Profil Karir Chef Reynold Poernomo

Setelah berhasil menjadi salah satu kontestan dalam ajang kompetisi memasak terkenal MasterChef di Australia, Reynold Poernomo terus mengejar karirnya di Industri Kuliner. Keahlian masaknya yang membuat banyak orang kagum menjadikannya terus bersinar sebagai salah satu koki yang handal. Seperti apa perjalanan karir dari Reynold Poernomo? Simak di bawah ini:

Biodata Singkat

Reynold Poernomo adalah anak ketiga dan terakhir dari pasangan Junarmo Poernomo dan Boyke Malada. Lahir pada 4 Desember 1993 di Surabaya, Reynold harus pindah ke Sydney, Australia saat kecil karena keluarganya mengalami kesulitan ekonomi. Walaupun menghadapi kendala pada bahasa di awal, namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik.

Lahir dari keluarga yang sangat dekat dengan dunia kuliner, dimana sang ibu adalah seorang koki pastry dan juga nenek yang memiliki usaha restoran. Kemudian sang kakak yang juga berkarir di dunia kuliner, Arnold Poernomo yang lebih dulu dikenal sebagai salah satu koki masak profesional di Indonesia. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Reynold secara alami telah mengenal dunia masak memasak bahkan semenjak dirinya berusia muda.

Awal Karir

Reynold pertama kali dikenal publik saat dirinya menjadi seorang kontestan MasterChef di Australia pada musim ketujuh di tahun 2015. Penampilannya mampu membuat para juri kagum, hal tersebut dikarenakan akan kemampuannya membuat hidangan khususnya dessert. Selain rasanya yang lezat, visual dari dessert yang dibuat oleh Reynold ketika berkompetisi membuat takjub banyak orang. Tidak heran jika akhirnya Reynold mendapatkan julukan “King of Dessert” dari banyak orang.

Pada saat masa remajanya, dirinya telah memiliki minat pada bidang kuliner. Untuk menghabiskan waktu, Reynold lebih memilih untuk belajar memasak terutama dessert, membaca buku memasak, atau mencari berbagai resep yang unik untuk menambah referensinya. Hal tersebut yang membuatnya kemudian memiliki cita-cita untuk membuak sebuah dessert bar.

Hal tersebut kemudian terwujud dengan dirinya yang mengikuti kompetisi dan dapat menampilkan kebolehannya untuk membuat hidangan penutup yang menakjubkan. Meski mendapat banyak pujian, Reynold harus bisa menerima kekalahannya pada 4 besar dan harus pulang. Namun semangatnya untuk terus melanjutkan karir di dunia hospitality dan kuliner terus berlanjut. Terbukti bersama dengan saudaranya, Reynold mengembangkan bisnis kuliner yang lebih dulu telah di rintis oleh sang ibu, Boyke Malada.

Pendidikan

Pada saat mengikuti kompetisi MasterChef Australia, Reynold Poernomo masih tercatat sebagai salah satu mahasiswa jurusan nutrition and food science di University of Western Sydney (UWS) dengan standar dunia. Secara umum jurusan ini mempelajari tentang mendalami nutrisi dan ilmu di balik makanan tersebut. Dimana memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan professional di bidang gizi, diet dan gaya hidup, pengembangan makanan yang inovatif dan sehat serta memastikan kualitas dan keamanan pangan. Poin plus inilah yang membuat Reynold dapat memukau banyak orang dari kreasinya mengenai dessert.

Hal tersebut yang kemudian membuat dirinya meniti karir di dunia kuliner dan hospitality dengan membuka sebuah restoran, sebenarnya orang tua dari Reynold tidak setuju akan hal tersebut. Mereka lebih menginginkan agar anaknya tersebut dapat bekerja di perkantoran saja, hal tersebut karena mereka melihat dari pengalaman yang sebelumnya dirasakan dimana bisnis restoran tidak selamanya berjalan dengan baik dan mulus. Banyak hambatan atau permasalahan yang nantinya akan dihadapi dan harus melewatinya dengan jatuh bangun terlebih dahulu saat menjalaninya.

Kembali Mengikuti Ajang MasterChef

Gagal menjadi finalis pada musim ke tujuh pada tahun 2015, Reynold kembali mengikuti ajang yang sama MasterChef Australia 2020 ‘Back to Win’. Dimana kompetisi ini diikuti oleh peserta gagal pada musim-musim sebelumnya termasuk Reynold. Reynold dengan percaya diri tampil dan menjadi favorit banyak orang. Namun hal tersebut belum juga berhasil, karena Reynold harus tersingkir pada tiga besar. Penampilannya pada musim ini juga mendapatkan banyak pujian, tidak hanya dari orang Indonesia namun juga dari warga Australia.

Poernomo Brothers

Reynold Poernomo dan kedua saudaranya, yaitu Ronald Poernomo dan Arnold Poernomo, juga biasa dikenal dengan sebutan Poernomo Brothers. Ketiga bersaudara ini memiliki ketertarikan pada dunia kuliner, dimana sang kakak Ronald telah lama di Industri Kuliner. Sementara yang paling dikenal masyarakat Indonesia, Chef Arnold yang menjadi idola banyak orang dan salah satu chef profesional di Indonesia.

Kekompakan dari ketiga bersaudara ini dapat dilihat, salah satunya mereka membuka restoran yang diberi nama KOI (Kids of Ike) dan telah sukses di negara asal pembukaannya di Australia sampai saat ini. Hal lainnya juga dapat dilihat dari beberapa unggahan di media sosial milik chef Arnold dan Reynold bersama dengan saudaranya.

Moment di MasterChef Australia

Reynold mampu menyajikan makanan khususnya dessert yang membuat juri dan semua orang terpana dengan kreativitasnya. Bahkan pada sebuah tantangan, Reynold mampu mendapatkan nilai sempurna dari ketiga juri, dimana sebelumnya belum pernah ada yang mendapatkan nilai tersebut. Moment ini yang membuat Reynold dikenal sebagai ‘King of Dessert’.

Kembalinya Reynold kemudian pada ajang tersebut tentu membuat banyak orang merasa senang, salah satu yang menjadi momen yang tak terlupakan adalah ketika tantangan yang diberikan. Tantangan tersebut adalah memasak yang terinspirasi dari masa lalu, dimana dirinya mengingat kembali momen tersebut dan membandingkannya dengan masa pandemi covid-19. Akhirnya Reynold menyajikan dessert, coklat yang berbentuk kelapa dan serta dipenuhi cendol di dalamnya yang diberi nama ‘Bali Sunrise’, hal tersebut kemudian mengantarkannya ke babak 5 besar.

Bisnis Kuliner

Reynold menjalankan bisnis kuliner bersama dengan keluarganya dan menjadi salah satu restoran yang dikenal publik. Seperti KOI Kitchen, Monkey’s Corner dan yang terbaru dirinya membuka Tini Artisan Bakehouse yang menyajikan pastry dan kopi. Berbeda dari KOI yang menyajikan dessert dengan berbagai macam varian. Tini Artisan Bakehouse akan fokus pada produk pastry saja.

Pencapaian dari Reynold merupakan salah satu motivasi bagi banyak orang untuk dapat terus mengejar cita-citanya. Walaupun terdapat rintangan hal tersebut dapat memberikan pacuan yang baik. Untuk membagikan momen nya, Reynold juga aktif di media sosial. Selain itu chanel youtube miliknya membagikan banyak konten menarik yang dapat menjadi inspirasi seperti resep dessert, tips dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *