8 Ciri-Ciri Sapi

ciri ciri sapi

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang banyak sekali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik daging, susu, kulit hingga tulang dan kotorannya.

Daging dan tulangnya nya bisa diolah menjadi beragam menu masakan di seluruh dunia. Begitu pun dengan susu nya yang bisa memenuhi nutrisi baik bagi tubuh. Sedangkan kulitnya, dapat diolah menjadi benda seperti beduk masjid, alat musik rebana atau-pun diolah menjadi makanan seperti kerupuk kulit misalnya. Yang terakhir kotoran sapi juga bisa di manfaatkan sebagai bahan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Benar-benar hewan yang bermanfaat bukan? Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai ciri-ciri spesifik sapi untuk menambah pengetahuan mu tentang hewan ini.

bentuk sapi

Bobot Tubuh Yang Besar

Ciri Sapi yang pertama yang dapat langsung di kenali mungkin dari bobot tubuhnya. Umumnya sapi memiliki tubuh yang besar, meskipun tidak sebesar Gajah, paling tidak Sapi lebih besar jika di bandingkan dengan Kambing atau pun Domba. Bobot Sapi biasanya berkisar antara 750 Kilogram – 1100 Kilogram. Namun pada Sapi jenis tertentu mungkin saja beratnya bisa kurang atau melebihi angkat tersebut. Sesuai dengan beratnya, bentuk tubuh Sapi kebanyakan besar dan memanjang, dan memiliki leher yang pendek.

Kaki

Sapi memiliki 4 kaki serta kuku-kuku yang tebal, yang digunakan sebagaimana mestinya, yakni untuk berjalan.

Warna Kulit Sapi

Sapi memiliki warna kulit yang berbeda pada tiap jenis. Warnanya pun beraneka ragam, misalnya dari putih keabu-abuan, coklat muda, coklat pekat, hitam dan bahkan ada yang bercorak seperti hitam putih, putih coklat dan lain-lain. Kulit sapi juga ditumbuhi bulu-bulu halus yang tidak terlalu lebat.

Tanduk

Ada beberapa jenis sapi yang memiliki tanduk seperti Sapi Bali, Sapi Madura, Sapi Angkole, Sapi Texas dan lain-lain. Sedang Sapi yang terlahir tanpa tanduk sangat sedikit sekali jumlahnya, atau bisa di bilang langka, misalnya Sapi Holstein atau Sapi yang lahir dari hasil persilangan.

Ekor

Sapi memiliki ekor yang unik, yakni panjang dengan rambut dibagian bawahnya.

Gigi

Mempunyai 8 gigi seri susu yang tumbuh hanya pada rahang bawah. Kemudian saat bertambahnya usia sapi, gigi susu ini akan digantikan menjadi gigi permanen. Dan kemudian gigi ini terbagi menjadi 4 bentuk, yakni gigi seri(Incicivus) berfungsi memotong makanan, gigi taring (caninus) berfungsi merobek makanan, gigi geraham depan (premolar), dan gigi geraham belakang (molar) berfungsi mengunyah dan menghaluskan makanan.

Hewan Herbivora

sapi hewan herbivora

Sapi hanya memakan tumbuh-tumbuhan seperti daun, rumput dan tumbuhan hijau lainnya, sehingga ia tergolong dalam jenis hewan herbivora.

Hewan Mamalia

sapi hewan mamalia

Selain itu, sapi juga tergolong sebagai hewan mamalia yakni hewan yang menyusui. Dan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Jadi itulah beberapa ciri-ciri sapi yang dapat kamu ketahui. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

ciri ciri umum sapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *