14 Ide Oleh-Oleh Khas Umroh Dan Haji

14 ide oleh oleh khas umroh dan haji

Umroh maupun Haji adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam yang dilakukan di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. Biasanya ketika kita selesai melaksanakan ibadah tersebut dan kembali ke tanah air, kita ingin membelikan beberapa oleh-oleh untuk keluarga, saudara atau pun kerabat dekat.

Kini, ada banyak inspirasi oleh-oleh khas tanah suci yang bisa kita bawa pulang dan berikan pada kerabat dirumah. Berikut ide oleh-oleh khas umroh dan haji :

14 ide oleh oleh khas arab dan umroh

Abaya

Abaya adalah sebuah busana sederhana yang bentuknya lebih mirip dengan gamis. Abaya banyak dipakai oleh berbagai wanita muslim di belahan dunia, salah satunya di Jazirah Arab. Umumnya abaya berwarna hitam dan dipadukan dengan sedikit corak bordir berwarna emas atau pun warna lain, bahannya pun sangat nyaman dan tidak panas ketika digunakan. Abaya ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh umroh khas arab yang menarik, karna modelnya yang simple namun tetap elegan ketika digunakan.

Parfum

Parfum atau minyak wangi adalah minyak esensial yang dicampurkan dengan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi pada suatu objek, atau pun ruangan.

Sejarah parfum sendiri sangat berkaitan erat dengan jazirah Arab. Hal ini dikarenakan proses pembuatan parfum yang berawal sejak peradaban Mesopotamia dan Mesir kuno. Bahkan kepopuleran parfum diraih berkat pedagang Arab yang berkelana menjajakan parfum ke seluruh dunia.

Untuk itu kamu bisa menjadikan parfum dengan wangi-wangian khas arab sebagai salah satu oleh-oleh umroh, wangi-wangian yang disukai di Arab antara lain kasturi, misik atau pun rempah-rempah aromatik.

Gelang Tasbih

Gelang Tasbih adalah sebuah alat berbentuk gelang yang berfungsi untuk menghitung bacaan tasbih. ‘Tasbih’ sendiri secara harafiah memiliki makna pujian kepada Allah. Umunmya terdapat beberapa anjuran saat menngucapkan kalimat Tasbih dalam jumlah tertentu seperti misalnya 11 kali, 33 kali, 99 kali atau bahkan ada yang sampai 1.000 kali.

Sebagai salah satu cara agar kalimat Tasbih dapat terucap sampai jumlah tertentu, maka digunakankanlah butiran benda, bisa berupa batu, manik-manik, kayu atau apapun yang kemudian dirangkai dengan tali seperti membentuk sebuah kalung ataupun gelang, yang mana tujuannya sebagai penanda hitungan. Kamu juga bisa menjadikan gelang ini sebagai oleh-oleh umroh. Bentuk dan pilihannya pun sangat beragam, ada yang terbuat dari kayu, mutiara dan lain-lain. Selain itu gelang tasbih juga cantik untuk dijadikan aksesoris.

Pajangan

Banyak sekali jenis jenis pajangan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat di tanah air. bisa berupa lukisan, miniatur ataupun sebuah foto yang disimpan rapih dalam bentuk bingkai. Kamu bisa gunakan gambar ka’bah, Masjidil haram, atau gambar-gambar lain yang mengandung nuansa islami. Karna selain unik, pajangan-pajangan ini juga bisa menjadi hiasan rumah yang cantik, dan membuat kita terus mengingat keindahan Mekkah tempat kelahiran nabi kita.

Sajadah

Sajadah adalah alat yang terbuat dari kain yang digunakan kaum muslim sebagai alas untuk menjaga kebersihan saat melaksanakan salat. Sajadah dengan corak atau motif kab’ah, kaligrafi, Masjidil haram, Masjid Nabawi atau corak lain yang bernuansa islami juga cocok di jadikan oleh-oleh umrah.

Siwak

14 ide oleh oleh khas arab dan umroh siwak

Yang selanjutnya adalah siwak. Bersiwak merupakan salah satu kebiasaan yang di-sunah-kan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari bersiwak sendiri ialah untuk membersihkan gigi dan gusi. Biasanya siwak terbuat dari dahan pohon Salvadora. kamu bisa membeli oleh-oleh siwak di Souq Gaza, yakni jenis pasar besar yang berada Mekkah.

Henna

Henna atau pacar kuku adalah pewarna yang biasanya digunakan untuk menghias tangan. Bahan bahan yang terkandung di dalam henna ialah bahan-bahan yang alami, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, henna juga tidak menghalangi air untuk meresap ke dalam kulit, dan tidak membatalkan wudhu. Maka tidak heran jika henna sering kali menjadi oleh-oleh favorit bagi keluarga maupun kerabat.

Bukhur

14 ide oleh oleh khas arab dan umroh bukhur

Bukhur atau Bukhoor merupakan dupa tradisional yang berasal dari negara Timur Tengah. Benda ini seringkali digunakan untuk keperluan kegiatan Supranatural dan upacara-upacara keagamaan atau pun kerap kali dijadikan sebagai pewangi ruangan serta aroma terapi. Bukhur juga memiliki wangi yang khas sehingga cocok dijadikan oleh-oleh umrah.

Air Zam-Zam

Air zam zam termasuk salah satu keajaiban dunia yang telah Allah berikan. Air ini juga sering dijadikan oleh-oleh umroh, karena mata airnya yang sudah mengalir sejak ribuan tahun lalu, tidak pernah berhenti sampai detik ini. Air zam-zam dianggap sebagai air suci oleh umat islam, mengingat sejarah pertama kali munculnya air ini. Terdapat tiga sumber air zam-zam, yakni di bawah Hajar Aswad, di bawah gunung Abu Qubays Shafa, dan di bawah bukit Marwa.

Kacang Arab

Jangan lupakan oleh-oleh favorit yang satu ini, yaitu kacang Arab. Kacang dengan bentuk yang unik ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain cocok dijadikan oleh-oleh, kacang ini pastinya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kamu bisa menemukan kacang Arab dengan mudah karena ia banyak dijual di sepanjang jalan besar Mekkah dan Madinah.

Kismis Hitam

Selain kacang Arab, kismis hitam juga termasuk ke dalam oleh-oleh favorit jemaah umrah. Buah khas dari tanah suci ini memiliki bentuk yang agak besar dengan rasa asam dan sedikit rasa manis. Sesuai dengan namanya, kismis hitam ini berwarna hitam pekat dan sedikit lembab jika terlalu lama disimpan. Biasanya penduduk Arab memakan kismis hitam ini sebagai camilan atau pun diolah menjadi campuran makanan.

Kurma

Kurma merupakan buah yang termasuk bagian sentral dalam budaya dan makanan Arab, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh selepas menunaikan ibadah umroh. Buah yang memiliki banyak jenis dan manfaat ini dapat dimakan selagi masih segar atau pun dalam keadaan kering. Kurma juga bisa menjadi cemilan favorit yang lezat dan menyehatkan

Cokelat Arab

Cokelat Arab adalah oleh-oleh yang sangat unik dan khas. Hal ini dikarenakan coklat Arab memiliki rasa dan bentuk yang berbeda dari coklat kebanyakan, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh yang pastinya disukai oleh keluarga atau pun kerabat-kerabat kita di tanah air.

Maamoul

14 ide oleh oleh khas arab dan umroh maamoul

Maamoul merupakan kue kering khas Arab. Camilan ini sejenis kue kering dengan bahan dasar campuran tepung semolina dan terigu yang didalamnya diisi kurma, pistachio atau kenari dan dibentuk seperti bola atau kubah. Kue ini banyak dicari oleh jamaah haji atau umroh, karena memiliki rasa yang enak, manis dan juga tekstur-nya yang lembut. Sehingga maamoul cocok dijadikan oleh-oleh umrah yang unik.

Jadi itulah beberapa barang dan makanan yang bisa kamu jadikan referensi saat hendak membeli oleh-oleh umroh. Tetapi apapun yang akan kamu berikan nantinya, yang terpenting adalah ketulusan dan keikhlasan mu pada saat memberi, agar nantinya makanan atau pun barang-barang tersebut menjadi berkah baik untuk mu dan si penerima.

14 ide oleh oleh khas umroh dan haji
14 ide oleh oleh khas umroh dan haji

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *