Mengenal Makanan Szechuan atau Sichuan Food

Jika membahas tentang kuliner, jenis kuliner yang sudah banyak dikenal oleh orang banyak salah satunya adalah Chinese Food atau chinese cuisine. Chinese food sendiri terbagi menjadi beberapa regional atau daerah yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu nya adalah Szechuan atau sichuan food yang sudah dikenal memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki cita rasa yang lezat. Untuk itu tidak ada salahnya untuk lebih mengenal makanan szechuan atau sichuan food lebih banyak, simak dibawah ini:

Szechuan atau Sichuan

Sichuan adalah nama salah satu provinsi di Tiongkok yang terkenal dengan kulinernya hampir ke seluruh dunia. Jika dilihat dari penulisannya memang berbeda namun dalam pelafalan tetaplah sama. Sichuan food berasalah dari salah satu daerah di Tiongkok yang terkenal dengan cita rasa kuliner yang pedas dan manis karena kecap ikan dan cabai yang digunakan dalam masakan. Provinsi Sichuan sendiri memiliki cuaca yang lembab dan berada cukup jauh dari laut, sehingga bahan-bahan untuk membuat hidangan jarang ditemukan seafood.

Jika melihat kembali pada sejarah tiga kerajaan, Sichuan termasuk pada Kerajaan Shu yang berada di Barat Daya daerah Tiongkok. Pada masa itu masyarakat belum banyak menggunakan rempah dan lebih banyak makanan dengan cita rasa manis. Baru pada 200 atau 300 tahun yang lalu dimana cabai masuk ke daerah Tiongkok, Masyarakat di Sichuan khususnya menggunakannya sebagai bahan tambahan untuk masakan mereka. Seiring waktu, masakan Sichuan terus berkembang dan banyak menggunakan cabai sebagai salah satu bahan yang sangat penting. Ciri khas rasa pedas ini yang membawa makanan Sichuan banyak dikenal baik dari dalam maupun luar negara Tiongkok.

Metode Memasak

Metode yang digunakan untuk memasak biasanya adalah ditumis, kukus, pao atau rebus dalam air dan hui atau goreng. Selain itu juga ada beberapa makanan yang difermentasi dengan cara diasinkan, dikeringkan atau diasap.

Stir-Fry

mengenal makanan szechuan atau sichuan food metode memasak stir fry

Metode ini menggunakan minyak yang cukup banyak diatas penggorengan yang besar selain itu api yang digunakan juga harus besar. Biasanya menggunakan wajah wok dan menggunakan teknik untuk terus mencampurkan bahan. Setelah minyak panas, maka akan dimasukkan bumbu terlebih dahulu baru kemudian daging dan sayuran, yang terakhir adalah bahan cair atau bisa juga air ketika makanan ditumis untuk pengukusan. Dibutuhkan teknik ketika menggunakan wajan wok tersebut, karena harus dimiringkan agar api dapat masuk ke masakan dan memberikan rasa yang khas.

Deep Fry

Metode memasak ini juga sangat sering digunakan untuk memasak makanan Sichuan, hal tersebut karena banyak makanan yang harus digoreng agar matang. Metode ini memerlukan minyak yang sangat banyak, dimana terkadang sulit untuk wajan yang biasa digunakan sehari-hari. Biasanya makanan yang dimasak menggunakan metode ini adalah yang memerlukan tekstur kering di luar dan lembut didalamnya.

Boiling

Hot pot, salah satu Sichuan food yang terkenal menggunakan metode boiling ini. Menggunakan cara ini pun terbilang mudah karena tidak memerlukan teknik, cukup memasukkan bahan makanan ke dalam panci yang berisi air dan merebusnya sampai matang. Bahan-bahan dan rempah yang dimasukkan ke dalam masakan ini nantinya akan berubah warna dan menjadikan hidangan sangat menggugah selera. Selain air, cairan untuk memasak juga bisa menggunakan santan kelapa atau susu.

Steaming

Metode memasak menggunakan steaming ini juga dikenal di Indonesia dengan sebutan kukus. Dimana makanan di masak menggunakan uap air yang dipanaskan. Biasanya untuk mengukus, makanan akan diletakkan lebih dulu ke dalam mangkok atau steamer. Metode ini biasanya dianggap lebih sehat karena hanya menggunakan panas dari temperature sekitar dan bukan lansung dimasak menggunakan temperatur tinggi yang dapat membuat nutrisi bahan makanan berkurang.

Sauteing

mengenal makanan szechuan atau sichuan food metode memasak sauteing

Sauteing adalah metode memasak menggunakan minyak goreng yang sedikit. Berbeda dari stir frying yang juga menggunakan minyak, sauteing juga tidak perlu terus membolak balikkan bahan makanan yang dimasak. Dimana biasanya bahan makanan akan ditunggu sampai matang pada sisi pertama baru kemudian dibalik untuk memasak dibagian berikutnya.

Simmer

Metode ini biasanya digunakan untuk memasak kaldu, dimana bahan makanan akan dimasak dengan temperatur api yang kecil. Hal tersebut biasanya digunakan untuk mendapatkan rasa kaldu yang lebih enak. Hot pot yang menggunakan base soup juga biasanya menggunakan metode ini. rasa yang dihasilkan dari metode ini akan membuat campuran makanan akhirnya memberikan rasa kental dari kaldu yang dicampurkan dan membuat hidangan lebih lezat.

Marinating

mengenal makanan szechuan atau sichuan food metode memasak marinating

Marinating atau juga dikenal dengan metode perendaman bahan masakan sebelum diolah kembali untuk dimasak. Biasanya campuran rempah yang digunakan untuk bumbu marinasi akan membuat bahan makanan lebih kaya rasa dan lezat. Bahan yang telah dimarinasi kemudian dimasak seperti digoreng, disaute, atau dikukus. Tidak hanya di Sichuan, namun banyak negara lain yang juga menggunakan metode tersebut untuk membuat makanan.

Rempah-Rempah

Selain menggunakan bumbu seperti bawang, garam, merica, Sichuan food juga menggunakan rempah-rempah yang khas dan membuat makanan lebih memiliki karakter pedasnya.

Cabai Sichuan

mengenal makanan szechuan atau sichuan food mie dan dan cabai sichuan

Cabai Sichuan atau juga disebut Lada Sichuan, adalah lada bunga yang sebenarnya adalah buah dari pohon abu berduri. Bahan masakan inilah yang membuat makanan Sichuan pedas, sensasi yang dihadirkan oleh lada sichuan ini mampu membuat hidangan apapun menjadi pedas. Makanan yang menggunakan bumbu ini biasanya sangat pedas sampai membuat lidah terasa kelu, contohnya adalah mapo tahu.

Cabai Kering

Tidak hanya menggunakan Lada Sichuan untuk menghasilkan pedas pada masakan, cabai kering juga digunakan untuk menambah ekstra pedas. Sensasi pedas dan panas yang sering ditemukan pada hidangan Sichuan, tentu saja karena adanya kolaborasi kedua bahan tersebut. Sudah tidak heran jika menemukan minyak cabai dalam setiap masakan Sichuan, rasa pedasnya dapat dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

Kecap Asin (Soy Sauce)

Kecap asin memberikan aroma dan rasa yang khas dari masakan Sichuan. Hal tersebutlah yang membuat kecap asin selalu digunakan pada setiap masakan dari provinsi tersebut. Selain di Sichuan sendiri, sebenarnya kecap asin digunakan dibanyak negara di Asia bahkan Indonesia. Rasa pekat dari kecap asin membuat masakan lebih memiliki rasa yang unik.

Bubuk Lima Rempah (Ngo Hiong)

mengenal makanan szechuan atau sichuan food bubuk lima rasa

Bumbu lima rempah atau disebut Chinese five spice ini banyak digunakan dalam Chinese food tidak hanya yang berasal dari provinsi Sichuan. Perpaduan dari bunga lawang, cengkeh, kayu manis cina, andaliman dan biji adas biasanya telah dibuat menjadi bubuk sehingga mudah digunakan. Biasanya bumbu ini digunakan untuk masakan yang menggunakan daging ayam, bebek, ikan atau udang dan bisa dijadikan bumbu marinasi sebelum dimasak.

Doubanjiang

Doubanjiang adalah pasta cabai yang biasanya sangat sering ditemukan di Sichuan food. Bahan utama dalam pasta ini adalah kara benguk atau kacang babi, tumbuhan merambat yang dapat mencapai tinggi 6 meter. kacang ini memiliki bentuk yang unik jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, karena bentuknya yang besar dan lebar. Selain kacang babi, Doubanjiang mengandung campuran lainnya seperti cabai, kedelai, garam dan rempah-rempah lainnya. Doubanjiang adalah salah satu bumbu yang selain untuk penyedap campuran masakan namun juga bisa menjadi kondimen untuk makan nasi.

Makanan Sichuan Food

Mapo Tofu

mengenal makanan szechuan atau sichuan food mapo tahu

Salah satu hidangan yang sangat terkenal dari banyaknya hidangan Sichuan yang ada, adalah Mapo Tahu. Campuran tahu yang dimasak dengan berbagai bahan dan bumbu, biasanya diberikan campuran daging. Rasanya sangat pedas sehingga untuk menyantap hidangan ini direkomendasikan ketika baru masak dan masih panas, karena hal tersebut membuat rasa pedas semakin terasa ketika dimakan.

Sichuan Mala Hot Pot

Biasanya ketika memakan hidangan hot pot ini disediakan dengan dua pilihan kaldu dimana salah satunya menggunakan cabai dan berwarna merah pedas. Bahan masakan kemudian dimasukkan kedalam kuah dan ditunggu sampai matang untuk dimakan. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menyajikan hot pot ini dan memiliki banyak penggemarnya. Selain sayuran, biasanya di dalam hot pot ini juga disediakan daging.

mengenal makanan szechuan atau sichuan food mala hot pot

Dandan Mian

Jika melihat dari tampilan luarnya, Mie Dan Dan terlihat mirip dengan Mie Ayam khas Indonesia. Namun tentu saja itu berbeda, walaupun terbuat dari bahan mie, namun campuran daging dan kuah pedas membuat Mie Dan Dan ini berbeda. Minyak cabai dalam campuran mie ini membuat mie ini menjadi lebih pedas dan menggugah selera. Diatas nya juga diberikan tamburan kacang untuk memberikan tekstur berbeda.

mengenal makanan szechuan atau sichuan food mie dan dan

Sichuan Food yang sudah terkenal di dunia memiliki banyak keistimewaan sehingga menjadi favorit khususnya bagi yang menyukai makanan pedas. Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak hidangan ini juga lebih kompleks yang membuat masakannya istimewa. Banyak sekali hidangan dari Provinsi Sichuan yang disukai oleh banyak orang dan akhirnya membawa Sichuan Food ke berbagai negara di dunia.

mengenal makanan szechuan atau sichuan food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *