15 Jenis Ikan Asin Favorit Orang Indonesia

15 jenis ikan asin favorit orang indonesia

Ikan asin merupakan makanan yang sudah sangat khas di lidah orang Indonesia. Ikan asin juga memiliki sejarah yang panjang jika ditelusuri lebih jauh. Jadi tidak perlu merasa minder atau tidak enak karena mengkonsumsi ikan asin, selain itu juga ikan asin memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi.

Olahan dengan bumbu yang simple saja dapat membuat aroma yang dihasilkan ketika memasak ikan asin pun sangat khas dan membuat orang berselera untuk makan rasanya. Tidak heran banyak yang menjadikan Ikan Asin lauk makan favorit sederhana untuk disantap.

Memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, ikan asin ini bisa sangat awet untuk di simpan dalam waktu yang lama. Sehingga pada zaman nenek moyang dahulu, ikan asin ini merupakan salah satu cadangan makanan untuk banyak orang. Apa saja jenis ikan asin yang selama ini ada di masyarakat Indonesia? Simak berikut ini:

Ikan Asin Peda

Ikan Asin Peda sepertinya sudah sangat sering dijumpai di pasar tradisional. Ikan Peda yang difermentasi menggunakan garam ini sebenarnya memiliki kandungan protein yang banyak apabila dibandingkan dengan ikan segar. Namun karena rasanya yang sangat asin tentu saja Ikan Asin Peda hanya menjadi teman pendamping kala makan nasi.

Ikan Asin Teri Jengki

jenis ikan asin favorit orang indonesia ikan asin teri jengki

Ikan Teri Jengki memiliki ukuran yang lebih besar dari ikan teri pada umumnya. Maka dari itu ikan asin teri ini menjadi salah satu favorit untuk diolah dengan metode yang sangat simple. Selain itu kalsium yang terkandung didalamnya juga sangat kaya sehingga sangat baik untuk sumber nutrisi pada tulang.

Ikan Asin Jambrong

Ikan asin jambrong memang biasanya tidak sepopuler ikan asin lainnya, ikan asin ini lebih pipih atau tipis sehingga dapat diolah langsung dan tidak perlu membuang durinya. Tidak hanya sebagai masakan rumahan, saat ini sudah banyak olahan jenis ikan ini selain ikan asin yang bisa ditemui di banyak tempat seperti restaurant.

Ikan Asin Katamba

Jenis ikan asin ini sangat disukai banyak orang selain karena rasanya yang memang memiliki ciri khas, dagingnya pun tebal seperti Ikan Asin Gabus. Ikan Asin Katamba ini juga dihargai cukup mahal dipasaran, banyak resep yang bisa di coba untuk mengolah ikan asin jenis ini dari yang memiliki bumbu yang simple sampai bumbu khas akan terasa sangat nikmat.

Ikan Asin Tenggiri

Jenis ikannya sendiri sudah sangat terkenal bagi pecinta olahan ikan, Ikan Tenggiri yang diasinkan ini juga memiliki kelebihan soal rasanya yang sangat khas. Ikan tenggiri sendiri mengandung gizi yang tinggi sehingga terkadang diperlukan proses pengawetan untuk menjaga protein ikan ini agar tidak rusak, salah satunya adalah metode penggaraman.

Rebon

jenis ikan asin favorit orang indonesia ikan asin rebon

Berbeda dengan ikan asin, Rebon adalah udang kecil yang juga diasinkan dengan cara penggaraman. Jenis udangnya memanglah kecil sehingga terkadang digunakan sebagai bahan baku terasi atau lainnya. Walaupun kecil jenis udang rebon ini juga memiliki protein dan kalsium yang sama dengan udang besar yang segar. Sangat cocok untuk dijadikan lauk bersama dengan bahan lainnya.

Ikan Asin Cucut

Ikan Asin Cucut merupakan ikan laut yang memiliki tulang rawan dan tubuhnya berbentuk pipih juga ramping. Ikan Cucut sendiri banyak dikonsumsi dalam keadaan segar, sama seperti ikan asin pada umumnya Ikan Asin Cucut juga memiliki kandungan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang.

Ikan Asin Tembang

Ciri dari Ikan Tembang sendiri adalah ukurannya yang kecil, dalam keadaan segar ikan ini juga bisa diolah sesuai selera. Ikan Asin Tembang secara fisik biasanya berukuran sedang, tidak besar dan juga tidak terlalu kecil. Sehingga bisa sangat sesuai untuk dijadikan pendamping ketika makan.

Ikan Asin Pakang

Ikan Asin Pakang ini berbentuk kecil dan juga pipih, sehingga saat digoreng akan menjadi garing dan renyah. Untuk tingkat keasinan biasanya Ikan Asin Pakang ini juga ada yang tidak terlalu asin sehingga lebih mudah untuk di olah berbagai macam resep.

Ikan Asing Layang

Tidak kalah bergizi dari ikan yang segar, Ikan Asin Layang ini juga memiliki kandungan protein, fosfor, bahkan vitamin. Jenis ikan asin ini adalah favorit bagi masyarakat, biasanya untuk mendapatkannya sangat mudah di pasar tradisional dan juga harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

Ikan Asin Bilih

Ikan Bilih sendiri merupakan ikan khas dari Sumatera Barat, olahan bumbu khas Minang sangat cocok dengan ikan ini. Ikan Bilih juga salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat, biasanya sudah dikeringkan. Begitu pula dengan olahan Ikan Asin Bilih, ukuran yang kecil membuat ikan asin ini sangat cocok untuk segala resep masakan untuk menambah variasi hidangan.

Ikan Asin Teri Medan

Walaupun namanya Teri Medan namun sebenarnya jenis teri ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia sehingga jenis ikan asin ini sangat terkenal bahkan bukan hanya di Medan. Ukuran yang kecil sangat nikmat untuk campuran olahan masakan dan juga memberikan cita rasa yang sangat khas.

Cumi Asin

jenis ikan asin favorit orang indonesia ikan cumi asin

Berbeda dari jenis ikan asin yang banyak dikenal, jenis ikan asin ini berasal dari cumi-cumi kecil atau juga sotong yang diawetkan dengan cara penggaraman seperti pada ikan asin umumnya. Cumi Asin ini juga tersedia banyak di jual di pasaran bersama ikan asin lainnya. Tidak hanya di Indonesia, jenis asin yang satu ini juga dapat dengan mudah ditemui di negara ASEAN lainnya.

Ikan Asin Gabus

Salah satu jenis ikan asin yang menjadi primadona untuk melengkapi makan. Ikan Asin Gabus saat ini bisa ditemui dengan mudah baik di pasar tradisional maupun modern. Selain protein yang tinggi, ikan gabus yang segar juga dapat di konsumsi oleh bayi karena banyaknya manfaat yang dimiliki.

Ikan Asin Jambal Roti

jenis ikan asin favorit orang indonesia ikan jambal roti

Sudah tidak asing dengan namanya yang sangat terkenal di kalangan ikan asing lainnya. Ikan asin jambal roti biasanya terbuat dari dua jenis ikan yaitu ikan manyung dan ikan kadukang. Perbedaanya dapat dilihat dari ukurannya yang tebal dan besar serta harganya yang tinggi bila dibandingkan dengan ikan asin lainnya.

Ikan Asin merupakan salah satu lauk makan yang sudah sangat terkenal di Indonesia karena menjadi favorit semua kalangan. Tidak heran di negara Indonesia sebagai negara kepulauan, ikan asin ditemui hampir di semua daerah. Jenis Ikan Asin apa yang paling menjadi favorit Anda?

15 jenis ikan asin favorit orang indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *