Mengenal Iskender Kebab, Makanan Khas Turki Yang Bersejarah

mengenal iskender kebab kebab makanan khas turki yang bersejarah

Iskender Kebab, atau yang lebih sering disebut dengan nama Iskender, adalah satu dari sekian banyak makanan Turki yang terkenal. Sajian yang menggugah selera ini berasal dari wilayah barat laut Turki, lebih tepatnya dari kota Bursa yang penuh dengan sejarah.

Selain disebut dengan nama Iskender, makanan ini memiliki dua nama lain, yaitu Bursa Kebab dan Uludağ Kebab. Uludağ sendiri adalah nama sebuah gunung yang masih berada di wilayah Bursa.

Iskender mendapatkan namanya dari sang inovator, Iskender. Beliau tinggal di Bursa, dan memulai bisnis dengan sajian hasil inovasinya pada tahun 1867. Bisnis kebab ini adalah bisnis turun temurun dari keluarga İskenderoğlu.

Karena ayah dari Iskender, Mehmet, juga merupakan seorang penjual kebab. Kebapçı İskender kini telah menjadi trademark dari keluarga İskenderoğlu, karena bisnis ini masih mereka lestarikan hingga detik ini di berbagai tempat di Bursa.

Sementara itu, untuk penyajiannya, Iskender sebenarnya tidak jauh berbeda dari kebab pada umumnya di Turki. Sepiring Iskender autentik terdiri dari potongan tipis daging domba bakar beserta potongan dadu Roti Pita.

Kedua bahan ini lalu diguyur dengan minyak panas yang terbuat dari campuran pasta tomat, yang dalam bahasa Turki disebut Salça, serta lelehan mentega dari susu kambing, yang dalam Bahasa Turki secara umum disebut Tereyağı.

Untuk mempercantik sepiring Iskender, maka diletakkan beberapa irisan tomat di atas piring. Untuk ciri khas dari Iskender, mereka menambahkan satu scoop yoghurt yang menjadi pembeda antara Kebab dan Iskender.

Jika kita menginginkan Iskender dengan sentuhan rasa pedas, maka ada dua bahan yang kemungkinan akan berada di atas piring kita. Yaitu antara cabe bakar yang benar-benar pedas, karena cabe di Turki biasanya tidak pedas sama sekali, atau sekedar bubuk cabe pedas yang dimasukan kedalam plastik Zip Lock.

Cabe pedas sebenarnya cukup langka di Turki, karena hanya tumbuh saat musim panas, dan mayoritas orang Turki juga tidak tahan dengan rasa pedas. Tidak hanya di Bursa, makanan ini sebenarnya bisa kita beli seluruh kota di Turki.

Meski tentunya, perbedaan rasa antara Iskender yang autentik dari Bursa dan yang berasal dari kota lain akan terasa cukup jauh. Namun setidaknya, Iskender di kota lain bisa lebih murah dari Iskender yang autentik. Setelah membaca semua deskripsi ini, kita tentu bertanya-tanya akan satu hal.

Jika kita berkunjung ke Turki, khususnya ke Bursa, dimanakah kita bisa menikmati Iskender yang autentik ini? Dilansir dari website www.iskender.com.tr ,  restoran Iskender yang berafiliasi pada keluarga İskenderoğlu ini tersebar di enam tempat di wilayah Bursa, serta satu di Istanbul. Tiga dari enam tempat tersebut merupakan restoran cepat saji dari Kebapçı İskender, dan lima cabang ada di tiga pusat perbelanjaan yang berbeda di Bursa, yaitu:

Iskender Tarihi Ahşap Dukkan
(Pintu masuk restoran Iskender pertama di Ünlü Caddesi)

İskender Tarihi Ahşap Dukkan

Bisa dikatakan jika restoran ini adalah pusat dan awal dari makanan hasil inovasi ini. Berdiri pada tahun 1867 di Ünlü Caddesi, kawasan di sekitar restoran telah mengalami banyak perubahan.

Restoran dengan interior yang kaya akan keramik indah, lengkap dengan nuansa kayu dan suasana syahdu yang kental ini sekarang berada diantara banyak toko dan restoran lain, seperti toko buku, toko pakaian, restoran Tantuni, serta banyak toko dan restoran yang mengelilingi kawasan tersebut.

Untuk mencapai restoran ini juga sebenarnya cukup mudah, karena tempat ini tidak terlalu jauh dari Ataturk Caddesi. Kita cukup memasuki jalan kecil yang ada di samping Kantor Pajak Bursa, lalu berjalan lurus untuk memasuki Ünlü Caddesi. Dari pertigaan jalan, kita sudah bisa melihat papan nama restoran yang terpampang jelas di dekat restoran.

İskender Köşe Mavi Dükkan

Restoran ini dirikan oleh Cevat İskenderoğlu dan kakaknya, Nurettin İskenderoğlu, pada awal tahun 1930. Kedua kakak beradik ini merupakan dua dari tiga anak Tuan Iskender. Restoran ini adalah cabang pertama yang hadir di Bursa, dan lokasinya sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh dari restoran utama.

Berbeda dengan restoran yang ayahnya dirikan, Cevat dan Nurettin mengecat restoran mereka yang berada di Ataturk Caddesi dengan warna biru langit dan putih, menjadikan restoran mereka memiliki kesan yang sangat berbeda dengan yang dimiliki ayah mereka.

Karena restoran milik Tuan Iskender sangat kental dengan unsur seni dan suasana yang syahdu. Bahkan hingga detik ini sekalipun, restoran tersebut masih mempertahankan suasana cerah yang khas itu dengan sangat baik.

Restoran yang didirikan oleh dua bersaudara tersebut hingga saat ini tetap memiliki kesan cerah dengan warna biru muda dan putihnya. Selain itu juga, restoran yang bersebelahan dengan Dinas Kebudayaan Tayyare ini berada di samping jalan raya, membuat akses yang dimiliki oleh restoran ini sedikit lebih mudah dari restoran yang didirikan ayah mereka.

Restoran İskender di Şakayık Sokak No 67
(Satu-satunya restoran cabang yang dimiliki keluarga İskenderoğlu di İstanbul)

Restoran İskender di Şakayık Sokak No:67

Restoran ini merupakan satu-satunya cabang yang mereka miliki di Istanbul. Restoran ini beralamat di sebuah distrik bernama Şişli, satu dari banyak distrik di Istanbul yang berada di wilayah Eropa. Restoran ini diapit oleh Bodrum Mantı & Cafe dan Kantor Sub-Distrik Tesvikiye, dan juga berdekatan dengan Kantor Dinas Pendidikan Şişli serta SMP Negeri Nilufer Hatun Şişli.

Tempat ini bisa dikatakan sangat ramai dan sering dilewati oleh masyarakat Istanbul. Dengan kehadiran cabang ini, banyak orang yang merasa terbantu karena bisa merasakan cita rasa autentik dari Iskender tanpa harus jauh-jauh pergi ke pusat kota Bursa.

Dua Restoran Iskender Cabang Carrefour SA, Bursa

Dengan pintu masuk yang berada di Liman Caddesi, serta sangat berdekatan dengan Izmir Yolu Caddesi, pusat perbelanjaan ini sangat mudah untuk diidentifikasi. Sementara dua cabang restoran Iskender legendaris yang sedang kita bahas saat ini, berada di lantai ground untuk restoran, dan lantai satu untuk restoran cepat sajinya.

Dua Restoran Iskender Cabang Pusat Perbelanjaan Bursa Korupark

Diapit oleh kawasan padat penduduk dan kompleks pabrik, pusat perbelanjaan ini bisa dikatakan mudah untuk diakses oleh masyarakat. Di dalam Mall ini juga terdapat satu restoran Iskender dan satu restoran fastfood yang berafiliasi langsung pada keluarga İskenderoğlu.

Satu Restoran Cepat Saji di Pusat Perbelanjaan Bursa Sur Yapı Marka

Keberadaan dari pusat perbelanjaan ini tidak terlalu jauh dari Carrefour. Terletak di Mihraplı Caddesi, pusat perbelanjaan ini diapit oleh banyak toko lainnya, dan membuat kawasan ini ramai dikunjungi oleh pengunjung.

İskender Ekspres, yang merupakan restoran cepat saji yang berafiliasi langsung pada keluarga İskenderoğlu, terdapat di lantai dua dari pusat perbelanjaan ini. Bukan hanya itu, restoran ini juga bersebelahan secara langsung dengan KFC, seolah mempertontonkan setajam apa persaingan antara makanan yang asli berasal dari Turki dan ayam goreng yang lahir di Amerika Serikat tersebut.

Lalu sebenarnya masih ada satu merek lagi yang berafiliasi secara langsung pada keluarga İskenderoğlu, yaitu İskender 1867, yang didirikan oleh Yafuz İskenderoğlu. Ciri khas dari merek ini adalah lukisan wajah dari Tuan Yafuz İskenderoğlu yang dicetak di atas piring-piringnya. Merek ini juga telah memiliki 3 restoran yang tersebar di wilayah Bursa.

Namun dimanapun kita mencicipi sebuah makanan, hal yang paling utama adalah kemampuan tubuh kita untuk menerima makanan tersebut. Karena tidak sedikit orang Indonesia yang kesulitan untuk beradaptasi dengan makanan dari negeri orang, dan masalah ini mengantarkan mereka pada kesan pertama yang buruk.

iskender kebab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *