Black Lime Atau Loomi, Rempah Rahasia Timur Tengah

Black lime atau loomi secara sederhana diartikan sebagai jeruk nipis yang dikeringkan. Rempah yang satu ini digunakan dalam jumlah yang sedikit, namun sudah bisa membuat makanan menjadkhai istimewa. Black lime umum ditemukan dalam makanan Timur Tengah dan India, sehingga menjadi rahasia kelezatan makanan khas disana.

Awalnya black lime hanya bisa didapat dengan mengimpor dari Oman, Iran atau Mesir, namun saat ini sudah bisa dibeli di Indonesia melalui Cairo Food. Walaupun dibuat dari jeruk nipis, namun jenis jeruknya berbeda, serta proses dan pembuatan loomi cukup rumit. Yuk simak apa yang membuat Black Lime atau Loomi ini spesial?

Apa Itu Black Lime?

Rahasia gulai autentik

Nama Black Lime atau Loomi mungkin masih asing bagi banyak orang karena rempah ini merupakan salah satu rahasia masakan Timur Tengah. Black Lime juga dikenal dengan banyak nama lain seperti Dried Lime, Black Lemon, Noomi basra, Limoo omani, dan juga Loomi. Loomi berasal dari daerah Oman, namun pada penyebarannya digunakan juga di wilayah Iran, Iraq, Wilayah Gulf (Qatar, Emirates, Saudi, Kuwait). Walaupun terkenal di wilayah tersebut, sekarang di wilayah Afrika Utara seperti Mesir, Maroko, Libya dan Syam (Suria, Lebanon, Palestina) juga menggunakan Loomi dalam dapur mereka.

Dried Lime terkadang juga ditemukan penggunaannya dalam Masakan India dikarenakan India dan Arab memiliki sejarah hubungan dagang yang kuat sejak dahulu kala. Sehingga India juga mengexport hasil Dried Limenya kepada negara Arab. Hal ini juga bisa dilihat pada sebutan Dried Lime di Iraq, yaitu Noomi basra. Noomi basra berasal dari nama Kota dan Pelabuhan di Iraq yang merupakan satu satunya pelabuhan untuk wilayah Laut Persia, yaitu “Basra”.

Secara singkat Black Lime atau Dried Lime merupakan Jeruk nipis yang diproses dengan perebusan air laut lalu dijemur dibawah sinar matahari hingga kering luar dan dalam. Dalam proses pengeringannya Loomi juga akan melalui proses fermentasi dan membutuhkan Waktu yang cukup lama, bisa mencapai 3-4 bulan. Tingkat kegagalannya juga cukup tinggi karena membutuhkan Sinar matahari yang sangat kuat secara terus menerus.

Loomi tidak bisa dimakan langsung seperti pada awal prosesnya, melainkan hanya bisa digunakan sebagai bumbu atau rempah dalam masakan. Umumnya Dried Lime digunakan dalam Masakan Berkuah seperti Sup dan Kari, namun juga biasa digunakan dalam Nasi Kabsa atau Biryani. Tidak terbatas hanya disitu saja, Loomi juga bisa digunakan sebagai taburan Salad hingga olahan Laut.

Rasa dari Black Lemon sangatlah unik dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Karena sudah melalui proses fermentasi dan pengeringan dalam waktu yang sangat lama, rasa yang dihasilkan sangatlah kuat seperti campuran rasa asam dan asap. Limoo amani memiliki rasa yang kuat yaitu perpaduan asam dan sedikit pahit.

Rasanya mirip seperti jeruk nipis segar, namun terasa berasap dan tidak memiliki rasa manis dari jeruk nipis segar. Rasa pahit yang dihasilkan terasa seperti rasa fermentasi, namun rasa ini hanya terkonsentrasi di kulit luar dan bagian bijinya saja. Penggunaan Dried Lime bukan hanya karena rasanya saja, melainkan aroma yang dihasilkan juga.

Black Loomi di Pasar Bahrain
Black Loomi di Pasar Bahrain

Manfaat Black Lime (Dried Lime)

Seperti kita ketahui Bahwa Jeruk Nipis memiliki kandugan Vitamin C dan D yang banyak, namun pada prosesnya ternyata Black Lime memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai berikut.

  • Kesehatan jantung; yakni loomi sangat berguna bagi otot jantung, menguatkan dan juga mengatasi penyakit jantung serta mengatur proses pompa darah.
  • Detox racun; Black Lime berguna untuk detoksifikasi di dalam tubuh, karena memiliki beberapa sifat pelawan bakteri berbahaya, jadi Black Lime adalah pembersih alami untuk sistem pencernaan.
  • Mencegah penyakit usus; Loomi mengandung vitamin C yang sangat banyak dan dapat digunakan untuk membersihkan Usus. Caranya mudah, Anda bisa menyiapkan Jus wortel dengan Rebusan Air Black Lime lalu diminum.
  • Mempercepat pemulihan persalinan; Vitamin C bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada masa setelah melahirkan dan melindungi Ibu dari kelelahan. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan fisik untuk dapat merawat anaknya setelah lahir dan menjadi sehat.
  • Menjaga kesehatan secara umum; lemon hitam mengandung vitamin D, Vitamin C dan kalsium, yang merupakan elemen paling penting untuk memperkuat otot, mencegah osteoporosis, memperkuat gigi dan juga menghindari peradangan. Loomi mengandung riboflavin yang penting untuk otak karena dapat memperkuat fugsi dan aktivitas otak.
  • Menambah nafsu makan; penggunaan Black Lime dapat meningkatkan nafsu makan karena aroma dan rasa makanan menjadi lebih enak dan kuat.

Penggunaan Black Lime

Pada dasarnya penggunaan Black Lime adalah untuk masakan. Sedangkan dalam prakteknya, loomi digunakan dalam bentuk utuh maupun bubuk. Jika anda menggunakan black lime dalam kondisi utuh, maka pastikan agar dibelah dua sebelum digunakan, dan jangan dihancurkan karena akan merusak makanan anda. Cukup dibelah sedikit atau dilubangi sedikit saja dalam penggunaannya.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet
masakan negara apapun cairo food bumbunya

Lain hal jika anda menggunakannya sebagai taburan atau bahan campuran bumbu kering, maka gunakan sedikit saja. Jika terlalu banyak maka warna makanan akan menjadi gelap dan rasa akan menjadi pahit. Penggunaan Black Lime memang sangat sedikit, namun bisa membuat rasa dan aroma makanan berubah drastis menjadi sangat nikmat dan menggoda selera.

black lime bubuk
black lime bubuk

Biasanya untuk Nasi Biryani atau Kabsa anda bisa mencoba menggunaan tambahan 1-2 Black Lemon ukuran kecil secara utuh, atau jangan dihancurkan. Di Iraq ada minuman yang dibuat dengan Back Lime atau Dried Lime ini. Selain itu, ada juga resep untuk sejenis asinan buah serta kue yang menggunakan loomi ini.

Membeli Dan Menyimpan Black Lime

Black Lime tidak mudah ditemukan di Indonesia karena kebanyakan yang asli harus di import dari Oman. Namun anda bisa membeli Black Lime melalui Cairo Food yang diproduksi sendiri dengan kualitas yang setara import. Black Lime Cairo Food tersedia dalam bentuk bubuk dan utuh dengan harga 29.000 per 100 gram atau jika ingin lebih hemat dapat membeli 1 kg dengan harga 250.000 saja.

Setelah membeli Black Lime atau limoo amani, maka anda perlu sedikit tips untuk menyimpan rempah yang satu ini. Caranya dengan menyimpan limoo amani di dalam plastik yang cukup besar ataupun wadah kaca. Penyimpanan dalam wadah tertutup dan menyeluruh, akan memastikan semua buah Black Lime akan terlindungi secara merata. Oleh sebabnya disarankan juga untuk menggunakan wadah yang longgar dan tidak membiarkan limoo amani menumpuk dengan sangat rapat. Isilah wadah dengan maksimal 2/3 dari total ruang dalam kemasan yang digunakan.

Selanjutnya, simpan limoo amani di ruangan yang kering serta berventilasi selama 4 hingga 10 hari. Sementara itu, untuk produk rempah Black Lime yang berkualitas baik  dan dijual secara luas, biasanya akan dikemas dalam kemasan ziplock yang cukup aman dan awet. Dengan wadah ini, limoo amani bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Ingan pula, jangan gunakan Black Lime atau Dried Lime yang sudah busuk, seperti tekstur menjadi lembek, warnanya berubah, bagian dalam jeruk semakin kering dan berbau tidak sedap.

masak 3 kg rendang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *