10 Bahan Pengganti MSG

10 bahan pengganti msg

Pada artikel yang lalu, kami pernah membahas seputar Pro dan Kontra terhadap Penggunaan MSG dalam masakan. Meskipun badan kesehatan baik yang berada di Indonesia ataupun Dunia telah menyatakan bahwa MSG aman untuk dikonsumsi dalam batas wajar, namun tetap saja banyak di antara kita yang masih khawatir akan dampak buruk yang akan dihasilkan oleh penyedap rasa tersebut. Itu adalah hal yang wajar, mengingat ada sebagaian orang yang memang senantiasa menerapkan kehidupan sehat, dan enggan mengonsumsi MSG atau yang juga dikenal dengan Micin. Biasanya mereka akan mencari alternatif lain untuk menambahkan rasa gurih dan sedap pada makanan, dengan bahan-bahan alami. Lantas bahan alami apa saja yang dapat menggantikan peran MSG sebagai penyedap makanan?

Berikut telah kami rangkum beberapa bahan pengganti yang dapat menggantikan MSG:

Bawang Hitam

Bawang Hitam

Sejak dulu Bawang Putih dikenal memiliki rasa yang gurih dan mampu menambahkan rasa sedap pada makanan. Namun Bawang putih yang sudah di karemelisasi atau di panaskan dalam suhu tertentu akan menghasilkan bawang hitam. Yang tentunya lebih kaya akan kandungan antioksidan dan nutrisi sehingga  rasa dan aroma yang di hasilkan bawang hitam lebih kuat dan lebih gurih dibandingkan dengan bawang putih. Sehingga cocok untuk dijadikan pengganti MSG.

Jamur Shitake

Jamur

Jamur juga dapat digunakan sebagai pengganti MSG, karna kandungan glutamate alaminya yang terkandung di dalam tumbuhan ini. Bahkan saat ini banyak sekali produk kaldu jamur yang banyak dijual di pasaran yang umumnya di buat menggunakan jamur Shitake, yakni jamur yang aman untuk dikonsumsi. Tetapi jika kamu lebih memilih menggunakan jamur segar, kamu bisa menambahkan beberapa potongan ke dalam masakan untuk memberikan cita rasa gurih yang mirip dengan MSG.

Keju Permesan

Dalam berbagai makanan, khususnya pada hidangan Barat, keju sering menjadi salah satu penyedap alami yang dapat menambahkan rasa gurih pada masakan. Hal itu karena rasa Umami akan meningkat pada makanan yang difermentasi, yakni seiring bertambahnya usia keju, ia akan mengalami proteolisis atau memecah dan berubah menjadi asam amino yang akan meningkatkan kadar asam glutamat.

Ekstrak Ragi

Ragi

Ekstrak ragi biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis roti. Namun ternyata ragi juga dapat meningkatkan rasa gurih yang alami karna mengandung asam glutamat. Namun jangan berlebihan saat menambahkannya ke dalam masakan, gunakanlah dengan secukupnya saja.

Ikan Teri

Ikan Teri

Ikan teri adalah salah satu ikan yang mengandung glutamat tertinggi dan cocok dipadukan dengan berbagai hidangan. Selain itu ikan teri juga efektif untuk memberikan rasa umami pada makanan. Kamu tidak perlu khawatir saat menambahkan ikan teri ke dalam masakan, karna rasa ikan tidak akan terdeteksi setelah dimasak.

Rumput Laut

Di dalam rumput laut terdapat kandungan yodium dan juga seng yang mampu memberikan rasa gurih. Karna hal itu lah rumput laut kerap dijadikan bahan utama dalam pembuatan kaldu dibeberapa negara. Misalnya di Korea, mereka kerap mencampur rumput laut dengan ikan teri untuk membuat kaldu yang lezat. Penggunaan rumput laut sebagai penyedap rasa dapat dilakukan dengan cara merebusnya untuk menghasilkan rasa yang umami atau bisa juga dengan menggunakan rumput laut kering sebagai taburan atau campuran pada makanan.

Dulse (Rumpu Laut Merah)

Dulse

Dulse adalah salah satu jenis rumput laut, yang bewarna merah. Dulse juga memiliki rasa gurih dan asin yang ringan sehingga cocok dijadikan pengganti MSG. Biasanya Dulse dijual dalam bentuk kering dan dapat ditambahkan pada makanan-makanan yang biasanya mengandung MSG.

Garam + Gula

Campuran garam dan gula merupakan pengganti MSG yang paling umum. Karna perpaduan antara garam dan gula dengan perbandingan 1:2, akan menghasilkan rasa gurih pada makanan. Selain itu gula dan garam akan memberikan rasa yang seimbang pada masakan, hal itu karna rasa manis yang di hasilkan gula mampu menyeimbangi rasa asin pada garam.

Kecap Asin

Kecap asin didapatkan melalui hasil fermentasi bahan nabati atau hewani yang berprotein tinggi di dalam larutan garam. Memiliki wangi yang khas juga rasa asin yang dihasilkan dapat juga dijadikan pengganti MSG karna terbuat dari kedelai dan garam atau ikan laut dengan komposisi yang lebih banyak. Sehingga mampu memberikan cita rasa makanan yang lebih sedap.

Saus Tiram

10 bahan pengganti msg saus tiram

Sesuai dengan namanya, saus tiram dibuat menggunakan tiram asli yang yang dimasak sampai mengental dan memberikan campuran rasa yang unik, gurih dan asin sehingga cocok untuk dijadikan pengganti MSG. Namun jangan menggunakan saus tiram terlalu banyak karena rasa asin yang cukup kuat pada saus ini. Kamu bisa memasukannya ke dalam makanan sedikit demi sedikit sambil sesekali mencicipi, hingga takarannya pas dan sesuai dengan selera mu.

Itulah beberapa bahan yang dapat menggantikan MSG untuk menyedapkan makanan mu. Bahan pengganti ini juga cocok untuk kamu yang memiliki alergi terhadap Micin, namun tetap dapat merasakan lezatnya masakan gurih.

10 bahan pengganti msg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *