Rempah Asli Indonesia

rempah asli indonesia

Indonesia sudah banyak dikenal dengan kulinernya yang kaya akan rempah-rempah yang khas. Indonesia sendiri punya sejarah panjang tentang penjajahan yang berawal dari pencarian rempah bangsa Belanda ratusan tahun yang lalu. Tidak salah jika mengatakan rempah Indonesia merupakan harta karun dan juga memiliki nilai yang tinggi pada masa itu. Lalu apa saja rempah asli yang di temukan di Indonesia?

Para penjajah menginginkan rempah-rempah yang ada di Indonesia menjadi milik mereka dan berniat menyingkirkan masyarakat pribumi. Karena baik dulu maupun sekarang rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh banyak orang, karena kegunaan serta manfaatnya yang beragam menjadikan rempah banyak diburu bahkan hingga saat ini. Namun, banyak sekali dari kita yang belum mengetahui apa saja sebenarnya rempah-rempah yang memang sejak awal sudah tumbuh dan berasal dari Indonesia. Bahkan rempah yang awalnya kita kira berasal dari Indonesia seperti lada hitam, jahe, maupun adas manis ternyata justru rempah tersebut berasal dari wilayah lain.

Rempah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berbagai jenis hasil tanaman yang beraroma untuk memberikan bau dan rasa khusus pada makanan. Selain memberikan rasa yang khas pada makanan, rempah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan rempah-rempah sebagai salah satu obat alternatif untuk penyakit dan kesehatan tubuh. Rempah-rempah Indonesia sendiri memiliki banyak jenis, beberapa sangat mudah ditemui sehari-hari dan rasanya sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Pala

rempah asli indonesia pala

Dalam sejarah, Buah Pala adalah salah satu awal bangsa Eropa datang ke Nusantara tepatnya Kepulauan Banda di Maluku, sehingga tidak heran buah pala menjadi komoditi perdagangan hingga saat ini. Buah Pala memiliki karakteristik buah yang lonjong dan bulat, berwarna kuning dan memiliki daging berwarna merah dan coklat. Buah pala yang sudah kering setelah proses pengeringan seperti di jemur artinya sudah bisa digunakan untuk masakan ataupun obat. Selain untuk bahan masakan, buah pala yang masih segar juga bisa dijadikan manisan dengan cara merendam buah dengan air gula dan tunggu sampai meresap.

Pala adalah rempah yang berasal dari biji pohon pala. Di Amerika Serikat, rempah ini umum digunakan pada hidangan penutup seperti Pai Apel atau Pai Labu. Pala juga digunakan di dalam banyak minuman seperti eggnog, chai, anggur be-rempah, atau garnish di atas minuman kopi dengan busa di atasnya. Hal ini mungkin dikarenakan pala memberikan wangi yang harum pada masakan, dan tidak merusak cita rasanya. Sedangkan di Timur Tengah, Pala digunakan sebagai penguat rasa masakan alami, dan tidak bisa dipisahkan dari masakan seperti kari, gulai dan beberapa masakan lain.

Selain itu kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, minyak atsiri, kalsium, protein dan masih banyak lainnya sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan tersebut dapat mengontrol tekanan darah, meredakan nyeri sendi, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, maag, menghilangkan bau badan dan masih banyak manfaat yang didapat dari Buah Pala ini. Namun hanya porsi kecil yang sebaiknya di konsumsi, hal tersebut karena buah pala juga mengandung zat toksin yaitu minyak miristisin sehingga tidak baik di konsumsi dengan jumlah banyak.

Cengkeh

rempah asli indonesia cengkeh

Cengkeh adalah rempah serba guna yang memiliki aroma serta cita rasa yang khas. Tanaman ini adalah tanaman asli Indonesa, karena pada saat itu cengkeh hanya tumbuh di 5 pulau kecil di Kepulauan Maluku yaitu, Bacan, Makian, Moti, Ternate dan Tidore.

Namun beberapa abad sebelum Masehi tanaman ini menyebar melalui pedagang-pedagang Arab ke benua Eropa dengan melintasi jalur yang membentang dari Tiongkok sampai Eropa. Pada saat itulah orang-orang Eropa mulai menggunakan cengkeh sebagai bahan pengawet makanan, obat, atau pun ramuan aroma terapi. Bahkan sampai saat ini, penggunaan cengkeh semakin meluas, seperti dijadikan bumbu masakan atau pun digunakan sebagai campuran rokok

Cengkeh atau Cengkih yang digunakan biasanya bunga dari pohon cengkih yang kering, bunga cengkeh yang kecil akan dijemur hingga berubah seperti yang dikenal selama ini. Aroma yang dihasilkan ketika mencampurnya dengan bahan makanan akan sangat khas. Selain makanan cengkeh juga terkadang digunakan sebagai campuran parfum, cairan antiseptik untuk mulut bahkan pengharum ruangan.

Kandungan di dalam Cengkih dapat berguna bagi kesehatan tubuh seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan nutrisi lainnya. Hal tersebut membuat Cengkih bermanfaat untuk mengurangi sakit pada lambung, mengatasi sakit gigi, membantu pernapasan, dan masih banyak manfaat lainnya. Selain makanan, Cengkih juga dijadikan bahan baku pembuatan rokok.

Saat ini Cengkeh tidak hanya tumbuh di Indonesia saja, karena sekarang rempah ini juga telah dibudidayakan di Amerika Latin, Hindia Barat, Brasil, Tanzania, serta Sri Lanka. Meskipun begitu, Indonesia tetap menjadi produsen cengkeh terbesar di dunia, hal itu dikarenakan tingginya permintaan cengkeh di dunia.

Laos atau Lengkuas

rempah asli indonesia lengkuas atau laos

Rempah ini termasuk pada jenis umbi tanaman di dalam tanah, kulit Lengkuas lebih mengkilap serta umbinya besar jika dibandingkan dengan rempah jenis lainnya seperti kunyit atau jahe. Cita rasa khas masakan menjadi unik ketika menggunakan rempah tersebut, biasanya makanan yang cenderung memiliki rasa pedas akan semakin beraroma dengan menambahkan Lengkuas. Namun di Indonesia khususnya banyak masakan yang memakan Lengkuas sebagai bahan baku utama seperti Ayam Serundeng Lengkuas.

Lengkuas sendiri memiliki kandungan nutrisi yang banyak bagi kesehatan tubuh seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, emodin dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan efek positif untuk dapat membantu mengatasi kembung, rematik, demam dan juga diare. Tidak hanya di Indonesia, Lengkuas sudah dikenal dengan khasiatnya ke seluruh dunia, di Turki biasanya Lengkuas digunakan untuk minum teh sebagai campuran.

Keluwek

rempah asli indonesia keluwek

Di Indonesia, Keluwek memiliki beberapa nama tergantung dari daerahnya seperti di Keluwek atau Kluak (Jawa), Picung (Sunda), Pucung (Betawi) atau Panarasan (Toraja). Keluwek berasal dari pohon kepayang yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah dari pohon kepayang ini biasa disebut Keluwek digunakan sebagai bahan makanan, namun harus melewati perosesan perendaman terlebih dahulu karena senyawa asam sianida yang dapat membuat pusing.

Kandungan nutrisi dalam Keluwek seperti zat besi, vitamin c, vitamin b1, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium memiliki manfaat bagi kesehatan. Keluwek dapat membantu mengurangi gejala penyakit kulit, menjaga kesehatan tubuh, mengobati luka bakar dan mengurangi anemia. Selain buahnya, secara keseluruhan pohon kepayang dapat dimanfaatkan seperti batangnya yang bisa dijadikan korek api, daunnya untuk obat cacing dan biji buahnya yang bisa dijadikan pembuatan minyak.

Daun Salam

rempah asli indonesia daun salam

Daun salam sudah familiar sebagai salah satu rempah Indonesia untuk membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Pohon daun salam tumbuh di Asia Tenggara termasuk Indonesia dan wilayahnya yang tumbuh subur ada di daerah Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Pohonnya dapat tumbuh subur bahkan di pekarangan rumah, daunnya yang dimanfaatkan untuk memasak memberikan cita rasa yang sedap.

Kandungan minyak asiri, tannin dan flavonoid pada Daun Salam dapat membuat aroma makanan menjadi lebih kuat. Selain itu nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6 dan B9, kalori, serat dan mineral dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, melancarkan pencernaan dan lainnya. Tidak hanya daunnya, batang hingga akar dari pohon salam dapat digunakan sebagai bahan obat herbal untuk kesehatan.

Serai atau Sereh

rempah asli indonesia serai atau sereh

Serai atau biasa juga disebut Sereh adalah salah satu tanaman beriklim tropis sehingga tidak heran tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia. Di Indonesia, Serai sudah digunakan sebagai banyak campuran makanan yang membuat aromanya menjadi khas ketika disatukan dengan bahan lainnya. Tidak hanya makanan, Serai juga bisa di bikin menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Kandungan nutrisi dalam Serai seperti zat besi, kalium, kalsium, magnesium, kalori dan mangan dapat bermanfaat bagi tubuh. Tanaman Serai dapat menjadi penurun demam, mengatasi masalah pencernaan, sebagai antiseptik luar, mengurangi sakit kepala dan mengatasi rematik. Tidak hanya itu serai juga dapat menjadi anti-jamur, anti nyamuk, anti bakteri, aromatik yang sangat khas. Selain itu Daun Serai juga dapat menjadi bahan baku pembuatan kertas dan kardus.

Kunyit

rempah asli indonesia kunyit

Kunyit atau Kunir juga merupakan tanaman asli wilayah Asia Tenggara, tersebar luas di Malaysia dan Indonesia. Sudah dikenal luas sebagai rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan juga herbal untuk kesehatan. Tumbuhan kunyit tidak memiliki batang, selain itu warna umbinya kuning sehingga sering digunakan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan ataupun lainnya.

Kandungan minyak asiri, zat besi, kalsium, protein dan lemak sangat membantu untuk kesehatan tubuh, selain itu kandungan kurkuminoid menjadi bahan utama untuk diolah seperti obat-obatan, pengawet dan juga bumbu. Mengandung antioksidan yang tinggi membuat kunyit dimanfaatkan sebagai salah satu bahan antikanker dan tumor yang dapat dipercaya. Selain itu kunyit juga membantu mengatasi bau badan, antiradang dan juga rasa gatal berlebih. Selain makanan, Kunyit sangat terkenal sebagai bahan baku jamu selama ratusan tahun lamanya.

Temulawak

rempah asli indonesia temulawak

Temulawak adalah tumbuhan asli yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya Pulau Jawa. Rempah ini lebih sering dijadikan sebagai obat-obatan, jamu atau pun ramuan herbal, karena ia memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk kesehatan, seperti misalnya menghilangkan nyeri, anti-bakteri, antidioksida, menurunkan kolesterol, menurunkan triglisedia dan masih banyak lagi. Namun selain dijadikan obat herbal, temulawak juga bisa digunakan dalam masakan, contohnya dapat memberikan warna kuning alami pada masakan.

Kemiri

rempah asli indonesia kemiri

Kemiri yang biasa kita gunakan dalam masakan adalah kemiri jenis Aleurites Moluccana Willd yang berasal dari Maluku.  Rempah ini banyak digunakan dalam setiap hidangan, terutama hidangan Asia. Selain itu ia juga memiliki rasa dan aroma yang hampir mirip seperti kacang yang khas, tapi tidak terlalu gurih dan ada sedikit rasa pahit, namun cenderung tawar. Dalam makanan pun kemiri tidak memberikan rasa, ia hanya memberikan kekentalan pada makanan ber-santan.

Minyak yang terkandung di dalam kemiri juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menguatkan imunitas, mencegah insomnia dan masih banyak lagi.

Di Indonesia rempah-rempah sangat lumrah digunakan di hampir semua masakan, rempah yang digunakan pun berbagai macam untuk menambah cita rasa. Dari banyak rempah yang biasa ditemui sehari-hari, beberapa merupakan rempah asli yang ditemukan di Indonesia sebelum tersebar luas di dunia. Rempah tersebut tidak hanya bermanfaat untuk makanan namun juga kesehatan, kandungan nutrisi dari rempah tersebut dapat menjauhkan diri dari penyakit. Selain itu pada zaman sekarang ini banyak kreasi makanan dan minuman yang menggunakan rempah-rempah tersebut sehingga tidak akan bosan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

rempah asli indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *