipta dan penjaga cita rasa ini, maka Flavorful Origins wajib menjadi salah satu daftar tontonan anda.

The American Barbecue Showdown

Kontestan dari seluruh Amerika bersaing dalam Barbecue Cook-off atau The American Barbecue Showdow. Acara memasak ini tayang pada September 2020 untuk musim pertama, kemudian Netflix memperbarui produksi dan menayangkan musim kedua sejak Agustus 2021. Pemenang akan dinobatkan sebagai American Barbecue Champion.

Konsep acara ini dimulai dengan 8 kontestan, yang masing-masing memiliki tingkat pengalaman yang berbeda-beda dalam memasak barbekyu. Para kontestan harus menghadapi tantangan memasak dalam gaya yang berbeda, terkadang dengan tantangan atau kejutan ekstra yang diberikan tanpa pemberitahuan.

Kompetisi tidak hanya berfokus pada aspek kelezatan, tetapi harus mampu menjaga suhu barbekyu, mampu memotong daging mentah utuh, serta mampu memanggang daging dengan tingkat kematangan yang sudah ditentukan.

Setiap sesi memasak harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu yang sering kali lebih rendah dari jumlah waktu normal yang digunakan untuk menyiapkan daging. Hal ini akan menambah ketegangan acara, sekaligus melihat betapa serunya memasak daging yang lezat dan mengguggah selera sambil mengejar waktu.

Nailed It!

Nailed It! adalah serial Netflix asli Amerika yang tayang perdana pada 9 Maret 2018. Serial ini adalah kompetisi panggang bergaya televisi realitas, di mana tiga pembuat roti amatir dalam setiap season bersaing untuk mereplikasi kue dan gula-gula yang rumit demi memenangkan hadiah uang tunai 10.000 USD dan hadiah penghargaan berupa piala.

Nailed It! cocok bagi anda yang menyukai kehebohan ketika memasak, kata-kata lucu dari host, hingga berbagai kekonyolan saat memasak. Nailed It! bukanlah ajang untuk melihat chef profesional memasak, namun anda pasti akan kagum melihat para amatiran mampu menyajikan makanan manis yang tak kalah menarik.

Acara ini dipandu oleh Nicole Byer, seorang komedian sekaligus selebritas dari Amerika Serikat. Fakta ini menjadikan Nailed It! benar-benar menghibur siapapun yang menontonnya. Bahkan sebagian besar komentar dari pemirsa ditujukan kepada Nicole Byer yang membuat acara memasak ini menjadi terasa normal atau tanpa settingan sama sekali. Tak heran ia menerima dua kali Primetime Emmy Award sebagai host di Nailed It!.

Chef’s Table

Chef’s Table mungkin kurang banyak menyajikan proses masak-memasak. Namun program acara ini sangat layak ditonton jika anda menyukai serial dokumenter dari para chef profesional. Chef’s Table memberi kita akses langsung ke perjalanan hidup setiap chef dari benua Amerika hingga Asia.

Setiap perjalanan berpusat pada makanan, tetapi yang membuat seri ini luar biasa adalah bagaimana pengalaman hidup, pandangan, dan aspirasi para koki tercermin dalam makanan yang mereka buat. Makanan menjadi ekspresi, suara, dan alat yang menceritakan kisah unik mereka. Tentu saja terdapat beberapa scene yang menunjukkan betapa unik dan estetik makanan yang dibuat oleh setiap chef.

Chef’s Table ditayangkan perdana pada 26 April 2015. Serial ini diperbarui untuk musim ketujuh dan kedelapan pada 20 Mei 2019. Setiap episode dari seri ini berfokus pada koki tertentu, dengan mengeksplorasi filosofi dan pendekatan pribadi mereka dalam memasak. Acara ini menggunakan teknik sinematografi dan produksi berdasarkan pembuatan film tradisional, daripada televisi realitas layaknya kompetisi memasak.

Million Pound Menu

Acara masak ini mirip seperti kompetisi memasak lainnya. Namun tentu saja Million Pound Menu menyuguhkan tontonan baru yang lebih fresh. Pasalnya kontestan yang terlibat adalah para chef profesional sekaligus pemilik restoran yang menyajikan menu terbaiknya di depan para investor.

Alih-alih mencuri perhatian juri, para chef ditantang untuk mendapatkan simpati investor agar mau berinvenstasi dalam mendirikan restoran baru dengan sejumlah menu makanan yang tidak pernah ada sebelumnya.

Biasanya tiga tim pemilik restoran akan menyiapkan hidangan khas mereka untuk empat calon investor. Dengan suara terbanyak, para investor memilih satu tim untuk membuka restoran pop-up selama dua hari di Manchester, Inggris.

Para investor melakukan sarapan dan makan siang di restoran tersebut, sekaligus untuk menilai menu makanan yang diciptakan. Setelah itu, investor diberikan tenggat waktu hingga pukul 19.00 untuk kembali ke restoran dan memberikan penawaran. Jika banyak investor yang membuat penawaran, maka giliran sebuah tim untuk memilih investor yang ingin mereka ajak bekerja sama.

Ugly Delicious

Penasaran mengapa nama acara ini Ugly Delicious? Ungkapan ini awalnya adalah tagar yang digunakan oleh host Ugly Delicious yakni David Chang dalam instagram pribadinya untuk menggambarkan makanan yang tidak photogenic atau instagramable, namun rasanya benar-benar enak. Inilah yang menjadi konsep acara Ugly Delicous sampai saat ini.

Ugly Delicious menggabungkan perjalanan, memasak, dan sejarah dari sebuah makanan. Setiap episode menyoroti satu hidangan dan konsepnya, serta mengeksplorasi bagaimana hidangan itu dibuat di berbagai wilayah dan bagaimana ia berkembang. Tentu saja hidangan yang dibuat tidak harus berpenampilan menarik, namun rasanya dijamin lezat, mulai dari pizza, steak, nasi goreng hingga menu bekal anak-anak.

Promo Diskon Cairo Food

Nah, itulah 15 acara masak yang bisa kamu tonton di Netflix. Meskipun beberapa acara memasak telah melakukan syuting terakhirnya, namun daftar tersebut masih sangat layak ditonton untuk mengisi waktu luang anda. Setiap acara memasak memiliki konsep yang unik, mulai dari kompetisi, dokumenter, realitas hingga acara masak sederhana yang cocok ditonton oleh segala usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *