Black Lime atau Loomi, Rempah Rahasia Timur Tengah

Black Lime Loomi

Nama Black Lime atau Loomi mungkin masih asing bagi banyak orang karena rempah ini merupakan salah satu rahasia masakan Timur Tengah. Black Lime juga dikenal dengan nama lain seperti Dried Lime, Black Lemon, Noomi basra, Limoo omani, dan juga Loomi. Loomi berasal dari daerah Oman, namun pada penyebarannya digunakan juga di wilayah Iran, Iraq, Wilayah Gulf(Qatar, Emirates, Saudi, Kuwait). Walaupun terkenal di Wilayah tersebut, sekarang Wilayah Utara Afrika(Mesir, Maroko, Libia) dan Syam(Suria, Lebanon, Palestine) juga menggunakannya dalam dapur mereka.

Dried Lime terkadang juga ditemukan penggunaannya dalam Masakan India dikarenakan India dan Arab memiliki sejarah hubungan dagang yang kuat sejak dahulu kala. Sehingga India juga mengexport hasil Dried Limenya kepada negara Arab. Hal ini juga bisa dilihat pada sebutan Dried Lime di Iraq, yaitu Noomi basra. Noomi basra berasal dari nama Kota dan Pelabuhan di Iraq yang merupakan satu satunya pelabuhan untuk wilayah Laut Persia, yaitu “Basra”.

Secara singkat Black Lime atau Dried Lime merupakan Jeruk nipis yang diproses dengan perebusan air laut lalu dijemur dibawah sinar matahari hingga kering luar dan dalam. Dalam proses pengeringannya Loomi juga akan melalui proses fermentasi dan membutuhkan Waktu yang cukup lama, bisa mencapai 3-4 bulan. Tingkat kegagalannya juga cukup tinggi karena membutuhkan Sinar matahari yang sangat kuat secara terus menerus.

Loomi tidak bisa dimakan langsung seperti pada awal prosesnya, melainkan hanya bisa digunakan sebagai bumbu atau rempah dalam masakan. Umumnya Dried Lime digunakan dalam Masakan Berkuah seperti Sup dan Kari, namun juga biasa digunakan dalam Nasi Kabsa atau Biryani. Tidak terbatas hanya disitu saja, Loomi juga bisa digunakan sebagai taburan Salad hingga olahan Laut.

Rasa dari Black Lemon sangatlah unik dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Karena sudah melalui proses fermentasi dan pengeringan dalam waktu yang sangat lama, rasa yang dihasilkan sangatlah kuat seperti campuran rasa Asam dan Asap. Penggunaan Dried Lime bukan hanya karena rasanya saja, melainkan Aroma yang dihasilkan juga.

Black Loomi di Pasar Bahrain
Black Loomi di Pasar Bahrain

Manfaat Black Lime atau Dried Lime

Seperti kita ketahui Bahwa Jeruk Nipis memiliki kandugan Vitamin C dan D yang banyak, namun pada prosesnya ternyata Black Lime memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai berikut.

  • Jantung, Loomi sangat berguna bagi otot jantung, menguatkan dan juga mengatasi penyakit jantung serta mengatur proses pompa darah.
  • Detox Racun, Black Lime berguna untuk detoksifikasi di dalam tubuh, karena memiliki beberapa sifat pelawan bakteri berbahaya, jadi Black Lime adalah pembersih alami untuk sistem pencernaan.
  • Mencegah Penyakit Usus: Loomi mengandung vitamin C yang sangat banyak dan dapat digunakan untuk membersihkan Usus. Caranya mudah, Anda bisa menyiapkan Jus wortel dengan Rebusan Air Black Lime lalu diminum.
  • Baik Sehabis Bersalin: Vitamin C bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada masa setelah melahirkan dan melindungi Ibu dari kelelahan. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan fisik untuk dapat merawat anaknya setelah lahir dan menjadi sehat.
  • Kesehatan Secara Umum: Lemon hitam mengandung vitamin D, Vitamin C dan kalsium, yang merupakan elemen paling penting untuk memperkuat otot, mencegah osteoporosis, memperkuat gigi dan juga menghindari peradangan. Loomi mengandung riboflavin yang penting untuk otak karena dapat memperkuat fugsi dan aktivitas Otak.
  • Menambah Nafsu Makan, Penggunaan Black Lime dapat meningkatkan nafsu makan karena aroma dan rasa makanan menjadi lebih enak dan kuat.

Penggunaan Black Lime

Pada dasarnya penggunaan Black Lime adalah untuk masakan. Sedangkan dalam prakteknya, loomi digunakan dalam bentuk utuh maupun bubuk. Jika anda menggunakan black lime dalam kondisi Utuh, maka pastikan agar dibelah dua sebelum digunakan, dan jangan dihancurkan karena akan merusak makanan anda. Cukup dibelah sedikit atau dilubangi sedikit saja dalam penggunaannya.

Lain hal jika anda menggunakannya sebagai taburan atau bahan campuran bumbu kering, maka gunakan sedikit saja. Jika terlalu banyak maka warna makanan akan menjadi gelap dan rasa akan menjadi pahit. Penggunaan Black Lime memang cukup sedikit saja, namun bisa membuat rasa dan aroma makanan berubah drastis menjadi sangat nikmat dan menggoda selera.

black lime bubuk
black lime bubuk

Biasanya untuk Nasi Biryani atau Kabsa anda bisa mencoba menggunaan tambahan 1-2 Black Lemon ukuran kecil secara utuh, Jangan dihancurkan.

Di Iraq ada Minuman yang dibuat dengan Back Lime atau Dried Lime ini. Dan juga terdapat resep untuk sejenis asinan buah serta kue. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kuliner kita.

Jika anda membutuhkan Black Lime, silahkan melakukan pemesanan kepada kami. Cairo Food memproses sendiri Black Lime secara Lokal, Bukan Import. Semoga Suatu saat Indonesia bisa menjadi Negara Exportir Black Lime  terbesar keseluruh Dunia.

Summary
Black Lime atau Loomi, Rempah Rahasia Timur Tengah
Article Name
Black Lime atau Loomi, Rempah Rahasia Timur Tengah
Description
Black Lime juga dikenal dengan nama lain seperti Dried Lime, Black Lemon, Noomi basra, Limoo omani, dan juga Loomi. Dan ini adalah Bumbu Rahasia Makanan Timur Tengah
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Leave a comment