Bay leaf

SKU: N/A.
Category: .
Tag:

Bay leaf

Rp 37.600Rp 354.000

  • Halal.
  • Tersedia Bentuk Utuh/Kasar dan Bubuk Halus.
  • Tanpa Pewarna.
  • Tanpa Pengawet.
  • Bentuk daun utuh/kasar tanpa atau tidak menggunakan Anti Kempal.
  • Bentuk bubuk halus mengandung Anti Kempal Alami dari Beras dengan berat maksimal hanya 1,9%.
  • Untuk Bubuk bay leaf dibuat atau dihaluskan langsung pada saat pemesanan sehingga kualitasnya terjamin.
  • Untuk menjamin kualitas produk, lebih baik digunakan sebelum 1 tahun setelah pembelian.
  • Kadaluarsa produk 2 tahun setelah pembelian.
Clear

Bayleaf atau daun bay merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk masakan. Di Indonesia sendiri terdapat jenis bay leaf lebih dikenal sebagai daun salam, daun yang memiliki nama ilmiah syzygium polyanthum ini memiliki pohon berukuran mencapai 30 meter dan gemang 60 cm. Daunnya berjenis tunggal dan berhadapan dan kulit batangnya berwarna cokelat ke abu-abuan. Daun salam memiliki karangan bunga yang berbentuk malai dan memiliki banyak kuntum bunga sepanjang 2 hingga 8 cm.

Sejarah Bay Leaf

Bay leaf merupakan bumbu masakan yang digunakan di kawasan Eropa dan sebagian negara Timur Tengah. Di kawasan Eropa daun dari tumbuhan keluarga Lauraceae ini populer sebagai bumbu untuk masakan.

Jenis dan Penyebaran Bay Leaf

Pertumbuhan Bay leaf sudah menyebar di Asa khususnya Asia Tenggara. Misalnya dari Indocina, Burma, Semenanjung Malaysia, Thailand, Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Pohon ini dapat ditemukan mudah dan tubuh di hutan-hutan primer atau pun sekunder. Bahkan pohon bay leaf dapat tumbuh di kebun-kebun atau pekarangan rumah dan juga tumbuh di lahan tani.

Terdapat jenis daun salam yang tumbuh liar namun tidak pernah digunakan sebagai bumbu masakan. Pasalnya karena memiliki bau yang berbeda atau baunya kurang harum juga menimbulkan rasa yang agak pahit dalam masakan.

Budidaya daun salam tidaklah sulit, daun salam dapat diberikan pupuk NPK agar lebih subur. Sedangkan untuk pemanenan daun salam dilakukan dengan pemetikan daun yang sudah memiliki warna hijau tua. Daun di ambil secara acak pada ranting-ranting pohon salam. Setelah di petik kemudian daun akan di layukan dengan cara di hamparkan ke lantai di biarkan selama tiga hari. Sedangkan untuk mendapatkan minyak atsiri selanjutnya simpisia salam disuling dengan alat penyuling air dan uap yang ada, hingga 10 jam lamanya.

Kegunaan Bay Leaf

Salah satu kegunaan utama dari daun salam merupakan sebagai rempah untuk pengharum masakan yang digunakan pada sejumlah Negara di Asia Tenggara. Masakan tersebut seperti untuk beraneka macam sayuran, daging, ikan atau pun untuk memasak nasi. Daun salam dapat digunakan yang masih segar maupun yang sudah kering dan tinggal di masukan dalam keadaan utuh saja.

Aroma khas yang terdapat dalam daun salam dapat membuat masakan menjadi lebih lezat. Biasanya dalam memasak daun salam sering ditambahkan dengan lengkuas atau laos agar rasanya lebih nikmat. Daun slam juga dapat digunakan sebagai obat sakit perut. Terutama untuk mengobati dan menghentikan buang air besar yang berlebihan. Selain itu pohon salam dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, bahkan kolesterol tinggi dan stroke.

Dalam daun salam yang sudah kering mengandung setidaknya 0,7% minyak asensial, dan memiliki eugenol dan metil kavikol atau methyl chavicol di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun salam mengandung efek antijamur dan antibakteri dan ekstrak nematodenya merupakan anticacing. Sedangkan untuk kandungan kimia yang terkandung dalam daun salam adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian-bagian yang dapat dijadikan obat adalah daun, akar, buah dan kulit batangnya.

Manfaat Bay Leaf

Selain daunnya yang bermanfaat, ternyata kayu dari pohon ini dapat digunakan untuk bahan bangunan atau perabotan rumah tangga. Kulit batang salam memiliki kandungan tannin yang sering digunakan untuk mewarnai serta mengawetkan jala.

Pengganti Bay Leaf

Banyak orang yang baisanya salah dalam membedakan bay leaf dan daun salam. Hal ini karena kedua tanaman ini sekilas memiliki banyak kesamaan bahkan dari segi rupanya sangat mirip. Namun kedua tanaman ini memiliki kegunaan serta aroma yang berbeda. Dalam beberapa literature memang menyebutkan daun salam sebagia Indonesian bay lead. Namun itu bermaksud untuk menyebutkan tanaman syzygium polyanthum bukan bay leaf yang memiliki nama latin laurus nobilis.

Bayleaf biasanya digunakan untuk masakan berat dan memberikan efek aroma kuat ketika sudah kering. Namun ada daun salam Indonesia yang memiliki aroma khas yang lebih tajam. Daun salam biasanya digunakan untuk masakan seperti tumis-tumisan, sayur nangka, opor dan lodeh.

Efek Samping Bay Leaf

Terdapat beberapa efek jika mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bay leaf. Misalnya saja seperti sesak nafas atau asma dan pendarahan pada saluran pencernaan khususnya bagian atas.

Weight0.1 kg
Berat

100 gram, 200 gram, 1 kg

Bentuk

Bubuk Halus, Utuh

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Bay leaf”