10 Jenis Kurma Terbaik Di Dunia

Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Jika kamu penasaran kenapa kurma di Kurma mempunyai banyak jenis dan ada juga kurma terbaik di dunia. Berbagai jenis kurma hadir di Arab Saudi.  Dari manfaat kesehatan yang mengagumkan hingga kelezatannya, kurma hadir dalam berbagai jenis rasa dan tekstur. Ada kurma lembut dan  juga kurma dengan tekstur kering. Semua jenis kurma memiliki karakteristik masing-masing.

Dahulu, orang-orang di Arab Saudi menggunakan  kurma sebagai barang pertukaran bagi Sutra bahkan sebelum Nabi Isa.  Kurma dan sutra adalah komoditas yang melintasi jalur sutra kuno (China Silk Road). Sementara itu, kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat pada bagian selatan California, Arizona dan bagian selatan Florida.

Rahasia sindhi biryani autentik

Pada bulan Ramadhan, kamu pasti setuju bahwa kurma identik untuk menu berbuka puasa. Tidak hanya manis, buah yang dikenal sebagai buah Arab ini memang tidak diragukan lagi khususnya berkaitan dengan manfaat kurma bagi kesehatan. Kurma bisa mencegah anemia. Selain itu, kurma juga dapat mengoptimalkan kinerja otak. Oleh sebab itu, nggak cuma umat muslim aja yang suka menikmati buah yang satu ini, semua orang di seluruh penjuru dunia pun menyukai kurma karena begitu terasa manfaatnya. Ternyata, kurma memiliki berbagai varian yang berbeda-beda lho.

Di dunia ada ratusan jenis kurma. Di Arab Saudi ada sekitar 400 jenis kurma, belum termasuk di Irak, Mesir, Tunisia, Ajzair, Iran, Palestina, dan California dan beberapa tempat lainnya, mesih banyak jenis kurma dengan tekstur dan cita rasa yang berbeda. Tanah dan kondisi alam yang unik di setiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap kurma berbeda.

Dari ratusan buah kurma, terdapat beberapa jenis yang populer dan digemari berbagai masyarakat di dunia. Selama ini mungkin tidak paham benar kurma yang banyak beredar di sekeliling kita. Yang kita tahu, memang ada perbedaan antara kurma yang dijual di supermarket, di toko-toko Muslim, dan pinggir jalan. Padahal ada begitu banyak macam kurma.

Masing-masing memiliki kelebihan yang membuatnya populer dan banyak dicari orang. Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) dengan bahasa latin phoenix dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun mentah.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penamaan Arab seperti, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Dari empat tingkat kematangan, ada 10 jenis kurma terbaik di dunia. Berikut di antaranya :

Medjool

Medjool juga dikenal sebagai kurma California. Ini adalah salah satu varietas kurma paling tua yang pernah ada dan termasuk paling populer di dunia. 

Secara historis medjool berasal dari wilayah padang gurun Tafilalt, Maroko. Kemudian pengenalan kurma Medjool ke dunia barat terjadi akibat pohon-pohon kurma medjool mengalami penyakit massal. Untuk menyelamatkan varietas dari kepunahan, sebelas pohon kurma dikirim ke Amerika Serikat, dan menjadi bibit unggulan serta dibudidayakan hingga sekarang.

Medjool memiliki kulit luar yang tebal dan warna coklat tua, sehingga sangat mudah dikenali. Ditambah lagi dengan bentuknya yang besar, memanjang dan ujungnya yang runcing. Medjool memiliki rasa karamel yang khas dengan sedikit rasa vanilla. Tekstur dagingnya berserat, namun tetap lembut ketika dimakan. Kurma Medjool kini dibudidayakan secara besar-besaran di AS, Maroko, Iran, Palestina, Yordania, dan Arab Saudi.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Ajwah

Ajwah adalah jenis kurma yang berwarna hitam gelap dengan harga yang cukup mahal. Kurma ini dikenal sebagai “kurma suci” yang jenisnya dihargai lebih dalam kepercayaan islam selama berabad-abad.  Konon kurma Ajwah adalah jenis kurma yang paling disukai Nabi. Kurma ini berasal dari kota Madinah, Arab Saudi dan dibudidayakan dalam jumlah terbatas. Tektsur dagingnya lembut dengan cita rasa tidak terlalu manis dan menyerupai raisin dan kismis.

Ajwah memiliki tekstur seperti buah prune dan berwarna hitam dengan garis-garis kerutan yang sangat halus. Kurma ini sangat lembut dan manisnya cukup ringan. Meskipun Ajwah cenderung termasuk varietas kurma kering, buah ini memiliki profil rasa buah segar.  Kurma yang berasal dari Madinah ini memiliki nutrisi sangat tinggi. Sehingga, tidak hanya terbatas untuk orang-orang Madinah, manfaatnya pun bagus untuk para penduduk yang tinggal di daerah panas atau gurun karena rasanya menyegarkan.

Sukkari

Sukkari adalah jenis kurma yang berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memiliki rasa sangat istimewa, sehingga tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya. Rasanya sering disamakan dengan rasa karamel yang manis dan melebihi kelembutan kurma standar. Kamu bisa menemukan jenis kurma ini di wilayah Irak dan Arab Saudi.

Deglet Noor

Berwarna kuning keemasan, kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat populer di Tunisia, Libya, & Algeria. Asal buah ini berasal dari Aljazair. Nama kurma Deglet Noor berarti cahaya, karena warna buahnya yang menyerupai warna sinar matahari. Kurma deglet nour berukuran sedang dan berbentuk oval memanjang.  Kurma ini juga memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis, lembut dan berdaging tebal.

Mozafati

Mozafati sebagian besar tumbuh di Provinsi Kerman, Iran. Kurma ini sering disebut juga sebagai kurma bam. Biasanya masyarakat setempat mengonsumsinya ketika masih segar. Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu minus lima derajat Celsius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun. Warnanya buahnya gelap, kulitnya mengkilat dan tipis dengan ukurannya yang sedang. Kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan daging yang lembut. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati.

Zaghloul

Kurma zaghloul biasanya dipanen pada saat buah setengah matang dan terlihat hampir seperti tandan anggur merah raksasa. Setiap kurma berukuran besar dan memanjang yakni sekitar 7 sentimeter. Kurma Zaghloul tersedia di musim gugur hingga musim dingin. Buah ini memiliki kulit merah tua hingga merah anggur dengan daging putih cerah dan renyah.

Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini, juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Biasanya kurma zaghloul disajikan sangat kering. Rasanya sangat manis hingga terkadang manisnya masih melekat di lidah. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal hingga hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

Thoory

Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna coklat kemerahan atau coklat keemasan. Sementara lama-kelamaan warnanya bisa berubah menjadi kebiru-biruan. Ukuran kurma thoory berukuran dari sedang hingga besar dan berbentuk lonjong.

Rasa dari kurma ini cukup kering karena kulitnya cenderung sangat keriput, keras, serta adanya perpaduan rasa semi-manis dan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama jika disimpan berbulan-bulan. Kurma Thoory kini sudah tersebar di banyak negara, sehingga mudah ditemukan, termasuk di Indonesia.

Khidri

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Khidri adalah jenis kurma yang berasal dari Mesir. Kurma ini berukuran besar dengan bentuk silindris dan memanjang, umumnya berwarna kuning kecoklatan sampai coklat tua dengan kulit bersisik dan berkerut. Khidri sangat lembut dan kenyal, dengan rasa manis seperti kismis dan sedikit karamel.

Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang dipadukan dengan adonan berisi cokelat, almond dan sebagainya. Rasanya yang cenderung ringan memang cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa. Kurma ini memiliki warna merah maroon gelap. Kurma khidri terkenal dengan rasanya yang enak dan disukai banyak orang.

Amer Hajj

Amer Hajj adalah kurma yang ada di Irak dan dikenal sebagai the visitor’s date. Hal ini dikarenakan kurma jenis ini sering menjadi kudapan untuk menjamu tamu. Kurma ini memiliki bobot sekitar 12-22 gram dengan bentuk lonjong dan memanjang. Warna Amer Hajj  biasanya coklat muda hingga coklat tua. Kurma ini memiliki daging yang tebal dan tekstur yang lembut sekaligus kulit yang tipis. Rasa manisnya cenderung medium atau tidak terlalu manis.

Piarom

Kurma Piarom dikenal sebagai jenis kurma Iran paling mewah dan mahal yang berasal dari Kota Hajiabad, provinsi Hormozgan. Pohon piaram dibudidayakan sebagian besar di pegunungan dan daerah aliran sungai. Kota Hajiabad adalah satu-satunya daerah yang membudidayakan Kurma Piarom. Kurma ini ditanam secara organik dan tidak ada bahan kimia dalam proses panennya.

Piarom terkenal dengan ukuran buahnya yang gemuk, panjangnya 2 sampai 5 cm, dengan daging semi-kering. Kurma Piarom memiliki kulit yang tipis yang menandakan kadar gulanya yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Piarom memiliki rasa manis yang unik, yang memiliki beberapa fitur rasa toffee dan karamel.

masak 20 porsi sop marak

Leave a Reply

Your email address will not be published.