Sejarah Samosa Berasal Dari Mesir

Saat ini samosa (disebut juga sambosa) lebih dikenal sebagai cemilan khas Timur Tengah dan India. Bentuknya segitiga dengan isian yang bervariasi, mungkin sekilas mengingatkan masyarakat Indonesia dengan pastel sebagai salah satu jajanan pasar yang banyak disukai. Perpaduan antara gurih dan pedas dari rasa samosa tradisional, sangat cocok untuk semua kalangan.

Apa Itu Samosa?

Samosa adalah pastri goreng berbentuk segitiga yang secara tradisional berisi kentang rebus, kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, panir, maupun daging. Warna kulitnya kuning hingga keemasan ketika digoreng. Makanan ini terkenal di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Ada juga samosa yang diisi dengan sayuran sebagai samosa vegetarian. Salah satu karakteristik lain dari cemilan ini yaitu penggunaan bumbu kari pada bahan isian.

Selanjutnya, seluruh isian dibungkus dalam adonan yang terbuat dari tepung terigu, ghee, dan air. Pembuatan adonan kulit dari samosa sangat mirip dengan adonan pastel. Rasanya sangat bervariasi tergantung isi di dalamnya mulai dari manis hingga gurih. Perbedaan rasa ini terutama disebabkan karena samosa kini berkembang dan dimodifikasi dengan isian yang dimodernisasi misalnya samosa coklat kelapa, samosa alpukat telur, samosa keju, hingga samosa ayam pedas.

Sejarah Samosa

Mungkin ini adalah salah satu makanan yang paling banyak memiliki sejarah perjalanan dimulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India. Sejarah Samosa dimakan sebagai cemilan oleh para pedagang dan musafir di perkemahan atau tempat istirahat selama perjalanan. Terdapat buku resep masakan Arab yang ditemukan dari abad ke 10 dan tercatat dengan nama “sanbusak”. Pada faktanya dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”, sehingga semua mulai bisa terlihat kaitannya. Sebagai catatan bahwa hingga saat ini di Mesir, “Samosa” oleh sebagian orang masih dikenal dengan nama “sambusak”, yaitu hanya berbeda satu huruf m dan n.

Kurang lebih pada abad ke 11 para pedagang muslim mulai membawa samosa dalam perjalanan mereka ke India. Hingga pada abad ke 13, samosa sudah tidak hanya dimakan oleh para pedagang saja, melainkan oleh para pejabat, orang penting dan sultan atau raja. Amir Khusro (1253-1325), cendekiawan dan penyair kerajaan Kesultanan Delhi menulis sekitar tahun 1300 tentang para pangeran dan kalangan bangsawan yang menyukai “samosa” yang dibuat dari daging, minyak samin, bawang bombay, dan lain lain.

Bahkan pada abad ke 14, seorang penjelajah terkenal Ibn Battuta dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, dan kacang walnut, dihidangkan didalam Istana Muhammad bin Tughluq (Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan. Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur.

Di Indonesia, samosa dipercaya dibawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak diperkenalkan dan dipromosikan oleh restoran Arab dan India. Biasanya di Indonesia disebut dengan sambosa atau samosa serta berisi campuran sayur dengan daging.

Sehingga bisa kita ambil lagi kesimpulan bahwa Samosa berasal dari Mesir lalu menjadi terkenal di India. Ini adalah sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer namun banyak yang belum mengetahui asal usulnya.

Adaptasi Samosa di Beberapa Negara

Seperti sudah dijelaskan bahwa Samosa memiliki sejarah yang sangat lama dan banyak orang keliru akan sejarahnya ternyata bukan berasal dari India, melainkan dari Mesir. Samosa memiliki banyak adaptasi dan versi di beberapa Negara dan daerah. Di Timur Nepal, samosa disebut “singadas”, sedangkan wilayah lain menyebutnya samosa. “bajiya” adalah nama lain dari samosa di Maldives yang isinya adalah daging ikan dan bawang.

Lain halnya di wilayah Uzbekistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Xianjiang, samosa dikenal dengan nama “samsas” namun tidak pernah digoreng, melainkan dipanggang. Sudah diakui bahwa samosa paling enak bisa anda dapatkan di Faisalabad, sebuah kota di Pakistan dimana samosa sangat terkenal dan enak.

Berikut beberapa nama lain Samosa dalam beberapa Bahasa dunia :

  • Bahasa Punjabi: ਸਮੋਸਾ smosa
  • Bahasa Sanskrit: शृङ्गाटकं śr̥ṅgāṭakaṁ
  • Bahasa Bengali: সিঙ্গারা Shingara
  • Bahasa Hindi: समोसा
  • Bahasa Manipuri: Singhara,
  • Bahasa Nepali: समोसा, Singoda
  • Bahasa Urdu: سموسہ
  • Bahasa Arabic: سمبوسك‎‎ sambūsak
  • Bahasa Sinhalese: සමොසා
  • Bahasa Hebrew: סמבוסק‎‎ sambusak
  • Bahasa Gujarati: સમોસા samosa
  • Bahasa Kannada: ಸಮೋಸಾ samosa
  • Bahasa Malayalam: സമോസ
  • Bahasa Marathi: समोसा
  • Bahasa Persian: سمبوسه‎‎
  • Bahasa Tamil: சமோசா
  • Bahasa Telugu: సమోసా
  • Bahasa Urdu: سموسه‎ samosa, samsa
  • Bahasa Sylheti: ছমছা Somosa or somsa
  • Bahasa Kazakh: самса, [sɑmsɑ́]
  • Bahasa Kyrgyz: самса, [sɑ́msɑ]
  • Bahasa Uzbek: ‘somsa’, [sɒmsa]
  • Bahasa Uyghur: سامسا‎, [sɑmsɑ́
  • Bahasa Turkish: samsa böreği
  • Bahasa Somali: sambuus
  • Bahasa Tajik: самбӯса
  • Bahasa Bengali: সিঙাড়া shingara
  • Bahasa Sylheti: সিঙারা shingara sing-ra
  • Bahasa Odia: ଶିଙ୍ଗଡା shingada

Variasi Samosa

Samosa memiliki bentuk, ukuran, isian, dan ketebalan kulit yang tergantung pada resep atau selera orang yang membuatnya. Akan tetapi, hampir semua samosa berbentuk segitiga yang menjadi keunikannya. Samosa banyak ditemukan di India atau negara sekitarnya dengan di jual pada gerai yang disebut chaat.

Biasanya samosa disajikan bersama saus seperti isian bawang bombay, daun ketumbar, yoghurt, chutney, dan chaat masala. Meski tidak mencakup seluruhnya, namun samosa memiliki beragam variasi yang paling umum di seluruh dunia.

Samosa Pakistan

Samosa Pakistan disebut sebagai samosa paling populer dan diakui di seluruh dunia. Di provinsi Punjab, Pakistan, terdapat kota bernama Faisalabad yang menjadi kotanya samosa. Bahkan makan samosa di sana adalah salah satu daya tarik wisata kuliner. Samosa khas Faisalabad berukuran besar dengan isian sayuran atau daging cincang. Biasanya masyarakat mengonsumsi dengan cocolan saus chutney merah dan putih yang dilengkapi dengan salad irisan bawang.

Samosa India

Samosa India biasanya paling banyak ditemukan di kota Hyderabad. Di kota ini samosa disebut dengan nama lukhmi. Ukurannya lebih kecil dari samosa lain dengan kulit pastri yang lebih tebal. Biasanya samosa ini menggunakan bumbu kari sebagai isian, alhasil rasanya pun menjadi lebih gurih.

Samosa Portugal

Selanjutnya samosa juga dikonsumsi oleh negara bagian Eropa barat daya yaitu Portugal. Samosa Portugal disebut dengan nama chamucas. Biasanya samosa ini diisi dengan daging ayam, daging sapi, daging babi, atau sayuran. Seluruh isian dijadikan satu dan diberi bumbu hingga menghasilkan rasa pedas gurih.

Samosa Kazakhstan

Samosa Kazakhstan lebih dikenal dengan nama samsa. Isiannya cenderung mengandalkan produk hewani seperti daging sapi, daging ayam, dan keju yang membuat rasanya lebih enak. Meski demikian tidak menutup kemungkinan menggunakan sayuran sebagai isian samosa ini. Di negara-negara Asia Tengah, samosa dimasak dengan cara dipanggang bukan digoreng. Biasanya samosa di wilayah ini berukuran gemuk, sehingga lebih bervolume. Di Asia Tengah seperti Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan lain sebagainya, biasa menyajikan samosa sebagai street food atau di gerai yang menjual jajanan serupa seperti hamburger.

Samosa Timur Tengah

Samosa Timur Tengah memiliki lapisan kulit dan isian yang seimbang. Bentuknya ramping dengan isi daging sapi atau sayuran. Samosa ini bisa dimakan langsung dengan saus sambal, saus tomat, maupun dengan saus mayonnaise, rasanya tidak jauh berbeda dengan samosa lain yaitu kulit luar yang sedikit asin dan renyah, sementara rasa daging sapi giling di dalamnya gurih dengan paduan rempah khas Mesir yang lembut.

Samosa Modern

Samosa ini merujuk pada jenis samosa yang tersebar di seluruh dunia dengan beragam variasi isian baru. Misalnya di Indonesia, samosa dapat ditemukan dengan isian coklat, keju, ubi ungu, kulit ayam, dan lain sebagainya. Selain itu, samosa jenis ini juga dapat ditemukan dalam bentuk produk segar maupun frozen food. Hal ini untuk memenuhi minat konsumen terhadap samosa, agar lebih praktis dan dapat dikonsumsi kapanpun.

Nah itu dia sejarah lengkap serta variasi dari samosa di seluruh dunia. Cemilan yang banyak disukai oleh masyarakat dunia ini bisa dibuat sendiri secara sederhana ala resep rumahan. Resep samosa bisa ditemukan di berbagai platform online.

Namun jika memasak samosa sendiri terlalu merepotkan, maka samosa dapat dibeli langsung di toko grosir online seperti Cairo Food yang menjual samosa frozen dan fresh (digoreng langsung). Cairo Food menyajikan samosa isi daging sapi, samosa keju cheddar, dan samosa sayur yang halal dan pastinya lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *