9 Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan!

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Duri ikan termasuk kategori tulang ikan. Disebut ‘duri’ karena apabila tersangkut dalam tenggorokan akan terasa seperti tertusuk. Menghilangkan duri yang tersangkut tergolong susah-susah gampang, karena terasa sakit dan perih. Saat duri tersangkut maka akan menggesek permukaan kulit tenggorokan, sehingga terjadi luka yang menyebabkan rasa perih itu muncul. Tanda lainnya yang bisa kamu rasakan saat duri ikan tersangkut ialah air liur berdarah, serta susah dan sakit saat menelan ludah.

Duri ikan cenderung kecil karena menyesuaikan bentuk tubuhnya. Untuk itu perlu diperhatikan saat kamu hendak menyantapnya. Pastikan yang kamu ambil adalah daging ikan bukan tulang ikannya. Sisihkan tulang ikan dari lauk pauk lainnya agar tidak ikut termakan.

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Bila tenggorokan kamu tersangkut duri ikan, maka tidak perlu panik. Perhatikan 9 cara berikut untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan.

Batuk dengan Kencang

Cara satu ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan duri ikan. Pada saat duri ikan tersangkut di tenggorokan, kamu bisa mengeluarkan duri tersebut dengan batuk.

Dilansir melalui wikipedia ternyata batuk bukan melulu tentang penyakit. Batuk ialah bentuk pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan, karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Nah, dapat disimpulkan reaksi batuk pada cara ini terjadi karena benda asing yang masuk, yaitu duri.

Meskipun saat itu kamu tidak ingin batuk, namun cobalah kamu batuk seperti sedang mengeluarkan dahak. Berikan dorongan kencang pada batang tenggorok kamu. Ulangi batuk sampai duri benar-benar keluar. Saat batuk, boleh minta bantuan keluarga atau kerabat kamu untuk menepuk-nepuk bagian punggung. Hal ini berguna untuk memberi hentakkan pada batang tenggorok agar duri ikan tak menempel lagi.

Perlu diperhatikan, kamu tidak dianjurkan memasukkan jari ke dalam mulut untuk mengambil duri. Jari akan menghantarkan bakteri masuk ke tubuh, sehingga dapat memicu penyakit lainnya. Selain itu, jika kamu memasukkan jari ke tenggorokan dapat dipastikan kamu mual dan muntah.

Meminum Air Putih

Meminum air putih dengan tekanan dan dorongan tertentu dapat membantu duri ikan tidak lagi menempel di tenggorokan. Kamu hanya perlu untuk meminum air putih, lalu pastikan terkumpul dalam rongga mulut. Setelah itu telan dan dorong kuat air tersebut agar terjadi tekanan pada tenggorokan. Sehingga duri akan terbawa oleh besarnya tekanan air yang mendorongnya. Kamu bisa ulangi cara ini sampai duri hilang dari batang tenggorokan.

Menelan Gumpalan Nasi

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan menelan nasi

Cukup membuat gumpalan-gumpalan nasi yang telah dibulatkan seukuran bola pingpong kecil. Ukuran harus menyesuaikan rongga mulut. Makanlah dan kunyah sebentar saja agar tidak halus. Jangan lupa dorongan dengan air putih jika kamu ingin meminumnya. Pastikan kamu memberikan dorongan yang kuat saat menelan.

Oh iya, nasi yang kamu gunakan adalah nasi yang hangat, tidak terlalu panas. Bila menggunakan nasi panas tentu akan memberikan sensasi terbakar pada tenggorokan mu.

Menelan Pisang

Ketika ada duri yang menempel di tenggorokkan bisa kamu gunakan cara berikut. Hampir sama seperti dengan menelan gumpalan nasi, namun pisan tidak perlu digumpalkan terlebih dahulu.

Makan buah pisang, lalu kunyah namun tidak sampai terlalu halus. Telan kunyahan tersebut dan beri dorongan yang kuat. Lendir yang ada pada pisang dapat menjadi pelumas yang baik untuk mendorong duri ikan jatuh. Kunyahan pisang juga membantu agar duri tidak melukai bagian usus.

Meminum dengan Air Garam

Minum dengan air garam dapat membantu menghilangkan duri di tenggorokan mu dengan cepat. Minumlah segelas air hangat yang telah dilarutkan dalam setengah sendok teh garam.

Pertama-tama kumulai air tersebut dalam batang tenggorok dengan cara arah kepala menengadah ke atas dan kumur dalam batang tenggorok lalu telan air tersebut dengan memberi dorongan yang cukup kencang. Apabila duri ikan termasuk duri kecil maka duri tersebut perlahan-lahan akan luruh.

Namun ada yang perlu diperhatikan. Bila dalam sekali meminum air garam tidak meluruhkan duri ikan maka sebaiknya gunakan cara lain. Hal ini dikarenakan garam memiliki yodium yang tinggi dan tidak dapat untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Menelan Marshmallow

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan menelan marshmallow

Marshmallow yang memiliki tekstur lengket dan kenyal membantu untuk meluruhkan duri pada tenggorokan. Caranya cukup mudah, kamu bisa masukan beberapa marshmallow ke dalam mulut, namun pastikan tidak terlalu banyak. punya marshmallow sampai sedikit mengeluarkan rasa lengket. Pastikan tidak sampai halus. Lalu telan marshmellow tersebut dan beri sedikit dorongan yang kencang.

Tekstur lengket dari marshmallow akibat terkena air liur memungkinkan sebagai pelumas duri yang tertempel pada tenggorokan. Jika kamu tidak memiliki marsmello di rumah cobalah dengan cara menggunakan gumpalan nasi, ya.

Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki tekstur yang licin sehingga dapat menjadi pelumas alami untuk menghilangkan duri ikan yang menempel di tenggorokan.

Cobalah dengan cara meminum langsung satu sampai dua sendok minyak zaitun. Lalu telan dengan memberi dorongan yang kuat. Opsi lain kamu bisa mencampurkan nya ke dalam air hangat dahulu. Kemudian minum dan telan air campuran tersebut hingga duri dalam tenggorokan hilang

Menelan Roti

Cara menelan roti hampir sama dengan cara menekan gumpalan nasi. Kamu hanya perlu menggumpal roti lalu kunyah sampai sedikit terasa lengket, teladan beri dorongan yang kuat. Saat mengunyah pastikan tidak terlalu halus. Satu lagi, gumpalan roti jangan sampai terlalu besar, karena dapat membuat kamu tersedak.

Menelan Cuka Apel

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan menelan cuka apel

Cuka dianggap sebagai suatu larutan yang bersifat mengikis. Hal ini dikarenakan adanya tingkat keasaman pada cuka apel.

Pada saat duri ikan tersangkut di batang tenggorokan, cara ini dapat segera kamu coba. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan air. Lalu telan lah dua campuran tersebut. Bila setelahnya meninggalkan rasa asam dari cuka apel tersebut, kamu bisa meneguk satu sendok madu untuk menetralisir.

Bila cuka apel tidak tersedia di rumah, kamu bisa gunakan cuka perasa makanan. Caranya sama dengan cuka apel, namun ada opsi lain yaitu mencampurkannya dengan air hangat. Cukup campurkan segelas air hangat dengan dua sendok cuka makanan. Lalu kumur-kumur pada area tenggorokan (dengan cara kepala menengadah ke atas), lalu telan cairan cuka tersebut dengan dorongan yang cukup kuat.

Jika berbagai cara menghilangkan duri ikan di atas tidak cepat dan tidak kunjung berhasil, serta rasa sakit yang tidak kunjung hilang, sebaiknya segera cari pertolongan medis. Segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Pasalnya duri ikan akan menyebabkan robeknya kerongkongan.

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Bila tersangkut duri ikan, hal utama yang kamu perhatikan ialah jangan panik. Panik dapat membuat situasi tak terkendali. Jadi lebih baik kamu tenang dan ikuti beberapa cara di atas. Demikian informasi mengenai 9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *