Allspice

SKU: N/A.
Category: .

Allspice

Rp 37.600Rp 354.000

  • Halal.
  • Tersedia Bentuk Utuh/Kasar dan Bubuk Halus.
  • Tanpa Pewarna.
  • Tanpa Pengawet.
  • Bentuk biji utuh/kasar tanpa atau tidak menggunakan Anti Kempal.
  • Bentuk bubuk halus mengandung Anti Kempal Alami dari Beras dengan berat maksimal hanya 1,9%.
  • Untuk Bubuk allspice dibuat atau dihaluskan langsung pada saat pemesanan sehingga kualitasnya terjamin.
  • Untuk menjamin kualitas produk, lebih baik digunakan sebelum 1 tahun setelah pembelian.
  • Kadaluarsa produk 2 tahun setelah pembelian.
Clear

Allspice merupakan pohon yang banyak tumbuh di daerah Amerika Tengah, Meksiko dan Hindia Barat. Biasanya buah mentah dan bagian daunnya di gunakan sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit. Misalnya saja untuk mengobati gangguan pencernaan, nyeri otot, perut kembang serta sakit gigi, juga dapat digunakan untuk mengobati pilek dan sebagai obat demam. Selain digunakan untuk obat ternyata Allspice juga digunakan untuk makanan sebagai bumbu penambah cita rasa. Juga digunakan sebagai rempah-rempah aromatik.

Sejarah Allspice

Pohon allspice juga dikenal sebagai merica jamaika dan mulai berbuah ketika berumur tiga tahun. Biasanya bunga dari pohon ini akan muncul pada bulan Juli, Juni dan Agustus. Rasa dari buah allspice adalah rasa pedas yang sangat kuat da aromanya mirip seperti campuran merica, pala, kayu manis dan cengkeh. Sehingga allspcae sering digunakan untuk bumbu kue, masakah bahkan dapat dipakai dalam pengobatan. Kandungan yang bermanfaat dari pohon ini antara lain eugenol fenol dan senyawa seskuiterpen.

Jenis dan Penyebaran Allspice

Tanaman ini memiliki nama latin Jamaica Pepper, Kurundu, Myrte Pepper, imenta dan Newspice. Berasal dari Famili Myrtaceae dan pertama dijumpai di Johor Malaysia namun asalnya dari Mexico. Allspice adalah satu rempah-rempah yang memiliki rasa seperti pencampuran tiga jenis rempah yaitu buah pala, kayu manis dan bunga cengkih. Karena rasanya yang mirip dengan pencampuran berbagai macam rempah ini maka diberi nama allspice. Tumbuhan satu ini biasanya tumbuh dengan baik di kawasan-kawasan atau daerah tropika. Dalam perawatan tanaman ini termasuk mudah atau tidak sulit karena dapat tumbuh di tanah biasa dengan pengaliran yang biasa pula.

Dosis Allspice

Untuk dosis penggunaan Allspice berbeda-beda untuk setiap orang. Allspice biasanya digunakan dalam bentuk bubuk atau minyak yang telah diekestraksi namun jangan menggunakan lebih dari 5 ml minyak allspice karena dapat menyebabkan keracunan. Sedangkan dosis untuk suplemen allspice tergantung pada usia dan kondisi kesehatan tubuh setiap orang.

Kegunaan Allspice

Buah allspice yang telah kering akan memiliki bentuk dan rupa yang mirip dengan lada hitam yang menjadi rempah yang banyak digunakan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Daunnya biasa digunakan untuk rempah masakan dan digunakan sebagai pengganti dari bay leaf. Namun hanya daun allspice yang segara saja yang digunakan karena jika daun kering allspice yang digunakan maka baunya tidak kuat lagi. Allspice juga dapat dijadikan minyak pati atau essential oil yang biasa dijual belikan di pasar.

Manfaat Allspice

Dalam masakan-masakan khas Karibia, Allspice sering digunakan sebagai rempah-rempah yang memiliki aroma sama seperti cengkeh dan sangat peting digunakan. Khususnya untuk memasak daging-daging, dalam memasak daging sering digunakan daun allspice atau di panggang dengan kayu dari allspice. Cara ini hampir mirip seperti penggunaan myrtle di daerah kawasan laut Mediteranian.

Allspice juga banyak tumbuh di wilayah Mexico namun dengan kualitas yang kurang baik. Di sana Allspice digunakan sebagai bahan untuk membuat saus mole yang sangat terkenal. Sedangkan untuk kawasan Eropa, Inggris adalah Negara yang paling banyak menggunakan Allspice. Orang-orang Inggris biasa menggunakannya untuk bumbu saat merebus, membumbui acar sayuran dan juga membuat saus. Tidak hanya itu Allspice juga cukup populer di awasan US dan digunakan untuk memasak seperti di Negara Inggris.

Meskipun di benua Eropa, rempah Allspice kurang dihargai namun tetap saja Allspice banyak digunakan dalam campuran bumbu komersial misalnya untuk sosis. Orang-orang Skandinavia sering menggunakan Allspice untuk pastry isi daging giling dan juga sebagai isi roti khas Denmark.

Efek Samping Allspice

Allspice dapat menyebabkan beberapa efek samping misalnya saja kejang saat dosis tinggi, depresi SSP, mual, muntah, gastroenteritis, anoreksia, iritasi selaput lendir, ruam, dan reaksi hipersensitvitas. Memang tidak semua orang akan merasakan efek tersebut namun ada beberapa efek lainnya yang dapat terasa ketika mengonsumsinya.

Allspice dapat digunakan mengobati hipertensi namun harus di perhatikan pula status jantung seperti tekanan darah, nadi, karakter dan edema. Jangan gunakan dosis maksimum allspice untuk kondisi anda karena dapat mengakibatkan kejang-kejang.

Weight0.1 kg
Berat

100 gram, 200 gram, 1 kg

Bentuk

Bubuk Halus, Utuh

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Allspice”