Berbagai Jenis kari dari seluruh penjuru dunia

Kari India
Kari India

Kepopuleran kari telah menyebar dari india kedalam khazanah masakan dunia. Untuk sesuatu yang spesial seperti kari, maka kita juga membutuhkan resep dan pengetahuan yang lebih sebagai referensi. Mari kita telusuri berbagai jenis kari terbaik dari seluruh penjuru dunia.

India

Spesial dari india, mereka memilih jintan esensial, kapulaga, ketumbar, garam masala, dan bubuk cabai sebagai rempah-rempah pilihan yang kemudian dipanggang terlebih dahulu dan di tumbuk hingga menjadi bumbu kari. Selain itu ada juga yang menambahkan kunyit, kayu manis, sawi, lada hitam dan jahe. Bumbu sangat bervariasi tergantung daerah dan selera.

Korma

Korma menggabungkan daging atau sayuran yang direbus dengan yoghurt, garam masala, dan bubuk kari. Masakan india sering menggunakan yoghurt, susu krim, kacang-kacangan yang di haluskan, pasta biji-bijian, dan santan sebagai kuah.

Madras

Dibuat dengan tomat, cabe rawit, klabet, cengkeh menjadikan rasa pedasnya begitu kuat dan nikmat. Biasanya madras menggunakan yoghurt sebagai peredam rasa panas. Dimasak hingga sausnya meresap kedalam ayam, daging atau bisa juga dengan seafood.

 

Jalfrezi

Salah satu hidangan terkenal ini terdiri dari bahan utama daging atau ikan dengan sayur yang ditumis dengan saus pedas kental. Dengan campuran cabe hijau, bawang, dan tomat.

Dhansak

Dhansak merupakan hidangan populer india yang berasal dari Parsi Zoroastrian. Dhansak menggabungkann unsur-unsur makanan persia dan gujarati. Berbahan utama daging kambing dengan campuran lentil(sejenis kacang lunak) dan sayuran. Lalu di sajikan dengan nasi merah karamel yang memberikan rasa dan warna yang khas.

Rogan Josh

Kari istimewa khas Kashmir ini dibuat dengan daging merah domba segar yang kemudian di rebus bersama cabai kashmir. Dengan campuran rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, ketumbar dan kapulaga. Serta tambahan yoghurt menjadikan kuah yg kental dengan kelezatan yang berlapi-lapis.

Saag

Tidak seperti kari lain, Saag penuh dengan sayuran hijau. Bayam, kangkung, seledri, dan sayuran hijau lainnya yang di masak bersama ayam lunak, rempah-rempah. Jahe dan bawang putih segar meresap kedalam daging dan sayur. Sedikit pedas dari cabe merah. Penuh cita rasa dengan campuran rempah seperti ketumbar, bawang hijau, dan garam masala.

Balti

Berbeda dari masakan traditional india pada umumnya, Balti biasanya dimasak dengan cepat menggunakan minyak nabati dengan api yang besar yang kemudian di tumis dengan bawang putih, kunyit, cabe hijau, biji mustard dan bumbu lainnya.

Tikka Masala

Ayam yang di rendam dengan yoghurt, bawang putih dan jeruk nipis kemudian di panggang pada tandoori(oven dari tanah liat) menjadikan texture daging ayam yang begitu lembut saat dimakan. Kemudian paprika dan tomat akan membuat hidangan menjadi lebih indah.

Thailand

Kari-Thailand

Kari sering disebut sebagai pasta di Thailand. Sering kali masyarakatnya menyajikan kari dengan rebung, terong muda, kacang panjang, paprika, daun basil segar bahkan mangga dan juga kelapa. Terdapat 3 jenis kari paling terkenal di Thailand.

Green Curry

Kari yang satu ini cocok untuk anda yang suka pedas. Dengan cabe hijau, daun kemangi, daun jeruk, dan terong hijau membuatnya terlihat cerah dan indah. Ayam atau udang menjadi pilihan tepat untuk bahan utama “Green Curry”.

Red Curry

Lebih dari satu jenis cabe merah yang ada dalam setiap pasta dengan Lengkuas, bawang putih, dan akar kunyit menjadikan “Red Curry” kaya akan rasa. Kemudian anda dapat memilih ayam, udang, daging, atau tofu sebagai bahan utama.

Yellow Curry

Kunyit sudah pasti menjadi peran utama “Yellow Curry”. Dengan serai, ketumbar, lengkuas, bawang putih, jintan, dan cabe merah kering membuat rasa yang sedikit pedas dan tidak terlalu manis.

Massaman

Kari super lembut yang satu ini terpengaruh oleh masakan persia. Dibuat dengan gula aren, cengkeh, kayu manis dan bunga lawang. Ditambah sayuran segar, kentang, lengkuas, dan kacang tanah membuat rasanya lebih fantastis.

Jepang

Warnanya yang coklat gelap dan kental membuat kari jepang terlihat begitu lezat dan membangkitkan selera makan. Daging sapi atau ayam, wortel, dan kentang adalah pilihan bahan yang bagus untuk kari jepang yang kemudian di tumis dengan saus pedas lada hitam, garam masala, dan kunyit. Dituang keatas nasi putih hangat dan di tutup dengan telur goreng membuat kari yang satu ini terlihat sempurna.

Ceylon kari dari Srilanka

Bukan bahannya yang membuat kari Ceylon istimewa. Namun bumbu yang meresap hingga kebagian paling dalam membuat Ceylon menjadi satu dari sekian kari ter-hits. Dihidangkan dengan seafood atau daging dan kuah bersantan serta jeruk nipis. Kacang mete dan buah-buahan tropis bisa menjadi tambahan spesial sesuai selera.

 

Kari Jamaica

Wow! Kata yang tepat untuk kari yang satu ini. Super lezat dan pedas! Biji mustard, adas manis, jintan, kecap inggris dan cuka membuat kari Jamaica menjadi semakin dirindukan.

 

Kari Ayam Trinidad

Kari Trinidad menggunakan teknik marinate untuk mengolah ayam yang kemudian di rebus perlahan. Kombinasi dari jahe, bawang putih, ketumbar, dan cabai habanero membuat kari ayam trinidad memiliki rasa yang klasik. Nasi atau roti biasanya menjadi pilihan tambahan untuk disajikan.

 

Korma Afghanistan

Kari-Afghanistan

Korma Afghanistan bukan hanya nikmat, tapi juga baik untuk kesehatan. Dibuat dengan rempah-rempah pilihan seperti jahe, kunyit, bawang putih, cabai merah panjang dan Chana dal (kacang-kacangan/lentil) yang memiliki indeks glikemik rendah, membuat perut anda terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

 

Kari Afrika

Afrika memiliki banyak kari traditional. Tapi sebagian besar masyarakat membuat kari mereka dengan berbagai sayuran seperti paprika, buncis, jahe segar, jeruk lemon kedalam masakan. Namun anda juga dapat menambahkan ayam, daging, atau seafood sesuai selera.

Kari Portugis

Yang satu ini memadukan budaya masakan cina dan portugis. Bubuk kari madras, kentang, santan, dan ayam menjadi bahan utama. Tomat merah segar, manisan zaitun, peterseli dan potongan lemon terasa segar dimulut.

 

Kari Cape Malay

Cape Malay terkenal dengan rasa yang manis dan gurih. Menggunakan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, buah kering seperti aprikot, bawang putih dan bawang merah. Selain dapat disajikan dengan nasi, Cape Malay juga dapat di hidanglan dengan telur dan kentang.

 

Kari Indonesia (Rendang)

Siapa yang tak kenal makanan favorit se-tanah air ini bahkan hingga ke malaysia. Wangi nya saja sudah membuat perut keroncongan. Dari daging sapi pilihan yang di masak secara perlahan dengan santan, daun serai, daun jeruk, kemiri, bawang putih, ketumbar, jintan, cabai, dan remlah lainnya hingga menguap texturenya kental. Manis, asam, pedas, dan gurih menjadi satu meresap hingga kebagian terdalam daging. Rasanya tak percaya jika ada orang indonesia yang tak suka primadona yang satu ini.­

Summary
Jenis-jenis kari dari seluruh penjuru dunia
Article Name
Jenis-jenis kari dari seluruh penjuru dunia
Description
Jenis-jenis kari dari seluruh penjuru dunia mulai dari India, Afrika, Thailand, Jepang, Malaysia hingga Indonesia.
Author
Publisher Name
Cairo food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment