Kapan Terakhir Kali Anda Membersihkan Kompor dengan Benar?

Percikan minyak, bahan-bahan dapur yang berserakan, atau tumpahan apapun sangat umum terjadi ketika sedang berada di dapur. Membersihkan dapur biasanya meliputi menyapu, mengepel lantai, mengelap meja, hingga mengelap microwave dan lemari es.

Namun, kebanyakan orang justru lupa bahwa kebersihan kompor merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Kapan terakhir kali anda membersihkan kompor dengan benar? Meskipun terkadang anda sering mengelap permukaan yang kotor lainnya bersamaan dengan mengelap kompor, tetapi sebenarnya ada beberapa perhatian khusus saat membersihkan kompor agar benar-benar bersih.

Penumpukan remah dan lemak atau minyak bisa menjadi penyebab yang buruk. Tidak hanya menjadikan dapur anda tidak higienis, tetapi juga dapat menumbuhkan bakteri dan semacamnya, serta dapat memengaruhi masakan anda dan bahkan menimbulkan bahaya kebakaran di dapur juga. Satu aturan yang berlaku untuk setiap jenis: bersihkan masalahnya sesegera mungkin. Semakin lama anda meninggalkan kotoran di atas kompor, maka akan semakin sulit pula untuk menghilangkannya.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Artikel ini akan membahas panduan lengkap untuk membersihkan kompor anda. Simak penjelasan berikut.

Seberapa Sering Kompor Harus Dibersihkan?

Hal yang paling utama sebelum membahas panduan lengkap mengenai cara untuk membersihkan kompor, penting untuk diketahui seberapa sering anda harus membersihkan kompor. Memasak yang telah menjadi rutinitas sehari-hari sudah pasti akan meninggalkan kotoran apapun di dekatnya, termasuk di kompor. Kotoran apapun, sebaiknya harus segera dibersihkan, karena jika tidak, kotoran-kotoran tersebut akan menempel dan membuat anda akan lebih sulit dalam membersihkannya.

Idealnya, anda harus mengelap kompor setelah setiap kali digunakan. Ini akan memastikan bahwa sisa makanan tidak menempel di kompor dan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan nantinya. Ini juga termasuk membersihkan bagian dalam oven. Minyak dan kotoran dapat menumpuk di permukaan kompor, sehingga sulit untuk memasak makanan dengan aman dan benar. Penumpukan kotoran ini juga dapat menyebabkan kompor tidak berfungsi dengan baik.

Cara Membersihkan Kompor Listrik

Sebenarnya, membersihkan kompor adalah hal yang cukup mudah. Namun ada catatan penting sebelum mulai membersihkan kompor, yaitu selalu pastikan bahwa kompor sudah dalam keadaan mati dan benar-benar dingin. Selain itu,alam membersihkan kompor listrik, anda harus memastikan agar tidak ada air yang masuk ke dalam pembakar. Karena jika terdapat air yang masuk, maka akan mengakibatkan sengatan listrik yang akan menimbulkan bahaya lainnya.

Setelah memastikan hal tersebut, anda bisa mulai dengan menyeka permukaan kompor menggunakan spons dan air hangat serta sabun. Sementara beberapa pembakar koil membersihkan sendiri, makanan dan kotoran masih dapat menumpuk di dalamnya. Jika pembakar koil Anda kotor, seka juga dengan lembut.

Jika Anda ingin membersihkan kompor listrik secara mendalam, anda bisa mencampurkan soda kue atau baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian, gunakan scrubber lembut atau sejenis alat pembersih non-abrasif untuk menghilangkan kotoran di kompor Anda.

Namun anda harus menyeka kotoran tersebut, karena alat pembersih non-abrasif dapat meninggalkan goresan pada permukaan kompor jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Apabila terdapat kerak makanan yang sudah mengeras di permukaan kompor, gunakan spatula atau pisau plastik untuk mengikisnya. Untuk noda yang lebih membandel, gunakan soda kue atau pembersih kompor.

Cara Membersihkan Kompor Gas

Membersihkan kompor gas melibatkan pekerjaan yang lebih banyak daripada kompor listrik. Hal ini dikarenakan banyaknya bagian yang dapat menjadi tempat sisa-sisa makanan atau bumbu dapur tertinggal di atas kompor. Pertama dan yang paling penting, selalu pastikan kompor dalam keadaan mati dan telah benar-benar mendingin sebelum dibersihkan.

Kemudian, lepaskan kisi-kisi dan panci tetes reflektor dari kompor dan rendam dalam air sabun yang panas. Biarkan bagian-bagian tersebut terendam selama 15 hingga 20 menit, kemudian gunakan alas jaring untuk mengikis kotoran yang tersisa. Anda juga bisa menggunakan soda kue yang telah membentuk pasta untuk membersihkan komponen ini.

Opsi lainnya selain menggunakan soda kue adalah gunakan pisau plastik atau spatula untuk mengikis serpihan kering yang tersisa di atas kompor. Setelah selesai, bersihkan kompor untuk terakhir kalinya dan pasang kembali semuanya. Apabila kompor gas Anda sangat kotor, Anda mungkin perlu menggunakan pengikis pisau cukur untuk menghilangkan makanan yang lengket atau mengeras. Namun, pastikan untuk membaca buku petunjuk milik anda terlebih dahulu, karena beberapa di antaranya mungkin menyarankan untuk tidak menggunakan pengikis pisau cukur.

Anda juga bisa menggunakan pengikis silet di atas kompor, dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama-tama semprotkan pada bagian yang kotor dengan sedikit cuka putih. Hal ini berguna untuk melunakkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Gosok kotoran dengan lembut dan perlahan menggunakan pengikis silet, dan pastikan kompor anda tidak tergores oleh pisau.

Hal penting lainnya untuk diingat, apabila Anda menggunakan sudut bilah atau mengarahkan bilah ke arah yang tidak tepat, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kompor. Gunakan kain microfiber untuk menyeka kotoran yang terlepas, lalu ulangi prosesnya sesuai kebutuhan.

Hal yang tidak Boleh Digunakan untuk Membersihkan Kompor Listrik

Penting untuk menghindari bahan kimia keras yang dapat menggores, luntur, atau meninggalkan residu di permukaan kaca pada kompor Anda. Pastikan juga bahwa Anda tidak menggunakan pembersih beracun di dekat permukaan kompor anda. Selain itu, hindari pembersih kaca karena dapat merusak bagian atas kompor kaca Anda dan melepaskan amonia.

Pakar kebersihan merekomendasikan untuk menjauhi produk pembersih yang mengandung banyak bahan kimia saat membersihkan bagian atas kompor Anda. Mereka tetap menyarankan untuk menggunakan produk alami, yaitu soda kue untuk membersihkan noda membandel.

Pakar lainnya mengatakan untuk menghindari penggunaan spons gosok dan wol baja saat membersihkan bagian atas kompor kaca, karena dapat meninggalkan goresan permukaan dan celah yang dalam di permukaan kaca. Bahkan tekstur metalik halus, seperti bantalan Brillo, dapat mengacaukan bagian atas kompor kaca.

Produk Lainnya untuk Membersihkan Kompor

Selain petunjuk di atas, ada beberapa produk rumah tangga lain yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kebersihan kompor. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa soda kue dan air adalah kombinasi produk yang paling sederhana dan juga terbukti secara efektif dapat membersihkan kompor Anda. Pilihan lain termasuk:

Garam dan Soda Kue

Mencampur satu sendok makan garam dengan satu sendok makan soda kue akan menghasilkan campuran pembersih kompor yang sangat baik. Pasalnya, tekstur garam yang kasar berfungsi sebagai eksfoliator mini atau scrub untuk kompor Anda, sehingga akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel.

Air dan Lemon

Kedua bahan ini juga bisa anda gunakan untuk membersihkan kompor. Kombinasi air yang disaring, sabun cair, dan jus lemon dapat membersihkan kompor Anda. Asam dalam lemon bersifat antibakteri dan antiseptik, sehingga menjadikannya pembersih yang luar biasa. Anda dapat menggabungkan kedua bahan tersebut untuk membuat pembersih yang bekerja sangat baik untuk menghilangkan kerak makanan gosong yang tertinggal.

Hidrogen Peroksida dan Soda Kue

Kombinasi bahan seperti hidrogen peroksida dan soda kue ampuh dalam membersihkan kompor Anda. Caranya adalah dengan menaburkan soda kue di atas permukaan kompor, lalu percikkan dengan hidrogen peroksida. Bahan-bahannya akan mendesis saat bersentuhan dan memecah kotoran yang menempel.

Cara Menjaga Kebersihan Kompor

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Bagian kompor yang sering terlewatkan adalah pada area tepi. Bagian ini jika terus-menerus terlewatkan, maka sisa makanan serta minyak dapat menumpuk dengan mudah di sana. Oleh sebab itu, saat membersihkan selalu periksa seluruh bagian kompor yang kotor.

Jika melihat kompor yang kotor, maka bersihkanlah sesegera mungkin. Hal ini akan membantu anda melakukan pembersihan kompor, menghemat waktu anda, serta menjadikan dapur terlihat lebih rapi. Karena apabila kotoran dibiarkan menumpuk, tentu akan membuatnya untuk sulit dibersihkan dan pastinya memakan waktu yang lama.

Bagian terpenting dalam menjaga kebersihan dapur adalah dengan membersihkan kompor secara rutin. Karena dengan dapur serta kompor yang bersih, dapat menciptakan suasana memasak yang bahagia. Itulah beberapa panduan lengkap untuk membersihkan kompor anda.

Setelah membaca artikel ini, apakah anda menyadari bahwa anda belum membersihkan kompor dengan tepat sejak lama? Apabila demikian, bersihkan sesegera mungkin ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *