Mengenal Sejarah Caesar Salad

mengenal sejarah caesar salad

Siapa yang tidak mengenal Salad? Makanan campuran dari sayuran atau buah-buahan yang di siram dengan saus ini banyak penggemarnya. Diperuntukkan sebagai camilan, gaya hidup sehat bahkan sebagai makanan wajib bagi beberapa orang. Salah satu salad yang juga sudah banyak diketahui orang adalah Caesar Salad yang unik. Namun, bagaimana cerita awal hingga ditemukannya Caesaer Salad tersebut? Simak di bawah ini:

Salad

Salad berasal dari ‘sal’ yang artinya garam dalam bahasa Latin dimana kemudian di serap dalam bahasa Prancis sebagai ‘salade’, pada abad ke- 14 bahasa Inggris menyerapnya kembali menjadi ‘salade’ atau ‘salatte’. Hal tersebut merujuk pada sesuatu yang diasinkan seperti sayuran mentah yang diberikan dressing berupa minyak, cuka atau garam.

mengenal sejarah caesar salad apa itu salad

Salad sendiri sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno, dimana dikatakan bahwa pada saat itu orang-orang memiliki kebiasaan mencelupkan selada ke dalam garam. Semakin lama salad semakin populer bahkan mencapai negeri paman Sam, Amerika. Banyak kreasi yang diciptakan mulai dari campuran isi sampai dengan saus nya, sehingga salad yang memiliki banyak jenis menjadi favorit banyak orang.

Caesar Salad

Caesar salad adalah salah satu resep salad yang terkenal dan hampir dapat ditemui di banyak restaurant sehingga tidak asing lagi di dunia kuliner. Banyak versi yang menceritakan tentang penemu dari salad ini namun yang paling banyak di percaya adalah resep awal di temukan oleh Caesar Cardini. Ditemukan pada tahun 1920 an, Caesar salad di racik oleh seorang pemilik restaurant Caesar’s di hotel Caesar, Caesar Cardini yang merupakan seorang keturunan Italia yang pada saat itu mengalami kekurangan bahan-bahan. Resep yang sederhana ini kemudian dibuat dari bahan yang tersisa dan khusus untuk orang Amerika yang pada saat itu sedang melintasi perbatasan antara Amerika dan Meksiko yang mengalami kelelahan.

Resep salad ini kemudian menjadi favorit karena campuran romaine lettuce atau selada, roti panggang yang di potong kecil, keju parmesan, air lemon dan bahan lainnya di rasa sangat pas. Berbeda dari resep awalnya dimana tidak menggunakan ikan teri, resep caesar salad yang menggunakan ikan teri lebih banyak disukai.

mengenal sejarah caesar salad apa itu salad

Penambahan ikan teri pada resep ini sendiri berawal dari adik Caesar yang bernama Alex Cardini, dimana dirinya menambahkan beberapa bahan lainnya termasuk ikan teri yang kemudian lebih banyak disukai. Caesar sendiri mengatakan jika dirinya kurang sependapat dengan tambahan ikan teri dan saus Worcestershire lah yang memberikan sentuhan amis pada salad. Kemudian memutuskan minyak yang digunakan hanya minyak zaitun dari Italia dan keju parmesan import saja.

Caesar Salad di Benua Eropa

Caesar salad sendiri semakin terkenal pada saat itu, dimana hampir semua orang di Amerika mengetahui Caesar Salad pada tahun 1950 an. Tidak hanya di Amerika, Caesar salad kemudian juga di kenal di Eropa. Dikatakan bahwa pada 1920 an, ketika Wallis Simpson, Duchess Windsor, mengunjungi Hotel Caesar’s Place dan sangat menyukai salad yang di buat oleh Caesar.

mengenal sejarah caesar salad di benua eropa

Kemudian atas instruksi beliau, caesar salad dikenalkan pada restaurant besar Eropa, dimana pada saat itu chef yang bertanggung jawab mengalami sedikit kesulitan untuk membuat dressing yang sama. Dikatakan pula jika beliau adalah orang yang pertama kali memotong selada menjadi ukuran yang lebih kecil seperti saat ini karena pada awalnya selada yang digunakan hanya di belah menjadi dua sehingga dapat dinikmati dengan mengambilnya menggunakan tangan.

Seiring berjalannya waktu, caesar salad semakin digemari dan menjadi salah satu menu salad yang ada di setiap restaurant di seluruh dunia. Hal ini yang kemudian membuat sang penemu caesar salad, Caesar Cardini membuat sebuah label yang menjual dressing caesar salad yang memiliki komposisi yang sama ketika pertama kali ditemukan tanpa adanya perubahan rasa. Meski begitu beliau juga banyak membuat produk dressing salad lainnya.

Resep Caesar Salad

mengenal sejarah caesar salad resep caesar salad

Bahan

  • 1 telur
  • ½ cup minyak zaitun
  • 2 sendok makan air lemon
  • 1 ½ sendok makan Worcestershire sauce atau kecap inggris
  • 1 sendok makan Dijon mustard
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sendok teh lada hitam
  • ¼ keju parmesan parut
  • Romaine lettuce atau selada
  • Roti (pilihlah roti yang kering atau hampir kering)
  • 3 sendok makan minyak untuk roti
  • GaramMerica
  • Extra keju parmesan untuk taburan

Cara Membuat

mengenal sejarah caesar salad cara membuat caesar salad

  • Cincang bawang putih bersama dengan lada hitam dan mustard sampai mengental.
  • Campurkan dengan air lemon dan kecap inggris atau Worcestershire sauce kemudian diamkan.
  • Rebus telur selama kurang lebih 3 menit kemudian pisahkan putih dan kuningnya. Yang digunakan adalah kuning telurnya saja sehingga ketika dipisahkan kuning telur masih dalam keadaan hampir setengah matang.
  • Kemudian masukkan kuning telur rebus bersama campuran sebelumnya sampai menjadi satu.
  • Tambahkan ½ minyak zaitun untuk membuat campuran menjadi lebih halus dan juga mengental kemudian sisihkan
  • Potong roti menjadi bentuk dadu atau sesuai selera kemudian campurkan dengan 3 sendok makan minyak, garam, merica, bawang putih. Campur sampai semua roti terlumuri dengan sempurna kemudian panggang sampai kering dan kecoklatan.
  • Sambil menunggu roti matang, potong-potong selada atau bisa juga membelahnya menjadi dua dengan ukuran yang masih lumayan besar.
  • Terakhir adalah mencampur selada yang dipotong sebelumnya bersama roti yang telah dipanggang dengan dituangkan saus dressing yang sebelumnya dibuat. Kemudian taburi parutan keju parmesan dengan sedikit merica dan caesar salad sudah siap untuk di santap.

mengenal sejarah caesar salad lezat

Caesar Salad merupakan salah satu salad dengan dressing sauce yang memikat dan unik. Selain memiliki kisah atau sejarah yang membuat menu salad ini istimewa salah satu faktor yang membuat caesar salad menjadi terkenal pada saat itu adalah para selebriti hollywood yang juga datang berkunjung untuk menikmati caesar salad. Hal tersebut membuat caesar salad menjadi favorit bahkan banyak orang selain rasanya yang memang lezat.

Caesar salad merupakan salah satu menu salad dengan dressing istimewa, dan seperti salad pada umumnya yang menggunakan sayuran atau buahan sehingga mengkonsumsi caesar salad memberikan manfaat pula di tubuh. Baik caesar salad maupun salad lainnya sebaiknya sering di konsumsi sehingga tubuh dapat menerima manfaat dari bahan-bahan segar yang ada di dalamnya.

mengenal sejarah caesar salad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *