Ciri-Ciri Kambing

ciri ciri kambing

Bagi beberapa orang mungkin sulit membedakan antara kambing dan domba karena keduanya memiliki kemiripan. Namun meskipun mirip kambing jelas berbeda dengan domba, untuk mengetahuinya kamu bisa mencoba melihat pada ciri hewan tersebut.

Nah kali ini, kami akan membahas tentang ciri-ciri kambing yang harus kamu ketahui.

Ciri-ciri kambing terbagi menjadi 2 yakni ciri khusus dan ciri-ciri umum, yakni :

Ciri Khusus :

Cara makan

kambing makan rumput

Kambing termasuk ke dalam hewan herbivora yang biasanya memakan daun-daun segar, pucuk daun, dan memakannya dengan agak berdiri.

Kebiasaan

kebiasaan kambing

Kambing adalah tipe hewan yang cenderung mandiri dan bebas. Ketika mencari perlindungan, kambing sangat gesit dan cepat. Kambing tidak suka jika kakinya terkena air dan basah, sehingga mereka akan segera mencari rumput di tempat yang lebih tinggi, jika di sekitar mereka terdapat air.

Termasuk hewan mamalia.

kambing hewan mamalia

Kambing termasuk hewan mamalia yakni menyusui dan berkembang biak dengan melahirkan atau-pun beranak. Dalam sekali beranak biasanya kambing mendapatkan 1-4 ekor bayi kambing.

Ciri Umum :

Bulu

Kambing memiliki bulu berwarna putih, kecokelatan, abu-abu, hitam, namun ada juga yang berwarna belang. Berbeda dengan domba, bulu kambing ialah lurus dan tidak perlu dicukur, bahkan tidak masalah jika dibiarkan saja memanjang. Kambing juga umumnya mempunyai janggut atau rambut di bagian bawah dagu.

Telinga

Telinga kambing sebagian besarnya terjuntai ke bawah dan panjang tidak menegak ke atas, daun telinga kambing juga lebih lebar. Seperti manusia, telinga kambing juga dipergunakan untuk mendengar.

Tanduk

Kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping dan tidak melengkung. Pada kambing betina tanduknya lebih pendek jika dibandingkan yang jantan.

Hidung Pesek

Kambing memiliki hidung yang rata, namun ada juga beberapa jenis kambing yang memiliki hidung cembung. Tetapi kebanyakan kambing mempunyai hidung yang pesek.

Kaki

Kambing memiliki 2 kaki belakang dan 2 kaki depan yang dipergunakan untuk berjalan. Yang mana di setiap kakinya memiliki kuku yang akan memanjang secara alami.

Mata

Kambing memiliki warna mata hitam di tengah dan bagian samping yang berwarna agak kecoklatan.

Ekor

Kambing memiliki ekor yang tegak dan lurus, namun ekor kambing biasanya lebih pendek jika di bandingkan dengan ekor biri-biri.

Gigi

Seperti hewan mamalia kebanyakan, kambing juga memiliki gigi geraham dan gigi seri yang dapat membantunya untuk bertahan hidup sehari-hari. Seperti misalnya mengunyah makanan.

ciri ciri kambing

Itulah informasi mengenai ciri kambing yang dapat kami berikan untuk kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *