10 Makanan Utama Khas Bali

Bali tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya yang mempesona, keindahannya membuat banyak orang datang berkunjung ke Bali tidak hanya dari Indonesia bahkan luar negeri. Selain keindahan alam, Bali juga memiliki makanan khas yang sangat lezat, tidak sedikit juga orang yang menjadikan makanan Bali sebagai makanan favoritnya. Apa saja makanan khas Bali yang lezat tersebut? Simak di bawah ini:

Sate Lilit

Sate Lilit merupakan salah satu jenis sate di Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Daging sate lilit sebelumnya dicincang dengan di masukkan bumbu. Setelah menyatu dengan bumbu, daging kemudian akan dililitkan ke batang serai, metode inilah yang membuatnya unik karena kebanyakan sate di Indonesia ditusuk menggunakan bambu atau lidi. Rasa dan aroma pedas dari batang serai akan terasa ketika sate dibakar sampai matang. Untuk daging sate bisa menggunakan daging ayam, bebek, ikan bahkan daging sapi seseuai dengan selera masing-masing. Sate lilit sangat mudah ditemui jika berada di Bali karena hampir semua daerah menyediakan makanan ini.

Rujak Buleleng

Rujak Buleleng biasanya dinikmati saat siang hari karena rasa pedas dan segarnya. Rujak Buleleng terdiri dari buah-buahan yang dipotong kemudian akan dilumuri dengan bumbu rujak. Jika dilihat secara sekilas, rujak ini tidak berbeda dengan rujak kebanyakan yang ada di Indonesia khususnya pulau Jawa. Yang membedakan adalah bumbu yang digunakan, menggunakan cuka, gula aren buleleng, terasi, garam, cabai rawit dan tambahan pisang batu yang memberikan rasa unik sedikit sepat kedalam bumbu. Sementara untuk buahnya dapat menggunakan berbagai campuran buah untuk membuatnya lebih bervariasi.

Bulung Kuah Pindang

Bali sebagai salah satu wilayah yang dikelilingi oleh lautan tentu tidak mengherankan memiliki menu makanan yang berasal dari laut. Salah satunya adalah Bulung kuah pindah yang berbahan baku rumput laut. Rumput laut yang digunakan adalah yang berjenis Kappaphycus alvarezii yang berwarna hijau gelap dan sedikit merah. Sebelum dimasak rumput laur akan direndam dengan air kapur, kemudian akan direbus dan diberi kuah pindah serta bumbu taburan yang khas dan gurih. Untuk membuat kuah pindangnya dapat menggunakan ikan segar dengan bumbu, kuahnya kemudian akan disiramkan ke rumput laut dan diberi perasan jeruk dan kelapa parut.

Ayam Betutu

Ayam betutu sudah sangat dikenal di Indonesia sebagai salah satu makanan yang harus dicicipi ketika di Bali. Daging ayam akan dimasak menggunakan bumbu genep khas bali berupa cabai, terasi, kemiri, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir dan kencur. Salah satu yang membuatnya istimewa adalah penambahan daun singkong yang diletakkan di dalam perut ayam. Ayam akan direbus sampai bumbu meresap dan kemudian akan dibakar untuk mendapatkan rasa yang khas dari pembakaran barulah ayam betutu siap untuk dimakan. Selain ayam, bebek juga bisa digunakan untuk memasak jenis makanan ini, namun waktu yang diperlukan untuk memasak bebek lebih lama dari pada ayam.

Bubur Mangguh Bali

Bubur Mangguh merupakan sajian yang berasal dari Buleleng, dengan ciri khasnya yaitu urapan dan kacang goreng. Buburnya dibuat dengan rempah seperti daun salam, santan, dan garam. Kemudian akan ditambah dengan ayam dan sayuran yang telah dipotong-potong kecil. Daging ayam dan sayurannya pun lebih dulu dimasak dengan ditambahkan lengkuas, daun salam dan kaldu bubuk sehingga ketika disajikan dengan bubur akan menjadi lebih nikmat dan lezat. Tidak lupa dengan taburan kacang panjang dan kelapa parut diatasnya.

Sate Pentul

Sate pentul memiliki persamaan dengan sate lilit karena dagingnya yang dililitkan ke batang untuk dibakar. Namun daging yang digunakan adalah khusus daging ikan serta tidak menggunakan batang serai melainkan bambu, atau tusuk sate pada umumnya. Ikan akan digiling halus dan kemudan dicampur dengan daging udang sehingga akan membuat sate pentul lebih terasa gurih. Sate yang telah dililit kemudian akan dikukus dan dipanggang atau dibakar untuk mendapatkan rasa gurih.

Timbungan

Timbungan adalah nama untuk proses dari memasak yang menggunakan bambu dan kemudian ditimbun dengan kayu berapi atau tumpukan arang. Timbungan berbahan dasar ikan, ayam atau daging babi dengan sayur kemudian akan dimasukkan kedalam bambu yang berukuran besar agar muat. Sebelumnya daging akan dibumbui terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu genep dan ditambah dengan minyak kelapa. Biasanya makanan ini dapat ditemui di restoran yang menyajikan makanan khas Bali, rasanya yang gurih sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi.

Bebek Bengil

Bebek bengil merupakan makanan yang khas yang patut dicoba ketika berkunjung ke daerah Bali. Awalnya bebek bengil adalah nama dari sebuah restoran yang menyajikan makanan yang sama namun seiring waktu, makanan ini semakin disukai banyak orang dan banyak yang menjualnya dengan resep serupa sehingga menjadikan bebek bengil makanan khas dari daerah Bali. Dimasak dengan bebek utuh yang memiliki ciri khas permukaan kulit terasa sangat renyah karena digoreng sampai kering. Bebek bengil biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan untuk menambah selera. Saat ini tidak hanya di Bali, banyak restoran juga telah menyajikan bebek bengil sebagai menu andalannya.

Jukut Ares

Jukut ares adalah makanan berkuah asal Bali yang terbuat dari kaldu tulang dan batang pohon pisang. Penggunaan ares atau batang pohon pisang ini yang menjadikannya unik. Batang pohong pisang yang digunakan pun harus yang diperhatikan karena tidak semua jenis pohon pisang bisa digunakan, biasanya adalah pohon pisang batu karena lebih enak. Sebelum digunakan pohon pisang akan direndam dengan air garam sambil terus diremas agar keluar getahnya. Untuk kuahnya sendiri menggunakan jahe, lengkuas, bawang putih, cabai, bawang merah, ketumbar dan lada hitam. sementara kaldu tulang yang digunakan biasanya berasal dari tulang babi, ayam atau bebek.

Ikan Laut Sambal Mentah

Kebanyakan masakan yang berasal dari daerah Bali menggunakan ikan atau seafood sebagai bahan utamanya, karena kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai nelayan. Salah satu masakan yang memiliki bumbu khas adalah ikan laut sambal mentah. Ikan laut yang digunakan sebaiknya yang masih segar sehingga ketika diberi bumbu seperti terasi, ketumbar garam dan lain sebagainya dapat meresap dengan baik. Setelah didiamkan, ikan akan dipanggang menggunakan arang batok atau arang kelapa sampai matang. Salah satu yang istimewa dari hidangan ini adalah sambal mentahnya atau dikenal dengan sambal matah. Terdiri dari cabai, bawang, serai, garam dan terasi bakar, bahan tersebut akan dirajang sampai halus dan ditambahkan minyak kelapa dengan perasaan air jeruk agar lebih segar.

Jika berkunjung langsung ke pulau dewata tersebut maka akan sangat banyak makanan khas yang sangat lezat. makanan diatas tersebut adalah makanan yang sudah dikenal luas bahkan sampai ke mancanegara karena rasanya yang lezat. Namun saat ini, banyak restoran yang menyajikan makanan tersebut sehingga tidak perlu susah untuk bisa menikmati makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *