11 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

11 manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui

Daun Sirih yang memiliki nama latin Piper betle merupakan tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat. Salah satunya banyak digunakan sebagai antiseptik alami pada luka. Daun sirih merupakan tanaman asli asal Indonesia yang biasanya tumbuh secara merambat pada tangkai pohon lain atau bisa juga pada pagar dan papan rumah. Tanaman ini memiliki daun hijau majemuk menyerupai bentuk hati serta tangkai yang cenderung lunak dengan serabut yang berukuran sangat kecil.

Tanaman endemik satu ini sering dijumpai pada tanah yang memiliiki kelembapan sedang sampai kecil. Seringkali mereka masih tetap tumbuh saat cuaca panas. Maka dari itu, daun sirih dikenal sebagai tanaman yang terbilang cukup tahan banting.

11 manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui pohon daun sirih

Sejak zaman dahulu, daun sirih digunakan sebagai pembersih bakteri pada area mulut dan gigi. Caranya, daun sirih dilipat dan dikunyah secara terus menerus hingga mengeluarkan ekstraknya di dalam mulut. Ekstrak tersebut dapat membantu mematikan bakteri dalam mulut dan kesehatan rongga mulut dapat terjaga.

Di Cina, tanaman ini sering dijadikan pengobatan alternatif, karena kandungannya yang bersifat anti-radang, anti-inflamasi, anti infeksi, dan sifat lainnya. Maka tak heran, daun sirih ini sering dijuluki “Miracle Leaf” yang artinya Daun Ajaib.

Apa saja sih manfaat lainnya dari daun sirih? Berikut adalah beberapa Manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui!

11 manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui bentuk daun sirih`

Mengobati Batuk

Pernah nggak sih, Ibumu memberikan air rebusan daun sirih ketika kamu sedang sakit batuk? Air rebusan daun sirih secara langsung mengandung vitamin B, C dan Alkaloid yang membantu mengatasi peradangan penyebab batuk. Peradangan tersebut disebabkan karena adanya bakteri jahat yang mengganggu sel pertumbuhan tenggorokkan mu, sehingga seringkali tenggorokkan kamu terasa gatal dan ingin menggaruknya. Alkaloid dalam daun ini berfungsi membunuh pertumbuhan bakteri penyebab batuk.

Dengan mengonsumsi daun sirih, bakteri yang hidup perlahan akan mati dan tidak menyebabkan tenggorokanmu radang kembali. Caranya, siapkan 5 helai daun sirih, kemudian rebus dengan 250 ml air selama 15 menit. Pastikan air berwarna sedikit kehijauan, ya. Lalu minum secara rutin setiap hari pada pagi dan malam hari.

Meredakan Tukak Lambung

Kandungan vitamin C dan sifat Antiseptik pada tanaman ini, mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kuman itulah yang menyebabkan perut kamu terasa nyeri. Cara sederhana untuk meredakannya ialah dengan mengunyah daun sirih sampai sedikit lumat, lalu kulum dan telan ekstraknya sampai cairan tersebut habis. Sisa lumatannya jangan ditelan, dibuang saja. Lakukan minimal 2 kali sehari. Semakin sering kamu melakukannya, semakin sehat pula lambung kamu.

Menghentikan Mimisan

Yap, obat terbaik dan tercepat untuk menghentikan mimisan adalah daun sirih. Zat terpene dan fenil poppies membantu menghentikan pendarahan pada hidung karena membuat bakteri yang ada dalam sinus mati. Cukup gulung selembar daun sirih, tekan-tekan sampai sedikit patah, kemudian masukan ke dalam lubang hidung yang mengalami pendarahan. Jika belum juga membaik dalam satu kali, kamu bisa ulangi kembali sampai benar-benar berhenti, ya.

Mengatasi Mata Gatal dan Merah

Mata yang gatal dan memerah disebabkan karena adanya iritasi dari benda atau kotoran yang masuk ke dalam mata. Iritasi dapat diobati dengan zat anti-iritan, yang terdapat pada kandungan daun sirih. Produk tetes mata untuk menghilangkan mata merah, juga banyak yang menggunakan kandungan ekstrak daun sirih pada ingredientsnya. Zat anti-iritan pada daun ini bersifat ‘calming‘ meredakan. Kamu hanya perlu merebus sekitar 15 lembar daun sirih dengan takaran 300 ml air selama 10-15 menit. Tunggu hingga dingin, lalu gunakan airnya untuk mencuci mata selama 10 menit. Lakukan setiap hari, agar mata kamu tetap sehat.

Menyehatkan Miss V

Kesehatan organ kewanitaan atau miss V tentunya penting bagi wanita. Tak dapat dipungkiri, bahwa banyak dari wanita menggunakan produk antibakteri kemasan yang terjual di beberapa pasar swalayan.

Tapi tahukah kamu, bahwa daun sirih juga bisa merawat area kewanitaan atau miss V, lho. Hal ini disebabkan karena sifat antiseptik alami yang mampu membersihkan kuman dan bakteri seperti Candida, yang menyebabkan leukorrhea atau keputihan.

Rebus 10 lembar daun sirih ke dalam 300 ml air selama 10 menit. Setelah direbus, saring airnya dan gunakanlah air tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan. kamu bisa lakukan satu minggu tiga kali untuk membersihkannya. Disarankan tidak setiap hari ya, karena terkadang kamu juga memerlukan bakteri baik untuk membersihkan kotoran yang menempel pada Miss V.

Menghilangkan Jerawat

Siapa sih yang tidak terganggu dengan adanya jerawat di wajah atau di punggung? Jerawat sendiri merupakan keadaan meradangnya pori-pori akibat bakteri yang menempel di permukaan kulit. Bakteri tersebut bernama Propionibacterium acnes (P. acnes).

Sifat antiseptik dan antibakteri dalam kandungan daun sirih, mampu mematikan bakteri P. acnes yang masuk ke dalam pori pori kamu. Seperti cara sebelumnya, kamu cukup siapkan 15-20 lembar daun sirih, lalu rebus selama 10 menit. Saring airnya, dan gunakanlah air yang masih hangat tersebut saat mandi. Ini berguna untuk mematikan bakteri yang ada pada punggung atau bagian tubuh lainnya. Untuk area wajah, kamu perlu siapkan handuk bersih, lalu celupkan ke dalam air yang telah direbus dengan daun sirih tersebut. Kemudian usapkan ke wajah perlahan selama 5-10 menit.

Opsi lain, kamu bisa tumbuk 10 lembar daun sirih dengan 15 ml air sampai halus. Jika tekstur sudah dirasa mengental, kamu bisa jadikan bahan tersebut sebagai masker rutin wajah kamu. Rutinkan pemakaian selama 2 kali seminggu. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghilangkan jerawat-jerawat yang ada di wajah mu.

Mengurangi Bau Badan

Bau badan dapat disebabkan karena genetik atau juga aktivitas bakteri. Hormon seperti progresteron yang menurun, dapat memicu bau tak sedap pada tubuh. Selain itu aktivitas bakteri yang meningkat pada ketiak juga dapat menyebabkan bau tak sedap. Tentunya bila disebabkan oleh bakteri, kamu perlu untuk membunuh bakteri agar tidak kunjung berkembang biak dan menyebabkan bau badan.

Zat Estradiol dan Klavikula merupakan zat yang baik untuk melawan bau badan. Kedua zat tersebut terkandung sebanyak 3-5% dalam 3 gram daun sirih. Cara kerja daun sirih dalam menghilangkan bau badan ialah dengan mengurangi dan mengontrol produksi hormon dalam kelenjar keringat. Kamu bisa konsumsi air rebusan tanaman herbal ini setiap hari. Opsi lainnya yaitu dengan cara mengoleskan tumbukan daun sirih pada ketiak, diamkan selama 10 menit lalu bilas.

Mengempiskan Payudara Bengkak

11 manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui bentuk daun sirih

Daun sirih dapat mengobati bengkaknya payudara setelah menyusui. Senyawa Allylprokatecol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Selain itu, senyawa carvacol juga membantu memberikan efek calming atau dingin, yang membuat payudara terasa rileks perlahan.

Tumbuk 5 buah daun sirih dengan air secukupnya sampai mengental. Lalu oleskan pada payudara kamu, dan diamkan semalaman. Bisa juga dengan cara membakar lembarannya sampai layu, lalu tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat. Kamu bisa lakukan cara ini 3 kali sehari, agar rasa sakit dari bengkaknya berkurang dan tidak mengganggu aktivitas harianmu.

Pencegahan Diabetes

Diabetes disebabkan karena terlalu banyaknya kadar glukosa dalam gula darah. Glukosa tersebut dapat dikurangi dengan adanya hormon insulin. Hormon insulin dihasilkan melalui pankreas untuk mengubah glukosa darah menjadi energi tubuh. Bila hormon insulin produksinya tercukupi dalam tubuh, kadar gula dalam darah menjadi lebih terjaga.

Daun sirih sendiri mampu mengontrol kinerja hormon insulin dalam tubuh karena adanya zat terpenoid, klavikula, pyrene, dan eugenol yang menghasilkan insulin alami sehingga dapat mengatur kadar gula darah. Sebagai pencegahan diabetes, kamu disarankan mengonsumsi air rebusan daun sirih selama 3 kali seminggu.

Mengatasi Bau Mulut

Tak jarang banyak orang yang mengeluhkan bau mulut ketika berbicara. Hal ini didasari karena banyaknya bakteri yang tinggal dan hidup di dalam mulut mereka. Bau mulut disebabkan karena adanya sisa-sisa makanan yang masih menempel pada rongga mulut. Sisa makanan itulah yang akan berkembang menjadi bakteri.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki keluhan dengan bau mulut, kamu harus rajin berkumur dengan air rebusan daun sirih yang hangat. Karena daun sirih bersifat antibakteri, maka bakteri-bakteri yang hidup dalam mulut kamu dapat mati bila sering berkumur dengan air rebusannya. Lakukan setiap hari untuk menjaga rongga mulut tetap bersih dan wangi.

Obat Tekanan Darah Tinggi

Kandungan “miracle leaf” yang berupa minyak esensial dan fenol dapat menstabilkan tekanan darah. Semakin bertambahnya usia, pembuluh darah cenderung mengalami pengerasan yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Untuk membantu melunakkannya, minyak esensial dan fenol dalam daun sirih bisa menjadi obat rutin kamu. Cukup rebus air daun sirih, lalu campurkan dengan madu untuk perasa manis. Disarankan tidak menuangkan terlalu banyak madu ya, karena hanya sebagai perasa saja. Minuman ini bisa kamu minum dua kali sehari setiap hari.

11 manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui

Demikian manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui. Rupanya benar-benar menjadi tanaman yang bermanfaat bagi manusia, ya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk jaga kesehatanmu dimana pun dan kapan pun kamu berada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *