11 Makanan Ini Dapat Membuat Aroma Tubuh Harum

11 makanan yang dapat membuat aroma tubuh harum

Tidak dapat dipungkiri aroma tubuh yang kurang sedap dapat mengurangi penampilan. Sebab itu kita harus senantiasa merawat tubuh agar selalu harum sepanjang hari. Sebuah penelitian di Universitas California, Amerika Serikat mengatakan, bau badan seseorang ditentukan oleh genetika, kesehatan, kebersihan sehari-hari, dan pola makan. Misalnya, jika kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur seperti brokoli, kubis, kembang kol, bawang putih dan merah, hal itu bisa menyebabkan bau badan menyengat.

Namun, tahukah kamu? Selain mengatasinya dengan menggunakan parfum, mengonsumsi beberapa jenis makanan juga dapat menghilangkan bau tidak sedap serta membuat aroma tubuh kita harum secara alami lho!

Lantas apa saja makanan yang dapat memberikan keharuman pada tubuh? Simak daftarnya berikut ini :

11 makanan yang dapat membuat aroma tubuh harum

Jeruk

Mengonsumsi jeruk secara rutin ternyata juga dapat membuat tubuh menjadi lebih harum. Hal ini dikarenakan sifat beberapa kandungan yang ada pada buah jeruk mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat racun yang menjadi penyebab utama bau badan. Selain itu, buah yang manis dan menyegarkan ini juga mudah diserap oleh tubuh.

Apel

Selain jeruk, Apel juga termasuk ke dalam daftar makanan yang dapat membuat aroma tubuh menjadi lebih harum. Buah yang mudah ditemui di mana-mana ini memiliki sifat deterjen alami sehingga baik untuk dikonsumsi, sekaligus memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi buah apel setiap harinya ialah, tubuh dan mulut akan terhindar dari aroma tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri.

Air Lemon

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, kandungan yang terdapat dalam lemon juga berguna untuk menurunkan pH kulit, sehingga berbagai bakteri yang selama ini menjadi penyebab bau badan, dapat diatasi dengan air lemon.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu membelah belah buah lemon menjadi dua, kemudian gosok tiap bagian di sekitar ketiak dan lipatan tubuh yang menjadi pemicu bau tak sedap secara perlahan.

Kapulaga

Selain dapat digunakan sebagai rempah yang mampu melezatkan makanan, kapulaga juga memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah menjadikan aroma tubuh lebih harum secara alami dan tahan lama. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kapulaga dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan.

Kayu Manis

Menambahkan kayu manis ke dalam beberapa resep masakan dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya membuat tubuh menjadi lebih harum. Hal ini dikarenakan kayu manis terkenal akan kemampuannya untuk menghilangkan bau tak sedap baik di dalam mulut maupun tubuh. Jika dikonsumsi setiap hari, kayu manis juga dapat mengurangi produksi keringat.

Rosemary

11 makanan yang dapat membuat aroma tubuh harum rosemary

Salah satu penyebab bau badan menjadi tidak sedap ialah kurangnya kandungan seng di dalam tubuh. Mengonsumsi rosemary setidaknya mampu mengatasi masalah tersebut, karena tanaman ini mengandung seng yang dapat membantu melengkapi kekurangan unsur mineral tersebut di dalam tubuh.

Tak hanya itu, rosemary juga mampu memblokir pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan tidak sedap. Terlebih kandungan klorofil dan menthol pada tumbuhan ini, memiliki efek yang sangat baik untuk membuat tubuh menjadi lebih harum.

Teh Melati

Dengan rutin mengonsumsi teh melati, tubuh akan lebih mudah untuk melakukan proses pembuangan racun. Selain itu, teh melati juga akan membantu menenangkan sistem pencernaan dan menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh. Maka untuk membuat tubuh menjadi lebih harum dan bau badan berkurang, kamu bisa coba untuk konsumsi teh melati secara rutin setiap hari.

Yogurt

Kultur aktif yang ada di dalam yogurt akan menurunkan jumlah senyawa sulfida yang selama ini menjadi salah satu faktor penyebab munculnya bau badan. Selain itu, vitamin D pada yogurt juga akan membantu tubuh melawan bakteri yang ada di mulut sehingga mengurangi bau mulut.

Untuk mendapatkan khasiatnya, yogurt dapat diminum secara langsung ataupun dijadikan bahan utama dalam beberapa hidangan.

Daun Mint

Penggunaan daun mint juga dapat mengurangi produksi keringat pada tubuh. Daun ini dapat dikonsumsi dalam keadaan segar, kering atau digunakan sebagai minyak esensial. Ketika digunakan secara topikal, minyak esensial mint memiliki efek anti-inflamasi yang mampu menutupi bau pada tubuh dengan memberikan aroma yang menyegarkan

Seledri

Seperti yang kita tahu bahwa seledri memberi banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tanaman hijau yang biasa jadi pelengkap makanan ini juga dapat membantu kita untuk menghilangkan bau badan. Karena enzim di dalam seledri dapat mengurangi produksi keringat yang berlebih di dalam tubuh. Selain itu, seledri juga mampu memproduksi feromon yang dapat jadi daya pikat untuk lawan jenis .

Daging Ikan

Tubuh punya mekanisme yang berbeda saat mencerna suatu makanan. Misalnya saat mengonsumsi daging merah dan daging putih seperti ikan. Dokter spesialis kulit dan kelamin David Colbert, MD, menyebutkan protein dalam daging merah yang telah dipecah oleh tubuh bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Sedangkan saat mencerna daging ikan proses di dalam tubuh tidak meninggalkan bau menyengat. Maka jika ingin menghilangkan bau badan, mulailah mengurangi daging merah dan menggantinya dengan konsumsi ikan.

11 makanan yang dapat membuat aroma tubuh harum

Tips Menjaga Tubuh Tetap Harum

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang bersih dan sehat seperti yang disebutkan diatas, kamu juga bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini untuk menjaga agar tubuh mu tetap harum sepanjang hari :

  • Menjaga kebersihan dengan mandi setidaknya 2 kali sehari
  • Menggunakan Sabun mandi dengan aroma yang menyegarkan
  • Melakukan perawatan tubuh (membersihkan ketiak, mencabut bulu ketiak)
  • Menggunakan Deodorant sehabis mandi
  • Menggunakan Lotion pelembab yang harum
  • Menggunakan Parfume
  • Tetap berada di ruangan yang sejuk agar tidak mudah berkeringat

Jadi itulah beberapa makanan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh serta beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan dirumah. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.

11 makanan yang dapat membuat aroma tubuh harum tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *