Ini Dia 11 Daftar Makanan Favorit Presiden Jokowi

Tak hanya penampilannya yang sederhana, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi, ternyata juga memiliki makanan favorit yang sangat sederhana dan merakyat. Hal ini diungkapkan oleh Juru Masak Istana Kepresidenan yang menjelaskan bahwa menu makanan kesukaan Jokowi sangat sederhana dan biasanya seputar makanan rumahan.

Soto Kuning

Soto kuning adalah jenis soto khas dari Bogor, Jawa Barat. Soto ini adalah soto dengan daging sapi dengan ditambahkan santan. Soto kuning Bogor punya rasa dan aroma kunyit yang khas sehingga siapapun akan menyukainya, termasuk Presiden Jokowi.

Sejak pindah ke Istana Bogor, Presiden Jokowi selalu membeli soto kuning dan bahkan bisa dikatakan hampir setiap hari. Hal ini disampaikan oleh koki Presiden Jokowi, Tri Supriharjo yang bekerja di Istana Negara sejak tahun 2013.

“Hampir setiap hari soto kuning selalu dipesan beliau (Jokowi),” ujar Tri.

Biasanya soto kuning ini memiliki cita rasa yang kaya rempah. Penggunaan topping yang dicoba Jokowi sangat beragam bisa berupa empal, otak, limpa, paru, dan sebagainya. Sementara lauknya juga wajib dimakan bersamaan yaitu teri medan, tempe, dan tahu bacem.

Tumis Oseng Tempe Dan Pepaya Muda

Oseng tempe dan tumis pepaya muda adalah lauk yang sangat disukai oleh Presiden Jokowi. Ini menu yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh Presiden Jokowi, dan disajikan untuk melengkapi kelezatan makan siang maupun makan malam.

Oseng tempe maupun tumis pepaya muda sangat mudah untuk dibuat karena hanya memerlukan rempah-rempah sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas. Memang, tambahan lauk oseng tempe dan pepaya muda sangat lezat bagi lidah orang Indonesia dan akan sangat pas jika dimakan bersama nasi hangat.

Sate Kere

Sate kere atau lebih dikenal dengan sate miskin, pertama kali diciptakan untuk makanan bagi orang yang kurang mampu. Sajian ini dibuat dari tempe gambus yakni tempe yang terbuat dari ampas tahu. Terkadang selain tempe, sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus.

Bumbu yang digunakan biasanya bumbu kacang atau sambal kecap sama seperti sate pada umumnya. Kini sate kere bisa dinikmati oleh siapapun dari kalangan manapun. Presiden Jokowi kerap memakan sate ini ketika pulang ke kampung halamannya.

Salah satu tempat sate kere yang sering dikunjungi Jokowi adalah Sate Kere Mbak Tug. Mbak Tugiem, selaku pemilik Sate Kere Mbak Tug mengatakan bahwa Jokowi selalu berkunjung ke warung ini untuk menyantap sate bersama dengan babat dan tetelan. Sate Kere Mbak Tug berada di kota Solo yang biasanya hanya 3 jam setelah buka langsung ludes terjual.

Lento

Salah satu cemilan yang sangat disukai oleh Presiden Jokowi adalah lento. Lento merupakan makanan yang terbuat dari singkong dan kacang tholo atau kacang ijo yang dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, daun jeruk, dan kencur.

Lento berupa gorengan yang mirip seperti perkedel. Ini adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sering disandingkan bersama lontong balap. Juru masak Jokowi biasanya sering memasak menu ini di Istana Negara. Selain menggunakan bahan-bahan dasar, Tri Supriharjo biasanya juga menambahkan parutan kelapa untuk menambah rasa gurih sebelum adonannya digoreng.

Ayam Goreng

Presiden Jokowi ternyata juga suka makan ayam goreng, terutama jika menggunakan ayam kampung. Jokowi memiliki satu tempat makan ayam goreng favoritnya yang tidak pernah dilewatkan saat berkunjung ke Sukoharjo. Tempat makan ini bernama Ayam Goreng Mbah Karto Tembel yang sudah ada sejak tahun 1960.

Menu yang paling disukai Jokowi adalah ayam goreng dengan sambal blondho atau sambal hitam. Penyajiannya mulai dari ¼ potong untuk daging, sementara bisa juga memilih bagian kepala, hati, dan ampela.

Kelezatan dari ayam goreng yang disukai Jokowi ini terletak pada jenis ayam kampung yang digunakan yakni masih berumur 3 bulan sehingga dagingnya masih lembut dan lunak. Bumbu yang digunakan juga sangat meresap yakni terdiri atas bacem, bawang putih, dan rempah yang diungkep di atas kayu bakar.

Selain enak, harga makanannya cenderung murah. Satu porsi ayam kampung berisi nasi putih, sayur urap, lalapan, dan sambal dengan harga berkisar 15.000 sampai 21.000 rupiah.

Sate Kambing

Sate kambing memang menyajikan rasa yang gurih manis dan berbumbu secara bersamaan. Banyak sate kambing yang ada di Indonesia, namun bagi Presiden Jokowi, sate kambing favoritnya adalah Sate Kambing Bu Haji Bejo. Sate kambing ini sudah ada sejak tahun 1970-an yang sudah dikelola Bejo dan istrinya, di mana ketika dagangannya masih berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Usaha yang legendaris yang masih bertahan ini bukan tanpa alasan, karena memang cita rasa satenya yang sangat lezat dengan rasa daging yang sangat empuk. Tak heran jika rasa sate ini dapat diterima di lidah semua kalangan.

Selain sate kambing, tempat makan Bu Haji Bejo yang berada di Solo ini juga disajikan bersama jenis sate lain yaitu sate buntel, tongseng, tengkleng, dan gulai.

Gudeg

Beralih ke makanan khas Yogyakarta, ternyata Presiden Jokowi juga menyukai gudeg. Nasi gudeg biasanya berisi nasi, ayam opor, tahu opor, telur pindang, krecek, daun singkong rebus dan nangka.

Jokowi sering mengunjungi gudeg Mbak Yus yang buka pada pukul 21.30 hingga pukul 2 pagi. Dengan rasa ayamnya yang juara dan dagingnya yang lembut, lalu dipadukan dengan sambal pedas, tak heran jika makanan favorit Jokowi ini memiliki antrian yang panjang.

Jamu Dan Teh Pahit

Sepertinya jamu dan teh pahit adalah rahasia awet muda dan stamina dari Presiden Jokowi. Setiap hari Jokowi meminta juru masak istana untuk menyiapkan minuman favoritnya. Hal ini sesuai dengan perkataan juru masak istana bahwa minum jamu dan teh pahit adalah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan oleh beliau.

Jamu yang disajikan oleh Tri Supriharjo adalah paduan dari 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, dan 3 potong jahe. Uniknya Jokowi selalu menggunakan cangkir yang sama dalam meminum jamu ini yaitu cangkir kuno berwarna hijau dengan bintik-bintik putih.

Soto Gading

Pada tahun 2018, Presiden Jokowi pernah memposting sebuah foto di akun instagramnya @jokowi yang menunjukkan fotonya tengah menyantap soto ayam bersama keluarganya. Dalam foto tersebut, ia menuliskan bahwa suatu kebahagiaan bisa berkumpul dengan keluarga sembari menikmati soto gading di Solo. Soto gading berada di jalan Brigjen Sudiarta 76 yang merupakan salah satu kuliner favorit warga Solo.

Bahkan sejak Jokowi menjadi wali kota Solo ia sudah lama berlangganan dengan soto gading ini. Hidangan soto gading berupa soto kuah kental dari kaldu ayam bening yang berisikan mie soun, suwiran ayam, bawang merah goreng dan irisan seledri. Rasa kaldunya cukup ringan dan biasa dimakan bersama lauk pendamping.

Di sana tersedia tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel. Sebagai informasi soto gading yang sudah buka sejak tahun 1974 ini, juga kerap didatangi oleh mantan Presiden Indonesia seperti Gusdur, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Jus Buah

Selain jamu dan teh pahit, Jokowi juga punya minuman menyehatkan lainnya yang dikonsumsi setiap hari, yaitu jus buah. Hal ini terungkap dari pernyataan Tri Supriharjo yang menjelaskan bahwa Presiden Jokowi suka mengonsumsi jus dengan jenis buah yang berganti-ganti.

Jus yang paling sering Presiden Jokowi minum adalah jus melon dan jus apel. Namun terkadang beliau juga minta dibuatkan jus kedondong. Seperti yang diketahui, melon, apel, dan kedondong adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan zat besi. Jus ini mampu menjaga kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi serta sangat baik dikonsumsi ketika sakit tenggorokan.

Sop Ayam

Presiden Jokowi yang memang menyukai makanan sederhana dan bercita rasa rumahan pasti tidak heran jika beliau menyukai sop ayam. Melalui channel youtube Presiden Joko Widodo, juru masak Jokowi menuturkan bahwa salah satu makanan kesukaan Jokowi adalah sop ayam, yang juga bisa dibarengi tumisan pepaya muda maupun oseng-oseng tempe.

Ia juga menyebutkan bahwa Jokowi senang memakan mie ketoprak dan sayur bening bayam yang juga disajikan dengan cara sederhana. Apapun hidangan utama yang akan dikonsumsi Presiden Jokowi, disebutkan bahwa menu yang tidak boleh terlewat adalah tempe, tahu, dan teri medan yang digoreng.

Tri Supriharjo juga menambahkan bahwa Jokowi suka jika makanan disajikan ketika nasinya masih panas.

“Pak Jokowi itu juga gak ribet, mau makan ya dia datang ke dapur ambil nasi sendiri di konter, yang penting sama bapak itu nasinya panas.” Ujar Tri Supriharjo menjelaskan.

Promo Diskon Cairo Food

Nah, itu dia makanan favorit dari Presiden Jokowi yang ternyata sangat sederhana sesuai dengan sosoknya yang tercermin di publik. Oleh sebab itu, jelas bahwa sikap sederhana yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi adalah gambaran kehidupannya sehari-hari. Bagaimana, apakah anda juga menyukai makanan favorit Presiden Jokowi? Atau justru penasaran dan ingin mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *