Biji Pala/Nutmeg

SKU: N/A.
Category: .

Biji Pala/Nutmeg

Rp 31.400Rp 249.000

  • Halal.
  • Biji Pala/Nutmeg sudah dalam Kondisi Bubuk Halus.
  • Tanpa Pewarna.
  • Tanpa Pengawet.
  • Tanpa Anti Kempal.
  • Untuk Bubuk biji pala dibuat atau dihaluskan langsung pada saat pemesanan sehingga kualitasnya terjamin.
  • Untuk menjamin kualitas produk, lebih baik digunakan sebelum 1 tahun setelah pembelian.
  • Kadaluarsa produk 2 tahun setelah pembelian.
Clear

Beli biji pala dari Cairo Food secara Online di Indonesia dan dapatkan produk dengan kualitas Baik dan Bagus. biji pala Asli dan Murni, Halal, Wangi dan bermanfaat untuk kesehatan. Bisa dipakai sebagai bumbu masak dan juga untuk tujuan kesehatan.

Buah pala merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan memiliki 200 spesies yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman ini merupakan jenis dioecious atau tumbuhan berumah dua sehingga dikenal sebagai pohon jantan dan betina. Bentuk daunnya adalah elips langsung dan bentuk buahnya lonjong seperti buah lemon, berwarna kuning dan berdaging. Memiliki aroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Ketika sudah matang, kulit dan daging buah akan membuka dan biji akan terlihat terbungkus kulit berwarna merah. satu buah akan menghasilkan satu biji pala yang memiliki warna cokelat. Biasanya digunakan sebagai bumbu makanan agar menambah cita rasa dan aroma makanan menjadi lebih lezat.

Menurut beberapa pendapat ulama dalam kitab-kitab yang ada, menyatakan bahwa buah pala merupakan jenis tanaman yang memabukkan. Pernyataan ini juga diperkuat oleh penelitian modern yang membuktikan bahwa buah pala mengandung zat yang bisa menggangu kerja syaraf dan otak manusia. Bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah besar memiliki efek yang hampir sama seperti ganja.

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa mengonsumsi buah pala tidak haram jika tidak di atas kadar yang memabukkan. Namun sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa mengonsumsi buah pala mutlak haram.

Sejarah Biji Pala

Pala memiliki nama latin Myristica Fragrans dan merupakan tumbuhan asli dari kepulauan Banda, Maluku. Karena memiliki nilai yang tinggi sebagai bahan rempah-rempah maka tidak heran bila biji pala sudah menjadi komoditi perdangangan sejak zaman dahulu kala. Sampai pada pertengahan abad ke 19 kelompok kepulauan Banda dikenal sebagai spice islands dan menjadi satu satunya produksi pala di dunia.
Pada akhir abad ke 7, setelah dari Arab, pala kemudian diperkenalkan ke Negara Eropa melalui Venesia.

Pada tahun 1400an saat Portugis berkunjung ke Tanjung Harapan di Afrika mereka menemukan kepulauan Banda dan mengetahui potensi pala maka mulailah Belanda mengontrol perdagangan rempah-rempah di sana. Dari satulah Belanda mulai melakukan perbudakan atas penduduk kepulauan Banda dan mendominasi perdagangan rempah-rempah di sana. Lalu pada akhirnya Britis East Company memperkenalkan pala ke Penang, Singapura, India, Hindia Barat dan Sri Langka. Kini produsen utama dan eksportir pala adalah Indonesia dan Grenada di ikuti oleh India, Malaysia, Papua Nugini, Sri Lanka serta Kepulauan Karibia.

Kegunaan Biji Pala

Mengatasi Depresi

Ketika anda mengalami kecemasan atau depresi anda bisa mengatasinya dengan biji pala. Pasalnya kandungan senyawa myristicin dan elemicin di dalam biji pala dapat menenangkan dan berguna sebagai anti kecemasan ringan. Biji pala dapat membantu merangsang pengaktivan neurotransmitter serotonin dan dopamin dalam otak sehingga membantu tubuh mengatasi stres.

Mengatasi Insomnia

Bagi anda yang memiliki permasalahan tidur atau kesulitan tidur sampai larut malam, anda dapat menggunakan biji pala. Biji pala memiliki kemampuan untuk menenangkan sehingga sangat cocok sebagai obat tidur alami. Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya dapat mengurangi tegang pada syaraf-syaraf tubuh. Magnesium dapat merangsang pelepasan hormon serotonin yang dapat menciptakan perasaan tenang.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Biji pala bermanfaat juga untuk meningkatkan kesehatan otak dan menjaga ketajaman ingatan. Kandungan senyawa myristicin di dalamnya dapat merangsang syaraf-syaraf otak sehingga mampu memperbaiki daya ingat. Sehingga anda akan lebih berkonsentrasi dan bisa fokus. Selain itu biji pala dapat menghambat enzim yang dapat menimbulkan penyakit Alzaimer.

Mengobati Jerawat

Pala juga dapat digunakan untuk perawatan kulit, caranya adalah dengan mencampurkan dengan air dan madu. Kombinasi ini mampu mengurangi peradangan dan iritasi yang terjadi pada kulit, menghaluskan kulit, mendorong hidrasi dan mengurangi tanda bisul atau jerawat pada kulit.

Efek Samping Biji Pala

Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata biji pala juga memiliki efek samping. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan halusinasi atau memiliki efek seperti narkotika. Di samping itu, mengonsumsi buah pala dapat mempersulit proses kinerja tubuh karena pala memiliki efek kuat sehingga ketika akan menggunakan sebaiknya hanya dalam jumlah kecil atau secukupnya saja. Ada pula efek-efek lainnya pada orang yang mengonsumsi banyak biji pala seperti kejang detak jantung tidak teratur bahkan muntah.

Tag & Keyword

biji pala, biji pala asli, biji pala yang bagus, biji pala murah, bubuk biji pala, biji pala kering, biji pala halal, tepung biji pala, resep biji pala, beli biji pala, jual biji pala, beli biji pala di indonesia, beli biji pala di jakarta, jual biji pala di indonesia, jual biji pala di jakarta

Weight0.1 kg
Berat

100 gram, 1 kg

Bentuk

Bubuk Halus

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Biji Pala/Nutmeg”