12 Jenis Nasi Goreng di Dunia

Nasi goreng menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat secara luas karena dibuat dengan cara yang mudah. Pembuatan nasi goreng adalah cara yang paling efektif ketika masih ada nasi yang tersisa, kemudian diolah menjadi makanan pokok yang dapat dinikmati dan dengan rasanya yang lezat. Ini telah menjadi hidangan yang populer selama bertahun-tahun, dan bahkan hingga saat ini.

Nasi goreng memiliki varian masing-masing, namun satu hal yang pasti, bahan-bahannya menggabungkan nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu khas, serta tambahan sumber serat dan protein lainnya seperti telur, ayam, sayuran, dan masih banyak lagi. Tahukah Anda bahwa nasi goreng memiliki berbagai jenis yang dapat ditemukan di seluruh dunia? Simak jenis nasi goreng di dunia selengkapnya di bawah ini.

Nasi goreng (Indonesia)

Jenis nasi goreng yang pertama di dunia yaitu nasi goreng yang berasal dari Indonesia. Nasi goreng Indonesia berbahan utama nasi yang telah masak, bawang putih, bawang merah, daun bawang, gula kunyit, jahe, dan kecap manis. Beberapa resep terkadang menambahkan bubuk terasi (pasta udang), lada hitam, kaldu bubuk, atau saus ikan untun menambah rasa.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Nasi goreng biasanya disajikan dengan acar seperti mentimun serta tomat, dan ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk. Telur juga menjadi lauk tambahan untuk nasi goreng, dan yang paling banyak ditemukan adalah telur orak-arik, yang dimasak bersamaan dengan memasak nasi goreng. Selain telur orak-arik, beberapa jenis telur sepertu telur ceplok atau telur mata sapi, telur dadar (omelet), dan telur rebus juga biasa digunakan. Selain telur, ayam suwir juga kerap melengkapi hidangan nasi goreng.

Nasi goreng ini memiliki aroma yang bersahaja dan lebih berbau asap daripada nasi goreng dari negara Asia lainnya, ini dikarenakan adanya penambahan kecap manis dan terasi. Makanan ini bisa ditemukan di mana pun. Orang Indonesia biasa menyantap nasi goreng sebagai menu sarapan atau sebagai menu makan malam. Penjual nasi goreng biasanya buka pada malam hari, terutama untuk penjual dengan gerobak keliling. Selain dijual dengan gerobak keliling, beberapa warung makan di tepi jalan, dan rumah makan juga dapat ditemukan.

Khao pad (Thailand)

Khao pad adalah jenis nasi goreng khas masakan Thailand tengah, yang diduga berasal dari komunitas Thailand dan Cina, yang dapat dilihat berdasarkan metode pembuatan dan rasanya. Dalam bahasa Thailand, khao berarti “nasi” dan phat berarti “dari atau berkaitan dengan digoreng.” Hidangan ini cukup unik, karena menggunakan nasi melati, yang biasanya dimasak terlebih dahulu dan dibiarkan mengering sebelumm diolah menjadi khao pad.

Bumbu lainnya dalam pembuatan khao pad ini termasuk bawang putih, bawang merah, gula, garam, kecap asin, napla (kecapi ikan), dan saus sambal. Seluruh bumbu tersebut dimasak secara bersamaan. Hidangan nasi goreng ini memadukan gaya memasak nasi goreng klasik dengan saus ikan yang merupakan bumbu khas Thailand.

Khao pad disajikan dengan tambahan lauk yang berguna sebagai sumber protein, antara lain ayam, kepiting, udang, dan telur. Sebagai pelengkap nasi goreng Thailand ini, irisan mentimun, irisan tomat, phrik nampla (saus pedas yang terbuat dari cabai Thailand), daun ketumbar, daun bawang, dan perasan jeruk nipis juga umum ditambahkan. Khao pad bisa dinikmati sebagai makanan pokok atau disajikan di restoran Thailand, dan hidangan nasi goreng Thailand ini menampilkan esensi masakan Thailand yang lezat dan aromatik.

Omurice (Jepang)

Jenis nasi goreng di Jepang adalah nasi goreng yang terunik. Secara harfiah, nama “Omurice” adalah gabungan dua kata dari “telur dadar” dan “nasi”, dan mungkin Anda dapat langsung memahami nasi goreng seperti apa yang tersaji saat Anda memesannya. Secara sederhana, omurice adalah sajian nasi goreng dengan telur dadar.

Terdapat dua cara penyajian dari omurice ini. Pertama, nasi goreng khas Jepang ini disajikan seperti nasi goreng pada umumnya, dan ditambah dengan telur dadar utuh yang digulung dan diletakkan di bagian atas nasi goreng. Sementara yang kedua, nasi goreng disajikan dengan diselimuti oleh telur dadar yang lembut. Kedua cara penyajian tersebut sama-sama membuatnya unik.

Hidangan nasi goreng yang unik ini menghadirkan nasi goreng yang empuk dengan rasanya yang lezat. Telur dadarnya pun empuk, sehingga melengkapi rasa omurice secara keseluruhan. Rasa omurice mengisyaratkan asal-usulnya. Nasi goreng dimasak dengan saus tomat, dan pada hidangan omurice ini, saus tomat juga disiram di atas telur dadar, sehingga itu akan memperindah tampilan visualnya.

Omurice yang berasal dari Jepang ini memiliki rasa tajam dan asam sekaligus, dengan tambahan rasa manis dari kecap. Seperti hidangan nasi goreng lainnya, omurice cocok diolah ketika terdapat nasi sisa yang perlu dihabiskan. Untuk tambahan toppingnya, omurice menggabungkan sayuran seperti kacang polong, wortel, dan sumber protein lainnya.

Nasi Goreng Nigeria (Nigeria)

Nasi goreng yang berasal dari Nigeria, Afrika Barat ini adalah salah satu sajian nasi goreng yang harus Anda cicipi. Pasalnya, nasi goreng Nigeria menyajikan hidangan yang kaya akan bumbu. Bumbu dan rempah yang digunakan adalah yang biasanya digunakan pada masakan Asia, yaitu bubuk kari, cabai kering, serta kunyit. Untuk menambah aroma harumnya, nasi goreng ini juga menggunakan thyme. Ini tentunya menjadi sajian nasi goreng dengan rasa yang kuat dan dengan aroma herbal yang menyegarkan.

Selain itu, nasi goreng Nigeria ini juga menggunakan beras berbulir panjang atau beras basmati alih-alih beras berbulir pendek seperti kebanyakan nasi goreng. Nasi goreng ini disiapkan dengan beras basmati yang dimasak dengan kaldu khusus. Kaldu khusus tersebut juga dibumbui dengan bubuk kari dan kunyit. Sementara untuk toppingnya, nasi goreng Nigeria menambahkan sumber protein apa pun. Sayuran juga dapat ditambahkan agar memberi sajian nasi goreng yang kaya rasa dan mengandung serat.

Arroz Chaufa de Pollo (Peru)

Hidangan arroz chaufa de pollo adalah varian nasi goreng asal Peru yang terjadi akibat adanya pergerakan komunitas dari satu bagian dunia pindah ke bagian lain, atau dengan kata lain, ini merupakan nasi goreng khas yang dibuat oleh imigran Cina yang pindah ke Peru. Para imigran Cina tersebut seringkali dibayar sebagian dengan beras untuk pekerjaan mereka, kemudian beras yang diperoleh menjadi salah satu makanan pokok mereka. Dengan demikian, arroz chaufa de pollo adalah hasil dari budaya kuliner yang berbeda.

Bagian paling menonjol dari arroz chaufa de pollo adalah nasi goreng ini begitu mirik dengan nasi goreng Cina klasik, karena pada dasarnya ini adalah nasi goreng hasil dari akulturasi budaya kuliner. Nasi goreng asal Peru ini melibatkan bumbu seperti daun bawang, kedelai, dan wijen, yang merupakan bumbu yang menciptakan profil rasa utama. Untuk melengkapinya, bawang putih dan jahe pun bisa ditambahkan. Arroz chaufa de pollo ini menyajikan nasi goreng dengan irisan telur dadar yang dicampur bersama nasi.

Selain telur dadar sebagai sumber proteinnya, arroz chaufa de pollo juga menggunakan lauk yang beragam lainnya, seperti ayam, daging, atau makanan laut apa pun yang diinginkan. Arroz chaufa de pollo akan disajikan dengan makanan utama lainnya, namun secara keseluruhan, nasi goreng Peru ini cukup mengenyangkan dan juga lezat bahkan untuk dinikmati sendiri.

Kimchi Bokkeumbap (Korea)

Kimchi adalah makanan pokok dalam masakan Korea, yang berupa sayuran fermentasi yang terdiri dari daun bawang, kubis, lobak, mentimun, dan juga wortel. Secara umum, kimchi paling banyak digunakan sebagai lauk pendamping nasi, sebagai bumbu, saus, dan juga bahan makanan. Salah satu contoh penggunaannya adalah nasi goreng kimchi.

Kimchi bokkeumbap secara harfiah adalah nasi goreng kimchi, yang dibuat dengan menggoreng nasi dengan kimchi. Sayuran fermentasi tersebut memberikan rasa hidangan nasi goreng yang tajam, funky, serta memiliki rasa asin dan manis bahkan tanpa menambahkan kecap ke dalamnya. Selain menambah rasa, kimchi yang merupakan salah satu makanan fermentasi juga baik untuk meningkatkan asupan probiotik, sehingga usus dan sistem kekebalan tubuh akan lebih terjaga.

Sajian nasi goreng dengan sayuran fermentasi ini bisa ditambahkan dengan bumbu lainnya seperti bawang putih dan jahe, yang dapat memberikan rasa yang lebih kuat. Untuk memberikan rasa khas Korea, nasi goreng kimchi juga dapat ditambahkan gochujang, dan pasta cabai merah yang difermentasi. Kedua bahan tersebut biasanya dicampur dengan mentega dan disendok di atas nasi goreng.

Keseluruhan cita rasa kimchi bokkeumbap yaitu dengan rasa yang begitu kompleks, yang berkisar dari tajam, kuat, asin, manis, pedas, mewah, dan tentunya – sehat. Nasi goreng kimchi yang sehat dan lezat ini didukung oleh tambahan asupan protein. Ini bisa menggunakan bacon, potongan daging babi, atau sumber protein lainnya.

Sinangag (Filipina)

Sinangag adalah sajian nasi goreng khas Filipina yang juga disebut nasi goreng bawang putih atau nasi bawang putih. Proses pembuatan sinangag adalah dengan menumis nasi dengan bawang putih. Nasi untuk membuat sinangag adalah nasi goreng yang unik, sebab hidangan ini menggunakan nasi sisa di hari sebelumnya untuk menghasilkan hidangan yang sedikit terfermentasi.

Nasi goreng bawang putih ini selain dimasak dengan bawang putih, tetapi juga dengan garam, lada hitam, dan terkadang bawang cincang juga diikutsertakan. Selain dibuat dengan nasi sisa, cara untuk tidak membuang-buang makanan lainnya dalam pembuatan sinangag khas Filipina adalah dengan menggoreng nasi dengan saus dan minyak sisa dari adobo Filipina.

Dalam budaya Filipina, membuat nasi goreng menggunakan nasi yang baru masak adalah hal yang tidak disukai. Idealnya, beras untuk membuat sinangag adalah beras yang gembur dan tidak saling menempel. Sinangag adalah bagian dari menu sarapan tapsilog dan turunannya. Di wilayah Visayas di Filipina, sinangag secara tradisional dibumbui dengan asín tibuok.

Sinangag biasanya selalu menggunakan lauk yang menyertainya, dan jarang dimakan sendiri. Ini biasanya menggunakan lauk berupa daging “kering” seperti tocino (bacon), longganisa (sosis), tapa (daging kering atau diawetkan), Spam, atau daing (ikan kering), serta sebagai tambahan telur orak-arik atau goreng. Agar mengeluarkan aroma dan cita rasa dari bawang putih, sinangag biasanya tidak menggunakan bahan selain bawang putih.

Nasi Goreng Yangzhou (Cina)

Nasi goreng Yangzhou, juga terkadang disebut nasi goreng Young chow, yang namanya berasal dari kota Yangzhou di provinsi Jiangsu China. Nasi goreng Yangzhou ini konon bermula ketika para pelaut mengolah nasi sisa mereka menjadi nasi goreng yang bisa dijadikan makanan pokok mereka. Yang lain mengatakan bahwa hidangan itu sebenarnya berasal dari Guangzhou.

Dari mana pun asalnya, hidangan ini dicintai di seluruh dunia karena perpaduan bahan-bahannya yang lezat dan penuh warna. Meski asal-usulnya tidak diketahui secara pasti, namun yang jelas, saat ini nasi goreng Yangzhou memiliki ciri khasnya tersendiri. Banyak dari versi hidangan nasi goreng ini dibumbui dengan kecap, arak Shaoxing, atau saus merah.

Secara tradisional, nasi goreng Yangzhou akan disajikan setelah hidangan utama dan sebelum menyantap makanan penutup pada perayaan Tionghoa. Nasi goreng Yangzhou terdiri dari nasi, telur, dan sayuran seperti wortel, jamur, kacang polong, sedangkan tambahan umum juga termasuk udang, daging, daun bawang, dan ham Cina. Versi tradisional sering kali menambahkan teripang, daging kepiting, dan rebung.

Nasi goreng Yangzhou seringkali disalahartikan sebagai nasi goreng biasa, tetapi sebenarnya nasi goreng Yangzhou memiliki keunikan. Alih-alih menggunakan protein tunggal seperti udang atau babi atau ayam sebagai bahan utama nasi goreng, Yangzhou menggunakan kombinasi protein. Sumber protein yang ditemukan adalah kombinasi daging babi, udang dan ayam atau bebek.

Nasi Goreng Pattaya (Malaysia)

Nasi goreng pattaya, atau yang biasa disederhanakan nasi pattaya, adalah jenis nasi goreng di dunia lainnya yang berasal dari Malaysia. Nama Pattaya sendiri diambil dari sebuah kota di Thailand, meski demikian, ini adalah hidangan asli dari Malaysia. Nasi goreng pattaya disajikan mirip dengan omurice, yaitu nasi goreng ayam yang dibalut dengan telur dadar.

Di Indonesia, nasi goreng pattaya disebut dengan nasi goreng amplop. Hal ini dikarenakan telur dadar berfungsi sebagai amplop, dan nasi goreng adalah bagian dari isinya. Nasi goreng khas Malaysia ini disajikan dengan saus sambal, mentimun, dan juga kerupuk. Selain itu, bawang goreng, cabai jeruk atau cabai padi cincang halus juga digunakan. Cabai tersebut biasanya direndam dalam kecap asin, irisan tomat, dan mentimun. Sementara di bagian atas nasi goreng pattaya, saus cabe merah atau saus tomat menyiraminya.

Pada dasarnya, nasi goreng pattaya adalah sajian nasi goreng unik yang dibalut dengan terampil dalam lembaran tipis Omelet. Di antara keunikannya, nasi goreng pattaya adalah makanan yang sehat, cukup mengenyangkan dan juga sangat enak. Anda dapat menyantapnya dengan memotong omelet dan disantap langsung.

Bai Cha (Kamboja)

Bai Cha, juga disebut Bai Cha, Bai Char, Bai Chaa, atau Bay Cha, adalah hidangan paling populer di Kamboja. Ini juga dikenal dengan nasi goreng Khmer, yang merupakan versi nasi goreng Cina yang lebih ringan. Selain di Kamboja, bai cha bisa ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Hidangan ini memiliki banyak variasi di Kamboja, dan bai cha adalah yang paling populer.

Nasi goreng yang berasal dari Kamboja ini menyertakan bumbu dari versi nasi goreng Khmer, yang termasuk sosis siem reap yang dikembangkan dari Lap Cheong, dan beberapa imigran Cina yang menetap di Kamboja juga mengadaptasi sosis berdasarkan selera local dan bahan lokal yang tersedia. Bai cha biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan pada sebuah keluarga, dan juga biasanya dijual di pinggir jalan dan di restoran-restoran lokal yang sederhana. Bai cha akan disajikan dengan sedikit kecap asin dan bumbu lainnya, dan topping sosis membuat rasanya menjadi lebih lezat.

Tawa Pulao (India)

Tawa pulao atau tava pulav adalah sajian nasi goreng vegetarian yang populer di kota Mumbai di India. Nasi goreng ini dimasak dengan sayuran, mentega, pav bhaji masala dan dihiasi dengan daun ketumbar dan jus lemon segar. Penambahan pasta cabai-bawang putih yang dibuat dengan cabai merah Kashmir memberikan warna cerah dan juga menambah rasa.

cek ratusan koleksi lainnya

Tawa pulao merupakan makanan jalanan yang secara harfiah diterjemahkan menjadi pulao yang dibuat di atas tawa. Tawa mengacu pada wajan berbentuk cekung datar yang biasa digunakan dalam masakan India dan pulao mengacu pada hidangan nasi berbumbu yang dibuat dengan sayuran atau daging. Ini adalah nasi goreng dengan cita rasa pedas dan sarat dengan sayuran. Karena ini adalah makanan jalanan yang populer di Mumbai, kemungkinan besar seseorang yang pernah ke Mumbai akan menyantap hidangan yang satu ini.

Burmese Fried Rice (Myanmar)

Jenis nasi goreng di dunia lainnya adalah Burmese fried rice, atau yang diterjemahkan menjadi nasi goreng Burma yang berasal dari Myanmar. Burmese fried rice dikenal sebagai nasi goreng dengan kacang polong rebus, yang merupakan resep tradisional Burma untuk nasi goreng. Nasi goreng Burma biasanya menggunakan paw hsan hmwe, nasi gandum pendek khas Burma (lebih bulat dan lebih pendek dari varietas lainnya).

Nasi goreng Burma menjadi makanan pokok di Myanmar, yang disantap sehari-hari. Burmese fried rice yang populer adalah yang terdiri dari nasi, yang dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan kecap hitam, serta tak lupa kacang polong yang menjadi ciri khasnya. Bumbu penyerta bisa berupa ngapi kyaw (pasta ikan goreng dengan serpihan parutan) dan potongan mentimun segar yang dicampur dengan bawang cincang, cabai hijau, dan cuka. Hidangan ini adalah makanan sarapan yang umum di Myanmar, dan bisa diberi topping telur goreng. Seperti kebanyakan makanan Burma, nasi goreng ini ditaburi dengan bawang goreng, kacang tumbuk, dan serpihan cabai merah.

Banyaknya jenis nasi goreng di dunia menjadi bukti bahwa ini adalah hidangan yang disantap di seluruh dunia dengan mengadaptasi bumbu dan pilihan lauk agar sesuai dengan lidah masyarakat setempat. Selain itu, di beberapa negara di dunia juga menjadikan nasi goreng sebagai makanan pokok mereka. Apakah Anda salah satu penggemar nasi goreng namun tak punya waktu untuk meracik bumbu nasi goreng? Tenang saja, Cairo Food punya solusinya. Terdapat bumbu nasi goreng kampung, bumbu nasi goreng rempah, hingga bumbu nasi goreng kambing. Bumbu terseut begitu praktis, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan tentunya lezat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *