Mengenal Susu Skim Dan Perbedaannya Dengan Susu Lain

Mengkonsumsi 2 gelas susu segar setiap hari memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Beberapa manfaat susu yang akan didapatkan jika mengkonsumsi rutin antara lain meningkatkan masa otot, menguatkan tulang, mendukung komposisi tubuh yang baik dan memperbaiki peredaran darah yang sehat. Karena manfaatnya ini susu segar kemudian dimodifikasi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan perbedaan kebutuhan setiap orang. Salah satu jenis susu yang banyak dijual dan populer di masyarakat adalah susu skim.

Apa Itu Susu Skim?

Susu skim adalah jenis susu dengan persentase lemak yang sangat rendah. Susu ini biasanya dilabeli “susu bebas lemak”. Sebagian besar susu ini dikonsumsi oleh individu yang tengah melakukan diet atau seseorang yang sangat ketat dalam memperhatikan jumlah lemak dalam makanan. Susu skim adalah altenatif yang sangat baik untuk menggantikan susu murni meskipun beberapa orang tidak terlalu suka dengan rasanya karena dianggap kurang gurih.

Sebagai aturan umum susu skim memiliki kadar lemak kurang dari 0,5 persen sementara susu rendah lemak atau semi skim mengandung lemak berkisar antara 1-2 persen. Dalam beberapa kemasan susu biasanya diberi label susu rendah lemak dengan menjelaskan kandungan persentase lemak. Ini ditujukan untuk memberikan konsumen lebih banyak pilihan. Sementara susu murni memiliki kandungan lemak sekitar 3,5 persen. Ini dikarenakan susu murni mengandung krim dan mentega yang tidak ada dalam susu skim. Hal ini juga menjadi alasan mengapa susu skim rasanya hambar.

Secara umum, proses pembuatan susu skim dimulai dengan penyimpanan susu setelah diperah, untuk membuat lemak susu naik ke permukaan. Setelah itu, lemaknya disaring untuk membuat produk mentega dan krim. Sementara sisa susu dijadikan susu skim ataupun dapat diolah kembali menjadi keju. Ini merupakan proses pembuatan secara tradisional. Sedangkan produksi susu modern menggunakan sentrifugal yaitu mesin pemisah yang menjadi alat standar pabrik untuk menghasilkan susu skim dan krim. Penggunaan sentrifugal jauh lebih efisien secara waktu. Sama seperti pola produksi tradisional, menggunakan mesin juga akan memanfaatkan lemak susu untuk membuat krim dan mentega.

Susu skim apabila disimpan di lemari es akan bertahan 5 hingga 10 hari. Pastikan sebelum membeli susu skim, anda memeriksa tanggal kadaluarsa dan menghirup aroma pada produk susu untuk memastikan isinya tidak rusak. Susu skim memang lebih cocok dikonsumsi langsung, namun tidak menutup kemungkinan susu ini digunakan sebagai campuran dalam berbagai macam makanan. Susu skim dapat dikatakan memiliki rasa yang sedikit berair atau tidak creamy sehingga tidak disukai oleh sebagian orang.

Perbedaan Susu Skim dan Susu Lainnya

Berikut perbedaan susu skim dan beberapa jenis susu yang paling populer di Indonesia.

Susu Skim vs Susu Murni

Susu skim diproduksi dengan cara yang berbeda dengan susu murni karena perlu memisahkan dan menghilangkan kandungan lemak. Sementara susu murni justru mengikat lemak agar tidak terbuang, yang secara sekaligus menjaga kandungan vitamin di dalam lemak. Oleh sebab itu perbedaan lemak antara susu murni dan susu skim juga berbeda secara signifikan. Selanjutnya kandungan lemak yang lebih rendah mengartikan susu skim lebih sedikit kalori dan lebih sedikit kolesterol dibandingkan susu lain.

Maka tak heran jika sebagian orang mengkonsumsi susu murni untuk memenuhi nutrisi, sementara susu skim justru banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Susu murni secara tekstur juga lebih kental dan creamy dengan rasa legit dan gurih tentu saja berbeda dengan susu skim yang lebih cair serta memiliki rasa hambar.

Susu Skim vs Susu UHT

Susu skim dan susu UHT berbeda jika melihat dari proses produksinya. Susu skim dibuat untuk menghilangkan lemak dari susu segar, sementara susu UHT diproses untuk memperpanjang umur simpan dan membunuh bakteri yang berbahaya. Oleh sebabnya susu skim biasanya dijual dalam bentuk susu bubuk, yang apabila sudah diseduh maka tidak akan bertahan lama sebelum basi. Sementara susu UHT disajikan dalam kemasan yang berupa susu cair dengan umur simpan 6-12 bulan. Bahkan setelah kemasannya dibuka susu UHT dapat bertahan hingga 4 hari.

Susu Skim vs Susu Evaporasi

Susu skim berfokus pada pembuangan lemak secara besar-besaran sementara susu evaporasi justru berupaya untuk menghilangkan kadar air pada susu. Meskipun terjadi proses penguapan dari susu evaporasi namun kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang. Ini dapat membuat susu evaporasi lebih tahan lama. Selain itu susu evaporasi terkadang dipadukan dengan susu skim sehingga terdapat produk yang mengkombinasikan susu evaporasi yang tidak mengandung gula dengan susu skim yang sangat rendah lemak.

Susu Skim vs Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau low-fat-milk mirip seperti susu skim yang dalam proses produksinya melibatkan pembuangan lemak dari susu segar. Namun kandungan lemak dari susu low-fat-milk lebih tinggi dibandingkan susu skim. Meski demikian susu rendah lemak masih memiliki kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan susu murni. Sebagai tambahan, susu rendah lemak memiliki kekentalan standar atau tidak creamy, namun masih dinikmati oleh banyak orang.

Manfaat Susu Skim

Susu skim memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan susu murni dan dengan kandungan lebih banyak gula alami dibandingkan susu murni. Susu skim juga mengandung banyak kalsium dan protein dibandingkan susu murni sehingga menjadi minuman penting untuk perkembangan dan perlindungan tulang dan fungsi otot. Tak hanya itu, susu skim juga memiliki kadar kalium yang berkontribusi pada fungsi otot dan saraf, serta magnesium yang penting untuk membantu memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis produk susu skim, ada yang mengandung vitamin A dan vitamin D dengan takaran yang lebih banyak.

Baik Untuk Penderita Kolesterol

Dikarenakan susu skim hanya mengandung lemak yang sangat sedikit membuat susu ini aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Selain itu, susu skim juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan mempertahankan kadar kolesterol baik. Seperti yang diketahui kolesterol yang tinggi adalah pemicu penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga Berat Badan

Kadar lemak yang jauh lebih rendah dari susu biasa, membuat susu skim menjadi pilihan yang tepat bagi siapapun yang sedang menjalankan program diet. Tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi 2 gelas susu skim setiap hari karena susu ini tidak menambah berat badan anda. Mengkonsumsi susu skim secara rutin justru akan menjaga kecukupan nutrisi sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Membentuk dan Menjaga Otot

Susu skim bermanfaat untuk membentuk dan menjaga otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein dalam susu skim yang sangat tinggi, disertai dengan asam amino yang penting untuk membentuk otot. Dalam 200 ml susu murni terdapat 7,3 gram protein yang dapat berkontribusi membangun otot dan membuang lemak. Beberapa jenis susu skim juga memberikan protein sebanyak 8,5 gram. Protein di dalam susu skim lebih cepat membentuk otot dan mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan protein yang ada dalam produk susu kedelai.

Mencegah Asam Lambung

Biasanya asam lambung dapat kambuh apabila mengkonsumsi makanan berlemak salah satunya adalah susu murni. Kandungan lemak pada sapi murni yang tinggi bagi beberapa orang akan menyebabkan gejala penyakit asam lambung atau Gastroesohphageal Reflux Desease (GERD). Oleh sebabnya mengkonsumsi susu skim dapat menjadi solusi yang lebih baik untuk mengantisipasi efek samping dari susu lainnya.

Menjaga Kandungan Kalori di Dalam Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi bahwa susu skim adalah golongan susu yang rendah kalori. Sebagai perbandingan dalam 200 ml susu skim hanya mengandung 71 kalori, sedangkan susu murni yang sudah dipasteurisasi dengan takaran yang sama mengandung 130 kalori. Tentu saja angka ini berbanding hampir dua kali lipat. Apabila anda sedang mencoba mengendalikan asupan kalori, maka susu skim jauh lebih baik dibandingkan susu utuh. Sumber kalori pada susu skim berasal dari kandungan karbohidrat di dalam susu. Asupan kalori yang tepat akan menjaga berat badan yang ideal, namun harus dibarengi dengan pola makan yang sehat serta olahraga secara teratur.

Lebih Banyak Fosfor, Kalium dan Kalsium

Susu pada dasarnya memang merupakan sumber kalsium terbaik. Namun susu skim lebih banyak memberikan kalsium daripada susu murni dan susu lain. Satu cangkir kalsium pada susu skim setara dengan kalsium dari 63 helai kubis ditambah 11 porsi bayam. Tentu saja jumlah ini fantastis untuk memenuhi kalsium sehari-hari. Selanjutnya fakta lain dari manfaat susu skim ternyata lebih kaya akan fosfor dan kalium.

Fosfor membantu tulang dan gigi yang lebih kuat serta mampu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas fisik. Sedangkan kalium membantu pergerakan otot dengan baik dan menjadi sistem saraf tetap sehat. Dalam 200 ml susu skim mengandung 200 mg fosfor dan 337 mg kalium yang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan susu murni yaitu fosfor berkisar di angka 198 mg dan kalium sebanyak 323 mg.

Kekurangan Susu Skim

Susu skim memang menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun sama seperti jenis susu lain selalu ada kekurangan dari setiap jenis susu. Susu skim mungkin dijadikan menu dalam diet untuk mempercepat penurunan berat badan. Namun perlu diingat bahwa saat proses pembuangan lemak dari susu skim, beberapa jenis vitamin di dalam lemak juga ikut hilang diantaranya vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Oleh sebabnya perlu untuk menambahkan asupan vitamin yang berasal dari makanan lain apabila ingin menjadikan susu skim sebagai kebutuhan sehari-hari. Sebagai alternatif lain, anda juga bisa membeli produk susu skim yang sudah ditambahkan vitamin A dan vitamin E oleh produsen. Dengan demikian penting untuk memperhatikan label kemasan serta profil nutrisi sebelum memilih susu skim.

Susu skim hanyalah satu dari banyak jenis susu yang menyehatkan. Meski demikian tidak semua susu skim cocok bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin yang tidak sebanyak susu murni serta rasanya yang kurang legit. Beberapa orang juga mungkin memilih jenis susu yang cocok karena beberapa susu mengandung laktosa yang banyak menyebabkan alergi.

Oleh karenanya, sekalipun susu skim menawarkan susu dengan lemak yang hampir tidak ada namun perlu menyesuaikan kembali dengan kebutuhan masing-masing orang. Misalnya, mungkin beberapa orang justru mengkonsumsi susu murni ketika ingin menaikkan berat badan dibandingkan harus memilih susu skim. Terlepas dari itu semua, pastikan untuk mengkonsumsi susu dalam porsi yang tepat, karena minum susu yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *