Daftar 7 Restoran Indonesia Di Turki Untuk Obati Rindumu

Ketika seseorang harus meninggalkan tempatnya lahir dan tumbuh besar untuk beberapa alasan dalam waktu yang lama, kerap kali muncul sebuah kerinduan akan makanan yang pernah kita santap di tanah kelahiran. Terutama saat kita harus pergi ke luar negeri, di mana kita mungkin akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, khususnya dengan makanan di tempat tujuan kita yang bisa saja akan terasa sangat berbeda.

Setidaknya kini, saat zaman sudah modern dan segala macam informasi berseliweran di dunia maya, serta dunia ini yang seolah tidak memiliki sekat pembatas, kita bisa mengatasi masalah kerinduan ini dengan berbagai cara. Seperti halnya menyantap penganan yang biasa kita konsumsi di tanah air.

Rahasia tikka masala autentik

Cara pertama dan yang mungkin sedikit merepotkan, karena kemungkinan besar beberapa bahan akan sulit didapatkan selain dari tanah air kita, adalah dengan memasak makanan yang kita inginkan. Setidaknya dengan memasak kita bisa memastikan berbagai hal, dan menjadikan masakan yang kita buat sesuai dengan selera kita. Tapi tentu tidak semua orang memiliki waktu, kemampuan, ataupun bahkan keinginan untuk memasak makanan sendiri.

Lalu cara kedua, dan yang sering menjadi alternatif karena dipandang sebagai opsi yang praktis, adalah dengan membeli makanan yang kita inginkan di sebuah restoran. Setidaknya dengan makan di restoran, kita tidak perlu repot-repot untuk berbelanja, memasak hingga mencuci piring. Tapi dengan makan di restoran, kita mungkin akan merasa kurang puas karena kerinduan kita terhadap tanah air tidak terpenuhi sepenuhnya.

Namun terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan dua opsi yang telah disebutkan tadi, tidak dipungkiri jika dengan mengonsumsi makanan tempat kita lahir dan tumbuh besar akan menjadi pelipur kerinduan kita terhadap tempat kelahiran kita.

Oleh karena itu, setidaknya hingga saat ini, ada 7 tempat pelipur lara yang menyediakan berbagai produk khas Indonesia bagi para perantau asal Indonesia yang tinggal di Turki. Dari 7 tempat ini, setidaknya ada 4 restoran dan satu toko kelontong yang bisa dikunjungi, entah itu oleh warganegara Indonesia atau warga asing yang sedang berada di Turki.

Warung Nusantara

Restoran yang didirikan oleh pasangan suami istri bernama Meily Adistia Özdemir, yang berasal dari Pontianak, dan suaminya Şeyhmus Özdemir yang asli orang Turki bisa dikatakan sebagai pionir restoran yang menyajikan penganan khas Indonesia di Turki. Sebagai pionir restoran Indonesia juga, Warnus dikenal karena telah mempertahankan cita rasa yang otentik khas Indonesia.

Selain penganan siap santap seperti sate ataupun berbagai macam soto, restoran yang telah berdiri sejak Maret 2014 ini juga menyediakan beberapa produk asli Indonesia, seperti halnya kecap, kerupuk mentah, bumbu bubuk instan, agar-agar hingga tahu tempe beserta beberapa obat-obatan khas Indonesia. Jika beruntung maka Anda bisa menemukan mie instan asli Indonesia di sini.

Sebagai pionir restoran Indonesia, restoran yang sering disingkat Warnus ini adalah primadona bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Turki. Anda tidak perlu khawatir untuk masalah harga dan cita rasa yang disajikan di sini, karena harga yang ditetapkan oleh restoran yang terletak di kawasan padat penduduk Zeytinburnu ini adalah harga pasaran di Istanbul, yaitu sekitar 21 hingga 60 Turkish Lira untuk makanan utama.

Koali Lounge & Dine

Mari kita beralih dari suasana restoran yang cerah karena dikelilingi oleh banyak jendela besar menuju suasana yang sedikit lebih syahdu, mengingat tempat selanjutnya berada di kawasan Beyoğlu yang lebih padat dari Zeytinburnu.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Restoran yang berada cukup dekat dengan Menara Galata ini mengusung konsep yang lebih homey dengan beberapa ornamen khas Indonesia seperti nampan rotan, kalimat gaul berbahasa Indonesia, lagu-lagu khas Indonesia, atau bahkan keberadaan wayang, topeng, ornamen batik dan payung tradisional yang sangat khas. Karena suasana khas yang disajikan, tidak jarang restoran ini kedatangan beberapa nama besar seperti para duta besar, konsulat, atau artis dan youtuber terkenal.

Sehingga bisa saja suasana di restoran yang baru berdiri satu tahun lebih ini membuat beberapa orang malas beranjak. Meskipun berada di kawasan yang cukup mewah, harga yang dipatok oleh restoran ini bisa dikatakan sangat murah, yaitu sekitar 15 sampai 35 Turkish Lira.

Sajian yang disajikan oleh restoran ini juga dikatakan bisa mengobati kerinduan terhadap tanah air. Karena tidak hanya menyajikan berbagai menu utama seperti soto, gulai, sate, nasi atau mie goreng, restoran ini turut menyajikan beberapa camilan berkalori tinggi khas Indonesia seperti batagor, cilok, lumpia, seblak yang sudah pasti pedas namun bisa diatur tingkat kepedasannya, berbagai jenis sambal, atau bahkan pisang goreng yang mendadak naik kelas karena disajikan bersama dondurma dan saus cokelat.

Rasa Kita Resto

Dua restoran yang akan dibahas dari sini bisa dikatakan masih sangat baru, karena baru dibuka pada tahun 2021. Seperti halnya restoran yang menjajakan makanan Indonesia lainnya di Istanbul, harga yang dipatok oleh restoran yang terletak di Ortabayır, Kağıthane ini masih berada di kisaran normal restoran-restoran Istanbul pada umumnya.

Restoran yang diresmikan oleh Konsulat Jenderal Indonesia untuk Turki ini tidak hanya menyajikan penganan Indonesia populer seperti nasi goreng, mie goreng ataupun kari. Restoran ini juga turut menyajikan beberapa penganan khas lainnya seperti pempek, tahu, tempe, sayuran khas Indonesia, serta berbagai produk pabrikan yang diimport langsung dari Indonesia.

Warung Bali Istanbul

Selain berbagai makanan Indonesia yang populer di seluruh negeri, restoran yang terletak di Şişli ini juga ikut menghadirkan berbagai makanan khas Bali seperti sate lilit, ayam betutu dan ayam bakar plecing yang khas.

Selain makanan yang siap santap, restoran ini juga turut menyajikan produk-produk lokal Indonesia yang akan membantu mewarnai rumah Anda di Turki. Seperti halnya mie instan, sambal botol, hingga minyak angin serta balsam.

Samsun Produktif

Setelah kita membahas tentang restoran yang menyajikan sajian khas Indonesia, yang sayangnya masih terpusat di Istanbul, kini kita akan beralih ke sebuah toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan khas Indonesia, entah itu rempah-rempah, bumbu bubuk instan, ikan asin, berbagai camilan dari Indonesia, bahkan hingga kosmetik, kerupuk mentah dan keripik, kopi instan khas Indonesia, dan juga obat-obatan tradisional Indonesia.

Bahkan toko online yang dikelola oleh mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Samsun ini tidak hanya menyediakan produk jadi yang diimport dari Indonesia. Mereka juga turut menyediakan berbagai camilan dan masakan yang dibuat berdasarkan pesanan. Sebagai toko online yang menyediakan berbagai macam penganan Indonesia juga, tentu toko ini turut menjual tahu, tempe, atau bahkan kedelai dan juga berbagai jenis dan merek agar-agar bisa ditemukan di sini.

Bahkan jika ada stok, toko ini juga bisa menyediakan rice cooker dan berbagai perlengkapan dapur lainnya seperti kukusan, sumpit, atau bahkan ulekan batu yang tidak bisa ditemukan di Turki. Sebagai catatan, toko ini telah memperoleh banyak testimoni yang bagus dari orang-orang Indonesia yang tinggal di Turki, sehingga kredibilitas toko ini juga tidak perlu kita ragukan.

Saung 38

Jika lokasi Anda saat ini terlalu jauh dari Samsun dan tidak mau ongkos kirim membengkak, jangan khawatir! Karena Turki tidak hanya memiliki satu toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan khas Indonesia. Sedikit bergeser ke selatan, di pusat Turki, yaitu kota Ankara, ada juga sebuah toko online yang menyediakan berbagai macam produk Indonesia, yaitu Saung 38.

Toko online ini diketahui menjual banyak sekali varian produk Indonesia. Mulai dari berbagai jenis ikan asin, tempe, kacang kedelai, kopi instan, sereal instan, kecap, bumbu bubuk, rempah-rempah, berbagai jenis tepung dan sambal, atau bahkan rice cooker dan berbagai peralatan dapur lainnya untuk melengkapi dapur.

Selain itu, diketahui jika toko, ini turut menjual materai Indonesia dan menyediakan dua macam jasa yang memudahkan masyarakat Indonesia yang tinggal di Turki. Jasa pertama adalah jasa penukaran Rupiah ke Turkish Lira atau sebaliknya, dan jasa kedua adalah jasa titip bagasi yang rutin dilakukan oleh tim pengelola toko. Sehingga jika Anda tidak menemukan barang yang dicari, Anda bisa melakukan pembelian melalui jasa titip bagasi ini untuk memperoleh barang yang diinginkan.

Organic Botanic

Masak Enak Jadi Mudah

Meskipun baru muncul di awal tahun 2021, tetapi toko kelontong yang terletak di pusat distrik terpadat Istanbul, yaitu Esenyurt, bisa dikatakan sebagai angin segar di sana. Toko kelontong yang turut diresmikan oleh Konsulat Jenderal Indonesia di Istanbul ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat jual beli, tetapi juga sebagai kantor dari perintis dan pengelola toko ini, yaitu Komunitas Eksportir Muda Indonesia di Turki atau Kemi Turki.

Toko kelontong ini sendiri tidak hanya menyediakan produk Indonesia berupa makanan kering, buah-buahan tropis, ataupun rempah. Pengelola toko juga turut menghadirkan produk Turki pada umumnya, sayur beserta buah-buahan segar sebagai pelengkap.

Sebagai toko yang diresmikan oleh konsulat Indonesia, baik KJRI ataupun KBRI berharap agar produk lokal Indonesia bisa semakin kuat distribusinya di Turki. Tidak hanya produk Indonesia yang diimpor ke Turki, dengan dibukanya toko ini juga diharapkan agar warga Indonesia yang tinggal di Turki bisa berwirausaha dan memperkenalkan penganan khas Indonesia di Turki.

Dengan hadirnya tujuh tempat tersebut, meskipun mungkin harganya akan cenderung lebih mahal jika kita menghitungnya dengan rupiah, tetapi harga-harga tersebut bisa dikatakan pasaran untuk ukuran penganan import.

Lagipula jika seseorang sedang merindukan kampung halaman, biasanya cara apapun akan ditempuh untuk memuaskan kerinduan akan suasana di kampung. Keberadaan 7 tempat ini juga memudahkan masyarakat Indonesia yang tinggal di Turki untuk memperkenalkan sajian Indonesia pada lingkungan sekitar.

masak 3,5 kg daging shish kebab

Leave a Reply

Your email address will not be published.