Saffron Bumbu Timur Tengah terMahal

Makanan Timur Tengah memang sangat enak bagi sebagian orang, terutama bagi yang sudah pernah mencobanya. Jika kita pernah makan di negara asalnya, mungkin harga dan rasa akan bervariasi tergantung tempat anda makan. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada satu bumbu rahasia pada dapur timur tengah yang sangat amat mahal untuk digunakan secara umum.

Bumbu ini mungkin hanya digunakan oleh kalangan tertentu atau pada restoran dan hotel bintang lima saja, karena harganya yang mencapai IDR 202.500.000,- atau sekitar USD 15.000. Memang jika bumbu ini digunakan rasa dan warna makanan akan berubah menjadi seperti makanan Raja.

Apa sih Bumbu rahasia-nya ?

Bumbu atau Rempah rahasia dapur timur tengah adalah Saffron. Saffron diambil dari bunga Crocus sativus berupa kepala putik yang hanya terdapat tiga saja per bunga. Anda bisa bayangkan dibutuhkan sekitar 80.000 Bunga atau setengah hektar untuk menghasilkan 450gram. Dalam bahasa Arab disebut Za’faran (زَعْفَرَان) yang sebenarnya berarti Kuning.

Saffron biasa digunakan dalam Nasi Biryani karena selain memberikan rasa yang berbeda, rempah ini juga memberikan warna kuning keemasan yang sangat khas. Spanyol tercatat sebagai negara nomor satu penghasil Saffron, lalu India berada di nomor dua.

Cara pemakaian terbaik adalah dengan direndam di dalam air hangat(bukan panas) satu gelas lalu biarkan selama 20 menit. Gunakan Safron pada tahap akhir karena mudah menguap wangi-nya.

Tercatat dalam sejarah Mesir kuno, bahwa Cleopatra mencampurkan safron ke dalam air mandi agar lebih bergairah dalam bercinta. Dalam Saffron kering terdapat Protein, Vitamin A, Thiamine, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Folate, Vitamin C, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium, Sodium, Zinc, Water, Selenium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *