7 Manfaat Jintan Hitam, Rempah Yang Manjur Obati Penyakit

t manfaat jintan hitam, rmpah yang paling manjur obati penyakit

Jintan Hitam atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Habbatussauda. Adalah tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain sebagai rempah yang membuat cita rasa masakan menjadi sedap, Jintan Hitam juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati segala macam penyakit, sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah Riwayat :

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ وَالسَّامُ الْمَوْتُ وَالْحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ و حَدَّثَنِيهِ

Dari Abu Hurairah Telah mengabarkan kepada mereka berdua, dia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya di dalam Habbas Sauda ada kesembuhan bagi setiap penyakit kecuali As Saam. As Saam adalah kematian sedangkan Habbasauda adalah As Suuniz (jintan hitam).” Shahih Muslim (nomor 4104)

Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi jintan hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini diakui oleh Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, juga DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine di Universitas King Faisal. Karena jintan hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami, efektivitasnya hingga 72%. Dengan demikian, mengonsumsi jintan hitam dapat menjaga stamina agar senantiasa vit dan tidak mudah sakit.

Jintan hitam juga mengandung saponin yang dapat menetralisasi dan membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan jintan hitam adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesis dan bioaktivitas hormon, termasuk dalam hal ini hormon reproduksi yang terkait erat dengan gairah seksual. Di samping itu, Jintan Hitam juga mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich juga pernah melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak nigella sativa atau jintan hitam, sebagai mana yang tertulis dalam bukunya yang berjudul Black Cumin: The Magical Egyptian Herb for Allergies, Asthma, and Immune Disorders

Namun, mungkin beberapa diantara kalian ada yang belum mengenal apa itu Jintan Hitam, serta manfaatnya untuk kesehatan. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Jintan Hitam serta manfaatnya dalam segi kesehatan. Yuk,kita simak sama-sama!

Sejarah Jintan Hitam Dalam Dunia Pengobatan

jintan hitam untuk kesehatan

Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi.

Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 – 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan

Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri.

memperkuat imun

Disebutkan dalam Hasil Penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy, 1986 dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakistan, 1992. Jintan Hitam juga dapat meningkatkan produksi sel-sel yang bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kaya akan antioksidan dan nutrient alami, yang dapat menangkal radikal bebas dan melengkapi kebutuhan nutrient dalam tubuh mu.

Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV.

mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan hiv

Hasil penelitian Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich dan laporan terpisah dari penelitian tim Dr. Basil Ali, Universitas King Faisal, Arab Saudi, serta laporan penelitian Immono Biology Laboratory, California, AS. menyebutkan bahwa Habbatussauda dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor, juga senyawa aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam seperti Thymoquinone dikatakan mempunyai efek anti-kanker. Thymoquinone juga dapat mengurangi ukuran tumor ganas dan telah teruji di laboratorium. Hasil uji menunjukkan bahwa Thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan fungsi otak.

meningkatkan kinerja otak

Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda atau Jintan Hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan.

Jintan Hitam dapat menyembuhkan penyakit seperti asma bronkial, bronkitis, mudah lelah, batuk kronis serta penyakit pernapasan lainnya. Karna kandungan seperti anti-mikroba, anti-inflamasi, serta anti-oksidan yang ada pada Jintan Hitam mampu menangkal radikal bebas, yang dapat membantu jalannya pernapasan lebih lancar sehingga asma tak rentan kambuh.

Mengatasi Gangguan Tidur Dan Stress

mengatasi insomnia

Dalam penelitian Potchestroom, 1989 Jintan Hitam dapat mengatasi gangguan tidur dan stress. Unsur Sapion yang terdapat pada Habbaussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan saraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, serta menghilangkan stress.

Melancarkan Asi

pelancar asi

Jintan Hitam juga berfungsi untuk melancarkan air susu bagi ibu yang sedang menyusui. Karena kombinasi bagian lemak tak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak jintan hitam dapat melancarkan kelenjar air susu.

Untuk Kesehatan Kulit

Minyak Jintan Hitam juga sangat bagus untuk merawat kesehatan dan kelembapan kulit, Seperti yang dilansir dari Journal of Dermatology & Dermatologic Surgery lotion yang mengandung 10% minyak Jintan Hitam dapat mencegah dan mengatasi pertumbuhan jerawat selama 2 bulan. Selain itu, minyak yang dihasilkan dari Jintan Hitam juga dapat menghaluskan kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, serta dapat membantu menyembuhkan luka luar apabila kamu rajin mengoleskannya pada bagian luka.

Namun hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menentukan dosis penggunaan Jintan Hitam secara tepat, agar manfaat jintan hitam bisa kita peroleh dengan optimal. Dosis ini bisa saja tergantung dari usia, kondisi kesehatan, dan faktor-faktor lainnya.

Sebab itu kamu tetap perlu anjuran dokter untuk mengonsumsi Jintan Hitam dalam dosis tertentu. sehingga manfaat Jintan Hitam bisa kamu dapatkan dengan optimal dan tidak merugikan kesehatan mu! Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba Jintan Hitam baik sebagai obat ataupun campuran rempah untuk masakan mu, kamu dapat membelinya di Cairo Food.

7 manfaat jintan hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *