10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

cara menghilangkan bau ketiak

Ketiak atau yang dikenal dengan nama lain ketek dan kelek ini merupakan bagian anggota tubuh yang bisa menimbulkan bau jika tidak dirawat dengan benar. Bau ketiak yang tidak sedap dapat mengganggu diri sendiri maupun orang sekitar, selain itu bau yang menyengat ini dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri. Belum lagi terkadang ada sebagian orang yang tidak menyadari bau ketiaknya sendiri, karena sudah terlalu terbiasa dengan aroma tersebut. Sehingga baunya yang menyengat sering kali membuat orang sekitar merasa tidak nyaman, dan enggan untuk berdekatan dengan kita.

cara menghilangkan bau ketiak

Jika terus dibiarkan bau ketiak yang menyengat ini nantinya dapat membuat pakaian yang kita gunakan basah dan menyebabkan noda kuning yang membandel. Sebab itulah hal ini harus segera diatasi, agar kepercayaan diri dapat kembali meningkat.

Namun sebelum lebih lanjut membahas bagaimana cara menghilangkan bau ketiak, kita perlu mengetahui apa yang menyebabkan ketiak kita berbau tidak sedap. Berikut penjelasannya:

Penyebab Bau Ketiak

cara menghilangkan bau ketiak penyebab bau ketiak

Kelenjar keringat yang berada di pori-pori manusia terletak pada kulit. Kelenjar ini berfungsi untuk mendinginkan tubuh pada kondisi tertentu. Kelenjar permukaan kulit manusia pada umumnya, ialah kelenjar ekrin. Yakni kelenjar yang akan mengeluarkan keringat yang tidak berbau. Berbeda dengan kelenjar pada area yang mengandung banyak folikel rambut (lubang mirip kantung pada lapisan kulit epidermis yang menjadi tempat tumbuhnya rambut) seperti ketiak.

Kelenjar keringat pada ketiak disebut apokrin. Yakni cairan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini dikarenakan keringat yang dihasilkan di ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak. Kandungan protein dan lemak pada keringat di ketiak inilah yang membedakan bau ketiak dengan bau keringat biasa. Karena ketika keringat pada ketiak bercampur dengan bakteri, protein pada keringat tersebut nantinya akan dipecah oleh bakteri dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

cara menghilangkan bau ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak bergantung pada seberapa parah dan penyebab bau badan seseorang. Karena bau badan juga bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh, menggunakan produk yang salah, atau kondisi medis lain yang perlu ditangani. Berikut beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang umum dilakukan diantaranya:

Jaga Kebersihan Tubuh

Tidak rutin menjaga kebersihan tubuh, mandi dan berganti pakaian secara teratur bisa menjadi penyebab bau badan ataupun bau ketiak. Maka cara untuk menghilangkan bau pada ketiak, kamu harus selalu menjaga kebersihan tubuhmu terutama setelah beraktivitas seharian, dengan melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat seperti bekerja ataupun berolahraga. Hal ini mampu mencegah kulit dari bakteri penyebab bau badan. Sebab, saat mandi, bakteri di badan pun akan mati dan terhempaskan oleh sabun, shampo, maupun pembersih tubuh lainnya.

Gunakan Olesan Cuka Apel

Selain membersihkan tubuh, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mencegah dan menghilangkan bau badan. Salah satunya ialah cuka apel. Hal ini dikarenakan kandungan dalam cuka apel dapat membasmi bakteri yang ada pada ketiak. Kita bisa mengaplikasikan campuran cuka apel dengan air langsung pada ketiak. Setelah beberapa menit, olesan tersebut dapat kita bilas. Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari. Namun perlu diingat cuka apel juga mengandung aroma yang kurang sedap, makan disarankan untuk tidak terlalu banyak saat mengoleskannya.

Gunakan Minyak Atsiri atau Essential Oil

Minyak atsiri atau essential oil seperti lavender dan tea tree dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak. Kandungan antibakteri dalam minyak ini lah yang nantinya akan mencegah bakteri untuk berkembang biak. Serta aroma minyaknya yang harum dapat menyamarkan bau badan. Kamu cukup mencampur minyak atsiri dengan air dan tempatkan di botol semprot. Kemudian, semprotkan pada ketiak dua kali sehari, atau saat kamu butuhkan.

Baking Soda

Baking soda juga dapat menjadi alternatif lain untuk menghilangkan bau ketiak, serta membuat ketiak tetap kering dan bebas keringat. Bahkan pengaplikasian baking soda pada ketiak, juga dapat membuat ketiak lebih cerah. Caranya cukup campurkan 1 sendok makan baking soda dengan susu atau perasan air jeruk lemon secukupnya, hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan lakukan scrubbing secara lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. kamu bisa menggunakan ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang paling mudah ditemukan untuk menghilangkan bau pada ketiak. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang terdapat dalam lidah buaya bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga bau pada ketiak dapat diatasi. Caranya mudah mengaplikasikannya ialah, usapkan gel lidah buaya secukupnya pada ketiak lalu diamkan semalaman. Bilas hingga bersih di pagi hari.

Gunakan Olesan Kentang

Kentang dapat mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri pada di ketiak. Selain itu,kandungan asam alami dari kentang juga dapat membantu menurunkan pH di kulit ketiak. Cukup iris tipis kentang, dan gosokan pada area ketiak secara perlahan. Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentang pada area tersebut mengering.

Oles Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang. Kandungan ini sangat berguna untuk melawan berbagai mikroba. Itulah mengapa, minyak kelapa dipercaya dapat membunuh bakteri di ketiak sehingga menghilangkan bau tak sedap. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa siapkan minyak kelapa dan oleskan secara langsung minyak tersebut pada ketiak. Setelah itu, diamkan hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Oles Air Jeruk Nipis

Bakteri dan jamur adalah penyebab utama munculnya masalah bau tidak sedap pada ketiak. Hal ini dapat diatasi dengan olesan jeruk nipis. Karena kandungan jeruk nipis terbukti memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Caranya potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras jeruk nipis. Oleskan perasan air jeruk tersebut dan tunggu selama lima belas menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air hangat.

Minum Air Rebusan Sirih

Air rebusan daun sirih terbukti efektif dapat membasmi dan menghilangkan bau pada ketiak. Sebab, sirih terbukti mampu cegah bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Caranya, cukup dengan merebus daun sirih hingga warna air rebusan berubah. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut atau dapat juga kamu gunakan sebagai campuran air untuk mandi.

Gunakan Deodoran

Terakhir kamu bisa gunakan deodoran atau antiperspirant untuk mencegah atau menghilangkan bau badan. Terdapat banyak sekali jenis deodoran yang tersedia di pasaran, sebelum menggunakannya kamu perlu mencari deodoran dengan kandungan yang cocok untuk kulit mu, agar tidak menyebabkan iritasi kulit. Dan perlu kamu ingat bahwa deodoran biasanya mengandung alkohol untuk mencegah bakteri berkembang biak di kulit dan menyebabkan bau. Namun agar lebih aman, pilihlah deodoran antibakteri yang tidak mengandung alkohol.

Jadi itulah beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah bau badan dan ketiak mu. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan bahan-bahan yang aman digunakan pada kulit ketiak mu.

Pastikan untuk terbiasa menerapkan gaya hidup sehat, baik mandi secara teratur ataupun mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Karena jika kita terbiasa menerapkan pola hidup sehat, kemungkinan untuk bakteri dan jamur berkembang biak semakin berkurang.

cara menghilangkan bau ketiak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *